Search
Generic filters
Cari Kategori
🙏 Pilih semua
Quran
Hadits
Kamus
Podcast
Soal Agama
Artikel, Doa, dll.

HR. Muslim: 4929 – Anjuran untuk senantiasa bertaubat

حَدَّثَنَا عُثْمَانُ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ وَإِسْحَقُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ وَاللَّفْظُ لِعُثْمَانَ قَالَ إِسْحَقُ أَخْبَرَنَا و قَالَ عُثْمَانُ حَدَّثَنَا جَرِيرٌ عَنْ الْأَعْمَشِ عَنْ عُمَارَةَ بْنِ عُمَيْرٍ عَنْ الْحَارِثِ بْنِ سُوَيْدٍ قَالَ دَخَلْتُ عَلَى
Shahih Muslim hadis nomor 4929
Telah menceritakan kepada kami ‘Utsman bin Abu Syaibah(1) dan Ishaq bin Ibrahim(2) -dan lafadh ini milik ‘Utsman- Ishaq berkata:
telah mengabarkan kepada kami, dan ‘Utsman berkata:
telah menceritakan kepada kami Jarir(3) dari Al A’masy(4) dari ‘Umarah bin ‘Umair(5) dari Al Harits bin Suwaid(6) dia berkata:
“Saya pernah datang berkunjung ke rumah Abdullah untuk menjenguknya ketika ia sedang sakit.
Lalu ia menuturkan kepada saya tentang dua hal:
yang satu tentang dirinya dan yang satu lagi mengenai Rasulullah ﷺ.”

Abdullah(7) berkata:
‘Saya pernah mendengar Rasulullah ﷺ bersabda:

‘Allah merasa bergembira karena taubatnya seorang hamba yang beriman melebihi kegembiraan seseorang berada di gurun sahara yang mencekam dengan ditemani hewan tunggangannya serta perbekalan makanan dan minuman, kemudian ia tertidur.
Ketika ia terbangun dari tidurnya, ternyata hewan tunggangannya terlepas dengan membawa perbekalan makanan dan minumannya.

Kemudian orang tersebut mencari hewan tunggangannya tersebut ke sana kemari hingga ia merasa haus.
Setelah itu, ia pun berkata:
‘Sebaiknya aku kembali saja ke tempat tidurku semula sampai aku mati.’

Tak lama kemudian orang tersebut telah membaringkan tubuhnya dengan meletakkan kepalanya di atas lengannya dan bersiap-siap untuk mati.
Ketika ia terbangun, ternyata hewan tunggangannya itu telah berada di sisinya dengan membawa bekal makanan dan minumannya.

Sunguh ke gembiraan Allah karena taubatnya seorang hamba-Nya yang beriman melebihi kegembiraan orang yang hewan tunggangannya terlepas lalu kembali dengan membawa perbekalan makanan dan minumannya ini.”

Dan telah menceritakannya kepada kami Abu Bakr bin Abu Syaibah(8) telah menceritakan kepada kami Yahya bin Adam(9) dari Quthbah bin ‘Abdul ‘Aziz(10) dari Al A’masy(4) dengan sanad ini, dan dia berkata:
dari seorang laki-laki yang berada di sebuah gurun yang mencekam.’

Dan telah menceritakan kepadaku Ishaq bin Manshur(12) telah menceritakan kepada kami Abu Usamah(13) telah menceritakan kepada kami Al A’masy(4) telah menceritakan kepada kami ‘Umarah bin ‘Umair(5) dia berkata:
aku mendengar Al Harits bin Suwaid(6) dia berkata:
telah menceritakan kepadaku ‘Abdullah(17) mengenai dua buah hadis.
Salah satunya dari Rasulullah ﷺ, sedangkan yang satu lagi tentang dirinya.

Dia berkata:
Rasulullah ﷺ bersabda:

‘Allah sangat gembira dengan taubatnya seorang hamba yang beriman’.
-yang serupa dengan Hadis Jarir.



