Search
Generic filters
Cari Kategori
🙏 Pilih semua
Quran
Hadits
Kamus
Podcast
Soal Agama
Artikel, Doa, dll.

HR. Muslim: 4582 – Keutamaan Ghifar, Aslam, Juhainah, Asyja’ Muzainah dan Tamim

حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ حَدَّثَنَا غُنْدَرٌ عَنْ شُعْبَةَ ح و حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الْمُثَنَّى وَابْنُ بَشَّارٍ قَالَا حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ جَعْفَرٍ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ أَبِي يَعْقُوبَ سَمِعْتُ عَبْدَ الرّ
Shahih Muslim hadis nomor 4582
Telah menceritakan kepada kami Abu Bakr bin Abu Syaibah(1):
Telah menceritakan kepada kami Ghundar(2) dari Syu’bah(3):
Demikian juga diriwayatkan dari jalur lainnya, Dan telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Al Mutsanna(4) dan Ibnu Basysyar(5) keduanya berkata:
Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Ja’far(6):
Telah menceritakan kepada kami Syu’bah(3) dari Muhammad bin Abu Ya’qub(8) Aku mendengar ‘Abdur Rahman bin Abu Bakrah(9) bercerita dari bapaknya(10) bahwasanya Al Aqra’ bin Habis pernah datang kepada Rasulullah ﷺ dan berkata:
“Ya Rasulullah, sesungguhnya Surraq Al Hajij dan kabilah Aslam, kabilah Ghifar, kabilah Muzainah (saya kira juga kabilah Juhainah, tapi Muhammad -salah seorang perawi hadis- meragukannya) telah membai’at engkau.”

Rasulullah ﷺ berkata:
‘Tidakkah kamu tahu bahwasanya kabilah Aslam, Ghifar, dan Muzainah (menurut saya -perawi hadis ini- juga kabilah Juhainah) lebih baik daripada Bani Tamim, Bani Amir, Bani Asad dan Bani Ghathafan.

Apakah mereka (kelompok akhir) itu merasa rugi dengan hal tersebut.’
Al Aqra’ bin Habis menjawab:
‘Ya.’

Rasulullah ﷺ bersabda:

‘Demi Dzat yang jiwaku ditangan-Nya sesungguhnya mereka (kelompok pertama) lebih baik daripada kelompok kedua.’
Telah menceritakan kepadaku Harun bin ‘Abdullah(11):
Telah menceritakan kepada kami ‘Abdush Shamad(12):
Telah menceritakan kepada kami Syu’bah(3):
Telah menceritakan kepadaku Sayyid Bani Hatim Muhammad bin ‘Abdullah bin Abu Ya’qub Adh Dhabi(14) melalui jalur ini dengan Hadis yang serupa.

Namun dia tidak menyebutkan kata:
‘Aku kira.’



(3) 👤 Syu’bah bin Al Hajjaj bin Al Warad, Al Azdiy Al Wasithiy, Abu Bistham ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan tua ↺ Wafat tahun 160 Hijriah (± 777 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah ⚑ Wafat di Bashrah.


(2) 👤 Muhammad bin Ja’far , Al Hudzaliy, Abu ‘Abdullah , Ghundar ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 193 Hijriah (± 809 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah ⚑ Wafat di Bashrah.

(4) 👤 Muhammad bin Al Mutsannaa bin ‘Ubaid, Al ‘Anaziy, Abu Musa, Az Zaman ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 252 Hijriah (± 866 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah.


(5) 👤 Muhammad bin Basysyar bin ‘Utsman, Al ‘Abdiy, Abu Bakar, Bindar ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 252 Hijriah (± 866 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah.

(6) 👤 Muhammad bin Ja’far , Al Hudzaliy, Abu ‘Abdullah , Ghundar ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 193 Hijriah (± 809 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah ⚑ Wafat di Bashrah.


(7) 👤 Syu’bah bin Al Hajjaj bin Al Warad, Al Azdiy Al Wasithiy, Abu Bistham ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan tua ↺ Wafat tahun 160 Hijriah (± 777 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah ⚑ Wafat di Bashrah.

(8) 👤 Muhammad bin ‘Abdullah bin Abi Ya’qub, At Tamimiy Adl Dlabbiy ✶ Tabi’in (tidak jumpa Shahabat) ☖ Hidup di Bashrah.


(9) 👤 Abdur Rahman bin Abi Bakrah Nufai’ bin Al Harits, Ats Tsaqafiy, Abu Bahar ✶ Tabi’in kalangan tua ↺ Wafat tahun 96 Hijriah (± 715 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah.

