Search
Generic filters
Cari Kategori
🙏 Pilih semua
Quran
Hadits
Kamus
Podcast
Soal Agama
Artikel, Doa, dll.

HR. Muslim: 4501 – Keutamaan Abdullah bin Mas’ud dan ibnunya radhiallahu ‘anhuma

حَدَّثَنَا أَبُو كُرَيْبٍ مُحَمَّدُ بْنُ الْعَلَاءِ حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ آدَمَ حَدَّثَنَا قُطْبَةُ هُوَ ابْنُ عَبْدِ الْعَزِيزِ عَنْ الْأَعْمَشِ عَنْ مَالِكِ بْنِ الْحَارِثِ عَنْ أَبِي الْأَحْوَصِ قَالَ كُنَّا فِي دَارِ أَبِي مُوسَى مَعَ نَفَرٍ مِنْ أَ
Shahih Muslim hadis nomor 4501
Telah menceritakan kepada kami Abu Kuraib Muhammad bin Al A’laa(1) Telah menceritakan kepada kami Yahya Ibnu Adam(2) Telah menceritakan kepada kami Quthbah(3) yaitu Ibnu Abdul ‘Aziz dari Al A’masy(4) dari Malik bin Al Harits(5) dari Abu Al Ahwash(6) dia berkata:
“Kami pernah berada di rumah Abu Musa beserta beberapa orang sahabat Abdullah bin Mas’ud.
Ketika itu mereka sedang menelaah mushaf Al Qur’an.

Kemudian Abdullah bin Mas’ud berdiri.”

Maka Abu Mas’ud(7) berkata:
Sepengetahuan saya, Rasulullah ﷺ tidaklah meninggalkan orang yang lebih paham dan mengerti tentang Al Qur’an daripada orang yang berdiri tadi setelah beliau wafat.”

Abu Musa(8) berkata:
“Apa yang kamu katakan memang benar, Karena Abdullah bin Mas’ud selalu menyertai Rasulullah ﷺ ketika kita tidak turut serta.
Selain itu, dia diizinkan masuk ke dalam rumah beliau, ketika kita tidak diizinkan untuk masuk.”

Dan telah menceritakan kepadaku Al Qasim bin Zakaria(9):
Telah menceritakan kepada kami ‘Ubaidullah(10) yaitu Ibnu Musa dari Syaiban(11) dari Al A’masy(4) dari Malik bin Al Harits(5) dari Abu Al Ahwash(6) dia berkata:
Aku menemui Abu Musa, lalu aku melihat Abdullah sedang bersama Abu Musa, Demikian juga diriwayatkan dari jalur lainnya, Dan telah menceritakan kepada kami Abu Kuraib(15):
Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Abu ‘Ubaidah(16):
Telah menceritakan kepada kami Bapakku(17) dari Al A’masy(4) dari Zaid bin Wahb(19) dia berkata:
‘Aku pernah duduk-duduk bersama Huzhaifah dan Abu Musa (lalu dia menyebutkan Hadisnya).
Hadis Quthbah lebih banyak dan lebih sempurna.



(1) 👤 Muhammad bin Al ‘Alaa’ bin Kuraib, Al Hamdaniy, Abu Kuraib ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 248 Hijriah (± 862 Masehi) ☖ Hidup di Kufah.

(2) 👤 “Yahya bin Adam bin Sulaiman, maula keluarga Abi Mu’ith”, Al Umawiy, Abu Zakariya ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 203 Hijriah (± 819 Masehi) ☖ Hidup di Kufah ⚑ Wafat di Falisthina.


(4) 👤 Sulaiman bin Mihran, Al Asadiy Al Kahiliy, Abu Muhammad, Al A’masy ✶ Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 147 Hijriah (± 764 Masehi) ☖ Hidup di Kufah.

(5) 👤 Malik bin Al Harits , As Sulamiy Ar Raqqiy ✶ Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 94 Hijriah (± 713 Masehi) ☖ Hidup di Kufah.


