Search
Generic filters
Cari Kategori
🙏 Pilih semua
Quran
Hadits
Kamus
Podcast
Soal Agama
Artikel, Doa, dll.

Al Muqtadir

Kategori: Asmaul Husna

▶️ Allah itu Al-Muqtadir ◀️

Artinya Allah itu Maha Berkuasa, Yang Maha Menguasai.
Dia Maha berkuasa atas segala makhluk ciptaan-Nya.
Allah menciptakan langit dan bumi serta alam beserta isinya, dan Dia berkuasa atas segala sesuatu.

Allah Ta’ala adalah Dzat Yang Maha Kuasa dan kekuasaan Allah Ta’ala tidak terbatas.
Sehingga Allah Ta’ala berkuasa untuk berbuat apapun yang dikehendaki-Nya.
Apakah seseorang itu diberi rahmat, diampuni atau diazabNya.

Dan tidak ada satupun yang bergerak dilangit dan dibumi kecuali atas izin dan kekuasaan Allah Ta’ala.
Akan tetapi sering kali apabila kita bisa berbuat sesuatu, kita merasa bahwa itu adalah karena hasil kekuasaan atau kemampuan diri sendiri sehingga melupakan kekuasaan Allah Ta’ala.
Dengan kata lain apabila kita bisa melakukan sesuatu kita tidak pernah merasa bahwa itu semua adalah karena pertolongan Allah Ta’ala.

Seperti halnya kisah Qarun yang dijelaskan di surah Al Qashash [28] : 78.

Qarun berkata:
“Sesungguhnya aku hanya diberi harta itu, karena ilmu yang ada padaku”.

Dan apakah ia tidak mengetahui, bahwasanya Allah sungguh telah membinasakan umat-umat sebelumnya yang lebih kuat daripadanya, dan lebih banyak mengumpulkan harta?
dan tidaklah perlu ditanya kepada orang-orang yang berdosa itu, tentang dosa-dosa mereka.

Banyak sekali manusia yang bersifat seperti Qarun, yaitu tidak nampak baginya kekuasaan Allah.
Dan apabila ditimpa suatu musibah, juga tidak bisa melihat kekuasaan Allah, akan tetapi selalu mencari-cari alasan untuk menyalahkan orang lain.
Seperti berjualan rugi menyalahkan orang lain, hidup miskin menyalahkan orang lain, jabatan tidak naik menyalahkan orang lain, bahkan terkadang juga menyalahkan Allah.
Padahal apabila kita bisa melakukan sesuatu merasa atas kepintaran dan kemampuan sendiri, tapi kenapa pada saat menerima suatu kemudhoratan tidak mau menyalahkan diri sendiri?

Oleh sebab itu renungkanlah kenapa kekuasaan Allah tidak masuk kedalam jiwa kita?
Padahal orang yang beriman dalam menerima apapun selalu dikembalikan kepada Allah, karena dia faham dan yakin bahwa Allah adalah dzat Yang Maha Kuasa.

―Al Muqtadir termasuk dalam 99 Asma’ul husna.


۞ Variasi nama: Al-Muqtadir

Bagikan ke FB
Bagikan ke TW
Bagikan ke WA

Video

Panggil Video Lainnya

Hadits Shahih

Ayat Alquran Pilihan

Podcast

Doa

Soal & Pertanyaan

Pendidikan Agama Islam #7

Alquran adalah keterangan yang jelas untuk semua manusia, dan menjadi petunjuk serta pelajaran bagi orang-orang yang bertakwa. Penjelasan tersebut terdapat dalam surah … Hukum yang mengatur hubungan manusia dengan Tuhan secara lahiriah, manusia dengan sesama manusia dan orang-orang dengan lingkungannya disebut hukum … Hukum yang berkaitan dengan perilaku moral manusia dalam kehidupan disebut hukum … Sumber hukum tertinggi dalam Islam adalah ..Hadits adalah Mubayyin untuk Alquran. Arti dari Mubayyin adalah ..

Pendidikan Agama Islam #3

Pembatasan aurat wanita adalah … Berikut ini yang bukan termasuk orang-orang pertama yang menyambut ajakan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah … Dalam Islam, pakaian harus … Sebelum berpakaian, kita harus … Bagian tubuh yang tidak ditampakkan sesuai dengan ajaran Islam disebut …

Pendidikan Agama Islam #30

Yang diajarkan oleh Rasulullah adalah jika kita melihat kemungkaran untuk mencegahnya pertama kali dengan … بَلِّغُوا عَنِّى وَلَوْ آيَةً Arti dari hadist diatas adalah …Di bawah ini adalah cara untuk menjadikan semangat mengamalkan ilmu dalam kehidupan kecuali …كادَ الفَقْرُ أنْ يَكُوْنَ كُفْرًا Arti dari kalimat di atas adalah …Siapakah ilmuan muslim yang pertama menjadi penemu Al-Jabar?

Kamus

Al ‘Aliy

Apa itu Al ‘Aliy? Allah itu Al-Aliyy . yaitu Allah adalah Yang Maha Tinggi. Allah itu Maha Tinggi kedudukannya, sehingga tidak akan ada yang mampu menyamai atau melampaui-Nya. Allah Ta’ala s...

Muhammad Nashiruddin Al-Albani

Siapa itu Muhammad Nashiruddin Al-Albani? Muhammad Nashiruddin al-Albani (bahasa Arab: محمد ناصر الدين الألباني‎; lahir di Shkodër, Albania; 1914 / 1333 H – meninggal di Amma...

mufti

Apa itu mufti? muf.ti pemberi fatwa untuk memutuskan masalah yang berhubungan dengan hukum Islam … •

yaumun-nahr

Apa itu yaumun-nahr? Hari menyembelih kurban. yaumun nahar artinya hari nahar. nahar artinya menumpahkan darah binatang qurban (udhiyah/adha), yaumun nahar artinya hari menumpahkan darah binatang qu...

Muhammad bin Amr bin Atha

Siapa itu Muhammad bin Amr bin Atha? Nama lengkapnya adalah Muhammad bin ‘Amr bin Atha’ bin Abbas bin al-Qamah bin Abdullah bin Abi Qais bin abdud bin Nasr bin Malik bin Hasl bin amir bin Lu’ae ...

Syirik

Apa itu Syirik? Syirik adalah itikad ataupun perbuatan yang menyamakan sesuatu selain Allah dan disandarkan pada Allah dalam hal rububiyyah dan uluhiyyah. Umumnya, menyekutukan dalam Uluhiyyah Allah y...