Search
Generic filters
Cari Kategori
🙏 Pilih semua
Quran
Hadits
Kamus
Podcast
Soal Agama
Artikel, Doa, dll.

HR. Muslim: 4415 – Keutamaan Utsman bin Affan radhiallahu ‘anhu

حَدَّثَنَا عَبْدُ الْمَلِكِ بْنُ شُعَيْبِ بْنِ اللَّيْثِ بْنِ سَعْدٍ حَدَّثَنِي أَبِي عَنْ جَدِّي حَدَّثَنِي عُقَيْلُ بْنُ خَالِدٍ عَنْ ابْنِ شِهَابٍ عَنْ يَحْيَى بْنِ سَعِيدِ بْنِ الْعَاصِ أَنَّ سَعِيدَ بْنَ الْعَاصِ أَخْبَرَهُ أَنَّ عَائِشَةَ زَوْجَ الن
Shahih Muslim hadis nomor 4415
Telah menceritakan kepada kami ‘Abdul Malik bin Syu’aib bin Al Laits bin Sa’ad(1):
Telah menceritakan kepadaku Bapakku(2) dari Kakekku(3):
Telah menceritakan kepadaku ‘Uqail bin Khalid(4) dari Ibnu Syihab(5) dari Yahya bin Sa’id bin Al ‘Ash(6) bahwa Sa’id bin Al ‘Ash(7) Telah mengabarkan kepadanya, ‘Aisyah(8) istri Nabi ﷺ dan Utsman(9) telah menceritakan kepadanya:
Abu Bakar meminta izin untuk menemui Rasulullah ﷺ sedang saya bersama beliau dalam satu selimut, kemudian beliau mengizinkannya dan dia menyampaikan keperluannya kepada beliau sedang beliau masih bersamaku dalam selimut.
Setelah itu Abu Bakar keluar.

Kemudian Umar meminta izin kepada beliau dalam keadaan yang sama.
lalu beliau mengizinkannya dan dia menyampaikan keperluannya kepada beliau, setelah itu Umar keluar.

Utsman berkata:
Kemudian aku meminta izin kepada beliau, lalu beliau segera duduk seraya berkata kepada Aisyah:
‘Betulkan pakaianmu wahai Aisyah! Lalu aku menyampaikan keperluanku kepada beliau setelah itu aku keluar.
Aisyah berkata:
wahai Rasulullah! aku melihat sikapmu kepada Abu Bakar dan Umar ketika mereka meminta izin (menemuimu) tidak sama dengan sikapmu kepada Utsman ketika dia datang, kenapa demikian? Beliau bersabda:

“Sesungguhnya Ustman adalah orang yang sangat pemalu dan jika aku mengizinkannya dalam keadaanku yang seperti itu, aku khawatir dia tidak mau menyampaikan keperluannya kepadaku.”

Dan telah menceritakannya kepada kami ‘Amru An Naqid(10) dan Al Hasan bin ‘Ali Al Hulwani(11) dan ‘Abad bin Humaid(12) seluruhnya dari Ya’qub bin Ibrahim bin Sa’ad(13):
Telah menceritakan kepada kami Bapakku(2) dari Shalih bin Kaisan(15) dari Ibnu Syihab(5) dia berkata:
Telah mengabarkan kepadaku Yahya bin Sa’d bin Al ‘Ash(17) bahwa Sa’d bin Al ‘Ash(18) telah mengabarkan kepadanya:
bahwanya ‘Utsman(19) dan ‘Aisyah(8) telah menceritakannya kepada kami:
Abu Bakr Ash Shiddiq meminta izin untuk menemui Rasulullah ﷺ.
-lalu perawi menyebutkan Hadis yang sama dengan Hadis Uqail dari Az Zuhri.



(3) 👤 Laits bin Sa’ad bin ‘Abdur Rahman, Al Fahmiy, Abu Al Harits ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan tua ↺ Wafat tahun 175 Hijriah (± 791 Masehi) ☖ Hidup di Maru.

(2) 👤 Syu’aib bin Al Laits bin Sa’ad, Al Fahmiy, Abu ‘Abdulk Malik ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 199 Hijriah (± 815 Masehi) ☖ Hidup di Maru.


(4) 👤 Uqail bin Khalid bin ‘Uqail, Al Umawiy Al Ayliy, Abu Khalid ✶ Tabi’in (tidak jumpa Shahabat) ↺ Wafat tahun 144 Hijriah (± 761 Masehi) ☖ Hidup di Syam ⚑ Wafat di Maru.

