Search
Generic filters
Cari Kategori
🙏 Pilih semua
Quran
Hadits
Kamus
Podcast
Soal Agama
Artikel, Doa, dll.

HR. Muslim: 4256 – Penetapan tentang telaga Nabi ﷺ

حَدَّثَنَا أَبُو غَسَّانَ الْمِسْمَعِيُّ وَمُحَمَّدُ بْنُ الْمُثَنَّى وَابْنُ بَشَّارٍ وَأَلْفَاظُهُمْ مُتَقَارِبَةٌ قَالُوا حَدَّثَنَا مُعَاذٌ وَهُوَ ابْنُ هِشَامٍ حَدَّثَنِي أَبِي عَنْ قَتَادَةَ عَنْ سَالِمِ بْنِ أَبِي الْجَعْدِ عَنْ مَعْدَانَ بْنِ أَبِ
Shahih Muslim hadis nomor 4256
Telah mengabarkan kepada kami Abu Ghassan Al Misma’i(1) dan Muhammad bin Al Mutsanna(2) dan Ibnu Basyar(3) lafazh-lafazh mereka tidak jauh berbeda.
Mereka berkata:
Telah menceritakan kepada kami Mu’adz(4) yaitu Ibnu Hisyam Telah menceritakan kepadaku Bapakku(5) dari Qatadah(6) dari Salim bin Abu Ja’ad(7) dari Ma’dan bin Abu Thalhah Al Ya’mari(8) dari Tsauban(9) bahwa Nabi ﷺ bersabda:

“Sesungguhnya aku kelak akan berada di telagaku untuk memberi minum kepada orang-orang baik.

Lalu aku akan pukulkan tongkatku, sehingga air telaga memancar kepada mereka.”

Seseorang bertanya kepada beliau tentang luas telaga itu, maka beliau menjawab:
‘Luasnya antara tempat dudukku sampai ke Amman.’

Lalu seseorang bertanya tentang airnya, maka beliau menjawab:
‘Airnya lebih putih dari pada susu, dan lebih manis dari pada madu.
Di dalamnya ada dua saluran yang memancarkan air dari surga.

Satu saluran terbuat dari emas dan yang satu lagi terbuat dari perak.
Telah menceritakan kepadaku Zuhair bin Harb(10) Telah menceritakan kepada kami Al Hasan bin Musa(11) Telah menceritakan kepada kami Syaiban(12) dari Qatadah(6) melalui jalur Hisyam yang serupa dengan hadis tersebut.

Namun dia berkata:
“Pada hari kiamat aku akan berada di telaga.’
Dan telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Basysyar(14) Telah menceritakan kepada kami Yahya bin Hammad(15) Telah menceritakan kepada kami Syu’bah(16) dari Qatadah(6) dari Salim bin Abu Al Ja’ad(18) dari Ma’dan(19) dari Tsauban(9) dari Nabi ﷺ -mengenai Hadis telaga, – Aku bertanya kepada Yahya bin Hammad(15):
Apakah kamu mendengar Hadis ini dari Abu ‘Awanah(22)? Dia menjawab:
bahkan aku mendengarnya juga dari Syu’bah(16).

Aku katakan:
‘Perlihatkan kepadaku mengenai Hadis itu, kemudian dia memperlihatkan untukku dan menceritakan kepadaku dengannya.’



(3) 👤 Muhammad bin Basysyar bin ‘Utsman, Al ‘Abdiy, Abu Bakar, Bindar ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 252 Hijriah (± 866 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah.


(2) 👤 Muhammad bin Al Mutsannaa bin ‘Ubaid, Al ‘Anaziy, Abu Musa, Az Zaman ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 252 Hijriah (± 866 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah.

(4) 👤 Mu’adz bin Hisyam bin Abi ‘Abdullah , Ad Dustuwa’iy, Abu ‘Abdullah ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 200 Hijriah (± 816 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah.


