Search
Generic filters
Cari Kategori
🙏 Pilih semua
Quran
Hadits
Kamus
Podcast
Soal Agama
Artikel, Doa, dll.

HR. Muslim: 4479 – Keutamaan Aisyah radhiallahu ‘anhuma

و حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّحِيمِ بْنُ سُلَيْمَانَ وَيَعْلَى بْنُ عُبَيْدٍ عَنْ زَكَرِيَّاءَ عَنْ الشَّعْبِيِّ عَنْ أَبِي سَلَمَةَ عَنْ عَائِشَةَ أَنَّهَا حَدَّثَتْهُ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلّ
Shahih Muslim hadis nomor 4479
Dan telah menceritakan kepada kami Abu Bakr bin Abu Syaibah(1):
Telah menceritakan kepada kami ‘Abdur Rahim bin Sulaiman(2) dan Ya’la bin ‘Ubaid(3) dari Zakaria(4) dari Asy Sya’bi(5) dari Abu Salamah(6) dari ‘Aisyah(7) bahwa dia menceritakan kepadanya, Nabi ﷺ berkata kepadanya:
“Hai Aisyah, sesungguhnya Jibril mengucapkan salam kepadamu.”

Aisyah menjawab:
maka aku katakan:
Wa Alaihis Salam Wa rahmatullah.

Dan telah menceritakannya kepada kami Ishaq bin Ibrahim(8):
Telah mengabarkan kepada kami Al Mula-i(9):
Telah menceritakan kepada kami Zakaria bin Abu Zaidah(10) dia berkata:
aku mendengar ‘Amir(11) berkata:
Telah menceritakan kepadaku Abu Salamah bin ‘Abdur Rahman(12) bahwa menceritakan kepadanya, sesungguhnya Rasulullah ﷺ berkata kepada Aisyah(13) -dan seterusnya yang serupa dengan Hadis di atas.- Dan telah menceritakannya kepada kami Ishaq bin Ibrahim(8):
Telah mengabarkan kepada kami Asbath bin Muhammad(15) dari Zakaria(4) melalui jalur ini dengan Hadis yang serupa.



(3) 👤 Ya’laa bin ‘Ubaid bin Umayyah, Ath Thanafisiy Al Ayadiy, Abu Yusuf ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 209 Hijriah (± 824 Masehi) ☖ Hidup di Kufah ⚑ Wafat di Kufah.

(2) 👤 Abdur Rahim bin Sulaiman, Al Kinaniy Al Marwaziy, Abu ‘Ali ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 187 Hijriah (± 803 Masehi) ☖ Hidup di Kufah.


(4) 👤 Zakariya bin Abi Za’idah Khalid, Al Hamdaniy Al Wadi’iy, Abu Yahya ✶ Tabi’in (tidak jumpa Shahabat) ↺ Wafat tahun 148 Hijriah (± 765 Masehi) ☖ Hidup di Kufah.

(5) 👤 Amir bin Syarahil, Asy Sya’biy Al Humairiy, Abu ‘Amru ✶ Tabi’in kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 104 Hijriah (± 722 Masehi) ☖ Hidup di Kufah ⚑ Wafat di Kufah.


(6) 👤 Abdullah bin ‘Abdur Rahman bin ‘Auf, Az Zuhriy, Abu Salamah ✶ Tabi’in kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 94 Hijriah (± 713 Masehi) ☖ Hidup di Madinah ⚑ Wafat di Madinah.

(7) 👤 Aisyah binti Abi Bakar Ash Shiddiq, At Taymiyyah, Ummu ‘Abdullah, Ummu Al Mu’minin ✶ Shahabat ↺ Wafat tahun 58 Hijriah (± Masehi) ☖ Hidup di Madinah ⚑ Wafat di Madinah.


(8) 👤 Ishaq bin Ibrahim bin Makhlad, Al Hanzhaliy Al Marwaziy, Abu Ya’qub, Ibnu Rahawaih ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 238 Hijriah (± 852 Masehi) ☖ Hidup di Himsh ⚑ Wafat di Nihawand.

(9) 👤 Al Fadlol bin Dukain bin Hammad bin Zuhair , Abu Nu’aim ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan tua ↺ Wafat tahun 218 Hijriah (± 833 Masehi) ☖ Hidup di Kufah ⚑ Wafat di Kufah.


(10) 👤 Zakariya bin Abi Za’idah Khalid, Al Hamdaniy Al Wadi’iy, Abu Yahya ✶ Tabi’in (tidak jumpa Shahabat) ↺ Wafat tahun 148 Hijriah (± 765 Masehi) ☖ Hidup di Kufah.

(11) 👤 Amir bin Syarahil, Asy Sya’biy Al Humairiy, Abu ‘Amru ✶ Tabi’in kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 104 Hijriah (± 722 Masehi) ☖ Hidup di Kufah ⚑ Wafat di Kufah.


(12) 👤 Abdullah bin ‘Abdur Rahman bin ‘Auf, Az Zuhriy, Abu Salamah ✶ Tabi’in kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 94 Hijriah (± 713 Masehi) ☖ Hidup di Madinah ⚑ Wafat di Madinah.

(13) 👤 Aisyah binti Abi Bakar Ash Shiddiq, At Taymiyyah, Ummu ‘Abdullah, Ummu Al Mu’minin ✶ Shahabat ↺ Wafat tahun 58 Hijriah (± Masehi) ☖ Hidup di Madinah ⚑ Wafat di Madinah.


