Search
Generic filters
Cari Kategori
🙏 Pilih semua
Quran
Hadits
Kamus
Podcast
Soal Agama
Artikel, Doa, dll.

HR. Muslim: 4874 – Sunahnya tidak mengeraskan suara dalam berdoa

حَدَّثَنَا أَبُو كَامِلٍ فُضَيْلُ بْنُ حُسَيْنٍ حَدَّثَنَا يَزِيدُ يَعْنِي ابْنَ زُرَيْعٍ حَدَّثَنَا التَّيْمِيُّ عَنْ أَبِي عُثْمَانَ عَنْ أَبِي مُوسَى أَنَّهُمْ كَانُوا مَعَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَهُمْ يَصْعَدُونَ فِي ثَنِيّ
Shahih Muslim hadis nomor 4874
Telah menceritakan kepada kami Abu Kamil Fudhail bin Husain(1) telah menceritakan kepada kami Yazid bin Zurai’(2) telah menceritakan kepada kami At Taimi(3) dari Abu ‘Utsman(4) dari Abu Musa(5) bahwa para sahabat pernah menyertai Rasulullah ﷺ, dan ketika para sahabat sedang menaiki jalan setapak di antara dua gunung, salah seorang dari mereka setiap naik keatas berseru:
‘Laa Ilaaha Illa Allah wallahu Akbar.’
(tidak ada Ilah selain Allah yang maha Agung).

Abu Musa berkata:
lalu Rasulullah ﷺ berkata:
‘Sesungguhnya kalian tidak berseru kepada Dzat yang tuli dan jauh.’
Abu Musa berkata:
kemudian beliau berseru:
‘Hai Abu Musa atau hai Abdullah bin Qais, inginkah aku tunjukkan kepadamu salah satu perbendaharaan surga?’
Saya menjawab:
‘Apa itu ya Rasulullah?’
Rasulullah bersabda:

Laa haula wala quwwata illaa billaah’ (Tiada daya dan upaya kecuali dengan pertolongan AIIah).”

Dan telah menceritakannya kepada kami Muhammad bin ‘Abdul A’la(6) telah menceritakan kepada kami Al Mu’tamir(7) dari Bapaknya(8) telah menceritakan kepada kami Abu ‘Utsman(4) dari Abu Musa(5) dia berkata:
‘ketika Rasulullah ﷺ, -lalu dia menyebutkan Hadis yang serupa.- telah menceritakan kepada kami Khalaf bin Hisyam(11) dan Abu Ar Rabi’(12) mereka berdua berkata:
telah menceritakan kepada kami Hammad bin Zaid(13) dari Ayyub(14) dari Abu ‘Utsman(4) dari Abu Musa(5) dia berkata:
kami pernah bersama Nabi ﷺ dalam suatu perjalanan, -lalu dia menyebutkan seperti hadis ‘Ashim.
– Dan telah menceritakan kepada kami Ishaq bin Ibrahim(17) telah mengabarkan kepada kami Ats Tsaqafi(18) telah menceritakan kepada kami Khalid Al Hadza(19) dari Abu ‘Utsman(4) dari Abu Musa(5) dia berkata:
kami pernah bersama Rasulullah ﷺ dalam suatu peperangan, -kemudian dia menyebutkan hadis tersebut, dan di dalamnya berkata:
Dzat yang kamu seru itu lebih dekat dari leher hewan yang tunggangi salah seorang kalian.
Dan di dalamnya tidak menyebutkan kalimat:
‘Laa haula wala quwwata illaa billaah’ (Tiada daya dan upaya kecuali dengan pertolongan AIIah).”


(3) 👤 Sulaiman bin Thurkhan, At Taymiy, Abu Al Mu’yamir ✶ Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 143 Hijriah (± 760 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah ⚑ Wafat di Bashrah.

(2) 👤 Yazid bin Zurai’, Al ‘Iysiy, Abu Mu’awiyah ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 182 Hijriah (± 798 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah ⚑ Wafat di Bashrah.


(4) 👤 Abdur Rahman bin Mall bin ‘Amru, An Nahdiy Al Kufiy, Abu ‘Utsman ✶ Tabi’in kalangan tua ↺ Wafat tahun 95 Hijriah (± 714 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah.