(10) 👤 Nufai’ bin Al Harits bin Kildah, Ats Tsaqafiy, Abu Bakrah ✶ Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 52 Hijriah (± 672 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah ⚑ Wafat di Bashrah.


(11) 👤 Harun bin ‘Abdullah bin Marwan, Al Baghdadiy Al Bazzaz, Abu Musa, Al Hammal ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 243 Hijriah (± 857 Masehi) ☖ Hidup di Baghdad.

(12) 👤 Abdush Shamad bin ‘Abdul Warits bin Sa’id bin Dzakwan, Al ‘Anbariy At Tanawwuriy, Abu Sahal, Abdaus ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 207 Hijriah (± 822 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah.


(13) 👤 Syu’bah bin Al Hajjaj bin Al Warad, Al Azdiy Al Wasithiy, Abu Bistham ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan tua ↺ Wafat tahun 160 Hijriah (± 777 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah ⚑ Wafat di Bashrah.

(14) 👤 Muhammad bin ‘Abdullah bin Abi Ya’qub, At Tamimiy Adl Dlabbiy ✶ Tabi’in (tidak jumpa Shahabat) ☖ Hidup di Bashrah.





Hadis ini memiliki penguat sebagai berikut:
Shahih Bukhari 3253
Shahih Bukhari 3254
Shahih Bukhari 6144
Shahih Muslim 4584
• Musnad Ahmad 9661
• Musnad Ahmad 19490
• Musnad Ahmad 19527
• Musnad Ahmad 22441
• Musnad Darimi 2411
Bagi ke FB
Bagi ke TW
Bagi ke WA

Video Terkait

Khotbah Jumat | 4 Februari 2022 | 4K ULTRAHD

HR. Muslim: 4586 – Keutamaan Ghifar, Aslam, Juhainah, Asyja’ Muzainah dan Tamim

… lullah sesungguhnya kabilah Daus telah kafir dan membangkang Oleh karena itu berdoalah kepada Allah agar mereka mendapatkan kecelakaan’ Seseorang berkata “Binasalah Kabilah Daus!” Tetapi Rasulullah berdoa “Ya Allah berikanlah petunjuk kepada kabilah Daus dan datangkanlah mereka!” • HR Muslim 4586, Hadits Shahih Muslim 4586, Hadits Muslim No. 4586

HR. Muslim: 4587 – Keutamaan Ghifar, Aslam, Juhainah, Asyja’ Muzainah dan Tamim

… mengenai bani Tamim yang dengannya aku selalu mencintai mereka -kemudian dia menyebutkan Hadisnya dengan Hadis yang semakna Hanya saja dia menambahkan ‘Mereka adalah orang-orang yang sangat pemberani di dalam pertempuran-pertempuran dahsyat’ Dia tidak menyebutkan kalimat ‘Dajjal’ • HR Muslim 4587, Hadits Shahih Muslim 4587, Hadits Muslim No. 4587

HR. Muslim: 4585 – Keutamaan Ghifar, Aslam, Juhainah, Asyja’ Muzainah dan Tamim

… nah dari dari dari ‘Adi bin Hatim dia berkata “Saya pernah berkunjung kepada Umar bin Khaththab maka dia berkata kepada saya ‘Sesungguhnya sedekah pertama yang membuat wajah Rasulullah dan para sahabat berseri-seri adalah sedekah kabilah Thayyi’ yang kamu bawa kepada Rasulullah ” • HR Muslim 4585, Hadits Shahih Muslim 4585, Hadits Muslim No. 4585

HR. Muslim: 4579 – Keutamaan Ghifar, Aslam, Juhainah, Asyja’ Muzainah dan Tamim

… ia berkata Aku mendengar Abu Salamah bercerita dari Abu Hurairah dari Nabi beliau “Kabilah Aslam Ghifar Muzainah dan orang-orang dari kabilah Juhainah mereka semua lebih baik dari bani Tamim bani Amir adalah lebih baik dari bani Tamim bani ‘Amir dan dua sekutu Asad dan Ghathafan” • HR Muslim 4579, Hadits Shahih Muslim 4579, Hadits Muslim No. 4579

HR. Muslim: 4578 – Keutamaan Ghifar, Aslam, Juhainah, Asyja’ Muzainah dan Tamim

… nceritakan kepada kami ‘Ubaidullah bin Mu’adz Telah menceritakan kepada kami Telah menceritakan kepada kami dari Sa’ad bin Ibrahim melalui jalur ini dengan Hadis yang serupa Namun sepengetahuanku di dalam Hadisnya Sa’ad hanya menyebutkan sebagian saja dari nama-nama suku tersebut • HR Muslim 4578, Hadits Shahih Muslim 4578, Hadits Muslim No. 4578

