HR. Bukhari: 1230 – Tentang Jenazah Yang Shalih Dan Tidak

Jika jenazah yang shalih hendak dibawa ke kuburnya, ia akan berkata…

Hadits Sahih Riwayat al-Bukhari: 1230

عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيَّ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ: أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ:

إِذَا وُضِعَتْ الْجِنَازَةُ وَاحْتَمَلَهَا الرِّجَالُ عَلَى أَعْنَاقِهِمْ، فَإِنْ كَانَتْ صَالِحَةً قَالَتْ: قَدِّمُونِي. وَإِنْ كَانَتْ غَيْرَ صَالِحَةٍ قَالَتْ: يَا وَيْلَهَا أَيْنَ يَذْهَبُونَ بِهَا. يَسْمَعُ صَوْتَهَا كُلُّ شَيْءٍ إِلاَّ الآنْسَانَ، وَلَوْ سَمِعَهُ صَعِقَ.

 

Dari Abu Sa’id al-Khudri radhiyallahu ‘anhu: Bahwa Rasulullah ﷺ bersabda:

Jika jenazah diletakkan lalu dibawa oleh para laki-laki di atas pundak mereka, maka jika jenazah tersebut termasuk orang shalih (semasa hidupnya) maka dia berkata:
Bersegeralah kalian (membawa aku).
Dan jika ia bukan dari orang shalih, maka dia akan berkata:
Celaka, kemana mereka akan membawanya?
Suara (jenazah itu) akan didengar oleh setiap makhluk kecuali manusia dan seandainya manusia mendengarnya, tentu dia jatuh pingsan.

 

Pesan hadits yang disampaikan:

1. Jika seseorang meninggal dunia, hanya raganya yang mati namun ruhnya tidak mati. Ketika jenazah tersebut hendak dibawa ke kuburnya, jika ia shalih semasa hidupnya, ia akan berkata: Segeralah bawa aku. Sedangkan jika jenazahnya tidak shalih, dia akan berkata: Celakalah, kemanakah mereka membawanya pergi?

2. Manusia tidak bisa mendengar suara orang di dalam kuburnya, sementara makhluk lain dapat mendengarnya (dalam suatu riwayat jin juga tidak bisa mendengarnya). Seandainya manusia bisa mendengar suara jeritan orang yang disiksa dalam kuburnya, ia akan jatuh pingsan.

Bagikan ke FB
Bagikan ke TW

Video Pembahasan

Panggil Video Lainnya

Hadits Shahih

Ayat Alquran

QS. An Najm (Bintang) – surah 53 ayat 28 [QS. 53:28]

28.Orang-orang musyrik itu hanya menuruti keinginannya saat me-nyatakan bahwa para malaikat itu adalah putri-putri Allah, dan mereka tidak mempunyai ilmu yang mendasari keyakinannya tentang hal itu. M … 53:28, 53 28, 53-28, Surah An Najm 28, Tafsir surat AnNajm 28, Quran An-Najm 28, Surah An Najm ayat 28

QS. Al Baqarah (Sapi Betina) – surah 2 ayat 53 [QS. 2:53]

Nikmat berikut yang diberikan kepada Bani Israil adalah kitab Taurat dan al-Furqa n. Dan ingatlah lagi, ketika Kami memberikan kepada Musa Kitab kumpulan dari wahyu dan berfungsi sebagai Furqa n, pemb … 2:53, 2 53, 2-53, Surah Al Baqarah 53, Tafsir surat AlBaqarah 53, Quran Al-Baqarah 53, Surah Al Baqarah ayat 53

Podcast

Hadits & Doa

Soal & Pertanyaan Agama

Pendidikan Agama Islam #22

Matahari berputar mengelilingi sumbunya, termasuk contoh takdir … muallaq muannas mabrur mubram muallaf Benar! Kurang tepat! Takdir yang bisa diubah

Pendidikan Agama Islam #30

Siapakah ilmuan muslim yang pertama menjadi penemu Al-Jabar? Ibnu Kholdun Al Khawarizmi Ibnu Batutah Ibnu Sina Ibnu Miskawaih Benar! Kurang

Pendidikan Agama Islam #6

Dalam Surah Al-Baqarah ayat 2, Allah berfirman bahwa Alquran adalah pedoman untuk orang … muttaqin muslim mukhlisin mukminin kafir Benar!

Instagram