Search
Generic filters
Cari Kategori
🙏 Pilih semua
Quran
Hadits
Kamus
Podcast
Soal Agama
Artikel, Doa, dll.

HR. Muslim: 4377 – Keutamaan Musa Alaihissalam

حَدَّثَنِي زُهَيْرُ بْنُ حَرْبٍ وَأَبُو بَكْرِ بْنُ النَّضْرِ قَالَا حَدَّثَنَا يَعْقُوبُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ حَدَّثَنَا أَبِي عَنْ ابْنِ شِهَابٍ عَنْ أَبِي سَلَمَةَ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ وَعَبْدِ الرَّحْمَنِ الْأَعْرَجِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ اسْتَب
Shahih Muslim hadis nomor 4377
Telah menceritakan kepadaku Zuhair bin Harb(1) dan Abu Bakr bin An Nadhr(2) keduanya berkata:
Telah menceritakan kepada kami Ya’qub bin Ibrahim(3):
Telah menceritakan kepada kami Bapakku(4) dari Ibnu Syihab(5) dari Abu Salamah bin ‘Abdur Rahman(6) dan ‘Abdur Rahman Al A’raj(7) dari Abu Hurairah(8) dia berkata:
dua orang laki-laki saling mencela, satu orang dari muslim dan satu orang lagi dari yahudi.
Laki-laki muslim berkata:
“Dan demi Dzat yang telah memilih Muhammad di atas penduduk alam.”

Dan laki-laki dari yahudi berkata:
“dan demi Dzat yang telah memilih Musa di atas penduduk alam.”

Maka marahlah laki-laki muslim tersebut seraya memukul wajahnya, lalu laki-laki yahudi tersebut mendatangi Rasulullah ﷺ dan mengabarkan dengan apa yang telah terjadi di antara keduanya, Kemudian Rasulullah ﷺ bersabda:

“Janganlah engkau mengutamakan aku atas Musa, sesungguhnya pada hari kiamat kelak manusia akan pingsan dan akulah orang yang pertama kali tersadar, tetapi aku dapati Musa tengah berdiri di dekat `Arsy, hingga aku tidak tahu apakah ia termasuk orang yang pingsan kemudian ia tersadar sebelum aku, atau memang ia termasuk yang Allah Azza Wa Jalla kecualikan untuk tidak pingsan.”

Dan telah menceritakan kepada kami ‘Abdullah bin ‘Abdur Rahman Ad Darimi(9) dan Abu Bakr bin Ishaq(10) keduanya berkata:
Telah mengabarkan kepada kami Abu Al Yaman(11):
Telah mengabarkan kepada kami Syu’aib(12) dari Az Zuhri(13):
Telah mengabarkan kepadaku Abu Salamah bin ‘Abdur Rahman(6) dan Sa’id bin Al Musayyab(15) dari Abu Hurairah(8) dia berkata:
dua orang laki-laki saling mencela, satu orang dari muslim dan satu orang lagi dari yahudi.
-sebagaimana Hadis Ibrahim bin Sa’ad dari Ibnu Syihab Dan telah menceritakan kepadaku Amru An Naqid(17) Telah menceritakan kepada kami Abu Ahmad Az Zubaidi(18) Telah menceritakan kepada kami Sufyan(19) dari Amru bin Yahya(20) dari Bapaknya(21) dari Abu Sa’id Al Khudri(22) dia berkata:
seorang Yahudi yang telah dipukul wajahnya datang kepada Nabi ﷺ -dan seterusnya yang semakna dengan Hadis Az Zuhri, hanya saja dia berkata dengan kalimat:
‘hingga aku tidak tahu apakah ia termasuk orang yang pingsan kemudian ia tersadar sebelum aku, atau memang ia sudah cukup dengan pingsannya ketika di bukit Thur hingga tidak pingsan lagi.’




(3) 👤 Ya’qub bin Ibrahim bin Sa’ad bin Ibrahim bin ‘Abdur Rahman bin ‘Auf, Az Zuhriy Al Madaniy, Abu Yusuf ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 208 Hijriah (± 823 Masehi) ☖ Hidup di Baghdad ⚑ Wafat di Falisthina.

(2) 👤 Abu Bakar bin An Nadlir bin Abu An Nadlir bin Hasyim, Al Baghdadiy, Abu Bakar ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 245 Hijriah (± 859 Masehi) ☖ Hidup di Baghdad.


(4) 👤 Ibrahim bin Sa’ad bin Ibrahim bin ‘Abdur Rahman bin ‘Auf, Az Zuhriy Al Qurasyiy, Abu Ishaq ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 185 Hijriah (± 801 Masehi) ☖ Hidup di Madinah.

