HR. Bukhari: 1230 – Tentang Jenazah Yang Shalih Dan Tidak

Jika jenazah yang shalih hendak dibawa ke kuburnya, ia akan berkata…

Hadits Sahih Riwayat al-Bukhari: 1230

عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيَّ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ: أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ:

إِذَا وُضِعَتْ الْجِنَازَةُ وَاحْتَمَلَهَا الرِّجَالُ عَلَى أَعْنَاقِهِمْ، فَإِنْ كَانَتْ صَالِحَةً قَالَتْ: قَدِّمُونِي. وَإِنْ كَانَتْ غَيْرَ صَالِحَةٍ قَالَتْ: يَا وَيْلَهَا أَيْنَ يَذْهَبُونَ بِهَا. يَسْمَعُ صَوْتَهَا كُلُّ شَيْءٍ إِلاَّ الآنْسَانَ، وَلَوْ سَمِعَهُ صَعِقَ.

 

Dari Abu Sa’id al-Khudri radhiyallahu ‘anhu: Bahwa Rasulullah ﷺ bersabda:

Jika jenazah diletakkan lalu dibawa oleh para laki-laki di atas pundak mereka, maka jika jenazah tersebut termasuk orang shalih (semasa hidupnya) maka dia berkata:
Bersegeralah kalian (membawa aku).
Dan jika ia bukan dari orang shalih, maka dia akan berkata:
Celaka, kemana mereka akan membawanya?
Suara (jenazah itu) akan didengar oleh setiap makhluk kecuali manusia dan seandainya manusia mendengarnya, tentu dia jatuh pingsan.

 

Pesan hadits yang disampaikan:

1. Jika seseorang meninggal dunia, hanya raganya yang mati namun ruhnya tidak mati. Ketika jenazah tersebut hendak dibawa ke kuburnya, jika ia shalih semasa hidupnya, ia akan berkata: Segeralah bawa aku. Sedangkan jika jenazahnya tidak shalih, dia akan berkata: Celakalah, kemanakah mereka membawanya pergi?

2. Manusia tidak bisa mendengar suara orang di dalam kuburnya, sementara makhluk lain dapat mendengarnya (dalam suatu riwayat jin juga tidak bisa mendengarnya). Seandainya manusia bisa mendengar suara jeritan orang yang disiksa dalam kuburnya, ia akan jatuh pingsan.

Bagikan ke FB
Bagikan ke TW

Video Pembahasan

Panggil Video Lainnya

Hadits Shahih

Ayat Alquran

QS. Al Muddatstsir (Orang yang berkemul) – surah 74 ayat 41 [QS. 74:41]

40-42. Golongan kanan yang disebut pada ayat yang lalu, meraih keberuntungan yaitu berada di dalam surga, mereka saling menanyakan, yaitu bertanya tentang keadaan orang-orang yang berdosa, yang boleh … 74:41, 74 41, 74-41, Surah Al Muddatstsir 41, Tafsir surat AlMuddatstsir 41, Quran Al-Mudatsir 41, Al-Muddatstsir 41, Al Mudasir 41, Al-Muddassir 41, Surah Al Mudasir ayat 41

QS. Ar Rum (Bangsa Romawi) – surah 30 ayat 52 [QS. 30:52]

52. Wahai Nabi Muhammad, demikianlah perilaku orang kafir, maka janganlah engkau bersedih karena sungguh, engkau tidak akan sanggup menjadikan mereka bisa mendengar ajaran agama, layaknya orang-orang … 30:52, 30 52, 30-52, Surah Ar Rum 52, Tafsir surat ArRum 52, Quran Ar-Rum 52, Surah Ar Rum ayat 52

Podcast

Hadits & Doa

Soal & Pertanyaan Agama

Pendidikan Agama Islam #2

Salah satu Asmaul Husna, Allah memiliki sifat Al ‘Adl, yang berarti bahwa Allah … Maha Pemilik Kebesaran dan Kemuliaan Maha

Pendidikan Agama Islam #3

Bagian tubuh yang tidak ditampakkan sesuai dengan ajaran Islam disebut … dekorasi aurat pusar sampai mata kaki hijab pakaian Benar!

Instagram