(5) 👤 Muhammad bin Muslim bin ‘Ubaidillah bin ‘Abdullah bin Syihab, Al Qurasyiy Az Zuhriy, Abu Bakar ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 124 Hijriah (± 742 Masehi) ☖ Hidup di Madinah.


(6) 👤 Yahya bin Sa’id bin Al ‘Ash , Al Qurasyiy Al Umawiy, Abu Al Harits ✶ Tabi’in kalangan pertengahan ☖ Hidup di Madinah.

(7) 👤 Sa’id bin Al ‘Ash bin Abi Uhayhah, Al Qurasyiy Al Umawiy, Abu ‘Utsman, Ukkatu Al ‘Asal ✶ Shahabat ↺ Wafat tahun 58 Hijriah (± Masehi) ☖ Hidup di Madinah ⚑ Wafat di Arishah.


(8) 👤 Aisyah binti Abi Bakar Ash Shiddiq, At Taymiyyah, Ummu ‘Abdullah, Ummu Al Mu’minin ✶ Shahabat ↺ Wafat tahun 58 Hijriah (± Masehi) ☖ Hidup di Madinah ⚑ Wafat di Madinah.

(9) 👤 Utsman bin ‘Affan bin Abi Al ‘Ash bin Umayyah, Al Qurasyiy Al Umawiy, Abu ‘Amru, Dzu An Nurain ✶ Shahabat ↺ Wafat tahun 35 Hijriah (± 656 Masehi) ☖ Hidup di Madinah ⚑ Wafat di Madinah.


(10) 👤 Amru bin Muhammad bin Bukair bin Muhammad, Al Baghdadiy, Abu ‘Utsman, An Naqid ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 232 Hijriah (± 847 Masehi) ☖ Hidup di Baghdad ⚑ Wafat di Baghdad.

(11) 👤 Al Hasan bin ‘Ali bin Muhammad, Al Khallal Al Hulwaniy, Abu ‘Ali ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 242 Hijriah (± 856 Masehi) ☖ Hidup di Marur Rawdz.


(12) 👤 Abdul Hamid bin Humaid bin Nashr, Al Kaisysyiy, Abu Muhammad, Abdu ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 249 Hijriah (± 863 Masehi) ☖ Hidup di Himsh ⚑ Wafat di Karbala.

(13) 👤 Ya’qub bin Ibrahim bin Sa’ad bin Ibrahim bin ‘Abdur Rahman bin ‘Auf, Az Zuhriy Al Madaniy, Abu Yusuf ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 208 Hijriah (± 823 Masehi) ☖ Hidup di Baghdad ⚑ Wafat di Falisthina.


(14) 👤 Ibrahim bin Sa’ad bin Ibrahim bin ‘Abdur Rahman bin ‘Auf, Az Zuhriy Al Qurasyiy, Abu Ishaq ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 185 Hijriah (± 801 Masehi) ☖ Hidup di Madinah.

(15) 👤 Shalih bin Kaisan, Al Madaniy, Abu Muhammad ✶ Tabi’in kalangan biasa ☖ Hidup di Madinah.


(16) 👤 Muhammad bin Muslim bin ‘Ubaidillah bin ‘Abdullah bin Syihab, Al Qurasyiy Az Zuhriy, Abu Bakar ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 124 Hijriah (± 742 Masehi) ☖ Hidup di Madinah.

(17) 👤 Yahya bin Sa’id bin Al ‘Ash , Al Qurasyiy Al Umawiy, Abu Al Harits ✶ Tabi’in kalangan pertengahan ☖ Hidup di Madinah.


(18) 👤 Sa’id bin Al ‘Ash bin Abi Uhayhah, Al Qurasyiy Al Umawiy, Abu ‘Utsman, Ukkatu Al ‘Asal ✶ Shahabat ↺ Wafat tahun 58 Hijriah (± Masehi) ☖ Hidup di Madinah ⚑ Wafat di Arishah.

(19) 👤 Utsman bin ‘Affan bin Abi Al ‘Ash bin Umayyah, Al Qurasyiy Al Umawiy, Abu ‘Amru, Dzu An Nurain ✶ Shahabat ↺ Wafat tahun 35 Hijriah (± 656 Masehi) ☖ Hidup di Madinah ⚑ Wafat di Madinah.