(14) 👤 Ishaq bin Ibrahim bin Makhlad, Al Hanzhaliy Al Marwaziy, Abu Ya’qub, Ibnu Rahawaih ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 238 Hijriah (± 852 Masehi) ☖ Hidup di Himsh ⚑ Wafat di Nihawand.

(15) 👤 Asbath bin Muhammad bin ‘Abdur Rahman, Al Qurasyiy, Abu Muhammad ✶ Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 200 Hijriah (± 816 Masehi) ☖ Hidup di Kufah ⚑ Wafat di Kufah.


(16) 👤 Zakariya bin Abi Za’idah Khalid, Al Hamdaniy Al Wadi’iy, Abu Yahya ✶ Tabi’in (tidak jumpa Shahabat) ↺ Wafat tahun 148 Hijriah (± 765 Masehi) ☖ Hidup di Kufah.



Hadis ini memiliki penguat sebagai berikut:
Shahih Bukhari 2978
Shahih Bukhari 5780
Shahih Bukhari 5783
Shahih Muslim 4480
Sunan Abu Daud 4555
Sunan Tirmidzi 2617
Sunan Tirmidzi 3816
Sunan Tirmidzi 3817
Sunan Nasai 3891
Sunan Ibnu Majah 3686
• Musnad Ahmad 23146
• Musnad Ahmad 23435
• Musnad Ahmad 23671
• Musnad Ahmad 23712
• Musnad Ahmad 24018
• Musnad Ahmad 24564
• Musnad Ahmad 24693
• Musnad Darimi 2524
Bagi ke FB
Bagi ke TW
Bagi ke WA

Video Terkait

Load More

Hadits Shahih

Ayat Alquran Pilihan

Janganlah kamu mengambil orang-orang Yahudi & Nasrani menjadi pemimpin-pemimpin(mu),
sebagian mereka adalah pemimpin bagi sebagian yang lain.
Siapa mengambil mereka menjadi pemimpin, maka sungguh orang itu termasuk golongan mereka.
QS. Al-Ma’idah [5]: 51

Jikalau sekiranya penduduk negeri-negeri beriman & bertakwa,
pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit & bumi,
tetapi mereka mendustakan (ayat-ayat Kami) itu,
maka Kami siksa mereka disebabkan perbuatannya.
QS. Al-A’raf [7]: 96

Hari ini telah Ku-sempurnakan untukmu agamamu,
dan telah Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku,
dan telah Ku-ridhai Islam jadi agama bagimu.
QS. Al-Ma’idah [5]: 3

Ya Tuhanku sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari memohon sesuatu yang aku tiada mengetahui (hakekat)nya.
Dan sekiranya Engkau tak beri ampun kepadaku,
dan (tidak) menaruh belas kasihan padaku,
niscaya aku termasuk orang yang merugi
QS. Hud [11]: 47

Podcast

Doa

Soal & Pertanyaan Agama

Pendidikan Agama Islam #17

Dalam Alquran, surah Ad-Dhuha turun setelah surah …Surah Ad-Dhuha termasuk kategori surah …اَلَمْ يَجِدْكَ يَتِيْمًا فَاٰوٰىۖ lafal tersebut adalah surah Ad-...

Pendidikan Agama Islam #5

Berikut ini, yang tidak mengandung moral terpuji, adalah … Orang yang jujur akan senantiasa mengatakan … Lawan kata dari jujur ??adalah … Orang yang suka berbohong adalah orang ̷...

Pendidikan Agama Islam #7

Alquran adalah keterangan yang jelas untuk semua manusia, dan menjadi petunjuk serta pelajaran bagi orang-orang yang bertakwa. Penjelasan tersebut terdapat dalam surah … Hukum yang mengatur hubu...

Kamus

Wahsyi bin Harb

Siapa itu Wahsyi bin Harb? Wahsyi bin Harb adalah seorang bekas budak kulit hitam dari Ethiopia milik Jubair bin Muth’im dan dimerdekakan oleh Hindun binti Utbah yang menjadi terkenal karena ma...

Subhanallah

Apa itu Subhanallah? Subhanallah adalah frasa dalam bahasa Arab yang sering diterjemahkan menjadi “Maha suci Allah”. Subhanallah merupakan kalimat tasbih yang disunnahkan membacanya ketik...

kada

Apa itu kada? ka.da peraturan ; hukum ; ketentuan ; semua menteri pun ikut berduka cita atas kada Allah taala yang menimpa baginda me.nga.da v membayar kewajiban ibadat di luar waktu yang telah dite...

Juwairiyah binti al-Harits

Siapa itu Juwairiyah binti al-Harits? Juwairiyah binti al-Harits al-Mushthaliqiyyah al-Khuza’iyyah atau lebih dikenal dengan Juwairiyah binti al-Harits adalah istri dari Nabi Muhammad Shallall...

Ats-Tsabt

Apa itu Ats-Tsabt? Ats-Tsabt; adalah istilah untuk seorang yang tepat dan jeli dalam penyampaian riwayat . … • Tsabt, Tsabat

Syarh

Apa itu Syarh? Syarh, Syarah, atau Syarhu adalah istilah dalam literatur Islam, digunakan secara umum sebagai bagian dari judul buku. Secara harafiah artinya “penjelasan”, umumnya nama ini...

Instagram