(5) 👤 Abdullah bin Qais bin Sulaim bin Hadldlor, Al Asy’ariy Al Madaniy, Abu Musa ✶ Shahabat ↺ Wafat tahun 50 Hijriah (± 670 Masehi) ☖ Hidup di Kufah ⚑ Wafat di Kufah.


(6) 👤 Muhammad bin ‘Abdul A’laa, Ash Shan’aniy Al Qaisiy, Abu ‘Abdullah ✶ Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 245 Hijriah (± 859 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah ⚑ Wafat di Bashrah.

(7) 👤 Mu’tamir bin Sulaiman bin Thurkhan, At Taymiy, Abu Muhammad, Ath Thufail ✶ Tabi’in kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 187 Hijriah (± 803 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah ⚑ Wafat di Bashrah.


(8) 👤 Sulaiman bin Thurkhan, At Taymiy, Abu Al Mu’yamir ✶ Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 143 Hijriah (± 760 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah ⚑ Wafat di Bashrah.

(9) 👤 Abdur Rahman bin Mall bin ‘Amru, An Nahdiy Al Kufiy, Abu ‘Utsman ✶ Tabi’in kalangan tua ↺ Wafat tahun 95 Hijriah (± 714 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah.


(10) 👤 Abdullah bin Qais bin Sulaim bin Hadldlor, Al Asy’ariy Al Madaniy, Abu Musa ✶ Shahabat ↺ Wafat tahun 50 Hijriah (± 670 Masehi) ☖ Hidup di Kufah ⚑ Wafat di Kufah.

(11) 👤 Khalaf bin Hisyam bin Tsa’lab, Abu Muhammad ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 229 Hijriah (± 844 Masehi) ☖ Hidup di Baghdad ⚑ Wafat di Baghdad.


(12) 👤 Sulaiman bin Daud, Az Zuhraniy Al ‘Atakiy, Abu Ar Rabi’ ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 234 Hijriah (± 849 Masehi) ☖ Hidup di Baghdad ⚑ Wafat di Bashrah.

(13) 👤 Hammad bin Zaid bin Dirham, Abu Isma’il, Al Azraq ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 179 Hijriah (± 795 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah ⚑ Wafat di Bashrah.


(14) 👤 Ayyub bin Abi Tamimah Kaysan, As Sikhtiyaniiy, Abu Bakar ✶ Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 131 Hijriah (± 749 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah.

(15) 👤 Abdur Rahman bin Mall bin ‘Amru, An Nahdiy Al Kufiy, Abu ‘Utsman ✶ Tabi’in kalangan tua ↺ Wafat tahun 95 Hijriah (± 714 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah.


(16) 👤 Abdullah bin Qais bin Sulaim bin Hadldlor, Al Asy’ariy Al Madaniy, Abu Musa ✶ Shahabat ↺ Wafat tahun 50 Hijriah (± 670 Masehi) ☖ Hidup di Kufah ⚑ Wafat di Kufah.

(17) 👤 Ishaq bin Ibrahim bin Makhlad, Al Hanzhaliy Al Marwaziy, Abu Ya’qub, Ibnu Rahawaih ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 238 Hijriah (± 852 Masehi) ☖ Hidup di Himsh ⚑ Wafat di Nihawand.


(18) 👤 Abdul Wahhab bin ‘Abdul Majid bin Ash Shalti, Ats Tsaqafiy, Abu Muhammad ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 194 Hijriah (± 810 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah ⚑ Wafat di Bashrah.

(19) 👤 Khalid bin Mihran, Abu Al Manazil, Al Hadza’i ✶ Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 141 Hijriah (± 758 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah.


(20) 👤 Abdur Rahman bin Mall bin ‘Amru, An Nahdiy Al Kufiy, Abu ‘Utsman ✶ Tabi’in kalangan tua ↺ Wafat tahun 95 Hijriah (± 714 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah.

(21) 👤 Abdullah bin Qais bin Sulaim bin Hadldlor, Al Asy’ariy Al Madaniy, Abu Musa ✶ Shahabat ↺ Wafat tahun 50 Hijriah (± 670 Masehi) ☖ Hidup di Kufah ⚑ Wafat di Kufah.