(20) 👤 Aisyah binti Abi Bakar Ash Shiddiq, At Taymiyyah, Ummu ‘Abdullah, Ummu Al Mu’minin ✶ Shahabat ↺ Wafat tahun 58 Hijriah (± Masehi) ☖ Hidup di Madinah ⚑ Wafat di Madinah.




Hadis ini memiliki penguat sebagai berikut:
• Musnad Ahmad 484
• Musnad Ahmad 18325
• Musnad Ahmad 18329
• Musnad Ahmad 24174
Bagi ke FB
Bagi ke TW
Bagi ke WA

Video Terkait

Load More
HR. Muslim: 4414 – Keutamaan Utsman bin Affan radhiallahu ‘anhu

… dari pembaringan dan langsung mengambil posisi duduk sambil membetulkan pakaian engkau Sebenarnya ada apa dengan hal ini semua ya Rasulullah’?” Rasulullah menjawab “Hai Aisyah bagaimana mungkin aku tidak merasa malu kepada seseorang yang para malaikat saja merasa malu kepadanya?” • HR Muslim 4414, Hadits Shahih Muslim 4414, Hadits Muslim No. 4414

HR. Muslim: 4417 – Keutamaan Utsman bin Affan radhiallahu ‘anhu

… kuti jejak beliau…-dan seterusnya sebagaimana Hadis yang semakna dengan Hadis Sulaiman bin Bilal Di dalamnya di sebutkan perkataan Ibnu Musayyab ‘Aku menafsirkan bahwa hal itu menunjukan kuburan mereka yang artinya mereka akan dikumpulkan di satu tempat kecuali Utsman bin ‘Affan’ • HR Muslim 4417, Hadits Shahih Muslim 4417, Hadits Muslim No. 4417

HR. Muslim: 4416 – Keutamaan Utsman bin Affan radhiallahu ‘anhu

… lah menceritakan kepada kami Abu Ar Rabi’ Al ‘Ataki Telah menceritakan kepada kami dari dari Abu ‘Utsman An Nahdi dari Abu Musa Al Asy’ari bahwa pada suatu ketika Rasulullah memasuki sebuah kebun dan menyuruhku untuk menjaga pintunya -yang semakna dengan Hadis ‘Utsman bin Ghiyats • HR Muslim 4416, Hadits Shahih Muslim 4416, Hadits Muslim No. 4416

Hadits Shahih

Ayat Alquran Pilihan

Jangan kau katakan terhadap apa yang disebut-sebut oleh lidahmu secara dusta
“ini halal & ini haram”,
untuk mengada-adakan kebohongan terhadap Allah.
Sungguh orang-orang yang mengada-adakan kebohongan terhadap Allah tiadalah beruntung
QS. An-Nahl [16]: 116

Katakanlah: “Tidak sama yang buruk dengan yang baik,
meskipun banyaknya yang buruk itu menarik hatimu,
maka bertakwalah kepada Allah hai orang-orang berakal,
agar kamu mendapat keberuntungan”.
QS. Al-Ma’idah [5]: 100

Sesungguhnya Allah menyuruh kamu menyampaikan amanat kepada yang berhak menerimanya,
dan (menyuruh kamu) apabila menetapkan hukum di antara manusia supaya kamu menetapkan dengan adil.
QS. An-Nisa’ [4]: 58

Podcast

Doa

Soal & Pertanyaan Agama

Pendidikan Agama Islam #21

Pembukuan Alquran dilakukan pada masa khalifah … Setiap bencana dan musibah yang menimpa manusia di bumi sudah tertulis dalam kitab … Bu Nindi mempersiapkan pakaian bayi, karena bu Nindi tidak lama lagi akan melahirkan bayinya, perilaku bu Nindi termasuk meyakini … Allah Subhanahu Wa Ta`ala.Allah Subhanahu Wa Ta`ala tidak akan merubah nasib suatu kaum , sebelum kaum itu sendiri yang merubahnya, arti ayat tersebut terdapat dalam Alquran surah ar-Rad ayat … Salah satu contoh hikmah beriman kepada qada bagi siswa adalah …

Pendidikan Agama Islam #19

Berakhirnya seluruh kehidupan di dunia dinamakan … Hari kiamat di jelaskan dalam Alquran, surah … .Tempat berkumpulnya manusia di akhirat di sebut padang … Salah satu hikmah mempercayai datangnya hari akhir, yaitu … … Surah yang menjelaskan bahwa ‘Allah Subhanahu Wa Ta`ala tempat meminta’, yaitu … …

