Search
Generic filters
Cari Kategori
🙏 Pilih semua
Quran
Hadits
Kamus
Podcast
Soal Agama
Artikel, Doa, dll.

Al-Mustadrak ala ash-Shahihain

Kategori: Nama Kitab

Al-Mustadrak ala ash-Shahihain (المستدرك على الصحيحين) adalah kitab koleksi hadits yang disusun oleh Hakim al-Naisaburi (w. 405 H) setebal lima jilid.
Al-Hakim menyusun kitab ini pada tahun 393 H (1002 M) ketika dia berumur 72 tahun.
Kitab ini memuat 9045 hadits.
Dia menyatakan bahwa seluruh hadits didalamnya adalah shahih menurut syarat (metode yang dipakai) Imam Bukhari dan atau Imam Muslim.
Namun kitab ini mendapatkan sambutan yang beragam dari para ulama.

Kritik
Kitab Al-Mustadrak karya Al-Hakim ini telah menimbulkan kontroversi, ketika Al-Hakim mengaku telah mengkoreksi Al-Bukhari dan Muslim dalam hampir 9000 hadits yang seharusnya dimasukkan keduanya dalam kitab Shahih mereka, karena hadits-hadits tersebut dianggap oleh Al-Hakim telah sesuai dengan syarat (kriteria) keduanya atau salah satunya, atau memiliki sanad yang shahih tetapi tidak memenuhi kriteria salah satu dari keduanya.

Kritik terhadap kitab Al-Mustadrak ini disebabkan karena Al-Hakim terlalu mudah dalam menilai “shahih terhadap hadits-hadits yang tidak shahih.

Adz-Dzahabi berkata,
“Dalam kitab Al Mustadrak terdapat banyak hadits yang sesuai kriteria Al-Bukhari dan Muslim atau salah satunya.
Jumlahnya sekitar separuh dari isi kitab.
Seperempatnya memiliki sanad yang shahih, sedangkan sisanya (seperempat lagi) merupakan hadits-hadits munkar yang lemah dan tidak shahih, yang sebagiannya maudhu’ (palsu).
”Ini merupakan hal yang mengherankan, karena Al Hakim termasuk salah seorang ahli hadits yang brilian di bidangnya.

Ada yang berkata,
“Hal itu disebabkan bahwa dia menulisnya pada akhir masa hidupnya, yang saat itu dia sudah agak pelupa.”
Bahkan meskipun Adz-Dzahabi membuat ringkasan dari kitab Al-Mustadrak tersebut dia menyayangkan dan berkata:
“Akan lebih baik seandainya Al-Hakim tidak pernah menyusunnya.””

Al-Hafizh Ibnu Hajar berkata,
Al-Hakim bersikap menggampangkan karena dia mengkonsep kitab tersebut untuk diralat kemudian, tetapi dia meninggal sebelum sempat meralat dan membetulkannya.”

Banyak periwayat hadits yang berkata,
“Sesungguhnya sikap Al Hakim yang menyendiri dari para Imam hadits dalam men-shahih-kan suatu hadits perlu dikaji, sehingga dapat diketahui mana yang shahih, hasan, dan dha’if.”

Menurut Abdurrahman Al-Mu’allimi seorang muhaddits dari Yaman juga Prof. Dr. ‘Ali Ash-Shayyah, sikap bermudah-mudahan (tasahul) Imam Al-Hakim ini Hanya pada kitab Al-Mustadrak-nya saja.
Adapun di kitabnya yang lain seperti Al-Madkhal ila Ash-Shahih, Su`alat As-Sijziy, Ma’rifah ‘Ulum Al-Hadits, dll, dia tidaklah seperti itu.
Hal ini semakin menguatkan alasan yang dikuatkan Al-Hafizh Ibnu Hajar Al-‘Asqalani bahwa Kitab Al-Mustadrak yang disusun oleh Imam Al-Hakim tersebut ditulis di akhir umurnya ketika kekuatan hafalannya sudah berkurang, oleh sebab itu pernyataan-pernyataannya di dalam Al-Mustadrak seringkali bertentangan dengan pernyataannya di kitab-kitabnya yang lain.
Ringkasan
Talkhis al-Mustadrak’ merupakan ringkasan dan koreksi dari Al-Mustadrak yang ditulis oleh Imam Adz-Dzahabi.
Di dalam kitab ini dia memberikan komentarnya pada 1182 hadits.