Hadis ini memiliki penguat sebagai berikut:
Shahih Bukhari 3883
Shahih Bukhari 5930
• Musnad Ahmad 18818
• Musnad Ahmad 18920
Bagi ke FB
Bagi ke TW
Bagi ke WA

Video Terkait

Load More

Hadits Shahih

Ayat Alquran Pilihan

Sesungguhnya yang takut kepada Allah di antara hamba-hamba-Nya,
hanyalah ulama (orang yang mengetahui kebesaran & kekuasaan Allah).
Sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Pengampun.
QS. Fatir [35]: 28

Orang bertakwa kepada Tuhan dibawa ke dalam surga, pintu-pintu telah terbuka & berkatalah kepada mereka penjaga-penjaganya:
“Kesejahteraan (dilimpahkan) atasmu. Berbahagialah kamu! maka masukilah surga ini, sedang kamu kekal di dalamnya”
QS. Az-Zumar [39]: 73

Dan janganlah kamu mendekati zina,
sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji.
Dan suatu jalan yang buruk.
QS. Al-Isra’ [17]: 32

Jangan terpengaruh oleh apa yang kau lihat pada orang kafir! Mereka bergelimang kemewahan & bergerak bebas dalam dagang & usaha.
Itu kesenangan sekejap yang akan hilang.
Tempat kembali mereka ialah neraka Jahanam, seburuk tempat kembali
QS. Ali ‘Imran [3]: 196-197

Podcast

Doa

Soal & Pertanyaan Agama

Pendidikan Agama Islam #27

Surah yang terpendek dalam Alquran adalah … Surah yang tidak diawali basmalah adalah … Surah yang pertama kali turun secara lengkap adalah … Proses turunnya wahyu berlangsung selama ...

Pendidikan Agama Islam #26

Sebab-sebab turunnya ayat Alquran disebut … Nama lain dari surah Al-Insyirah adalah … Jumlah surah-surah dalam Alquran adalah … Pesan utama dari kandungan Alquran adalah … Sura...

Pendidikan Agama Islam #17

Dalam Alquran, surah Ad-Dhuha turun setelah surah …Surah Ad-Dhuha termasuk kategori surah …اَلَمْ يَجِدْكَ يَتِيْمًا فَاٰوٰىۖ lafal tersebut adalah surah Ad-...

Kamus

Doktor H. Komarudin Shaleh M.Ag

Siapa itu Doktor H. Komarudin Shaleh M.Ag? Doktor H. Komarudin Shaleh M.Ag menjabat sebagai Bidgar Pengembangan Sumber Daya Dakwah PP Persis, disamping juga aktif sebagai mubaligh, beliau juga menjaba...

Al Muntaqim

Apa itu Al Muntaqim? Allah itu Al-Muntaqim ◀ Artinya adalah Allah itu Maha Penuntut Balas/Dzat Yang Maha Mengancam. Allah tidak akan segan untuk menghukum orang-orang yang bersalah dan tidak mau be...

ahli ibadah

Apa itu ahli ibadah? orang yang taat menjalankan kewajiban agama … •

Pertempuran Shiffin

Apa itu Pertempuran Shiffin? Pertempuran Shiffin terjadi semasa zaman fitnah besar atau perang saudara pertama orang Islam dengan pertempuran utama terjadi dari tanggal 26-28 Juli. Pertempuran ini t...

Al-Jinn

Apa itu Al-Jinn? Surah Al-Jinn adalah surah ke-72 dalam Alquran. Surah ini tergolong surah Makkiyah dan terdiri atas 28 ayat. Dinamakan “al-Jinn” yang berarti “Jin” diambil da...

Syekh Muhammad Mutawalli Asy-Sya’rawi

Siapa itu Syekh Muhammad Mutawalli Asy-Sya’rawi? Fatwanya menjadi rujukan dunia Islam. Gelar Mujadid Abad ke- 20 tampaknya tidak terlalu berlebihan jika disandangkan untuk sosok Syekh Sya’...

Instagram