Pendidikan Agama Islam #11

Masyarakat Arab sebelum Islam memiliki kebiasaan buruk, juga memiliki kebiasaan baik. Di bawah ini yang tidak termasuk kebiasaan baik masyarakat Arab sebelum Islam adalah … Berikut ini yang bukan merupakan substansi dakwah Rasulullah di Mekkah adalah … Dalam QS. Al-Muddassir ayat 1-7 adalah menjadi dasar bagi Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam untuk melakukan dakwah di Mekkah secara … Dari proses dakwah secara diam-diam yang dilakukan oleh Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika melakukan dakwah di Mekkah, maka terdapat beberapa sahabat yang masuk Islam pertama kali. Mereka dikenal dengan sebutan … Cara yang pertama kali ditempuh oleh Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika melakukan dakwah di Mekkah secara terang- terangan adalah …

Kamus

Sulaiman bin Yasar

Siapa itu Sulaiman bin Yasar? Abu Ayyub Sulaiman bin Yasar Al-Hilali Al-Madani adalah seorang ulama terkenal dari golongan tabi’in, dan salah dari Tujuh Fuqaha Madinah. Ia diperkirakan lahir pada sekitar masa akhir kekhalifahan Utsman bin Affan. Ia adalah maula dari Maimunah binti al-Harits, salah seorang istri Nabi Muhammad. Sulaiman bin Yasar mempunyai saudara y … • Sulayman ibn Yasar, Abu Ayyub Sulaiman, Abu Ayyub

Muwatta Malik

Apa itu Muwatta Malik? Al-Muwatta, Al-Muwaththa atau Muwatta Malik merupakan kitab hadis dan fiqih yang disusun oleh Imam Malik bin Anas, merupakan salah satu dari Kutubut Tis’ah . Imam Malik, Yaitu Abu Abdullah Malik bin Anas bin Malik bin Abu Amir Al-Ashbahi . Ia banyak tinggal di Madinah. Ia ulama Islam y … • Al-Muwatta, Al-Muwaththa

Al-‘Asr

Apa itu Al-‘Asr? Surah Al-‘Asr adalah surah ke-103 dari Alquran. Surah ini tergolong surah Makkiyah dan terdiri atas 3 ayat. Kata Al ‘Ashr berarti waktu/masa dan diambil dari ayat pertama surat ini. Isi surat mengabarkan bahwa sesungguhnya semua manusia itu berada dalam keadaan merugi kecuali dia termasuk mereka yang selalu beramal saleh, saling menasihati … • Al-‘Asr, Al ‘Asr, Al Asr, Al-Asr, al-Ashr, Al-‘Asr

Al-Mujadilah

Apa itu Al-Mujadilah? Surah Al-Mujadilah adalah surah ke-58 dalam Alquran. Surah ini tergolong surah Madaniyah dan terdiri atas 22 ayat. Dinamakan Al-Mujadilah yang berarti wanita yang mengajukan gugatan karena pada awal surah ini disebutkan bantahan seorang perempuan yang menurut riwayat bernama Khaulah binti Tsa’labah terha … • Al-Mujadilah, al-Mujadalah, Al Mujadilah

Kufah

Di mana itu Kufah? Kufah merupakan sebuah kota di Iraq. Ia terletak 10 km di timur laut Najaf dan 170 km di selatan Bagdad. Diperkirakan kota ini mempunyai 110.000 penduduk pada 2003. Bersama-sama dengan Karbala dan Najaf, Kufah merupakan salah satu dari tiga kota terpenting di Iraq untuk golongan Syiah.Di era Khalifah Saidina Ali, pusat administrasi dipinda … •

Al Lathiif

Apa itu Al Lathiif? Allah itu Al-Lathif ◀ Allah itu Al-Lathif, maksudnya adalah Allah itu Maha Lembut kepada siapapun yang dikehendaki-Nya. Dia memberikan anugerah kepada manusia dengan cara yang lembut dan halus sehingga kadang sering kali tidak disadari oleh mereka yang menerimanya. &128161; Untuk meneladani sifat Allah yang Maha Lembut ini, kita bisa melakuk … • Al-Lathiif, Al-Lathif, Al Lathif

Instagram