(5) 👤 Hisyam bin Abi ‘Abdullah Sanbar, Ad Dastuwa’i Ar Rib’i, Abu Bakar ✶ Tabi’in kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 154 Hijriah (± 771 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah.

(6) 👤 Qatadah bin Da’amah bin Qatadah, As Sadusiy, Abu Al Khaththab ✶ Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 117 Hijriah (± 735 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah ⚑ Wafat di Hait.


(7) 👤 Salim bin Abi Al Ja’di Rafi’, Al Ghathafaniy Al Asyja’iy ✶ Tabi’in kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 97 Hijriah (± 716 Masehi) ☖ Hidup di Kufah.

(8) 👤 Ma’dan bin Abi Thalhah, Al Ya’mariy Al Kinaniy ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan biasa ☖ Hidup di Syam.


(9) 👤 Tsauban bin Bajdad, Abu ‘Abdullah ✶ Shahabat ↺ Wafat tahun 54 Hijriah (± 674 Masehi) ☖ Hidup di Syam ⚑ Wafat di Halwan.

(10) 👤 Zuhair bin Harb bin Syaddad, Al Harasyiy An Nasa’iy, Abu Khaitsamah ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 234 Hijriah (± 849 Masehi) ☖ Hidup di Baghdad ⚑ Wafat di Baghdad.


(11) 👤 Al Hasan bin Musa, Al Baghdadi, Abu ‘Ali, Al Asyyab ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 209 Hijriah (± 824 Masehi) ☖ Hidup di Jazirah ⚑ Wafat di Rayi.

(12) 👤 Syaiban bin ‘Abdur Rahman, Al Bashriy, Abu Mu’awiyah, An Nahwaa Al Mu’addib ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan tua ↺ Wafat tahun 164 Hijriah (± 781 Masehi) ☖ Hidup di Kufah ⚑ Wafat di Baghdad.


(13) 👤 Qatadah bin Da’amah bin Qatadah, As Sadusiy, Abu Al Khaththab ✶ Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 117 Hijriah (± 735 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah ⚑ Wafat di Hait.

(14) 👤 Muhammad bin Basysyar bin ‘Utsman, Al ‘Abdiy, Abu Bakar, Bindar ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 252 Hijriah (± 866 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah.


(15) 👤 Yahya bin Hammad bin Abi Ziyad, Asy Syaibaniy, Abu Bakar, Khitanu (mertua) Abi ‘Awanah ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 215 Hijriah (± 830 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah.

(16) 👤 Syu’bah bin Al Hajjaj bin Al Warad, Al Azdiy Al Wasithiy, Abu Bistham ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan tua ↺ Wafat tahun 160 Hijriah (± 777 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah ⚑ Wafat di Bashrah.


(17) 👤 Qatadah bin Da’amah bin Qatadah, As Sadusiy, Abu Al Khaththab ✶ Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 117 Hijriah (± 735 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah ⚑ Wafat di Hait.

(18) 👤 Salim bin Abi Al Ja’di Rafi’, Al Ghathafaniy Al Asyja’iy ✶ Tabi’in kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 97 Hijriah (± 716 Masehi) ☖ Hidup di Kufah.


(19) 👤 Ma’dan bin Abi Thalhah, Al Ya’mariy Al Kinaniy ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan biasa ☖ Hidup di Syam.

(20) 👤 Tsauban bin Bajdad, Abu ‘Abdullah ✶ Shahabat ↺ Wafat tahun 54 Hijriah (± 674 Masehi) ☖ Hidup di Syam ⚑ Wafat di Halwan.


(21) 👤 Yahya bin Hammad bin Abi Ziyad, Asy Syaibaniy, Abu Bakar, Khitanu (mertua) Abi ‘Awanah ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 215 Hijriah (± 830 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah.

(22) 👤 “Wadldloh bin ‘Abdullah, maula Yazid bin ‘Atha'”, Al Yasykuriy Al Wasithiy, Abu ‘Awanah ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 176 Hijriah (± 792 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah ⚑ Wafat di Bashrah .


