Search
Generic filters
Cari Kategori
🙏 Pilih semua
Quran
Hadits
Kamus
Podcast
Soal Agama
Artikel, Doa, dll.

Ad Dhaar

Kategori: Asmaul Husna

▶️ Allah itu Adh-Dhar ◀️

Artinya adalah Allah itu Maha Pemberi Bahaya/Dzat Yang Maha Memberi Mudhorat, Dia bisa memberikan bahaya kepada orang-orang yang kafir dan durhaka kepada-Nya dengan cara memberikan mereka peringatan atau hukuman agar mereka sadar dan betobat kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Bahwasannya hanya Allah satu-satunya Dzat Yang Dapat Memberikan Manfaat dan Mudhorat.
Apabila hamba-hambaNya melakukan ketaqwaan, maka Allah Ta’ala akan memberikan kemanfaatan-kemanfaatan dan apabila hamba-hambaNya melakukan kefasikan, maka Allah Ta’ala akan memberikan kemudhoratan-kemudhoratan.

💡 Apabila Allah berkehendak memberikan kemanfaatan kepada hamba-Nya, maka kehendak-Nya tersebut pasti akan terlaksana dan tidak ada satupun yang bisa menghalangi-Nya.
Walaupun semua yang ada di langit dan di bumi, baik dari golongan jin dan manusia bersatu, maka tidak bisa menggagalkannya.
Begitupun juga sebaliknya apabila Allah Ta’ala menghendaki untuk memberikan kemudhoratan kepada hamba-Nya, maka tidak ada satupun yang bisa menolaknya.
Walaupun semua makhluq yang ada dilangit dan dibumi bersatu untuk menghalangi-Nya.
Dan apabila hambaNya telah menerima kemudhoratan, maka tidak ada satupun yang bisa melepaskannya kecuali hanya Allah Ta’ala.

💡 Seseorang yang ingin beriman, maka terlebih dahulu dia harus betul-betul memahami serta meyakini dengan sepenuh hati, bahwa hanya Allah Ta’ala satu-satunya Dzat yang dapat memberikan manfaat dan mudhorat.
Sehingga apabila seseorang telah meyakini kedua hal ini, barulah dia diizinkan oleh Allah Ta’ala menjadi orang yang beriman.
Dan ini masih dalam keadaan setitik iman.
Tidak ada satupun selain Allah Ta’ala yang bisa mendatangkan manfaat dan mudhorat.

💡 Sebagai contohnya adalah harta.
Apabila harta bisa memberikan manfaat, maka apabila ada orang yang sakit tentunya bisa sembuh dengan harta yang banyak.
Akan tetapi buktinya tidak.
Walau sebanyak apapun harta tidak bisa menyembuhkan seseorang dari penyakit apabila Allah Ta’ala tidak menghendaki.
Begitu juga dengan yang lain.

―Ad Dhaar termasuk dalam 99 Asma’ul husna.


۞ Variasi nama: Ad-Dhaar, Ad-Dhar

Bagikan ke FB
Bagikan ke TW
Bagikan ke WA

Video

Panggil Video Lainnya

Hadits Shahih

Ayat Alquran Pilihan

Dan perintahkanlah kepada keluargamu mendirikan salat & bersabarlah kamu dalam mengerjakannya.
Kami tidak meminta rezeki kepadamu,
Kamilah yang memberi rezeki kepadamu.
Dan akibat (yang baik) itu adalah bagi orang yang bertakwa.
QS. Ta Ha [20]: 132

Katakanlah:
“Siapakan yang memberi rezeki kepadamu dari langit & dari bumi?”
Katakanlah:
“Allah”.
QS. Saba’ [34]: 24

Ikutilah orang yang tiada minta balasan kepadamu,
dan mereka adalah orang-orang yang mendapat petunjuk.
QS. Ya Sin [36]: 21

Segala puji bagi Allah Yang telah menciptakan langit & bumi & mengadakan gelap & terang,
namun orang-orang yang kafir mempersekutukan (sesuatu) dengan Tuhan mereka.
QS. Al-An’am [6]: 1

Podcast

Doa

Soal & Pertanyaan

Pendidikan Agama Islam #7

Alquran adalah keterangan yang jelas untuk semua manusia, dan menjadi petunjuk serta pelajaran bagi orang-orang yang bertakwa. Penjelasan tersebut terdapat dalam surah … Hukum yang mengatur hubungan manusia dengan Tuhan secara lahiriah, manusia dengan sesama manusia dan orang-orang dengan lingkungannya disebut hukum … Hukum yang berkaitan dengan perilaku moral manusia dalam kehidupan disebut hukum … Sumber hukum tertinggi dalam Islam adalah ..Hadits adalah Mubayyin untuk Alquran. Arti dari Mubayyin adalah ..

Pendidikan Agama Islam #12

Masyarakat Mekkah pada awal nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam berdakwah waktu itu sedang dilanda berbagai krisis, dan yang paling menonjol adalah krisis … Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam lahir pada bulan … Nama isteri Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam selepas Khadijah ialah … Nama anak lelaki Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam yaitu … … Nama Ibu susuan Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam yaitu … …

Pendidikan Agama Islam #28

Siapa nama ayah Nabi muhammad shallallahu alaihi wasallam? … Siapa nama Nabi setelah Nabi Isa ‘Alaihissalam? … Setiap umat Islam wajib menuntut ilmu. Bagaimana hukum mempelajari Ilmu Agama? … Kewajiban menuntut ilmu terdapat pada Alquran surah … Ada berapa syarat dalam menuntut ilmu? …

Kamus

Harun `alaihis salam

Siapa itu Harun `alaihis salam? Harun (bahasa Ibrani: אַהֲרֹן Ahărōn, bahasa Arab: هارون‎ Hārūn, Yunani (Septuaginta): Ααρών; bahasa Inggris: Aaron), sering disebut “Imam ...

Rasyid Ridha

Siapa itu Rasyid Ridha? Muhammad Rasyid bin Ali Ridha bin Syamsuddin bin Baha’uddin Al-Qalmuni Al-Husaini (bahasa Arab: محمد رشيد رضا‎; transliterasi, Muḥammad Rashīd Riḍā; la...

Janah

Di mana itu Janah? Jannah (bahasa Arab: جنّة‎‎) adalah konsep surga dalam ajaran agama Islam. Di dalam eskatologi Islam, setelah kematian seseorang akan tetap di dalam alam kubur (barzakh) sam...

din

Apa itu din? agama; dinul-Islam, agama Islam … •

sanat

Apa itu sanat? sa.nat tahun; sanat Islam atau Hijriah ditentukan berdasarkan perhitungan peredaran bulan … •

amanah

Apa itu amanah? Secara etimologis kata-kata amanah, iman, aman, dan amn (=ketenangan) berasal dari akar kata yang sama yaitu ‘ham zah, mim’, dan ‘nun’ yang memiliki pangkal makna ‘aman’, ...