Search
Generic filters
Cari Kategori
🙏 Pilih semua
Quran
Hadits
Kamus
Podcast
Soal Agama
Artikel, Doa, dll.

HR. Muslim: 4253 – Penetapan tentang telaga Nabi ﷺ

حَدَّثَنَا زُهَيْرُ بْنُ حَرْبٍ وَمُحَمَّدُ بْنُ الْمُثَنَّى وَعُبَيْدُ اللَّهِ بْنُ سَعِيدٍ قَالُوا حَدَّثَنَا يَحْيَى وَهُوَ الْقَطَّانُ عَنْ عُبَيْدِ اللَّهِ أَخْبَرَنِي نَافِعٌ عَنْ ابْنِ عُمَرَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ
Shahih Muslim hadis nomor 4253
Telah menceritakan kepada kami Zuhair bin Harb(1) dan Muhammad bin Al Mutsanna(2) serta Ubaidullah bin Sa’id(3) mereka berkata:
Telah menceritakan kepada kami Yahya(4) yaitu Al Qaththan dari Ubaidullah(5) Telah mengabarkan kepadaku Nafi’(6) dari Ibnu Umar(7) dari Nabi ﷺ beliau bersabda:

“Sesunggunya di hadapan kalian ada telaga, yang luasnya sebagaimana jarak antara Jarba dan Adzrah.”

Sedangkan menurut riwayat Ibnu Mutsanna di sebutkan ‘Haudhi’ (telagaku).

Dan telah menceritakan kepada kami Ibnu Numair(8) Telah menceritakan kepada kami Bapakku(9) Demikian juga diriwayatkan dari jalur lainnya, Dan telah menceritakan kepada kami Abu Bakr bin Abu Syaibah(10) Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Basyar(11) keduanya berkata:
Telah menceritakan kepada kami Ubaidullah(5) melalui jalur ini dengan Hadis yang serupa.
Namun ada tambahan, Ubaidullah berkata:
‘Aku bertanya kepada Nafi’, lalu dia menjawab:
bahwa Jarba dan Adzrah itu adalah dua desa di negeri Syam yang jarak tempuh antara keduanya memakan waktu tiga malam.

Sedangkan di dalam Hadis Bisyr:
‘Memakan waktu tiga hari.’
Dan telah menceritakan kepadaku Suwaid bin Sa’id(13) Telah menceritakan kepada kami Hafsh bin Maisarah(14) dari Musa bin Uqbah(15) dari Nafi’(6) dari Ibnu Umar(7) dari Nabi ﷺ yang serupa dengan Hadis Ubaidullah.



(3) 👤 Ubaidullah bin Sa’id binYahya, Al Yasykuriy As Sarakhsiy, Abu Qudamah ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 241 Hijriah (± 855 Masehi) ☖ Hidup di Himsh.

(2) 👤 Muhammad bin Al Mutsannaa bin ‘Ubaid, Al ‘Anaziy, Abu Musa, Az Zaman ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 252 Hijriah (± 866 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah.


(4) 👤 Yahya bin Sa’id bin Farrukh, Al Qaththan At Tamimiy, Abu Sa’id, Al Ahwal ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 198 Hijriah (± 814 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah ⚑ Wafat di Bashrah.

(5) 👤 Ubaidullah bin ‘Umar bin Hafsh bin ‘Ashim bin ‘Umar bin Al Khaththab, Al ‘Adawiy Al ‘Umariy, Abu ‘Utsman ✶ Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 147 Hijriah (± 764 Masehi) ☖ Hidup di Madinah ⚑ Wafat di Madinah.


(6) 👤 “Nafi’, maula Ibnu ‘Umar “, Al Madaniy, Abu ‘Abdullah ✶ Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 117 Hijriah (± 735 Masehi) ☖ Hidup di Madinah ⚑ Wafat di Madinah.

(7) 👤 Abdullah bin ‘Umar bin Al Khaththab bin Nufail, Al ‘Adawiy Al Qurasyiy, Abu ‘Abdur Rahman ✶ Shahabat ↺ Wafat tahun 73 Hijriah (± 692 Masehi) ☖ Hidup di Madinah ⚑ Wafat di Marur Rawdz.


(8) 👤 Muhammad bin ‘Abdullah bin Numair, Al Hamdaniy Al Kharifiy, Abu ‘Abdur Rahman ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 234 Hijriah (± 849 Masehi) ☖ Hidup di Kufah ⚑ Wafat di Kufah.

(9) 👤 Abdullah bin Numair, Al Hamdaniy Al Kharifiy, Abu Hisyam ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 199 Hijriah (± 815 Masehi) ☖ Hidup di Kufah.


(10) 👤 Abdullah bin Muhammad bin Abi Syaibah Ibrahim bin ‘Utsman, Al ‘Abasiy, Abu Bakar ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 235 Hijriah (± 850 Masehi) ☖ Hidup di Kufah.

(11) 👤 Muhammad bin Bisyir bin Al Furafashah, Al ‘Abdiy, Abu ‘Abdullah ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 203 Hijriah (± 819 Masehi) ☖ Hidup di Kufah ⚑ Wafat di Kufah.


