Search
Generic filters
Cari Kategori
🙏 Pilih semua
Quran
Hadits
Kamus
Podcast
Soal Agama
Artikel, Doa, dll.

HR. Muslim: 4606 – Sabda Nabi ﷺ “Setelah seratus tahun, bumi tidak akan dihuni oleh orang yang sama”

حَدَّثَنِي هَارُونُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ وَحَجَّاجُ بْنُ الشَّاعِرِ قَالَا حَدَّثَنَا حَجَّاجُ بْنُ مُحَمَّدٍ قَالَ قَالَ ابْنُ جُرَيْجٍ أَخْبَرَنِي أَبُو الزُّبَيْرِ أَنَّهُ سَمِعَ جَابِرَ بْنَ عَبْدِ اللَّهِ يَقُولُا سَمِعْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَ
Shahih Muslim hadis nomor 4606
Telah menceritakan kepadaku Harun bin ‘Abdullah(1) dan Hajjaj bin Asy Sya’ir(2) keduanya berkata:
Telah menceritakan kepada kami Hajjaj bin Muhammad(3) dia berkata:
Berkata Ibnu Juraij(4):
Telah mengabarkan kepadaku Abu Az Zubair(5) bahwasannya dia mendengar Jabir bin ‘Abdullah(6) berkata:
Aku mendengar Rasulullah ﷺ bersabda sebulan sebelum wafatnya:
“Kalian menanyakan kepadaku tentang Hari Kiamat, ketahuilah bahwa ilmunya di sisi Allah.
Saya bersumpah demi Allah, tidak akan ada manusia yang hidup pada hari ini di atas bumi, setelah seratus tahun yang akan datang.”

Dan telah menceritakannya kepada kami Muhammad bin Hatim(7):
Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Bakr(8):
Telah mengabarkan kepada kami Ibnu Juraij(4) melalui jalur ini.
Namun dia tidak menyebutkan perkataan:
‘sebulan sebelum wafatnya.’




(3) 👤 Hajjaj bin Muhammad, Abu Muhammad, Al A’war ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 206 Hijriah (± 821 Masehi) ☖ Hidup di Syam ⚑ Wafat di Baghdad.

(2) 👤 Hajjaj bin Yusuf bin Hajjaj, Abu Muhammad, Ibnu Asy Sya’ir ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 259 Hijriah (± 873 Masehi) ☖ Hidup di Baghdad.


(4) 👤 Abdul Malik bin ‘Abdul ‘Aziz bin Juraij, Al Umawiy, Abu Al Walid ✶ Tabi’in (tidak jumpa Shahabat) ↺ Wafat tahun 150 Hijriah (± 767 Masehi) ☖ Hidup di Marur Rawdz.

(5) 👤 Muhammad bin Muslim bin Tadrus, Al Asadiy, Abu Az Zubair ✶ Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 126 Hijriah (± 744 Masehi) ☖ Hidup di Marur Rawdz.


(6) 👤 Jabir bin ‘Abdullah bin ‘Amru bin Haram, Al Anshari As Sulamiy, Abu ‘Abdullah ✶ Shahabat ↺ Wafat tahun 78 Hijriah (± 697 Masehi) ☖ Hidup di Madinah ⚑ Wafat di Madinah.

(7) 👤 Muhammad bin Hatim bin Maimun, Al Marwaziy, Abu ‘Abdullah , As Samin ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan biasa ↺ Wafat tahun 235 Hijriah (± 850 Masehi) ☖ Hidup di Baghdad.


(8) 👤 Muhammad bin Bakkaar bin ‘Utsman, Al Bursaniy, Abu ‘Utsman ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 204 Hijriah (± 819 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah ⚑ Wafat di Bashrah.

(9) 👤 Abdul Malik bin ‘Abdul ‘Aziz bin Juraij, Al Umawiy, Abu Al Walid ✶ Tabi’in (tidak jumpa Shahabat) ↺ Wafat tahun 150 Hijriah (± 767 Masehi) ☖ Hidup di Marur Rawdz.


