Search
Generic filters
Cari Kategori
🙏 Pilih semua
Quran
Hadits
Kamus
Podcast
Soal Agama
Artikel, Doa, dll.

HR. Muslim: 4353 – Menghormati Nabi ﷺ dan tidak memperbanyak pertanyaan kepadanya

و حَدَّثَنِي حَرْمَلَةُ بْنُ يَحْيَى بْنِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ حَرْمَلَةَ بْنِ عِمْرَانَ التُّجِيبِيُّ أَخْبَرَنَا ابْنُ وَهْبٍ أَخْبَرَنِي يُونُسُ عَنْ ابْنِ شِهَابٍ أَخْبَرَنِي أَنَسُ بْنُ مَالِكٍ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ خ
Shahih Muslim hadis nomor 4353
Telah menceritakan kepadaku Harmalah bin Yahya bin ‘Abdillah bin Harmalah bin ‘Imran At Tujibi(1):
Telah mengabarkan kepada kami Ibnu Wahb(2):
Telah mengabarkan kepadaku Yunus(3) dari Ibnu Syihab(4):
Telah mengabarkan kepadaku Anas bin Malik(5) bahwa ketika matahari telah tergelincir, Rasulullah ﷺ pergi mengimami shalat Zhuhur.
Setelah selesai shalat, beliau naik ke mimbar lalu mengingatkan jama’ah perihal hari kiamat dan mengingatkan pula bahwa sebelumnya akan terjadi beberapa peristiwa besar.

Kemudian beliau bersabda:

“Siapa yang ingin bertanya kepadaku mengenai sesuatu, tanyakanlah.
Demi Allah, jika ada pertanyaan yang ingin kalian tanyakan kepadaku, niscaya akan kujawab selama aku masih berdiri di tempatku ini.”

Kata Anas bin Malik:
“Maka banyaklah orang menangis mendengar ucapan Rasulullah ﷺ tersebut.
Kemudian beliau mengulang-ulang ucapannya itu, “Bertanyalah kepadaku!” maka berdirilah ‘Abdullah bin Hudzafah lalu dia bertanya:
“Siapa bapakku, ya Rasulullah?”

jawab Rasulullah ﷺ:
“Bapakmu Hudzafah!” Maka tatkala Rasulullah ﷺ mengulang ucapannya:
“bertanyalah kepadaku!” ‘Umar menyela seraya berkata:
“Kami rela Allah menjadi Tuhan kami, Islam menjadi agama kami, dan Muhammad menjadi Rasulullah.”

Kata Anas, “setelah ‘Umar mengucapkan kata-katanya itu, Nabi ﷺ diam seketika, kemudian beliau bersabda:

“Perhatikanlah! Demi Allah, yang jiwa Muhammad berada dalam kekuasaan-Nya, baru saja telah diperlihatkan kepadaku surga dan neraka, tepat di sisi dinding ini.
Suatu pemandangan yang belum pernah kulihat seperti ini mengenai kebaikan dan kejahatan.”

Kata Ibnu Syihab:
“Telah mengabarkan kepada kami Ubaidullah bin Abdullah bin ‘Utbah dia berkata:
bahwa Ummu ‘Abdullah bin Hudzafah berkata kepada anaknya, ‘Abdullah bin Hudzafah, ” Aku tidak pernah mendengar seorang pun anak yang lebih durhaka daripadamu.
Percayakah engkau bahwa ibumu telah melacur seperti halnya wanita-wanita jahiliyah, lalu ‘aibnya terbuka di kalangan orang banyak?”

kata ‘Abdullah bin Hudzafah:
“Demi Allah, seandainya aku dinasabkan kepada budak hitam sekalipun, tentu aku akan mau.”

Telah menceritakan kepada kami ‘Abdu bin Humaid(6):
Telah mengabarkan kepada kami ‘Abdur Razzaq(7):
Telah mengabarkan kepada kami Ma’mar(8):
Demikian juga diriwayatkan dari jalur lainnya, Dan telah menceritakan kepada kami ‘Abdullah bin ‘Abdur Rahman Ad Darimi(9):
Telah mengabarkan kepada kami Abul Yaman(10):
Telah mengabarkan kepada kami Syu’aib(11) keduanya dari Az Zuhri(12) dari Anas(13) dari Nabi ﷺ dengan Hadis ini dan Hadis ‘Ubaidillah.
Namun (Syu’aib) dia berkata:
dari Az Zuhri dia berkata:
Telah mengabarkan kepadaku ‘Ubaidullah bin Abdullah dia berkata:
Telah menceritakan kepadaku seseorang dari kalangan ahli ilmu bahwa Ummu ‘Abdillah bin Hudzafah berkata sebagaimana Hadis Yunus.



(3) 👤 Yunus bin Yazid bin Abi An Najjad, Al Ayliy, Abu Zaid ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan tua ↺ Wafat tahun 159 Hijriah (± 776 Masehi) ☖ Hidup di Syam ⚑ Wafat di Maru.

(2) 👤 Abdullah bin Wahab bin Muslim, Al Qurasyiy, Abu Muhammad ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 197 Hijriah (± 813 Masehi) ☖ Hidup di Maru ⚑ Wafat di Maru.


(4) 👤 Muhammad bin Muslim bin ‘Ubaidillah bin ‘Abdullah bin Syihab, Al Qurasyiy Az Zuhriy, Abu Bakar ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 124 Hijriah (± 742 Masehi) ☖ Hidup di Madinah.

(5) 👤 Anas bin Malik bin An Nadlir bin Dlamdlom bin Zaid bin Haram, Al Anshariy Al Madaniy, Abu Hamzah ✶ Shahabat ↺ Wafat tahun 91 Hijriah (± 710 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah.


