Search
Generic filters
Cari Kategori
🙏 Pilih semua
Quran
Hadits
Kamus
Podcast
Soal Agama
Artikel, Doa, dll.

HR. Muslim: 4437 – Keutamaan Thalhah dan Zubair radhiallahu ‘anhuma

حَدَّثَنَا إِسْمَعِيلُ بْنُ الْخَلِيلِ وَسُوَيْدُ بْنُ سَعِيدٍ كِلَاهُمَا عَنْ ابْنِ مُسْهِرٍ قَالَ إِسْمَعِيلُ أَخْبَرَنَا عَلِيُّ بْنُ مُسْهِرٍ عَنْ هِشَامِ بْنِ عُرْوَةَ عَنْ أَبِيهِ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ الزُّبَيْرِ قَالَ كُنْتُ أَنَا وَعُمَرُ بْنُ
Shahih Muslim hadis nomor 4437
Telah menceritakan kepada kami Isma’il bin Al Khalil(1) dan Suwaid bin Sa’id(2) keduanya dari Ibnu Mushir(3) dia berkata:
Isma’il(4) Telah mengabarkan kepada kami ‘Ali bin Mushir(5) dari Hisyam bin ‘Urwah(6) dari Bapaknya(7) dari ‘Abdullah bin Az Zubair(8) dia berkata:
“Pada saat terjadi perang Khandak, saya dan Umar bin Abu Salamah berada di benteng Hassan bersama kaum wanita.
Suatu ketika ia merundukkan kepalanya kepada saya dan saya memperhatikannya.

Lalu saya pun merundukkan kepala saya kepadanya dan ia pun memperhatikannya.
Saya mengenali ayah saya dengan baik ketika ia lewat dengan mengendarai kuda sambil menyandang senjata menuju Bani Quraizhah.

Perawi hadis berkata,
“Saya diberitahu oleh Abdullah bin Urwah(9) dari Abdullah bin Zubair(10) dia berkata,
lalu saya tuturkan hal itu kepada ayahku(11) dan ia pun berkata,
Apakah kamu melihatku hai anakku?”

Saya menjawab:
“Ya, hai ayah!” Ayah saya berkata:
“Demi Allah, pada hari itu Rasulullah mengumpulkan kedua orang tuanya untukku seraya berkata:
‘Tebusanmu adalah bapak dan ibuku! Dan telah menceritakan kepada kami Abu Kuraib(12):
Telah menceritakan kepada kami Abu Usamah(13) dari Hisyam(14) dari Bapaknya(7) dari ‘Abdillah bin Az Zubair(16) dia berkata:
“Pada saat terjadi perang Khandak, saya dan Umar bin Abu Salamah berada di sebuah benteng yang disana ada beberapa istri Rasulullah.
(dan seterusnya sebagaimana yang semakna dengan Hadis Ibnu Mushir melalui jalur ini.

Tetapi di dalamnya tidak menyebutkan Abdullah bin Urwah, dia menyisipkannya di dalam Hadis Hisyam dari Bapaknya dari Ibnu Zubair.


(3) 👤 Ali bin Mushir, Al Qurasyiy, Abu Al Hasan ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 189 Hijriah (± 805 Masehi) ☖ Hidup di Kufah.


(2) 👤 Suwaid bin Sa’id bin Sahal, Al Harawiy Al Hdatsaniy, Abu Muhammad ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 240 Hijriah (± 854 Masehi) ☖ Hidup di Haditsah.

(4) 👤 Isma’il bin Al Khalil, Al Khazaz, Abu ‘Abdullah , Ibnu Khalilat ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 225 Hijriah (± 840 Masehi) ☖ Hidup di Kufah.


(5) 👤 Ali bin Mushir, Al Qurasyiy, Abu Al Hasan ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 189 Hijriah (± 805 Masehi) ☖ Hidup di Kufah.

(6) 👤 Hisyam bin ‘Urwah bin Az Zubair bin Al ‘Awwam, Al Asadiy, Abu Al Mundzir ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 145 Hijriah (± 762 Masehi) ☖ Hidup di Madinah ⚑ Wafat di Baghdad.


(7) 👤 Urwah bin Az Zubair bin Al ‘Awwam bin Khuwailid bin Asad bin ‘Abdul ‘Izzi bin Qu, Al Asadiy, Abu ‘Abdullah ✶ Tabi’in kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 93 Hijriah (± 712 Masehi) ☖ Hidup di Madinah.

(8) 👤 Abdullah bin Az Zubair bin Al ‘Awwam bin Khuwailid bin Asad, Al Asadiy Al Qurasyiy, Abu Bakar ✶ Shahabat ↺ Wafat tahun 73 Hijriah (± 692 Masehi) ☖ Hidup di Marur Rawdz ⚑ Wafat di Marur Rawdz.


(9) 👤 Abdullah bin ‘Urwah bin Az Zubair bin Al ‘Awwam, Al Asadiy, Abu Bakar ✶ Tabi’in kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 125 Hijriah (± 743 Masehi) ☖ Hidup di Madinah.

