Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content
Search in posts
Search in pages

Al Haadii

Kategori: Asmaul Husna

▶️Allah itu Al-Hadi ◀️
Artinya adalah Allah itu Maha Pemberi Petunjuk.
Allah berkuasa untuk memberikan petunjuk kepada hamba-hamba-Nya yang beriman kepada-Nya.
Hanya Allah saja yang berkuasa untuk memberikan petunjuk yang benar kepada kita semua.

Apabila seseorang telah beriman kepada Allah dengan iman yang sebenar-benarnya, kemudian dia mempunyai keinginan untuk membalas kebaikan-kebaikan Allah yang telah begitu banyak diberikan kepadanya, serta dia selalu berusaha untuk membersihkan hatinya dari segala kebusukan-kebusukan (dosa-dosa bathiniyah), seperti sombong, ujub, riya’, iri, dengki, hasud dan lain sebagainya, maka Allah akan memberikan petunjuk-petunjukNya.
Sehingga dengan petunjuk itulah dia bisa menempuh jalan yang lurus guna mendapatkan keridhoan Allah.

Oleh sebab itu jika hati kita masih penuh dengan kebusukan-kebusukan (dosa-dosa bathiniyah), maka petunjuk-petunjuk dari Allah tidak akan masuk kedalam hati kita.
Padahal setiap saat Allah selalu memberikan petunjuk-petunjukNya, akan tetapi tidak bisa kita terima disebabkan hati kita yang masih penuh dengan kekotoran (najis).
Hal ini disebabkan kita masih memperturutkan hawa nafsu, sehingga petunjuk-petunjuk Allah tidak bisa masuk kedalam hati kita.
Karena sesungguhnya Allah tidak akan memberi petunjuk kepada orang-orang fasik (selalu memperturutkan hawa nafsu).
Sesuai surat At Taubah (9) : 24 Katakanlah:
“Jika bapa-bapa, anak-anak, saudara-saudara, isteri-isteri, kaum keluargamu, harta kekayaan yang kamu usahakan, perniagaan yang kamu khawatiri kerugiannya, dan tempat tinggal yang kamu sukai, adalah lebih kamu cintai dari Allah dan RasulNya dan dari berjihad di jalan-Nya, maka tunggulah sampai Allah mendatangkan keputusan-Nya”.
Dan Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang fasik.
ㅤㅤ Petunjuk-petunjuk Allah adalah Al Qur’an dan sunnah-sunnah Rasul-Nya serta bisikan-bisikan Malaikat yang ada didalam hati.
Akan tetapi petunjuk-petunjuk tersebut tidak menyentuh ke dalam hati kecuali orang-orang yang disucikan, yaitu hatinya orang-orang yang bersih dari segala kemusyrikan dan dari dosa-dosa bathiniyah.

―Al Haadii termasuk dalam 99 Asma’ul husna.







Video Pembahasan

Panggil Video Lainnya





Video

Panggil Video Lainnya
Iklan


Ikuti RisalahMuslim