Adz-Dzahabi berkata di dalam kitab Tarikh Al-Islam mengenai biografi Al-Hakim ketika menyinggung kitab Al-Mustadrak:
“Sebagian darinya adalah hadits palsu.
Sayapun maju untuk mengenalinya ketika aku mempersiapkan ringkasan untuk Al-Mustadrak dan menujukan hal (hadits-hadits palsu) tersebut.”

Dia juga berkata tentang Al-Mustadrak:
“Ini adalah buku yang memiliki manfaat.
Saya telah membuat ringkasannya yang membutuhkan usaha dan koreksi yang cukup besar.”
۞ Variasi nama:
kitab Mustadrak, al-Mustadrak, Mustadrak
Bagi ke FB
Bagi ke TW
Bagi ke WA

Video


Load More

interpelator

Apa itu interpelator? in.ter.pe.la.tor anggota legislatif yang meminta keterangan kepada pemerintah … •

ibadah puasa

Apa itu ibadah puasa? ibadah wajib setahun sekali selama satu bulan yang dilakukan pada bulan Ramadan … •

kitab

Apa itu kitab? ki.tab buku; kitab bacaan; wahyu Tuhan yang dibukukan; kitab suci; Alquran adalah kitab yang harus dijadikan pedoman oleh seluruh umat Islam … •

Hadits Shahih

Ayat Alquran Pilihan

Kategori: Nama Kitab

Bila kamu mendengar ayat-ayat Allah diingkari & diperolok-olokkan (oleh orang kafir), maka jangan kamu duduk beserta mereka sampai mereka memasuki pembicaraan yang lain.
Karena (kalau kamu berbuat demikian), tentu kamu serupa dengan mereka
QS. An-Nisa’ [4]: 140

۞ Variasi nama:
kitab Mustadrak, al-Mustadrak, Mustadrak
Kategori: Nama Kitab

Berlombalah kamu (dapatkan) ampunan Tuhanmu & surga yang seluas langit & bumi, yang disediakan bagi yang beriman kepada Allah & Rasul-Nya. Itulah karunia Allah, diberikan pada siapa yang dikehendaki-Nya. Allah mempunyai karunia yang besar.
QS. Al-Hadid [57]: 21

۞ Variasi nama:
kitab Mustadrak, al-Mustadrak, Mustadrak
Kategori: Nama Kitab

Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia
dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya.
QS. Al-Isra’ [17]: 23

۞ Variasi nama:
kitab Mustadrak, al-Mustadrak, Mustadrak
Kategori: Nama Kitab

Dengan keterangan yang jelas itu,
Kami menerangkan bukti-bukti yang bermacam-macam,
agar menjadi tampak jalan kebenaran yang dilalui oleh orang-orang Mukmin & menjadi jelas jalan kebatilan yang dilalui oleh orang-orang kafir.
QS. Al-An’am [6]: 55

۞ Variasi nama:
kitab Mustadrak, al-Mustadrak, Mustadrak

Podcast

Doa

Soal & Pertanyaan

Pendidikan Agama Islam #4

Surah dalam Alquran yang mengatakan larangan untuk melakukan terlalu banyak, makan dan minum adalah … Setelah Yakin, dalam surah Al-A’raf ayat 26, pakaian terbaik ada di mata Allah Subhanahu Wa Ta`ala adalah … Aurat dari tubuh pria adalah mulai … Fungsi pakaian adalah … Kejujuran adalah karakteristik dari seorang Muslim, sementara berbohong atau ketidakjujuran adalah fitur dari orang …

Pendidikan Agama Islam #29

Sebagai perumpamaan orang yang mengajak berbuat baik, tetapi dirinya sendiri tidak melakukan adalah … Berikut kedudukan orang yang menuntut ilmu, kecuali … potongan ayat di atas terdapat pada Alquran surah … Ilmuan muslim yang dalam bidang kedokteran yang berasal dari Persia yaitu … Siapakah nabi yang lebih memilih ilmu daripada harta?