(5) 👤 Muhammad bin Muslim bin ‘Ubaidillah bin ‘Abdullah bin Syihab, Al Qurasyiy Az Zuhriy, Abu Bakar ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 124 Hijriah (± 742 Masehi) ☖ Hidup di Madinah.


(6) 👤 Abdullah bin ‘Abdur Rahman bin ‘Auf, Az Zuhriy, Abu Salamah ✶ Tabi’in kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 94 Hijriah (± 713 Masehi) ☖ Hidup di Madinah ⚑ Wafat di Madinah.

(7) 👤 Abdur Rahman bin Hurmuz, Al Madaniy, Abu Daud, Al A’raj ✶ Tabi’in kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 117 Hijriah (± 735 Masehi) ☖ Hidup di Madinah ⚑ Wafat di Iskandariyah.


(8) 👤 Abdur Rahman bin Shakhr, Ad Dawsiy Al Yamaniy, Abu Hurairah ✶ Shahabat ↺ Wafat tahun 57 Hijriah (± 677 Masehi) ☖ Hidup di Madinah ⚑ Wafat di Madinah.

(9) 👤 Abdullah bin ‘Abdur Rahman bin Al Fadlol bin Bihram, As Samarqandiy Ad Darimiy, Abu Muhammad ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 255 Hijriah (± 869 Masehi).


(10) 👤 Muhammad bin Ishaq bin Ja’far, Ash Shaghaniy, Abu Bakar ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 270 Hijriah (± 884 Masehi) ☖ Hidup di Baghdad.

(11) 👤 Al Hakam bin Nafi’, Abu Al Yaman ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 222 Hijriah (± 837 Masehi) ☖ Hidup di Syam ⚑ Wafat di Halwan.


(12) 👤 Syu’aib bin Abi Hamzah Dinar, Al Umawiy , Abu Bisyir ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan tua ↺ Wafat tahun 162 Hijriah (± 779 Masehi) ☖ Hidup di Syam.

(13) 👤 Muhammad bin Muslim bin ‘Ubaidillah bin ‘Abdullah bin Syihab, Al Qurasyiy Az Zuhriy, Abu Bakar ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 124 Hijriah (± 742 Masehi) ☖ Hidup di Madinah.


(14) 👤 Abdullah bin ‘Abdur Rahman bin ‘Auf, Az Zuhriy, Abu Salamah ✶ Tabi’in kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 94 Hijriah (± 713 Masehi) ☖ Hidup di Madinah ⚑ Wafat di Madinah.

(15) 👤 Sa’id bin Al Musayyab bin Hazan bin Abi Wahab bin ‘Amru, Abu Muhammad ✶ Tabi’in kalangan tua ↺ Wafat tahun 93 Hijriah (± 712 Masehi) ☖ Hidup di Madinah ⚑ Wafat di Madinah.


(16) 👤 Abdur Rahman bin Shakhr, Ad Dawsiy Al Yamaniy, Abu Hurairah ✶ Shahabat ↺ Wafat tahun 57 Hijriah (± 677 Masehi) ☖ Hidup di Madinah ⚑ Wafat di Madinah.

(17) 👤 Amru bin Muhammad bin Bukair bin Muhammad, Al Baghdadiy, Abu ‘Utsman, An Naqid ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 232 Hijriah (± 847 Masehi) ☖ Hidup di Baghdad ⚑ Wafat di Baghdad.


(18) 👤 Muhammad bin ‘Abdullah bin Az Zubair bin ‘Umar bin Dirham, Az Zubairiy Al Asadiy, Abu Ahmad ✶ Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 203 Hijriah (± 819 Masehi) ☖ Hidup di Kufah ⚑ Wafat di Ahwaz.

(19) 👤 Sufyan bin Sa’id bin Masruq, Ats Tsauriy, Abu ‘Abdullah ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan tua ↺ Wafat tahun 161 Hijriah (± 778 Masehi) ☖ Hidup di Kufah ⚑ Wafat di Bashrah.


(20) 👤 Amru bin Yahya bin ‘Umarah bin Abi Hasan, Al Maziniy Al Anshariy ✶ Tabi’in (tidak jumpa Shahabat) ↺ Wafat tahun 140 Hijriah (± 757 Masehi) ☖ Hidup di Madinah.

(21) 👤 Yahya bin ‘Umarah bin Abi Hasan, Al Maziniy Al Anshariy ✶ Tabi’in kalangan pertengahan ☖ Hidup di Madinah.


(22) 👤 Sa’ad bin Malik bin Sinan bin ‘Ubaid, Al Khudriy Al Anshariy, Abu Sa’id ✶ Shahabat ↺ Wafat tahun 74 Hijriah (± 693 Masehi) ☖ Hidup di Madinah ⚑ Wafat di Madinah.