(6) 👤 Auf bin Malik bin Nadlolah, Al Jasymiy, Abu Al Ahwash ✶ Tabi’in kalangan pertengahan ☖ Hidup di Kufah.

(7) 👤 Uqbah bin ‘Amru bin Tsa’labah, Al Anshariy Al Badriy, Abu Mas’ud ✶ Shahabat ↺ Wafat tahun 40 Hijriah (± 660 Masehi) ☖ Hidup di Kufah ⚑ Wafat di Kufah.


(8) 👤 Abdullah bin Qais bin Sulaim bin Hadldlor, Al Asy’ariy Al Madaniy, Abu Musa ✶ Shahabat ↺ Wafat tahun 50 Hijriah (± 670 Masehi) ☖ Hidup di Kufah ⚑ Wafat di Kufah.

(9) 👤 Al Qasim bin Zakariya’ bin Dinar, Abu Muhammad ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 250 Hijriah (± 864 Masehi) ☖ Hidup di Kufah.


(10) 👤 Ubaidullah bin Musa bin Abi Al Mukhtar Badzam, Al ‘Abasiy, Abu Muhammad ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 213 Hijriah (± 828 Masehi) ☖ Hidup di Kufah ⚑ Wafat di Kufah.

(11) 👤 Syaiban bin ‘Abdur Rahman, Al Bashriy, Abu Mu’awiyah, An Nahwaa Al Mu’addib ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan tua ↺ Wafat tahun 164 Hijriah (± 781 Masehi) ☖ Hidup di Kufah ⚑ Wafat di Baghdad.


(12) 👤 Sulaiman bin Mihran, Al Asadiy Al Kahiliy, Abu Muhammad, Al A’masy ✶ Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 147 Hijriah (± 764 Masehi) ☖ Hidup di Kufah.

(13) 👤 Malik bin Al Harits , As Sulamiy Ar Raqqiy ✶ Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 94 Hijriah (± 713 Masehi) ☖ Hidup di Kufah.


(14) 👤 Auf bin Malik bin Nadlolah, Al Jasymiy, Abu Al Ahwash ✶ Tabi’in kalangan pertengahan ☖ Hidup di Kufah.

(15) 👤 Muhammad bin Al ‘Alaa’ bin Kuraib, Al Hamdaniy, Abu Kuraib ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 248 Hijriah (± 862 Masehi) ☖ Hidup di Kufah.


(16) 👤 Muhammad bin Abi ‘Ubadah bin Ma’an, Al Mas’udiy ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 205 Hijriah (± 820 Masehi) ☖ Hidup di Kufah.

(17) 👤 Abdul Malik bin Ma’an bin ‘Abdur Rahman, Al Hadzliy Al Mas’udiy, Abu ‘Ubaidah ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan tua ☖ Hidup di Kufah.


(18) 👤 Sulaiman bin Mihran, Al Asadiy Al Kahiliy, Abu Muhammad, Al A’masy ✶ Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 147 Hijriah (± 764 Masehi) ☖ Hidup di Kufah.

(19) 👤 Zaid bin Wahab, Al Juhaniy Al Hamdaniy, Abu Sulaiman ✶ Tabi’in kalangan tua ↺ Wafat tahun 96 Hijriah (± 715 Masehi) ☖ Hidup di Kufah.





Bagi ke FB
Bagi ke TW
Bagi ke WA

Video Terkait

No videos found matching your query.

