Search
Generic filters
Cari Kategori
🙏 Pilih semua
Quran
Hadits
Kamus
Podcast
Soal Agama
Artikel, Doa, dll.

HR. Tirmidzi: 2064 – Setiap bayi diatas fitrah

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ يَحْيَى الْقُطَعِيُّ الْبَصْرِيُّ حَدَّثَنَا عَبْدُ الْعَزِيزِ بْنُ رَبِيعَةَ الْبُنَانِيُّ حَدَّثَنَا الْأَعْمَشُ عَنْ أَبِي صَالِحٍ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كُلُّ مَوْلُودٍ يُولَدُ عَلَى الْمِلَّةِ فَأَبَوَاهُ يُهَوِّدَانِهِ أَوْ يُنَصِّرَانِهِ أَوْ يُشَرِّكَانِهِ قِيلَ يَا رَسُولَ اللَّهِ فَمَنْ هَلَكَ قَبْلَ ذَلِكَ قَالَ اللَّهُ أَعْلَمُ بِمَا كَانُوا عَامِلِينَ بِهِ حَدَّثَنَا أَبُو كُرَيْبٍ وَالْحُسَيْنُ بْنُ حُرَيْثٍ قَالَا حَدَّثَنَا وَكِيعٌ عَنْ الْأَعْمَشِ عَنْ أَبِي صَالِحٍ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ نَحْوَهُ بِمَعْنَاهُ وَقَالَ يُولَدُ عَلَى الْفِطْرَةِ قَالَ أَبُو عِيسَى هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ وَقَدْ رَوَاهُ شُعْبَةُ وَغَيْرُهُ عَنْ الْأَعْمَشِ عَنْ أَبِي صَالِحٍ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ يُولَدُ عَلَى الْفِطْرَةِ وَفِي الْبَاب عَنْ الْأَسْوَدِ بْنِ سَرِيعٍ
Sunan at-Tirmidzi hadis nomor 2064
Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Yahya Al Qutha’i Al Bashri(1):
telah menceritakan kepada kami ‘Abdul ‘Aziz bin Rabi’ah Al Bunani(2):
telah menceritakan kepada kami Al A’masy(3) dari Abu Shalih(4) dari Abu Hurairah(5) dia berkata:
Rasulullah ﷺ bersabda:

“Setiap anak dilahirkan di atas al millah (agama fithrahnya, Islam),
namun, kedua orangtuanyalah yang menjadikannya Yahudi atau Nasrani, atau menjadikannya seorang yang musyrik.”

Kemudian ditanyakanlah pada beliau, “Wahai Rasulullah, lalu bagaimanakah dengan yang binasa sebelum itu?”

belaiu menjawab:
“Allah-lah yang lebih tahu terhadap apa yang mereka kerjakan.”

Telah menceritakan kepada kami Abu Kuraib(6) dan Al Husain bin Huraits(7) keduanya berdua berkata:
telah menceritakan kepada kami Waki’(8) dari Al A’masy(3) dari Abu Shalih(4) dari Abu Hurairah(5) dari Nabi ﷺ sepertinya dan dengan makna yang sama pula dan beliau bersabda:

“Dilahirkan dalam keadaan fithrah.”

Abu ‘Isa berkata:
Ini adlah hadis Hasan Shahih.

Dan hadis ini telah diriwayatkan pula oleh Syu’bah(12) dan selainnya dari Al A’masy(3) dari Abu Shalih(4) dari Abu Hurairah(5) dari Nabi Nabi ﷺ, ia pun menyebutkan:
“Dilahirkan dalam keadaan fithrah.”

Hadis semakna juga diriwayatkan dari Al Aswad bin Sari’.



(1) 👤 Muhammad bin Yahya bin Abi Hazm Mihran, Al Qutha’iy, Abu ‘Abdullah ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 253 Hijriah (± 867 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah.

(2) 👤 Abdul ‘Aziz bin Rabi’ah, Al Bananiy Al Kufiy, Abu Rabi’ah ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan biasa ☖ Hidup di Bashrah .


(3) 👤 Sulaiman bin Mihran, Al Asadiy Al Kahiliy, Abu Muhammad, Al A’masy ✶ Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 147 Hijriah (± 764 Masehi) ☖ Hidup di Kufah.

(4) 👤 Dzakwan, Abu Shalih ✶ Tabi’in kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 101 Hijriah (± 720 Masehi) ☖ Hidup di Madinah ⚑ Wafat di Madinah.


(5) 👤 Abdur Rahman bin Shakhr, Ad Dawsiy Al Yamaniy, Abu Hurairah ✶ Shahabat ↺ Wafat tahun 57 Hijriah (± 677 Masehi) ☖ Hidup di Madinah ⚑ Wafat di Madinah.

(6) 👤 Muhammad bin Al ‘Alaa’ bin Kuraib, Al Hamdaniy, Abu Kuraib ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 248 Hijriah (± 862 Masehi) ☖ Hidup di Kufah.


(7) 👤 Al Husain bin Huraits bin Al Hasan, Al Khazaa’i Al Marwaziy, Abu ‘Ammar ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 244 Hijriah (± 858 Masehi) ☖ Hidup di Himsh ⚑ Wafat di Qarqasyanandah.

(8) 👤 Waki’ bin Al Jarrah bin Malih, Ar Ru’asiy, Abu Sufyan ✶ Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 196 Hijriah (± 812 Masehi) ☖ Hidup di Kufah ⚑ Wafat di Ainul Wardah.