Hadis ini memiliki penguat sebagai berikut:
Shahih Bukhari 2234
Shahih Bukhari 3156
Shahih Bukhari 4272
Shahih Bukhari 6036
Shahih Bukhari 6037
Shahih Bukhari 6918
Sunan Abu Daud 4051
• Musnad Ahmad 7270
• Musnad Ahmad 10938
Bagi ke FB
Bagi ke TW
Bagi ke WA

Video Terkait

Load More
HR. Muslim: 4373 – Keutamaan Musa Alaihissalam

… g berbunyi Hai orang-orang yang beriman Janganlah kamu menjadi seperti orang-orang yang menyakiti Musa maka Allah membersihkannya dari tuduhan-tuduhan yang mereka katakan Sesungguhnya Musa adalah orang yang mempunyai kedudukan yang terhormat dan mulia di sisi Allah (QS Al Ahzab ) • HR Muslim 4373, Hadits Shahih Muslim 4373, Hadits Muslim No. 4373

HR. Muslim: 4374 – Keutamaan Musa Alaihissalam

… Allah agar (kuburnya) didekatkan dengan bumi Qudus dengan jarak sejauh lemparan batu” Abu Hurairah berkata Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Salam “Jika saya ada di sana niscaya akan saya beritahukan kepada kalian letak kuburannya yaitu pada sisi jalan di bawah pasir yang merah” • HR Muslim 4374, Hadits Shahih Muslim 4374, Hadits Muslim No. 4374

HR. Muslim: 4379 – Keutamaan Musa Alaihissalam

… elah menceritakan kepada kami Hammad bin Salamah dari Tsabit Al Bunani dan Sulaiman At Taimi dari Anas bin Malik bahwa Rasulullah “Aku mendatangi -dan pada riwayat Haddab- Aku melewati Musa pada malam aku di isra’kan yaitu di samping bukit merah sedang shalat di dalam kuburannya” • HR Muslim 4379, Hadits Shahih Muslim 4379, Hadits Muslim No. 4379

HR. Muslim: 4380 – Keutamaan Musa Alaihissalam

… Abu Bakr bin Abu Syaibah Telah menceritakan kepada kami ‘Abdah bin Sulaiman dari dari Sulaiman At Taimi Aku mendengar berkata Rasulullah “Aku melawati Musa yang sedang shalat di dalam kuburannya Sedangkan di dalam Hadis ‘Isa dengan lafazh ‘Pada malam aku diisra’kan aku melewati’ • HR Muslim 4380, Hadits Shahih Muslim 4380, Hadits Muslim No. 4380

HR. Muslim: 4372 – Keutamaan Musa Alaihissalam

… a pada aurat Musa tidak ada kejanggalan ‘ kemudian setelah itu batu tersebut bangun sehingga bisa terlihat oleh Musa Lalu Musa mengambil pakaiannya dan memukul batu tersebut ” Abu Hurairah berkata “Demi Allah pada batu tersebut masih ada bekas pukulan Musa enam atau tujuh tempat” • HR Muslim 4372, Hadits Shahih Muslim 4372, Hadits Muslim No. 4372

HR. Muslim: 4376 – Keutamaan Musa Alaihissalam

… ngatakan bahwa ada seorang manusia yang lebih utama dan mulia dari pada Yunus bin Matta Alaihis Salam Dan telah menceritakannya kepadaku Muhammad bin Hatim Telah menceritakan kepada kami Yazid bin Harun Telah menceritakan kepada kami ‘Abdul ‘Aziz bin Abu Salamah melalui jalur ini • HR Muslim 4376, Hadits Shahih Muslim 4376, Hadits Muslim No. 4376

Hadits Shahih

Ayat Alquran Pilihan

(Dan bahwasanya Dia yang memberi kekayaan) kepada manusia berupa harta benda (dan yang memberikan kecukupan) Dia memberikan harta untuk mencukupi kebutuhan orang itu.
QS. An-Najm [53]: 48

Maka tetaplah kamu pada jalan yang benar,
sebagaimana diperintahkan kepadamu & (juga) orang yang telah taubat beserta kamu & janganlah kamu melampaui batas.
Sesungguhnya Dia Maha Melihat apa yang kamu kerjakan.
QS. Hud [11]: 112

Ya Tuhan kami,
limpahkanlah kesabaran kepada kami & wafatkanlah kami dalam keadaan berserah diri (kepada-Mu)
QS. Al-A’raf [7]: 126