HR. Muslim: 4500 – Keutamaan Abdullah bin Mas’ud dan ibnunya radhiallahu ‘anhuma

… berkata kepada temannya ‘Apakah kamu melihat orang yang sepertinya setelah dia meninggal? Temannya menjawab Ya memang tidak ada yang sepertinya Abdullah selalu di izinkan oleh Rasulullah ketika kita tidak diizinkan Dan dia selalu menyertainya ketika kita tidak bisa menyertainya’ • HR Muslim 4500, Hadits Shahih Muslim 4500, Hadits Muslim No. 4500

HR. Muslim: 4506 – Keutamaan Abdullah bin Mas’ud dan ibnunya radhiallahu ‘anhuma

… bal Telah menceritakan kepada kami ‘Ubaidullah bin Mu’adz Telah menceritakan kepada kami Telah menceritakan kepada kami melalui jalur ini Di dalamnya ada tambahan Syu’bah berkata ‘Abdullah bin ‘Amru memulainya dengan dua orang ini Aku tidak tahu nama siapa dulu yang dia sebutkan’ • HR Muslim 4506, Hadits Shahih Muslim 4506, Hadits Muslim No. 4506

HR. Muslim: 4498 – Keutamaan Abdullah bin Mas’ud dan ibnunya radhiallahu ‘anhuma

… aleh karena memakan makanan yang telah mereka makan dahulu apabila mereka bertakwa serta beriman dan mengerjakan amalan-amalan yang saleh Kemudian mereka tetap bertakwa dan beriman…” hingga akhir ayat (QS ALmaidah ) Rasulullah berkata kepadaku ‘Kamu termasuk dari golongan mereka’ • HR Muslim 4498, Hadits Shahih Muslim 4498, Hadits Muslim No. 4498

HR. Muslim: 4504 – Keutamaan Abdullah bin Mas’ud dan ibnunya radhiallahu ‘anhuma

… gga kini aku selalu mencintainya setelah aku mendengar tentangnya dari Rasulullah Beliau “Ambillah oleh kalian Al Qur’an dari empat orang Yaitu dari Abdullah bin Mas’ud (beliau memulai darinya) kemudian dari Mu’adz bin Jabal dari Ubay bin Ka’ab dan dari Salim maula Abu Hudzaifah” • HR Muslim 4504, Hadits Shahih Muslim 4504, Hadits Muslim No. 4504

HR. Muslim: 4502 – Keutamaan Abdullah bin Mas’ud dan ibnunya radhiallahu ‘anhuma

… ipada saya dalam ilmu Al Qur’an maka saya pasti akan mengunjungi untuk berguru kepadanya” Syaqiq berkata “Lalu saya duduk di halaqah (majlis) para sahabat RasuIullah tetapi saya tidak mendengar seorang pun yang menyanggah ucapan Abdullah bin Mas’ud dan tiada pula yang mencelanya” • HR Muslim 4502, Hadits Shahih Muslim 4502, Hadits Muslim No. 4502

HR. Muslim: 4503 – Keutamaan Abdullah bin Mas’ud dan ibnunya radhiallahu ‘anhuma

… urunnya surat tersebut Dan tidaklah satu ayat dari al Qur’an yang turun kecuali aku mengetahui mengenai apa ayat itu turun Sekiranya aku mengetahui ada orang yang lebih tahu dariku tentang kitabullah yang mana jarak orang itu harus di tempuh dengan onta pasti aku akan menemuinya” • HR Muslim 4503, Hadits Shahih Muslim 4503, Hadits Muslim No. 4503

Hadits Shahih

Ayat Alquran Pilihan

Dialah Yang menjadikan bumi itu mudah bagi kamu,
maka berjalanlah di segala penjurunya & makanlah sebagian dari rezeki-Nya.
Dan hanya kepada-Nya-lah kamu (kembali setelah) dibangkitkan.
QS. Al-Mulk [67]: 15

Dan kembalilah kamu kepada Tuhanmu,
dan berserah dirilah kepada-Nya sebelum datang azab kepadamu kemudian kamu tidak dapat ditolong (lagi).
QS. Az-Zumar [39]: 54

Hendaknya kamu tak menggerakkan lidahmu untuk membaca Alquran karena didorong oleh keinginan untuk cepat membaca & menghafalnya.
Sesungguhnya Kamilah yang akan mengumpulkannya dalam dadamu & memantapkan bacaannya di lidahmu.
QS. Al-Qiyamah [75]: 17

