Search
Generic filters
Cari Kategori
🙏 Pilih semua
Quran
Hadits
Kamus
Podcast
Soal Agama
Artikel, Doa, dll.

HR. Muslim: 4547 – Keutamaan Abu Hurairah Ad Dausi radhiallahu ‘anhu

حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيدٍ وَأَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ وَزُهَيْرُ بْنُ حَرْبٍ جَمِيعًا عَنْ سُفْيَانَ قَالَ زُهَيْرٌ حَدَّثَنَا سُفْيَانُ بْنُ عُيَيْنَةَ عَنْ الزُّهْرِيِّ عَنْ الْأَعْرَجِ قَالَ سَمِعْتُ أَبَا هُرَيْرَةَ يَقُولُا إِنَّكُمْ
Shahih Muslim hadis nomor 4547
Telah menceritakan kepada kami Qutaibah bin Sa’id(1) dan Abu Bakr bin Abu Syaibah(2) dan Zuhair bin Harb(3) seluruhnya dari Sufyan(4) dia berkata:
Zuhair(5) Telah menceritakan kepada kami Sufyan bin ‘Uyainah(6) dari Az Zuhri(7) dari Al A’raj(8) dia berkata:
aku mendengar Abu Hurairah(9) berkata:
“Kalian mengira bahwa Abu Hurairah adalah orang yang paling banyak meriwayatkan hadis dari Rasulullah ﷺ, dan Allahlah Dzat yang Maha menepati janji.
Dulu aku adalah orang yang miskin yang selalu membantu Rasulullah ﷺ yang makan sekedar makanan pokok saja, sedangkan orang-orang muhajirin disibukkan dengan perniagaan di pasar-pasar, dan orang-orang anshar disibukkan dengan harta benda mereka, lalu Nabi ﷺ bersabda:

“Siapa yang mau membentangkan bajunya maka dia tidak akan pernah lupa terhadap apa yang ia dengar dariku?”

Maka aku pun membentangkan bajuku hingga beliau selesai mengucapkan sabda-sabdanya lalu aku menempelkan bajuku ketubuhku.

Setelah itu aku tidak pernah lupa akan hadis-hadis yang aku dengar dari beliau.”

Telah menceritakan kepadaku ‘Abdullah bin Ja’far bin Yahya bin Khalid(10):
Telah mengabarkan kepada kami Ma’an(11):
Telah mengabarkan kepada kami Malik(12):
Demikian juga diriwayatkan dari jalur lainnya, Dan telah menceritakan kepada kami ‘Abad bin Humaid(13):
Telah mengabarkan kepada kami ‘Abdur Razzaq(14):
Telah mengabarkan kepada kami Ma’mar(15) seluruhnya dari Az Zuhri(7) dari Al A’raj(8) dari Abu Hurairah(9) dengan Hadis ini.

Namun Malik menyebutkan Hadis tersebut hanya sampai perkataan Abu Hurairah saja.
Tanpa menyebutkan Hadis dari Rasulullah ﷺ.



(1) 👤 Qutaibah bin Sa’id bin Jamil bin Tharif bin ‘Abdullah , Ats Tsaqafiy Al Baghlaniy, Abu Raja’ ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 240 Hijriah (± 854 Masehi) ☖ Hidup di Himsh.

(2) 👤 Abdullah bin Muhammad bin Abi Syaibah Ibrahim bin ‘Utsman, Al ‘Abasiy, Abu Bakar ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 235 Hijriah (± 850 Masehi) ☖ Hidup di Kufah.


(4) 👤 Sufyan bin ‘Uyainah bin Abi ‘Imran Maimun, Al Hilaliy, Abu Muhammad ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 198 Hijriah (± 814 Masehi) ☖ Hidup di Kufah ⚑ Wafat di Marur Rawdz.

(5) 👤 Zuhair bin Harb bin Syaddad, Al Harasyiy An Nasa’iy, Abu Khaitsamah ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 234 Hijriah (± 849 Masehi) ☖ Hidup di Baghdad ⚑ Wafat di Baghdad.


(6) 👤 Sufyan bin ‘Uyainah bin Abi ‘Imran Maimun, Al Hilaliy, Abu Muhammad ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 198 Hijriah (± 814 Masehi) ☖ Hidup di Kufah ⚑ Wafat di Marur Rawdz.

(7) 👤 Muhammad bin Muslim bin ‘Ubaidillah bin ‘Abdullah bin Syihab, Al Qurasyiy Az Zuhriy, Abu Bakar ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 124 Hijriah (± 742 Masehi) ☖ Hidup di Madinah.


(8) 👤 Abdur Rahman bin Hurmuz, Al Madaniy, Abu Daud, Al A’raj ✶ Tabi’in kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 117 Hijriah (± 735 Masehi) ☖ Hidup di Madinah ⚑ Wafat di Iskandariyah.

(9) 👤 Abdur Rahman bin Shakhr, Ad Dawsiy Al Yamaniy, Abu Hurairah ✶ Shahabat ↺ Wafat tahun 57 Hijriah (± 677 Masehi) ☖ Hidup di Madinah ⚑ Wafat di Madinah.