(23) 👤 Syu’bah bin Al Hajjaj bin Al Warad, Al Azdiy Al Wasithiy, Abu Bistham ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan tua ↺ Wafat tahun 160 Hijriah (± 777 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah ⚑ Wafat di Bashrah.




Hadis ini memiliki penguat sebagai berikut:
• Musnad Ahmad 21375
• Musnad Ahmad 21390
• Musnad Ahmad 21394
• Musnad Ahmad 21411
Bagi ke FB
Bagi ke TW
Bagi ke WA

Video Terkait

Load More

Hadits Shahih

Ayat Alquran Pilihan

Pada hari (ketika),
lidah,
tangan & kaki mereka menjadi saksi atas mereka terhadap apa yang dahulu mereka kerjakan.
QS. An-Nur [24]: 24

Bahwa kebaikan ada dalam sikap mengutamakan & perlakuan yang baik kepada orang lain, karena lebih dapat membawa kepada cinta kasih antara sesama manusia. Allah Mahaperiksa atas hati-hati kalian & akan memberi balasan atas sikap mengutamakan itu
QS. Al-Baqarah [2]: 237

Hai orang-orang yang beriman,
makanlah di antara rezeki yang baik-baik yang Kami berikan kepadamu & bersyukurlah kepada Allah,
jika benar-benar kepada-Nya kamu menyembah.
QS. Al-Baqarah [2]: 172

Peliharalah dirimu & keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia & batu,
penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras,
dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka
QS. At-Tahrim [66]: 6

Podcast

Doa

Soal & Pertanyaan Agama

Pendidikan Agama Islam #26

Sebab-sebab turunnya ayat Alquran disebut … Nama lain dari surah Al-Insyirah adalah … Jumlah surah-surah dalam Alquran adalah … Pesan utama dari kandungan Alquran adalah … Sura...

Pendidikan Agama Islam #27

Surah yang terpendek dalam Alquran adalah … Surah yang tidak diawali basmalah adalah … Surah yang pertama kali turun secara lengkap adalah … Proses turunnya wahyu berlangsung selama ...

Pendidikan Agama Islam #17

Dalam Alquran, surah Ad-Dhuha turun setelah surah …Surah Ad-Dhuha termasuk kategori surah …اَلَمْ يَجِدْكَ يَتِيْمًا فَاٰوٰىۖ lafal tersebut adalah surah Ad-...

Kamus

tawaf

Apa itu tawaf? ta.waf berjalan mengelilingi Kakbah tujuh kali sambil berdoa; jutaan kaum muslimin dari seluruh dunia melakukan tawaf dan sai … • thawaf

Husnul Khatimah

Apa itu Husnul Khatimah? Husnul asal katanya adalah “hasan” yang berarti ‘baik’. “Husnul berarti ‘terbaik’. Jadi, makna dari kalimat “husnul khatimah” adalah “mati di saat...

Ruqyah

Apa itu Ruqyah? Ruqyah atau rukyah adalah metode penyembuhan dengan cara membacakan sesuatu pada orang yang sakit akibat dari ‘ain , sengatan hewan, bisa, sihir, rasa sakit, gila, kerasukan dan gan...

hijab

Apa itu hijab? hi.jab dinding yang membatasi sesuatu dengan yang lain; dinding yang membatasi hati manusia dan Allah; dinding yang menghalangi seseorang dari mendapat harta waris; anak laki-laki ...

maqthu’

Apa itu maqthu’? Hadits Maqthu’ adalah hadits yang disandarkan kepada Murid Sahabat dan yang setelah mereka, baik perkataan,perbuatan, dll. Contohnya: Saya berkata: berkata ‘Alqomah –...

sadran

Apa itu sadran? sad.ran , me.nyad.ran v mengunjungi makam atau tempat keramat pada bulan Ruwah untuk memberikan doa kepada leluhur dengan membawa bunga atau sesajian; jika diurut-urut asal-usulnya, ...

Instagram