(3) 👤 Jarir bin ‘Abdul Hamid bin Qarth, Abu ‘Abdullah ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 188 Hijriah (± 804 Masehi) ☖ Hidup di Kufah.

(2) 👤 Ishaq bin Ibrahim bin Makhlad, Al Hanzhaliy Al Marwaziy, Abu Ya’qub, Ibnu Rahawaih ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 238 Hijriah (± 852 Masehi) ☖ Hidup di Himsh ⚑ Wafat di Nihawand.


(4) 👤 Sulaiman bin Mihran, Al Asadiy Al Kahiliy, Abu Muhammad, Al A’masy ✶ Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 147 Hijriah (± 764 Masehi) ☖ Hidup di Kufah.

(5) 👤 Umarah bin ‘Umair , At Taymiy ✶ Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 82 Hijriah (± 701 Masehi) ☖ Hidup di Kufah.


(6) 👤 Al Harits bin Suwaid, At Taymiy, Abu ‘Aisyah RAh ✶ Tabi’in kalangan tua ☖ Hidup di Kufah.

(7) 👤 Abdullah bin Mas’ud bin Ghafil bin Habib, Al Hadzliy Al Madaniy, Abu ‘Abdur Rahman, Ibnu Ummi ‘Abd ✶ Shahabat ↺ Wafat tahun 32 Hijriah (± 653 Masehi) ☖ Hidup di Kufah ⚑ Wafat di Madinah.


(8) 👤 Abdullah bin Muhammad bin Abi Syaibah Ibrahim bin ‘Utsman, Al ‘Abasiy, Abu Bakar ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 235 Hijriah (± 850 Masehi) ☖ Hidup di Kufah.

(9) 👤 “Yahya bin Adam bin Sulaiman, maula keluarga Abi Mu’ith”, Al Umawiy, Abu Zakariya ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 203 Hijriah (± 819 Masehi) ☖ Hidup di Kufah ⚑ Wafat di Falisthina.


(10) 👤 Quthbah bin ‘Adul ‘Aziz bin Siyah, Al Asadiy Al Hammaniy ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan pertengahan ☖ Hidup di Kufah.

(11) 👤 Sulaiman bin Mihran, Al Asadiy Al Kahiliy, Abu Muhammad, Al A’masy ✶ Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 147 Hijriah (± 764 Masehi) ☖ Hidup di Kufah.


(12) 👤 Ishaq bin Manshur bin Bahram , At Tamimiy , Abu Ya’qub, Al Kawsaj ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 251 Hijriah (± 865 Masehi) ☖ Hidup di Himsh ⚑ Wafat di Nihawand.

(13) 👤 Hammad bin Usamah bin Zaid, Abu Usamah ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 201 Hijriah (± 817 Masehi) ☖ Hidup di Kufah ⚑ Wafat di Kufah.


(14) 👤 Sulaiman bin Mihran, Al Asadiy Al Kahiliy, Abu Muhammad, Al A’masy ✶ Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 147 Hijriah (± 764 Masehi) ☖ Hidup di Kufah.

(15) 👤 Umarah bin ‘Umair , At Taymiy ✶ Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 82 Hijriah (± 701 Masehi) ☖ Hidup di Kufah.


(16) 👤 Al Harits bin Suwaid, At Taymiy, Abu ‘Aisyah RAh ✶ Tabi’in kalangan tua ☖ Hidup di Kufah.

(17) 👤 Abdullah bin Mas’ud bin Ghafil bin Habib, Al Hadzliy Al Madaniy, Abu ‘Abdur Rahman, Ibnu Ummi ‘Abd ✶ Shahabat ↺ Wafat tahun 32 Hijriah (± 653 Masehi) ☖ Hidup di Kufah ⚑ Wafat di Madinah.