Hai orang-orang yang beriman,
sesungguhnya (meminum) khamar,
berjudi, (berkorban untuk) berhala,
mengundi nasib dengan panah,
adalah termasuk perbuatan syaitan.
Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan.
QS. Al-Ma’idah [5]: 90

Podcast

Doa

Soal & Pertanyaan Agama

Pendidikan Agama Islam #1

Arti fana adalah … Tuhan memiliki sifat Al Karim, yang berarti bahwa Allah Subhanahu Wa Ta`ala merupakan zat Yang ..Allah memiliki sifat Al Kariim yang tercantum dalam Alquran surah … Tuhan memiliki sifat Al Matiin, yang berarti bahwa Allah Subhanahu Wa Ta`ala adalah zat Yang … Dalam Asmaul Husna, Allah memiliki sifat Al Matiin yang tercantum dalam Alquran surah …

Pendidikan Agama Islam #5

Berikut ini, yang tidak mengandung moral terpuji, adalah … Orang yang jujur akan senantiasa mengatakan … Lawan kata dari jujur ??adalah … Orang yang suka berbohong adalah orang … Bekerja tepat waktu adalah salah satu ciri orang yang …

Pendidikan Agama Islam #16

Selain berisi kisah-kisah umat terdahulu, dalam Alquran juga terdapat tamsil sebagai peringatan bagi manusia. Tamsil artinya … Alquran adalah mukjizat terbesar bagi Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Di bawah ini merupakan bukti bahwa Alquran adalah mukjizat yang terbesar adalah … Fungsi utama kandungan Alquran yang menjelaskan kisah umat terdahulu adalah sebagai … Yang berarti ”menggabungkan sesuatu dengan yang lain” adalah lafaz … Al-Lihyaniy berpendapat bahwa Alquran secara etimologi memiliki arti …

Kamus

ganimah

Apa itu ganimah? ga.ni.mah harta rampasan perang … • ghonimah

interpelasi

Apa itu interpelasi? in.ter.pe.la.si permintaan anggota badan legislatif kepada pemerintah mengenai kebijakan pemerintah di bidang tertentu … •

Ramadan

Apa itu Ramadan? Ra.ma.dan bulan ke-9 tahun Hijriah , pada bulan ini orang Islam diwajibkan berpuasa … • ramadhan

Yusuf `alaihis salam

Siapa itu Yusuf `alaihis salam? “Yusuf” adalah sebuah nama pemberian maskulin yang berasal dari bahasa Ibrani, yang tercatat dalam Alkitab Ibrani, sebagai יוֹסֵף, Ibrani Standar Yossef, Ibrani Tiberias dan Aram Yôsēp̄. Dalam bahasa Arab, termasuk dalam al-Qur’an, namanya dieja menjadi يوسف atau Yūsuf. Nama tersebut diterjemahkan dari kata Ibrani יהוה להוסיף YHWH Lhosif yang artin … • Yusuf, Nabi Yusuf, Yosef, Joseph

Ats-Tsiqatul Jalil

Apa itu Ats-Tsiqatul Jalil? Ats-Tsiqatul Jalil adalah istilah untuk seorang yang mulia dan dapat dipercaya. … • Tsiqatul Jalil, Tsiqatul, Jalil

Qasim bin Muhammad

Siapa itu Qasim bin Muhammad? Qasim bin Muhammad adalah anak sulung dari Nabi Muhammad dan Khadijah. Ia wafat pada tahun 605 Masehi, sebelum berusia dua tahun. Ia dikebumikan di pekuburan Jannatul Mu’alla, Mekkah, Saudi Arabia. Saudara ● Abd-Allah bin Muhammad ● Zainab binti Muhammad ● Ruqayyah binti Muhammad ● Ummu Kultsum binti Muhammad ● Fathimah … • al-Qasim bin Muhammad, Qasim

Instagram