(10) 👤 Abdullah bin Ja’far bin Yahya, Al Barmakiy, Abu Muhammad ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan pertengahan ☖ Hidup di Bashrah.

(11) 👤 Ma’an bin ‘Isa bin Yahya bin Dinar, Al Qazzaz Al Asyja’iy, Abu Yahya ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan tua ↺ Wafat tahun 198 Hijriah (± 814 Masehi) ☖ Hidup di Madinah ⚑ Wafat di Madinah.


(12) 👤 Malik bin Anas bin Malik bin Abi ‘Amir, Al Ashbahiy Al Humairiy, Abu ‘Abdullah ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan tua ↺ Wafat tahun 179 Hijriah (± 795 Masehi) ☖ Hidup di Madinah ⚑ Wafat di Madinah.

(13) 👤 Abdul Hamid bin Humaid bin Nashr, Al Kaisysyiy, Abu Muhammad, Abdu ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 249 Hijriah (± 863 Masehi) ☖ Hidup di Himsh ⚑ Wafat di Karbala.


(14) 👤 Abdur Razzaq bin Hammam bin Nafi’, Al Humairiy Ash Shan’aniy, Abu Bakar ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 211 Hijriah (± 826 Masehi) ☖ Hidup di Yaman ⚑ Wafat di Yaman.

(15) 👤 Ma’mar bin Raosyid, Al Azdiy Al Bashriy, Abu ‘Urwah ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan tua ↺ Wafat tahun 154 Hijriah (± 771 Masehi) ☖ Hidup di Yaman.


(16) 👤 Muhammad bin Muslim bin ‘Ubaidillah bin ‘Abdullah bin Syihab, Al Qurasyiy Az Zuhriy, Abu Bakar ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 124 Hijriah (± 742 Masehi) ☖ Hidup di Madinah.

(17) 👤 Abdur Rahman bin Hurmuz, Al Madaniy, Abu Daud, Al A’raj ✶ Tabi’in kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 117 Hijriah (± 735 Masehi) ☖ Hidup di Madinah ⚑ Wafat di Iskandariyah.


(18) 👤 Abdur Rahman bin Shakhr, Ad Dawsiy Al Yamaniy, Abu Hurairah ✶ Shahabat ↺ Wafat tahun 57 Hijriah (± 677 Masehi) ☖ Hidup di Madinah ⚑ Wafat di Madinah.



Bagi ke FB
Bagi ke TW
Bagi ke WA

Video Terkait

Load More
HR. Muslim: 4549 – Keutamaan Abu Hurairah Ad Dausi radhiallahu ‘anhu

… kepada kami Abu Yaman dari dari Az Zuhri Telah mengabarkan kepadaku Sa’id bin Al Musayyab dan Abu Salamah bin ‘Abdur Rahman bahwa Abu Hurairah berkata Sesungguhnya kalian mengatakan mengapa Abu Hurairah banyak mengafal Hadis dari Rasulullah dan seterusnya dengan Hadis yang serupa • HR Muslim 4549, Hadits Shahih Muslim 4549, Hadits Muslim No. 4549

HR. Muslim: 4548 – Keutamaan Abu Hurairah Ad Dausi radhiallahu ‘anhu

… ada saya tentang Rasulullah yang kebetulan pada saat saya sedang melaksanakan shalat sunah Ia berdiri sebelum saya selesai dari shalat Kalau saja ia belum beranjak tentu saya akan menjawabnya sebagai berikut Sesungguhnya Rasulullah tidak pernah bercerita seperti yang kamu ucapkan • HR Muslim 4548, Hadits Shahih Muslim 4548, Hadits Muslim No. 4548

HR. Muslim: 4546 – Keutamaan Abu Hurairah Ad Dausi radhiallahu ‘anhu

… erdoa ‘Ya Allah jadikanlah hamba-Mu yang kecil ini (yaitu Abu Hurairah dan ibunya) cinta kepada orang-orang mukmin serta jadikanlah mereka cinta kepada keduanya! ‘ Maka tidak ada seorang mukmin yang mendengar nama saya dan tidak bertemu dengan saya melainkan ia cinta kepada saya” • HR Muslim 4546, Hadits Shahih Muslim 4546, Hadits Muslim No. 4546

Hadits Shahih

Ayat Alquran Pilihan

Sungguh Tuhan kamu ialah Allah yang telah menciptakan langit & bumi dalam 6 masa, lalu Dia bersemayam di atas ‘Arsy.
Dia menutupkan malam kepada siang yang mengikutinya dengan cepat, dan matahari, bulan, bintang tunduk kepada perintah-Nya.
QS. Al-A’raf [7]: 54

Apa mereka persekutukan (Allah dengan) berhala yang tak dapat ciptakan sesuatu pun? Sedang berhala itu sendiri buatan orang. Berhala itu tak bisa beri pertolongan pada penyembahnya & pada dirinya sendiri pun tak dapat memberi pertolongan
QS. Al-A’raf [7]: 191-192

