Search
Generic filters
Cari Kategori
🙏 Pilih semua
Quran
Hadits
Kamus
Podcast
Soal Agama
Artikel, Doa, dll.

Al Hasiib

Kategori: Asmaul Husna

▶️ Allah itu Al-Hasib ◀️

Al-Hasib adalah Yang Maha Menghitung.
Artinya adalah Allah akan menghitung segala amal perbuatan kita semua dengan sedetail mungkin.

💡 Segala perbuatan baik dan buruk sekecil apapun akan Allah hitung dan akan mendapatkan balasan dari Allah Subhanahu wa Ta’ala.
Sebelum Allah Ta’ala memberikan sesuatu kepada hamba-hambaNya terlebih dahulu Dia perhitungkan dari sisi manfaat dan mudhoratnya.
Baik dari segi harta, ilmu, tenaga dan lain sebagainya.

Apabila Allah Ta’ala memberikan sesuatu kepada hamba-Nya justru akan membawa kemudhoratan bagi hamba-Nya tersebut, maka Allah Ta’ala tidak akan memberinya.
Dan apabila pemberian-Nya akan membawa manfa’at bagi hambaNya maka Allah Ta’ala akan memberinya.
Akan tetapi kebanyakan manusia tidak mau menerima kebaikan Allah Ta’ala ini sehingga dia cenderung untuk berburuk sangka kepada Allah Ta’ala.

Padahal apapun yang Allah Ta’ala berikan adalah untuk menyelamatkan hamba-Nya di dunia dan di akhirat.
Sebagai contohnya ada seseorang yang ingin sekali menjadi orang yang kaya, akan tetapi Allah Ta’ala menjadikannya orang yang miskin (berkecukupan).
Biasanya dia akan berkeluh kesah dan berburuk sangka kepada Allah Ta’ala.

Padahal andaikata Allah Ta’ala menjadikan dia sebagai orang yang kaya, maka dia akan melampaui batas di muka bumi sehingga akan menjerumuskannya masuk kedalam neraka.

Contoh yang lain ada seseorang yang ingin sekali menjadi seorang polisi, akan tetapi Allah Ta’ala justru menjadikannya sebagai karyawan.
Biasanya dia akan berburuk sangka kepada Allah Ta’ala dan selalu berkeluh kesah.
Padahal andaikata dia menjadi polisi, dia akan menjadi polisi yang dzolim sehingga akan menjerumuskannya masuk kedalam neraka.
Begitupun juga dengan yang lain.

💡 Karena apa yang kita sangka baik, belum tentu baik dimata Allah Ta’ala, dan apa yang kita sangka buruk belum tentu buruk dimata Allah Ta’ala.
Firman Allah ﷻ :
“Boleh jadi kamu tidak menyenangi sesuatu, padahal itu baik bagimu, dan boleh jadi kamu menyukai sesuatu, padahal itu tidak baik bagimu.
Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.”
QS. Al Baqarah : 216

―Al Hasiib termasuk dalam 99 Asma’ul husna.


۞ Variasi nama: Al-Hasiib, Al-Hasib, Al Hasib

Bagikan ke FB
Bagikan ke TW
Bagikan ke WA

Video

Panggil Video Lainnya

Hadits Shahih

Ayat Alquran Pilihan

Demikianlah Allah telah menundukkannya untuk kamu supaya kamu mengagungkan Allah terhadap hidayah-Nya kepada kamu.
Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang berbuat baik.
QS. Al-Hajj [22]: 37

Musa berdoa:
“Ya Tuhanku,
ampunilah aku & saudaraku & masukkanlah kami ke dalam rahmat Engkau,
dan Engkau adalah Maha Penyayang di antara para penyayang”.
QS. Al-A’raf [7]: 151

Podcast

Doa

Soal & Pertanyaan

Pendidikan Agama Islam #29

Sebagai perumpamaan orang yang mengajak berbuat baik, tetapi dirinya sendiri tidak melakukan adalah … Berikut kedudukan orang yang menuntut ilmu, kecuali … وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ وَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ, potongan ayat di atas terdapat pada Alquran surah … Ilmuan muslim yang dalam bidang kedokteran yang berasal dari Persia yaitu … Siapakah nabi yang lebih memilih ilmu daripada harta?

Pendidikan Agama Islam #28

Siapa nama ayah Nabi muhammad shallallahu alaihi wasallam? … Siapa nama Nabi setelah Nabi Isa ‘Alaihissalam? … Setiap umat Islam wajib menuntut ilmu. Bagaimana hukum mempelajari Ilmu Agama? … Kewajiban menuntut ilmu terdapat pada Alquran surah … Ada berapa syarat dalam menuntut ilmu? …

Pendidikan Agama Islam #16

Selain berisi kisah-kisah umat terdahulu, dalam Alquran juga terdapat tamsil sebagai peringatan bagi manusia. Tamsil artinya … Alquran adalah mukjizat terbesar bagi Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Di bawah ini merupakan bukti bahwa Alquran adalah mukjizat yang terbesar adalah … Fungsi utama kandungan Alquran yang menjelaskan kisah umat terdahulu adalah sebagai … Yang berarti ”menggabungkan sesuatu dengan yang lain” adalah lafaz … Al-Lihyaniy berpendapat bahwa Alquran secara etimologi memiliki arti …

Kamus

Ibnu Umar

Siapa itu Ibnu Umar? Abdullah bin Umar bin Khattab (عبد الله بن عمربن الخطاب‎) atau sering disebut Abdullah bin Umar atau Ibnu Umar saja (lahir 612 – wafat 693/696 atau 72/...

Ghadir Khum

Di mana itu Ghadir Khum? Ghadir Khum (Persia/Arab: غدیر خم) adalah lokasi di Arab Saudi, tengah-tengah antara Mekkah dan Madinah lebih kurang 200 mil.
Tempat ini menjadi terkenal karena diyakin...

Maliki

Apa itu Maliki? Ma.li.ki mazhab ilmu fikih yang dipelopori oleh Imam Malik bin Anas dengan sumber hukum Alquran, sunah Rasul, ijmak, kias (qiyas), dan Istislah … •

kunut nazilah

Apa itu kunut nazilah? kunut yang dibaca karena ada bahaya, malapetaka, atau musibah yang menimpa masyarakat (seperti wabah, kemarau) … •

rezeki

Apa itu rezeki? re.ze.ki (1) segala sesuatu yang dipakai untuk memelihara kehidupan (yang diberikan oleh Tuhan); makanan (sehari-hari); nafkah; (2) penghidupan; pendapatan (uang dan sebagainya untuk...

hilah

Apa itu hilah? DEFINISI AL HILAH Secara bahasa, kata al hilah الحيلة) ), sebagaimana dijelaskan Ibnu Hajar di dalam Fat-hul Bari, mempunyai arti, segala cara yang mengantarkan kepada tujuan deng...