Hadis ini memiliki penguat sebagai berikut:
• Musnad Ahmad 13929
• Musnad Ahmad 13969
• Musnad Ahmad 14190
• Musnad Ahmad 14596
Bagi ke FB
Bagi ke TW
Bagi ke WA

Video Terkait

Load More

Hadits Shahih

Ayat Alquran Pilihan

Jangan kamu berlebihan (melampaui batas) dengan cara tak benar dalam agama.
Dan jangan ikuti hawa nafsu orang yang telah sesat dahulunya & mereka telah menyesatkan kebanyakan (manusia),
dan mereka tersesat dari jalan lurus
QS. Al-Ma’idah [5]: 77

dan hendaklah kamu memutuskan perkara di antara mereka menurut apa yang diturunkan Allah,
dan janganlah kamu mengikuti hawa nafsu mereka.
QS. Al-Ma’idah [5]: 49

Dia ciptakan langit & bumi dengan (tujuan) yang benar, Dia tutupkan malam atas siang & tutupkan siang atas malam & tundukkan matahari & bulan, berjalan menurut waktu yang ditentukan.
Ingatlah Dialah Yang Maha Perkasa lagi Maha Pengampun
QS. Az-Zumar [39]: 5

Apa saja yang diberikan Rasul kepadamu maka terimalah dia.
Dan apa yang dilarangnya bagimu maka tinggalkanlah.
Dan bertakwalah kepada Allah.
Sesungguhnya Allah amat keras hukumannya.
QS. Al-Hasyr [59]: 7

Podcast

Doa

Soal & Pertanyaan Agama

Pendidikan Agama Islam #29

Sebagai perumpamaan orang yang mengajak berbuat baik, tetapi dirinya sendiri tidak melakukan adalah … Berikut kedudukan orang yang menuntut ilmu, kecuali … potongan ayat di atas terdapat pada Alquran surah … Ilmuan muslim yang dalam bidang kedokteran yang berasal dari Persia yaitu … Siapakah nabi yang lebih memilih ilmu daripada harta?

Pendidikan Agama Islam #5

Berikut ini, yang tidak mengandung moral terpuji, adalah … Orang yang jujur akan senantiasa mengatakan … Lawan kata dari jujur ??adalah … Orang yang suka berbohong adalah orang … Bekerja tepat waktu adalah salah satu ciri orang yang …

Pendidikan Agama Islam #21

Pembukuan Alquran dilakukan pada masa khalifah … Setiap bencana dan musibah yang menimpa manusia di bumi sudah tertulis dalam kitab … Bu Nindi mempersiapkan pakaian bayi, karena bu Nindi tidak lama lagi akan melahirkan bayinya, perilaku bu Nindi termasuk meyakini … Allah Subhanahu Wa Ta`ala.Allah Subhanahu Wa Ta`ala tidak akan merubah nasib suatu kaum , sebelum kaum itu sendiri yang merubahnya, arti ayat tersebut terdapat dalam Alquran surah ar-Rad ayat … Salah satu contoh hikmah beriman kepada qada bagi siswa adalah …

Kamus

al-fusuq

Apa itu al-fusuq? Arti fusuq adalah saling memanggil dengan julukan-julukan yang buruk. Syekh Ahmad bin Abu Bakar bin Ismail al-Bushiri dalam karyanya berjudul Ithaf al-Khairah al-Mahrah bi Zawaid al-Masanid al-Asyrah yang merupakan salah satu kitab Zawaid dalam literatur kitab hadits, mengutip pendapat Ibnu Abbas ketika ditanya tentang rafats, fusuq, dan jidal. ع … • fusuq

mukalaf

Apa itu mukalaf? mu.ka.laf orang dewasa yang wajib menjalankan hukum agama … • mukallaf

paganisme

Apa itu paganisme? pa.gan.is.me perihal tidak beragama; paham pada masa sebelum adanya agama … •

rukun Islam

Apa itu rukun Islam? tiang utama dalam agama Islam, mengikrarkan dua kalimat syahadat, mendirikan salat, berzakat, berpuasa, dan mengerjakan ibadah haji jika mampu … •

Hadits Dha’if

Apa itu Hadits Dha’if? Hadis lemah atau Hadits Dha’if adalah kategori hadis yang tertolak dan tidak dapat dinyatakan kebenarannya berasal dari perkataan atau perbuatan Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Definisi Definisi Hadits dhaif menurut Imam Al-Baiquni adalah: “Setiap hadis yang tingkatannya berada dibawah hadits hasan (tidak memenuhi syarat … •

Ibnu al-Jauzi

Siapa itu Ibnu al-Jauzi? Ibnul Jauzi atau Abu al-Faraj ibn al-Jauzi adalah seorang ahli fikih, sejarawan, ahli tata bahasa, ahli tafsir, pendakwah, dan syaikh yang merupakan tokoh penting dalam berdirinya kota Baghdad dan pedakwah mazhab Sunni Hanbali yang terkemuka di masanya. Garis keturunan keluarganya apabila ditelusuri akan mencapai kepada sahaba … •

Instagram