Dan Allah mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam keadaan tidak mengetahui sesuatupun,
dan Dia memberi kamu pendengaran,
penglihatan & hati,
agar kamu bersyukur.
QS. An-Nahl [16]: 78

Jangan kau katakan terhadap apa yang disebut-sebut oleh lidahmu secara dusta
“ini halal & ini haram”,
untuk mengada-adakan kebohongan terhadap Allah.
Sungguh orang-orang yang mengada-adakan kebohongan terhadap Allah tiadalah beruntung
QS. An-Nahl [16]: 116

Podcast

Doa

Soal & Pertanyaan Agama

Pendidikan Agama Islam #14

Ketika Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam masih remaja, baginda telah bekerja mengambil upah sebagai pengembala binatang ternak. Apakah binatang tersebut? … Dalam Islam, teladan yang baik disebut juga dengan istilah … Dalam Islam, pengendalian diri atau kontrol terhadap diri, disebut juga dengan … Pengertian Mujahadah An-Nafs adalah … Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda bahwa berjihad (berjuang) yang paling utama adalah melawan …

Pendidikan Agama Islam #6

Sifat dasar hukum Alquran adalah keseimbangan dalam hal aspek material dan psikologis, yang disebut sebagai … Alquran dimulai dengan surah Al Fatihah (pembukaan) dan berakhir dengan surah … Alquran adalah panduan dan pedoman manusia bagi mereka yang beriman. Ini dikonfirmasikan oleh Allah dalam surah … Alquran bertindak sebagai Hudan, yang artinya adalah … Dalam Surah Al-Baqarah ayat 2, Allah berfirman bahwa Alquran adalah pedoman untuk orang …

Pendidikan Agama Islam #5

Berikut ini, yang tidak mengandung moral terpuji, adalah … Orang yang jujur akan senantiasa mengatakan … Lawan kata dari jujur ??adalah … Orang yang suka berbohong adalah orang … Bekerja tepat waktu adalah salah satu ciri orang yang …

Kamus

Habasyah

Di mana itu Habasyah? Republik Demokratik Federal Etiopia atau Etiopia adalah sebuah negara yang terletak di Afrika. Etiopia mempunyai salah satu sejarah terlengkap sebagai negara merdeka di benua tersebut. Merupakan negara tertua di dunia, kawasan Etiopia juga merupakan salah satu tempat peradaban yang terawal di dunia. Pemerintahan E … • Habbasyiah, Habsyah, Habsyi, Abyssinia, Etiopia, Ethiopia

amanah

Apa itu amanah? Secara etimologis kata-kata amanah, iman, aman, dan amn berasal dari akar kata yang sama yaitu ‘ham zah, mim’, dan ‘nun’ yang memiliki pangkal makna ‘aman’, ‘tenteram’, ‘tidak merasa takut’. Hakikat maknanya pun saling berkaitan erat. Iman tidak terwujud sempurna kalau tidak ada amanah, begi … • amanah

radhiyallahu ‘anhu

Apa itu radhiyallahu ‘anhu? Ucapan “radhiyallahu ‘anhu” adalah bentuk doa, yang artinya “semoga Allah meridhainya”. ● Untuk satu orang sahabat : radhiyallahu ‘anhu. Artinya: semoga Allah meridhainya. ● Untuk satu orang sahabiyah : radhiyallahu ‘anha. Artinya: semoga Allah meridhainya. ● Untuk dua orang sahabat (baik laki-laki maupun … • Radhiyallahu Anhu, radhiyallahu ‘anha, radhiyallahu anha, r.a., radhiyallahu ‘anhuma, radhiyallahu’anhu, Radliyallaahu ‘anhu

Husain bin Ali

Siapa itu Husain bin Ali? Al-Husain bin ‘Alī bin Abī Thālib adalah putra Ali bin Abi Thalib dan Fatimah az-Zahra dan cucu Nabi. Dia dianggap oleh Syiah sebagai Imam ketiga Syiah dan ayah dari dinasti Imam Syiah dari Dua Belas Imam dari Ali bin Husain hingga Mahdi. Ia juga dike … • Hussain ibn ‘Ali ibn Abi Talib, Husayn ibn Ali

Al Jabbar

Apa itu Al Jabbar? Allah itu Al-Jabbar◀ Allah itu Al-Jabbar atau Maha Pemaksa, dengan begitu tidak ada satupun yang bisa untuk mengingkari bahkan menunda kehendak Allah Subhanahu wa Ta’ala. Karena, kekuasaan Allah sangatlah besar dan mutlak. &128161; Sehingga jika Allah sudah berkehendak, maka hal itu tidak mungkin bisa diingkari. Segala makhluk yang ada di lan … • Al-Jabbar

Hud `alaihis salam

Siapa itu Hud `alaihis salam? Nabi Hud adalah seorang nabi yang diutus untuk Kaum ‘Ad yang tinggal di daerah al-Ahqaf, Rubu’ al-Khali-Yaman. nabi Hud dikenal dalam ajaran agama Islam, Yahudi dan Kristen. di dalam kitab Perjanjian Lama sering diperhubungkan dengan Eber meski riwayatnya tidak tertulis. Namanya disebutkan sebanyak … • Hud

Instagram