Podcast

Doa

Soal & Pertanyaan Agama

Pendidikan Agama Islam #12

Masyarakat Mekkah pada awal nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam berdakwah waktu itu sedang dilanda berbagai krisis, dan yang paling menonjol adalah krisis … Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam lahir pada bulan … Nama isteri Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam selepas Khadijah ialah … Nama anak lelaki Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam yaitu … … Nama Ibu susuan Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam yaitu … …

Kuis Agama Islam #31

Umat Islam yang mengajarkan ilmunya dengan ikhlas akan memperoleh pahala amal jariyah. Amal jariyah artinya …Ilmu yang bermanfaat adalah …Menyampaikan ajaran Alquran dan sunnah Nabi Muhammad kepada orang lain yang belum mengetahui disebut dengan …Berikut ulama yang berasal dari Indonesia adalah …Sesuatu yang dipercaya dan diyakini kebenaranya oleh hati nurani manusia dinamakan …

Pendidikan Agama Islam #18

Turunnya surah Ad-Dhuha menunjukkan… ..kepada Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam.Surah Ad-Dhuha ayat ke-enam menunjukkan salah satu masa Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam yaitu … sebagai … Berikut ini yang bukan kandungan surah Ad-Dhuha adalah… .. Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam.Arti al-Kaafirun adalah … Arti dari lafal لَكُمْ دِينُكُمْ yaitu …

Kamus

khurafat

Apa itu khurafat? Khurafat, menurut Ibnul Mandzur, والخُرافةُ الحديثُ الـمُسْتَمْلَحُ من الكذِبِ. وقالوا: حديث خُرافةَ Khurafat adalah berita yang dibumbuhi dengan kedustaan. Masyarakat menyebut, ‘Beritanya khurafat’ Kemudian beliau menyebutkan latar belakang istilah ini, ذكر ابن الكلبي في قولهم حديثُ خُرافة أَنَّ خُرافةَ من بني عُذْرَةَ أَو من جُهَيْنةَ، اخْتَط … •

Ibnu Jarir ath-Thabari

Siapa itu Ibnu Jarir ath-Thabari? Ath-Thabari adalah seorang sejarawan dan pemikir muslim dari Persia, lahir di daerah Amol atau Amuli, Thabaristan . Nama lengkapnya adalah Abu Ja’far Muhammad bin Jarir bin Yazid bin Katsir bin Ghalib al-Amali ath-Thabari, lebih dikenal sebagai Ibnu Jarir atau ath-Thabari. Semasa … • Muhammad bin Jarir At-Tabari, Ibn Jarir At Tabari, Ibnu Jarir, Abu Ja’far Muhammad, Abu Ja’far ibnu Jarir • At Tabari, At-Tabari, Ath-Thabari

Ruqayyah binti Muhammad

Siapa itu Ruqayyah binti Muhammad? Ruqayyah binti Muhammad adalah putri Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam dan istrinya Khadijah binti Khuwailid, putri tertua kedua setelah Zainab. Kunyahnya adalah Ummu Abdillah, dan laqab/gelarnyanya Dzat al-Hijratain, lahir sebelum diutusnya kenabian Muhammad sekitar 7 tahun, kemudian ia masuk islam, dan hijrah ke Haba … • Ruqayyah bint Muhammad, Ruqayyah, Ruqoyyah

Yudas Iskariot

Siapa itu Yudas Iskariot? Yudas Iskariot , anak Simon Iskariot , dia juga termasuk salah seorang dari dua belas rasul yang dipilih oleh Yesus Kristus, dan dia bertugas sebagai bendahara . Yudas Iskariot adalah satu dari tiga murid yang dikenal di kalangan orang Kristen maup … • Yahuda, Yudas, Judas, Judas Iscariot, Yahuda Iskhanuti

Anas bin Malik

Siapa itu Anas bin Malik? Anas bin Malik bin Nadar al-Khazraj – lahir: 612-wafat:709/712) – adalah Sahabat Nabi Muhammad Sholallahu Alaihi Wasallam. Biografi Anas bin Malik berasal dari Bani an-Najjar dan merupakan anak dari Ummu Sulaim. Sejak kecil Dia melayani keperluan Nabi Muhammad Sholallahu Alaihi Wasallam, sehingga selalu bersama Rasulullah. Dengan … • Anas ibnu Malik, Anas ibn Malik, Anas

fakih

Apa itu fakih? fa.kih ahli hukum Islam; ahli fikih Mujtahid atau fakih adalah seseorang yang dalam ilmu fikih sudah mencapai derajat ijtihad dan memiliki kemampuan istinbath hukum-hukum syariat dari sumber-sumber muktabar dan diandalkan. Berdasarkan dalil-dalil syar’i, para mujtahid yang memenuhi seluruh syarat untuk diikut … • Mujtahid

Instagram