(6) 👤 Abdul Hamid bin Humaid bin Nashr, Al Kaisysyiy, Abu Muhammad, Abdu ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 249 Hijriah (± 863 Masehi) ☖ Hidup di Himsh ⚑ Wafat di Karbala.

(7) 👤 Abdur Razzaq bin Hammam bin Nafi’, Al Humairiy Ash Shan’aniy, Abu Bakar ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 211 Hijriah (± 826 Masehi) ☖ Hidup di Yaman ⚑ Wafat di Yaman.


(8) 👤 Ma’mar bin Raosyid, Al Azdiy Al Bashriy, Abu ‘Urwah ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan tua ↺ Wafat tahun 154 Hijriah (± 771 Masehi) ☖ Hidup di Yaman.

(9) 👤 Abdullah bin ‘Abdur Rahman bin Al Fadlol bin Bihram, As Samarqandiy Ad Darimiy, Abu Muhammad ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 255 Hijriah (± 869 Masehi).


(10) 👤 Al Hakam bin Nafi’, Abu Al Yaman ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 222 Hijriah (± 837 Masehi) ☖ Hidup di Syam ⚑ Wafat di Halwan.

(11) 👤 Syu’aib bin Abi Hamzah Dinar, Al Umawiy , Abu Bisyir ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan tua ↺ Wafat tahun 162 Hijriah (± 779 Masehi) ☖ Hidup di Syam.


(12) 👤 Muhammad bin Muslim bin ‘Ubaidillah bin ‘Abdullah bin Syihab, Al Qurasyiy Az Zuhriy, Abu Bakar ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 124 Hijriah (± 742 Masehi) ☖ Hidup di Madinah.

(13) 👤 Anas bin Malik bin An Nadlir bin Dlamdlom bin Zaid bin Haram, Al Anshariy Al Madaniy, Abu Hamzah ✶ Shahabat ↺ Wafat tahun 91 Hijriah (± 710 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah.




Hadis ini memiliki penguat sebagai berikut:
Shahih Bukhari 507
Shahih Bukhari 6750
Bagi ke FB
Bagi ke TW
Bagi ke WA

Video Terkait

Load More

Hadits Shahih

Ayat Alquran Pilihan

Di bumi itu terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang yakin. dan (juga) pada dirimu sendiri. Maka apakah kamu tak memperhatikan?
Dan di langit terdapat (sebab-sebab) rezekimu & terdapat (pula) apa yang dijanjikan kepadamu
QS. Az-Zariyat [51]: 20-22

Itulah sebaik-baik pembalasan bagi orang-orang yang beramal,
(yaitu mereka) yang bersabar & bertawakkal kepada Tuhannya.
QS. Al-‘Ankabut [29]: 58-59

Barang siapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar.
Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka.
QS. At-Talaq [65]: 2-3

Ya Tuhanku
lapangkanlah untukku dadaku,
dan mudahkanlah untukku urusanku,
dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku,
supaya mereka mengerti perkataanku
QS. Ta Ha [20]: 25-28

Podcast

Doa

Soal & Pertanyaan Agama

Pendidikan Agama Islam #13

Nama pedang Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam yaitu … … Apa nama peperangan pertama yang berlaku dalam sejarah Islam? … Apa makanan kegemaran Nabi Muhammad Shallallah...

Pendidikan Agama Islam #3

Pembatasan aurat wanita adalah … Berikut ini yang bukan termasuk orang-orang pertama yang menyambut ajakan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah … Dalam Islam, pakaian haru...

Pendidikan Agama Islam #8

Sumber kedua hukum dalam menetapkan Hukum tentang Alquran adalah … Hukum penggunaan hadis sebagai dasar hukum adalah … Orang yang menceritakan hadits disebut … Undang-undang tentang ...

Kamus

Al-Kausar

Apa itu Al-Kausar? Surah Al-Kausar adalah surah ke-108 dalam Alquran. Surah ini tergolong surah Makkiyah dan terdiri dari 3 ayat yang menjadi surah terpendek dalam Alquran. Kata Al-Kausar sendiri ber...

Tahsin

Apa itu Tahsin? Tahsin adalah kata Arab yang berarti memperbaiki, meningkatkan, atau memperkaya. Hal ini juga umumnya digunakan sebagai nama jang diberikan untuk anak-anak laki-laki di dunia Arab dan...

Abubakar Ahmad al-Baihaqi

Siapa itu Abubakar Ahmad al-Baihaqi? Imam Baihaqi , atau lengkapnya Abubakar Ahmad bin Husain bin Ali bin Abdullah al-Baihaqi , adalah seorang ulama ahli fiqh, ushul fiqh, hadist, dan salah seorang to...

Abu Qatadah

Siapa itu Abu Qatadah? Al-Harits bin Rab’i lebih dikenal dengan Abu Qatadah merupakan salah seorang sahabat nabi. Ia turut serta dalam pertempuran di Uhud dan Hudaibiyyah. Biografi Abu Qatadah ...

asbat

Siapa itu asbat? Apa itu asbat? Asbat adalah anak-anak Nabi Yaqub, semuanya berjumlah dua belas orang; masing-masing orang menurunkan suatu umat, maka mereka dinamakan Asbat. Khalil ibnu Ahmad dan lai...

Asy-Syahrastani

Siapa itu Asy-Syahrastani? Abu al-Fath Abdul Karim bin Abi Bakr Ahmad asy-Syahrastani , atau lebih dikenal sebagai Asy-Syahrastani adalah seorang ulama dibidang ilmu kalam, tafsir dan sejarah. Nisbat ...

Instagram