Hadis ini memiliki penguat sebagai berikut:
Shahih Muslim 4930
Shahih Muslim 4931
Shahih Muslim 4932
Shahih Muslim 4933
Sunan Ibnu Majah 4239
• Musnad Ahmad 7845
• Musnad Ahmad 11364
• Musnad Ahmad 17696
• Musnad Ahmad 17761
Bagi ke FB
Bagi ke TW
Bagi ke WA

Video Terkait

Load More

Hadits Shahih

Ayat Alquran Pilihan

Sesungguhnya kamu tidak akan dapat memberi petunjuk kepada orang yang kamu kasihi,
tetapi Allah memberi petunjuk kepada orang yang dikehendaki-Nya,
dan Allah lebih mengetahui orang-orang yang mau menerima petunjuk.
QS. Al-Qasas [28]: 56

Tuhanmu lebih mengetahui apa yang ada dalam hatimu,
jika kamu orang-orang yang baik,
maka sesungguhnya Dia Maha Pengampun bagi orang-orang yang bertaubat.
QS. Al-Isra’ [17]: 25

Yang ciptakan mati & hidup untuk suatu tujuan,
yaitu menguji siapa yang paling benar perbuatannya & paling tulus niatnya.
Dia Mahaperkasa yang tak ada sesuatu pun dapat mengalahkan-Nya,
Maha Pengampun terhadap orang-orang yang teledor
QS. Al-Mulk [67]: 2

Dan tiadalah kehidupan dunia ini melainkan senda gurau & main-main.
Dan sesungguhnya akhirat itulah yang sebenarnya kehidupan,
kalau mereka mengetahui.
QS. Al-‘Ankabut [29]: 64

Podcast

Doa

Soal & Pertanyaan Agama

Pendidikan Agama Islam #18

Turunnya surah Ad-Dhuha menunjukkan… ..kepada Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam.Surah Ad-Dhuha ayat ke-enam menunjukkan salah satu masa Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa...

Pendidikan Agama Islam #24

Allah Subhanahu Wa Ta`ala Melihat semua apa yang di lakukan oleh hambanya, karena Allah bersifat … Dalam memutuskan suatu perkara, Dinda sangat adil karena Dinda meneladani sifat Allah … S...

Pendidikan Agama Islam #20

Berikut adalah contoh bahwa Allah Subhanahu Wa Ta`ala Maha Mendahulukan. Zakat menurut bahasa زكة , yang bermakna …Yang termasuk mustahiq (orang berhak menerima zakat) berikut yaitu … Setel...

Kamus

hilah

Apa itu hilah? DEFINISI AL HILAH: Secara bahasa, kata al hilah , sebagaimana dijelaskan Ibnu Hajar di dalam Fat-hul Bari, mempunyai arti, segala cara yang mengantarkan kepada tujuan dengan cara yang t...

basat

Apa itu basat? ba.sat harapan dalam hati nurani untuk memperoleh rahmat dan keridaan Allah … •

Haji Wada’

Apa itu Haji Wada’? Haji Wada’ atau Haji Perpisahan merupakan haji terakhir bagi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam, nabi umat Islam, yang dilaksanakan pada tahun 10 Hijriyah . Kaum...

An-Nashir

Siapa itu An-Nashir? An-Nashir Lidinillah bergelar Abu al-Abbas dengan nama asli Ahmad bin al-Mustadhi’ Biamrillah adalah Khalifah ke-34 Bani Abbasiyah di Baghdad dari 1180 hingga 1225. Adz-D...

Kufur

Apa itu Kufur? Kufur adalah salah perbuatan manusia, baik secara lahiriyah maupun secara batiniyah yang bisa menyebabkan hilangnya atau gugurnya keimanan seseorang. Kufur kalau ditinjau dari segi huk...

insya Allah

Apa itu insya Allah? in.sya Allah ungkapan yang digunakan untuk menyatakan harapan atau janji yang belum tentu dipenuhi … •

Instagram