Search
Generic filters
Cari Kategori
🙏 Pilih semua
Quran
Hadits
Kamus
Podcast
Soal Agama
Artikel, Doa, dll.

HR. Muslim: 4876 – Sunahnya tidak mengeraskan suara dalam berdoa

حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيدٍ حَدَّثَنَا لَيْثٌ ح و حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ رُمْحٍ أَخْبَرَنَا اللَّيْثُ عَنْ يَزِيدَ بْنِ أَبِي حَبِيبٍ عَنْ أَبِي الْخَيْرِ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرٍو عَنْ أَبِي بَكْرٍ أَنَّهُ قَالَ لِرَسُولِ اللَّهِ صَلَّى
Shahih Muslim hadis nomor 4876
Telah menceritakan kepada kami Qutaibah bin Sa’id(1) telah menceritakan kepada kami Laits(2) Demikian juga diriwayatkan dari jalur lainnya, dan telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Rumh(3) telah mengabarkan kepada kami Al Laits(4) dari Yazid bin Abu Habib(5) dari Abul Khair(6) dari ‘Abdullah bin ‘Amr(7) dari Abu Bakar Ash-Shiddiq radliallahu ‘anhu(8) bahwa ia pernah berkata kepada Rasulullah ﷺ:
“Ajari aku suatu doa yang dapat aku panjatkan dalam shalatku.”

Beliau ﷺ bersabda:

“Ucapkanlah, (Ya Allah, aku telah berbuat aniaya kepada diriku sendiri dengan aniaya yang besar, -Qutaibah berkata:
yang banyak-, dan tidak ada yang mengampuni dosa-dosa selain Engkau, ampunilah aku dengan ampunan dari sisi-Mu, serta kasihinilah aku.

Sesungguhnya Engkau Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

Dan telah menceritakannya kepadaku Abu Ath Thahir(9) telah mengabarkan kepada kami ‘Abdullah bin Wahb(10) telah mengabarkan kepadaku seorang laki-laki yang dia sebutkan, dan ‘Amr bin Al Harits(11) dari Yazid bin Abu Habib(5) dari Abul Khair(6) bahwasanya ia mendengar ‘Abdullah bin ‘Amru bin Al ‘Ash(14) berkata:
bahwa Abu Bakr Ash Shiddiq(15) dia berkata kepada Rasulullah:
“Ajari aku suatu doa yang dapat aku panjatkan dalam shalatku dan aku panjatkan di rumahku, -lalu dian menyebutkan Hadis yang sama dengan Hadis Al Laits.

Namun dia menyebutkan dengan kalimat:
‘zhulman katsiran’ (dengan aniaya yang banyak).


(3) 👤 Muhammad bin Rumhi bin Al Muhajir, At Tajibiy, Abu ‘Abdullah ✶ Tabi’in kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 242 Hijriah (± 856 Masehi) ☖ Hidup di Maru.


(2) 👤 Laits bin Sa’ad bin ‘Abdur Rahman, Al Fahmiy, Abu Al Harits ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan tua ↺ Wafat tahun 175 Hijriah (± 791 Masehi) ☖ Hidup di Maru.

(4) 👤 Laits bin Sa’ad bin ‘Abdur Rahman, Al Fahmiy, Abu Al Harits ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan tua ↺ Wafat tahun 175 Hijriah (± 791 Masehi) ☖ Hidup di Maru.


(5) 👤 Yazid bin Abi Habib Suwaid, Al Azdiy, Abu Raja’ ✶ Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 128 Hijriah (± 746 Masehi) ☖ Hidup di Maru.

(6) 👤 Martsad bin ‘Abdullah , Al Yazaniy, Abu Al Khair ✶ Tabi’in kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 90 Hijriah (± 709 Masehi) ☖ Hidup di Maru.


(7) 👤 Abdullah bin ‘Amru bin Al ‘Ash bin Wa’il, As Sahmiy Al Qurasyiy, Abu Muhammad ✶ Shahabat ↺ Wafat tahun 63 Hijriah (± 683 Masehi) ☖ Hidup di Maru ⚑ Wafat di Tha’if.

(8) 👤 Abdullah bin ‘Utsman bin ‘Amir bin ‘Amru bin Ka’ab bin Sa’ad binTaymi bin Murrah, At Taymiy, Abu Bakar, Ash Shiddiq ✶ Shahabat ↺ Wafat tahun 13 Hijriah (± 634 Masehi) ☖ Hidup di Madinah ⚑ Wafat di Madinah.


(9) 👤 Ahmad bin ‘Amru bin ‘Abdullah bin ‘Amru As Sarh, Al Umawiy, Abu Ath Thahir ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 250 Hijriah (± 864 Masehi) ☖ Hidup di Maru.

(10) 👤 Abdullah bin Wahab bin Muslim, Al Qurasyiy, Abu Muhammad ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 197 Hijriah (± 813 Masehi) ☖ Hidup di Maru ⚑ Wafat di Maru.


(11) 👤 Amru bin Al Harits bin Ya’qub, Al Anshariy, Abu Umayyah ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan tua ↺ Wafat tahun 149 Hijriah (± 766 Masehi) ☖ Hidup di Maru.