(10) 👤 Abdullah bin Az Zubair bin Al ‘Awwam bin Khuwailid bin Asad, Al Asadiy Al Qurasyiy, Abu Bakar ✶ Shahabat ↺ Wafat tahun 73 Hijriah (± 692 Masehi) ☖ Hidup di Marur Rawdz ⚑ Wafat di Marur Rawdz.


(11) 👤 Az Zubair bin Al ‘Awwam bin Khuwailid, Abu ‘Abdullah ✶ Shahabat ↺ Wafat tahun 36 Hijriah (± 656 Masehi) ☖ Hidup di Madinah.

(12) 👤 Muhammad bin Al ‘Alaa’ bin Kuraib, Al Hamdaniy, Abu Kuraib ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 248 Hijriah (± 862 Masehi) ☖ Hidup di Kufah.


(13) 👤 Hammad bin Usamah bin Zaid, Abu Usamah ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 201 Hijriah (± 817 Masehi) ☖ Hidup di Kufah ⚑ Wafat di Kufah.

(14) 👤 Hisyam bin ‘Urwah bin Az Zubair bin Al ‘Awwam, Al Asadiy, Abu Al Mundzir ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 145 Hijriah (± 762 Masehi) ☖ Hidup di Madinah ⚑ Wafat di Baghdad.


(15) 👤 Urwah bin Az Zubair bin Al ‘Awwam bin Khuwailid bin Asad bin ‘Abdul ‘Izzi bin Qu, Al Asadiy, Abu ‘Abdullah ✶ Tabi’in kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 93 Hijriah (± 712 Masehi) ☖ Hidup di Madinah.

(16) 👤 Abdullah bin Az Zubair bin Al ‘Awwam bin Khuwailid bin Asad, Al Asadiy Al Qurasyiy, Abu Bakar ✶ Shahabat ↺ Wafat tahun 73 Hijriah (± 692 Masehi) ☖ Hidup di Marur Rawdz ⚑ Wafat di Marur Rawdz.




Hadis ini memiliki penguat sebagai berikut:
Shahih Bukhari 2690
Shahih Bukhari 3749
Shahih Bukhari 3751
Sunan Ibnu Majah 126
Sunan Ibnu Majah 127
• Musnad Ahmad 968
• Musnad Ahmad 1090
• Musnad Ahmad 1530
Bagi ke FB
Bagi ke TW
Bagi ke WA

Video Terkait

No videos found matching your query.

HR. Muslim: 4439 – Keutamaan Thalhah dan Zubair radhiallahu ‘anhuma

… kata “Hai Hira’ tenanglah! Tidak ada orang yang berada di atasmu melainkan seorang nabi atau seorang shiddiq ataupun seorang syahid” Pada saat itu di atas gunung Hira’ tersebut ada Nabi Muhammad Abu Bakar Umar Utsman Ali Thalhah Zubair dan Said bin Abu Waqqash -Radliallah ‘Anhum- • HR Muslim 4439, Hadits Shahih Muslim 4439, Hadits Muslim No. 4439

HR. Muslim: 4441 – Keutamaan Thalhah dan Zubair radhiallahu ‘anhuma

… laa Telah menceritakan kepada kami Telah menceritakan kepada kami dari Al Bahi dari dia berkata ” pernah berkata kepadaku ‘Demi Allah kedua orang tuamu itu termasuk dari orang-orang yang mentaati perintah Allah dan rasul-Nya sesudah mereka mendapat luka (dalam peperangan Uhud) …” • HR Muslim 4441, Hadits Shahih Muslim 4441, Hadits Muslim No. 4441

HR. Muslim: 4440 – Keutamaan Thalhah dan Zubair radhiallahu ‘anhuma

… intah Allah dan rasul-Nya sesudah mereka mendapat luka (dalam peperangan Uhud) …” Telah menceritakannya kepada kami Abu Bakr bin Abu Syaibah Telah menceritakan kepada kami Abu Usamah Telah menceritakan kepada kami melalui jalur ini dan ia menambahkan yakni Abu Bakar dan Az Zubair • HR Muslim 4440, Hadits Shahih Muslim 4440, Hadits Muslim No. 4440

HR. Muslim: 4435 – Keutamaan Thalhah dan Zubair radhiallahu ‘anhuma

… h menceritakan kepada kami Al Mu’tamir yaitu Ibnu Sulaiman dia berkata Aku mendengar dari Abu Utsman dia berkata Pada sebagian peperangan yang diikuti Rasulullah tidak tersisa orang yang menemani beliau selain dari pada dan (mereka berdua yang telah menceritakan hal itu kepadaku) • HR Muslim 4435, Hadits Shahih Muslim 4435, Hadits Muslim No. 4435

HR. Muslim: 4438 – Keutamaan Thalhah dan Zubair radhiallahu ‘anhuma

… Muhammad dari dari dari Abu Hurairah bahwa ketika Rasulullah berada di gua hira` bersama Abu Bakar Umar Utsman Ali Thalhah dan Zubair tiba-tiba batu besar (yang mereka injak) bergetar maka Rasulullah “Tenanglah tidaklah bersamamu kecuali seorang Nabi atau Ash Shiddiq atau Syahid” • HR Muslim 4438, Hadits Shahih Muslim 4438, Hadits Muslim No. 4438