(9) 👤 Sulaiman bin Mihran, Al Asadiy Al Kahiliy, Abu Muhammad, Al A’masy ✶ Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 147 Hijriah (± 764 Masehi) ☖ Hidup di Kufah.

(10) 👤 Dzakwan, Abu Shalih ✶ Tabi’in kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 101 Hijriah (± 720 Masehi) ☖ Hidup di Madinah ⚑ Wafat di Madinah.


(11) 👤 Abdur Rahman bin Shakhr, Ad Dawsiy Al Yamaniy, Abu Hurairah ✶ Shahabat ↺ Wafat tahun 57 Hijriah (± 677 Masehi) ☖ Hidup di Madinah ⚑ Wafat di Madinah.

(12) 👤 Syu’bah bin Al Hajjaj bin Al Warad, Al Azdiy Al Wasithiy, Abu Bistham ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan tua ↺ Wafat tahun 160 Hijriah (± 777 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah ⚑ Wafat di Bashrah.


(13) 👤 Sulaiman bin Mihran, Al Asadiy Al Kahiliy, Abu Muhammad, Al A’masy ✶ Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 147 Hijriah (± 764 Masehi) ☖ Hidup di Kufah.

(14) 👤 Dzakwan, Abu Shalih ✶ Tabi’in kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 101 Hijriah (± 720 Masehi) ☖ Hidup di Madinah ⚑ Wafat di Madinah.


(15) 👤 Abdur Rahman bin Shakhr, Ad Dawsiy Al Yamaniy, Abu Hurairah ✶ Shahabat ↺ Wafat tahun 57 Hijriah (± 677 Masehi) ☖ Hidup di Madinah ⚑ Wafat di Madinah.


Hadis ini memiliki penguat sebagai berikut:
Shahih Bukhari 1270
Shahih Bukhari 1271
Shahih Bukhari 1296
Shahih Bukhari 4402
Shahih Bukhari 6110
Shahih Muslim 4803
Shahih Muslim 4805
Sunan Abu Daud 4091
• Musnad Ahmad 6884
• Musnad Ahmad 7387
• Musnad Ahmad 7463
• Musnad Ahmad 7832
• Musnad Ahmad 8739
• Musnad Ahmad 8949
• Musnad Ahmad 9851
• Muwatho Malik 507
Bagi ke FB
Bagi ke TW
Bagi ke WA

Video Terkait

Load More

Hadits Shahih

Ayat Alquran Pilihan

dan terimalah taubat kami.
Sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang.
QS. Al-Baqarah [2]: 128

Dan janganlah kamu campur adukkan yang hak dengan yang bathil & janganlah kamu sembunyikan yang hak itu,
sedang kamu mengetahui.
QS. Al-Baqarah [2]: 42

Demi malaikat-malaikat yang diutus untuk membawa kebaikan.

dan yang menyebarkan (rahmat Tuhannya) dengan seluas-luasnya,

dan yang menyampaikan wahyu,

sesungguhnya apa yang dijanjikan kepadamu itu pasti terjadi.
QS. Al-Mursalat [77]: 1-7

Berikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang beriman & beramal salih bahwasanya mereka akan mendapatkan balasan berupa surga yang di bawahnya mengalir sungai-sungai.
QS. Al-Baqarah [2]: 25

Podcast

Doa

Soal & Pertanyaan Agama

Pendidikan Agama Islam #10

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam menerima wahyu pertama di … Wahyu pertama yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam terkandung dalam surah … S...

Pendidikan Agama Islam #13

Nama pedang Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam yaitu … … Apa nama peperangan pertama yang berlaku dalam sejarah Islam? … Apa makanan kegemaran Nabi Muhammad Shallallah...

Pendidikan Agama Islam #26

Sebab-sebab turunnya ayat Alquran disebut … Nama lain dari surah Al-Insyirah adalah … Jumlah surah-surah dalam Alquran adalah … Pesan utama dari kandungan Alquran adalah … Sura...

Kamus

Al Muqtadir

Apa itu Al Muqtadir? Allah itu Al-Muqtadir ◀ Artinya Allah itu Maha Berkuasa, Yang Maha Menguasai. Dia Maha berkuasa atas segala makhluk ciptaan-Nya. Allah menciptakan langit dan bumi serta alam be...

mihrab

Apa itu mihrab? Mihrab adalah ceruk setengah lingkaran atau tempat kecil yang ada di dinding paling depan masjid atau Musala yang menunjukkan arah kiblat dan merupakan tempat untuk Imam memimpin shal...

Malaikat

Apa itu Malaikat? Malaikat pada umumnya adalah makhluk supranatural yang ditemui di berbagai agama dan mitologi. Dalam agama-agama Abrahamik, malaikat sering digambarkan sebagai makhluk surgawi yang b...

Kitab Allah

Apa itu Kitab Allah? Kitab Allah adalah catatan-catatan yang difirmankan oleh Allah kepada para nabi dan rasul. Umat Islam diwajibkan meyakininya, karena mempercayai kitab-kitab selain Al Qur’a...

Khalaf

Apa itu Khalaf? Kata khalaf biasanya digunakan untuk merujuk para ulama yang lahir setelah abad III H setelah periode tabiut tabi’in. Ulama-ulama khalaf adalah penerus dakwah tabiut tabi’i...

Yerusalem

Di mana itu Yerusalem? Yerusalem (/dʒəˈruːsələm/; Ibrani: יְרוּשָׁלַיִם Yerushaláyim; bahasa Arab: القُدس‎ al-Quds diucapkan merupakan salah satu kota tertua di dunia, ter...

Instagram