(12) 👤 Ubaidullah bin Sa’id binYahya, Al Yasykuriy As Sarakhsiy, Abu Qudamah ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 241 Hijriah (± 855 Masehi) ☖ Hidup di Himsh.

(13) 👤 Suwaid bin Sa’id bin Sahal, Al Harawiy Al Hdatsaniy, Abu Muhammad ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 240 Hijriah (± 854 Masehi) ☖ Hidup di Haditsah.


(14) 👤 Hafsh bin Maysarah, Abu ‘Umar ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 181 Hijriah (± 797 Masehi) ☖ Hidup di Syam.

(15) 👤 Musa bin ‘Uqbah bin Abi ‘Ayyasy, Al Asadiy, Abu Muhammad ✶ Tabi’in (tidak jumpa Shahabat) ↺ Wafat tahun 141 Hijriah (± 758 Masehi) ☖ Hidup di Madinah ⚑ Wafat di Madinah.


(16) 👤 “Nafi’, maula Ibnu ‘Umar “, Al Madaniy, Abu ‘Abdullah ✶ Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 117 Hijriah (± 735 Masehi) ☖ Hidup di Madinah ⚑ Wafat di Madinah.

(17) 👤 Abdullah bin ‘Umar bin Al Khaththab bin Nufail, Al ‘Adawiy Al Qurasyiy, Abu ‘Abdur Rahman ✶ Shahabat ↺ Wafat tahun 73 Hijriah (± 692 Masehi) ☖ Hidup di Madinah ⚑ Wafat di Marur Rawdz.





Hadis ini memiliki penguat sebagai berikut:
Shahih Bukhari 6091
Shahih Muslim 4254
Sunan Abu Daud 4120
• Musnad Ahmad 4493
• Musnad Ahmad 5806
• Musnad Ahmad 5905
Bagi ke FB
Bagi ke TW
Bagi ke WA

Video Terkait

Load More

Hadits Shahih

Ayat Alquran Pilihan

Kami akan bacakan (Alquran) kepadamu (Muhammad) sehingga kau tak akan lupa,
kecuali jika Allah menghendaki.
Sungguh, Dia mengetahui yang terang & yang tersembunyi.
Dan Kami akan memudahkan bagimu ke jalan kemudahan (dunia & akhirat)
QS. Al-A’la [87]: 6-8

Dan sempurnakanlah takaran apabila kamu menakar,
dan timbanglah dengan neraca yang benar.
Itulah yang lebih utama (bagimu) & lebih baik akibatnya.
QS. Al-Isra’ [17]: 35

wanita yang sholehah,
ialah yang taat kepada Allah lagi memelihara diri ketika suaminya tidak ada,
oleh karena Allah telah memelihara (mereka).
QS. An-Nisa’ [4]: 34

“Tidak ada seorangpun di langit & di bumi yang mengetahui perkara yang ghaib,
kecuali Allah”,
dan mereka tidak mengetahui bila mereka akan dibangkitkan.
QS. An-Naml [27]: 65

Podcast

Doa

Soal & Pertanyaan Agama

Pendidikan Agama Islam #8

Sumber kedua hukum dalam menetapkan Hukum tentang Alquran adalah … Hukum penggunaan hadis sebagai dasar hukum adalah … Orang yang menceritakan hadits disebut … Undang-undang tentang ...

Pendidikan Agama Islam #19

Berakhirnya seluruh kehidupan di dunia dinamakan … Hari kiamat di jelaskan dalam Alquran, surah … .Tempat berkumpulnya manusia di akhirat di sebut padang … Salah satu hikmah memperca...

Pendidikan Agama Islam #7

Alquran adalah keterangan yang jelas untuk semua manusia, dan menjadi petunjuk serta pelajaran bagi orang-orang yang bertakwa. Penjelasan tersebut terdapat dalam surah … Hukum yang mengatur hubu...

Kamus

Janah

Di mana itu Janah? Jannah adalah konsep surga dalam ajaran agama Islam. Di dalam eskatologi Islam, setelah kematian seseorang akan tetap di dalam alam kubur sampai ‘Hari Kebangkitan’ . M...

rukun Islam

Apa itu rukun Islam? tiang utama dalam agama Islam, mengikrarkan dua kalimat syahadat, mendirikan salat, berzakat, berpuasa, dan mengerjakan ibadah haji jika mampu … •

Muhkam

Apa itu Muhkam? Muhkam adalah lafal yang petunjuknya untuk pengertian yang jelas sesuai dengan susunan lafal itu dan tidak mungkin menerima sesuatu yang lain, baik ta’wil dan takhsis. Terkadang ...

Maslahah murshalah

Apa itu Maslahah murshalah? Adalah tindakan memutuskan masalah yang tidak ada naskahnya dengan pertimbangan kepentingan hidup manusia berdasarkan prinsip menarik manfaat dan menghindari kemudharatan. ...

baitulmal

Apa itu baitulmal? bai.tul.mal tempat penyimpanan harta benda; rumah perbendaharaan … •

muhadarah

Apa itu muhadarah? mu.ha.da.rah pencurahan pikiran dan perasaan agar selalu ingat kepada Allah; kuliah … •

Instagram