HR. Muslim: 4581 – Keutamaan Ghifar, Aslam, Juhainah, Asyja’ Muzainah dan Tamim

… ada kami dari dari Abu Hurairah dia berkata Rasulullah “Pada hari kiamat Aslam Ghifar beberapa orang dari Muzainah dan Juhainah atau sebaliknya adalah lebih baik di sisi Allah Abu Hurairah berkata -Aku mengira beliau – Pada hari kiamat nanti dari Asad Ghathafan Hawazin dan Tamim” • HR Muslim 4581, Hadits Shahih Muslim 4581, Hadits Muslim No. 4581

Hadits Shahih

Ayat Alquran Pilihan

Dan Allah sekali-kali tidak akan menangguhkan (kematian) seseorang apabila telah datang waktu kematiannya.
Dan Allah Maha Mengenal apa yang kamu kerjakan.
QS. Al-Munafiqun [63]: 11

Demi bintang ketika terbenam.

kawanmu (Muhammad) tidak sesat & tidak pula keliru.

dan tiadalah yang diucapkannya itu (Alquran) menurut kemauan hawa nafsunya.

Ucapannya itu tiada lain hanyalah wahyu yang diwahyukan (kepadanya).
QS. An-Najm [53]: 1-4


maka ingatlah nikmat-nikmat Allah & janganlah kamu merajalela di muka bumi membuat kerusakan.
QS. Al-A’raf [7]: 74

Berbuatlah sepenuh kemampuanmu,
sesungguhnya akupun berbuat (pula).
Kelak kamu akan mengetahui, siapa (di antara kita) yang akan peroleh hasil yang baik di dunia ini.
Sesungguhnya orang yang zalim itu tak akan mendapatkan keberuntungan
QS. Al-An’am [6]: 135

Podcast

Doa

Soal & Pertanyaan Agama

Pendidikan Agama Islam #8

Sumber kedua hukum dalam menetapkan Hukum tentang Alquran adalah … Hukum penggunaan hadis sebagai dasar hukum adalah … Orang yang menceritakan hadits disebut … Undang-undang tentang penggunaan Hadits-Maudu adalah … Berikut adalah hadits yang rusak, kecuali …

Pendidikan Agama Islam #28

Siapa nama ayah Nabi muhammad shallallahu alaihi wasallam? … Siapa nama Nabi setelah Nabi Isa ‘Alaihissalam? … Setiap umat Islam wajib menuntut ilmu. Bagaimana hukum mempelajari Ilmu Agama? … Kewajiban menuntut ilmu terdapat pada Alquran surah … Ada berapa syarat dalam menuntut ilmu? …

Pendidikan Agama Islam #20

Berikut adalah contoh bahwa Allah Subhanahu Wa Ta`ala Maha Mendahulukan. Zakat menurut bahasa زكة , yang bermakna …Yang termasuk mustahiq (orang berhak menerima zakat) berikut yaitu … Setelah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam wafat maka diganti oleh sahabat sebagai pemimpin ummat disebut … Jasa khalifah Umar bin Khatab yang sampai saat ini masih dipergunakan, yaitu …

Kamus

Mukadimah

Apa itu Mukadimah? mu.ka.di.mah pendahuluan; kata pengantar; mukadimah Undang-Undang Dasar 1945 … •

mahzurat

Apa itu mahzurat? mah.zu.rat hal-hal yang dilarang oleh agama, meliputi hukum haram dan makruh; larangan agama … •

Roh Kudus

Apa itu Roh Kudus? Roh Kudus adalah pribadi Tuhan dalam konsep Tritunggal. Roh Kudus hanya dipercayai oleh umat Kristiani. … •

Basyir bin Khashashah

Siapa itu Basyir bin Khashashah? Basyir bin Khashashah adalah salah seorang sahabat nabi Muhammad ﷺ. Surga hanya diberikan kepada orang-orang terpilih. Surga juga disertakan bersama Ridha Allah Ta’ala. Sebab ditegaskan; tidaklah seorang hamba masuk ke dalam surga, kecuali jika ia mendapatkan Rahmat dari Allah Ta’ala. Amal shalih hanya sarana pengundang Rahmat. Ia bukan sebab uta … • Basyir bin Khashashiyah

Al-Wala wa Al-Bara

Apa itu Al-Wala wa Al-Bara? Al-Wala’ wal-Bara’ merupakan kaidah prinsip di dalam akidah Islam tentang loyalitas terhadap muslimin dan pelepasan diri dari orang kafir. Definisi Al-Wala’ artinya loyalitas dan kecintaan. Wala’ adalah kata mashdar dari fi’il “waliya” yang artinya dekat. Yang dimaksud dengan wala’ di sini adalah dekat kepada kaum muslimi … • Al-Wala, Al-Bara

Instagram