Pendidikan Agama Islam #26

Sebab-sebab turunnya ayat Alquran disebut … Nama lain dari surah Al-Insyirah adalah … Jumlah surah-surah dalam Alquran adalah … Pesan utama dari kandungan Alquran adalah … Surah yang terpanjang dalam Alquran adalah …

Kamus

Utbah bin Abu Lahab

Siapa itu Utbah bin Abu Lahab? Utbah bin Abu Lahab adalah sepupu Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Utbah juga mantan menantu Nabi, karena Utbah menikahi Ruqayyah. Utbah juga keponakan Abu Sufyan bin Harb, karena ibunya Ummu Jamil adalah saudara kandung Abu Sufyan bin Harb. Nama lengkap Utbah adalah Utbah bin Abu Lahab bin Abdul Muththalib. Ayah Ut … • Utba bin Abi Lahab, Utbah

Abu Muhammad al-Baghawi

Siapa itu Abu Muhammad al-Baghawi? Al-Baghawi atau Imam Baghawi adalah seorang ahli tafsir, ahli hadits dan ulama fiqih dari mazhab Syafi’i yang terkenal dengan karya besarnya sebuah tafsir Al-Qur’an yang berjudul Ma’alimut Tanzil atau Tafsir al-Baghawi. Abu Muhammad al-Husain bin Mas’ud bin Muhammad al-Farra ‘al-Baghawi , lahir pada tahun 433 atau 436 H … • al-Bagawi, Al-Baghawi

jamak

Apa itu jamak? ja.mak lazim; tidak aneh; lumrah; wajar; sudah jamak bahwa setiap perjuangan meminta pengorbanan bentuk kata yang menyatakan lebih dari satu atau banyak; “siswa-siswa” atau “para siswa” adalah bentuk jamak dari kata “siswa” penggabungan … •

Bilal bin Rabah

Siapa itu Bilal bin Rabah? KBBI bi.lal orang yang bertugas menyerukan azan; muazin; modin; suara azan bilal telah terdengar Bilal bin Rabah adalah seorang budak berkulit hitam dari Habsyah yang masuk Islam ketika masih diperbudak. Setelah majikannya mengetahui … • Bilal ibn Ribah, Bilal, Bilal al-Habsyi, Bilal bin Riyah, Ibnu Rabah

Al-Jasiyah

Apa itu Al-Jasiyah? Surah Al-Jasiyah adalah surah ke-45 dalam Alquran. Surah ini tergolong surah makkiyah yang terdiri atas 37 ayat. Dinamakan Al-Jasiyah yang berarti Yang Berlutut diambil dari perkataan Jaatsiyah yang terdapat pada ayat 28 surah ini. Ayat tersebut menerangkan tentang keadaan manusia pada hari kiamat, yaitu semua manusia dik … • Al-Jaatsiyah, Al-Jatsiyah, Al-Jasiyah, Al Jasiyah

Al-Insyiqaq

Apa itu Al-Insyiqaq? Surah Al-Insyiqaq adalah surah ke-84 dalam Alquran. Surah ini terdiri atas 25 ayat dan termasuk golongan surah-surah Makkiyah serta diturunkan setelah surah Al-Infitar. Dinamai Al Insyiqaaq , diambil dari perkataan yang terdapat pada permulaan surat ini, yang pokok katanya ialah insyiqaaq. Pokok-pokok isinya menera … • Al-Insyiqaq, Al Insyiqaq, Al Insyiqaaq