(12) 👤 Yazid bin Abi Habib Suwaid, Al Azdiy, Abu Raja’ ✶ Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 128 Hijriah (± 746 Masehi) ☖ Hidup di Maru.


(13) 👤 Martsad bin ‘Abdullah , Al Yazaniy, Abu Al Khair ✶ Tabi’in kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 90 Hijriah (± 709 Masehi) ☖ Hidup di Maru.

(14) 👤 Abdullah bin ‘Amru bin Al ‘Ash bin Wa’il, As Sahmiy Al Qurasyiy, Abu Muhammad ✶ Shahabat ↺ Wafat tahun 63 Hijriah (± 683 Masehi) ☖ Hidup di Maru ⚑ Wafat di Tha’if.


(15) 👤 Abdullah bin ‘Utsman bin ‘Amir bin ‘Amru bin Ka’ab bin Sa’ad binTaymi bin Murrah, At Taymiy, Abu Bakar, Ash Shiddiq ✶ Shahabat ↺ Wafat tahun 13 Hijriah (± 634 Masehi) ☖ Hidup di Madinah ⚑ Wafat di Madinah.


Hadis ini memiliki penguat sebagai berikut:
Shahih Bukhari 790
Shahih Bukhari 5851
Shahih Bukhari 6839
Sunan Tirmidzi 3454
Sunan Nasai 1285
Sunan Ibnu Majah 3825
• Musnad Ahmad 8
• Musnad Ahmad 28
Bagi ke FB
Bagi ke TW
Bagi ke WA

Video Terkait

Load More

Hadits Shahih

Ayat Alquran Pilihan

Hai Nabi,
bertakwalah kepada Allah & janganlah kamu menuruti (keinginan) orang-orang kafir & orang-orang munafik.
Sesungguhnya Allah adalah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana,
QS. Al-Ahzab [33]: 1

Di antara manusia ada yang menyembah Allah, jika ia peroleh kebajikan, tetaplah ia dalam keadaan itu, tapi jika ditimpa bencana, berbaliklah ia ke belakang. Rugilah ia di dunia & di akhirat.
Yang demikian itu adalah kerugian yang nyata
QS. Al-Hajj [22]: 11

Janganlah kamu gerakkan lidahmu untuk (membaca) Alquran karena hendak cepat-cepat (menguasai)-nya.
Sesungguhnya atas tanggungan Kami-lah mengumpulkannya (di dadamu) & (membuatmu pandai) membacanya.
QS. Al-Qiyamah [75]: 16-18

Podcast

Doa

Soal & Pertanyaan Agama

Pendidikan Agama Islam #26

Sebab-sebab turunnya ayat Alquran disebut … Nama lain dari surah Al-Insyirah adalah … Jumlah surah-surah dalam Alquran adalah … Pesan utama dari kandungan Alquran adalah … Sura...

Pendidikan Agama Islam #1

Arti fana adalah … Tuhan memiliki sifat Al Karim, yang berarti bahwa Allah Subhanahu Wa Ta`ala merupakan zat Yang ..Allah memiliki sifat Al Kariim yang tercantum dalam Alquran surah … Tuha...

Pendidikan Agama Islam #21

Pembukuan Alquran dilakukan pada masa khalifah … Setiap bencana dan musibah yang menimpa manusia di bumi sudah tertulis dalam kitab … Bu Nindi mempersiapkan pakaian bayi, karena bu Nindi t...

Kamus

mazhab

Apa itu mazhab? maz.hab haluan atau aliran mengenai hukum fikih yang menjadi ikutan umat Islam ; umat Islam di Indonesia banyak yang menganut mazhab Syafii; golongan pemikir yang sepaham dalam teo...

Al-‘Alaq

Apa itu Al-‘Alaq? Surah Al-‘Alaq adalah surah ke- dalam Alquran. Surah ini terdiri atas 19 ayat dan termasuk golongan surah-surah Makkiyah. Ayat 1 sampai dengan 5 dari surah ini adalah ay...

masjid

Apa itu masjid? mas.jid rumah atau bangunan tempat bersembahyang orang Islam; setiap Jumat dilakukan salat bersama di masjid … • mesjid

Hudzaifah bin al-Yaman

Siapa itu Hudzaifah bin al-Yaman? Hudzaifah bin al-Yaman dengan julukan Abu Abdillah adalah sahabat Nabi Muhammad yang juga dikenal dengan julukan Pemegang Rahasia Rasul. Biografi Ia dilahirkan di ...

Masjidilaksa

Apa itu Masjidilaksa? Mas.ji.dil.ak.sa masjid di Yerusalem, kiblat pertama umat Islam dan tempat Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam. melakukan mikraj setelah terlebih dahulu melakukan isra...

Ashabul Kahfi

Siapa itu Ashabul Kahfi? Sekumpulan pemuda pengikut Nabi Allah ﷻ iaitu Nabi Isa `alaihis salam yang berdakwah kepada kaumnya supaya mentauhidkan Allah ﷻ tetapi telah mendapat tentangan yang hebat....

Instagram