HR. Muslim: 4436 – Keutamaan Thalhah dan Zubair radhiallahu ‘anhuma

… ah dari Hisyam bin ‘Urwah Demikian juga diriwayatkan dari jalur lainnya Dan telah menceritakan kepada kami Abu Kuraib dan Ishaq bin Ibrahim seluruhnya dari Telah menceritakan kepada kami keduanya dari Muhammad bin Al Munkadir dari dari Nabi yang semakna dengan Hadis Ibnu ‘Uyainah • HR Muslim 4436, Hadits Shahih Muslim 4436, Hadits Muslim No. 4436

Hadits Shahih

Ayat Alquran Pilihan

Siapa menghendaki pahala dunia, niscaya Kami berikan kepadanya pahala dunia itu, dan siapa menghendaki pahala akhirat,
Kami berikan (pula) kepadanya pahala akhirat itu.
Dan kami akan memberi balasan kepada orang-orang yang bersyukur
QS. Ali ‘Imran [3]: 145

Tidakkah kau perhatikan Allah tundukkan untukmu apa yang di langit & bumi
dan sempurnakan untukmu NIKMAT-Nya lahir & batin.
Dan di antara manusia ada yang membantah (keesaan) Allah tanpa ilmu pengetahuan atau petunjuk
QS. Luqman [31]: 20

Mereka tidak menjadi lemah karena bencana yang menimpa mereka di jalan Allah,
dan tidak lesu & tidak (pula) menyerah (kepada musuh).
Allah menyukai orang-orang yang sabar.

QS. Ali ‘Imran [3]: 146

Dan barang siapa bertawakkal pada Allah niscaya Allah mencukupkan (keperluan)nya.
Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)Nya.
Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap sesuatu.
QS. At-Talaq [65]: 3

Podcast

Doa

Soal & Pertanyaan Agama

Pendidikan Agama Islam #16

Selain berisi kisah-kisah umat terdahulu, dalam Alquran juga terdapat tamsil sebagai peringatan bagi manusia. Tamsil artinya … Alquran adalah mukjizat terbesar bagi Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Di bawah ini merupakan bukti bahwa Alquran adalah mukjizat yang terbesar adalah … Fungsi utama kandungan Alquran yang menjelaskan kisah umat terdahulu adalah sebagai … Yang berarti ”menggabungkan sesuatu dengan yang lain” adalah lafaz … Al-Lihyaniy berpendapat bahwa Alquran secara etimologi memiliki arti …

Pendidikan Agama Islam #8

Sumber kedua hukum dalam menetapkan Hukum tentang Alquran adalah … Hukum penggunaan hadis sebagai dasar hukum adalah … Orang yang menceritakan hadits disebut … Undang-undang tentang penggunaan Hadits-Maudu adalah … Berikut adalah hadits yang rusak, kecuali …

Pendidikan Agama Islam #30

Yang diajarkan oleh Rasulullah adalah jika kita melihat kemungkaran untuk mencegahnya pertama kali dengan … بَلِّغُوا عَنِّى وَلَوْ آيَةً Arti dari hadist diatas adalah …Di bawah ini adalah cara untuk menjadikan semangat mengamalkan ilmu dalam kehidupan kecuali …كادَ الفَقْرُ أنْ يَكُوْنَ كُفْرًا Arti dari kalimat di atas adalah …Siapakah ilmuan muslim yang pertama menjadi penemu Al-Jabar?

Kamus

takzir

Apa itu takzir? tak.zir hukuman yang dijatuhkan atas dasar kebijaksanaan hakim karena tidak terdapat dalam Alquran dan hadis … • ta’zir, ta’zir

muslimin

Apa itu muslimin? mus.li.min para penganut agama Islam; laki-laki muslim … •

amanat

Apa itu amanat? ama.nat pesan; perintah ; menyampaikan amanat orang tuanya; keterangan ; wejangan ; dibacakan sebuah amanat Jenderal Sudirman; amanat Presiden dalam Kongres Pemuda; Ling keseluruhan makna atau isi pembicaraan; konsep dan perasaan yang disampaikan pembicara untuk dimenger … • amanah

akikah

Apa itu akikah? aki.kah penyembelihan ternak sebagai pernyataan syukur orang tua atas kelahiran anaknya, lazimnya dilaksanakan pada hari ketujuh; tradisi penyembelihan ternak pada upacara pencukuran rambut bayi ketika berusia tujuh hari sebagai pernyataan syukur … •

Al-Muddassir

Apa itu Al-Muddassir? Surah Al-Muddassir adalah surah ke-74 dalam Alquran. Surah ini tergolong surah Makkiyah terdiri atas 56 ayat, diturunkan setelah surat Al Muzzammil. Dinamai Al Muddatstsir diambil dari perkataan Al Muddatstsir yang terdapat pada ayat pertama surat ini. Nomor Surah 74

perang sabil

Apa itu perang sabil? perang yang bertujuan membela agama Islam; perang di jalan Allah … •

Instagram