Search
Generic filters
Cari Kategori
🙏 Pilih semua
Quran
Hadits
Kamus
Podcast
Soal Agama
Artikel, Doa, dll.

HR. Muslim: 4160 – Haramnya membunuh kucing

حَدَّثَنِي عَبْدُ اللَّهِ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ أَسْمَاءَ الضُّبَعِيُّ حَدَّثَنَا جُوَيْرِيَةُ بْنُ أَسْمَاءَ عَنْ نَافِعٍ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ عُذِّبَتْ امْرَأَةٌ فِي هِرَّةٍ سَجَنَتْهَا حَتَّى م
Shahih Muslim hadis nomor 4160
Telah menceritakan kepadaku ‘Abdullah bin Muhammad bin Asma’ Adh Dhuba’i(1):
Telah menceritakan kepada kami Juwariyah bin Asma’(2) dari Nafi’(3) dari ‘Abdullah(4) bahwa Rasulullah ﷺ bersabda:

“Seorang wanita disiksa Allah pada hari kiamat lantaran dia mengurung seekor kucing sehingga kucing itu mati.
Karena itu Allah Subhanahu Wa Ta’ala memasukkannya ke neraka.

Kucing itu dikurungnya tanpa diberi makan dan minum dan tidak pula dilepaskannya supaya ia dapat menangkap serangga-serangga bumi.”

Dan telah menceritakan kepadaku Nashr bin ‘Ali Al Jahdhami(5):
Telah menceritakan kepada kami Abdul A’la(6) dari ‘Ubaidillah bin ‘Umar(7) dari Nafi’(3) dari Ibnu ‘Umar(9) dan dari Sa’id Al Maqburi(10) dari Abu Hurairah(11) dari Nabi ﷺ dengan Hadis yang semakna.

Dan telah menceritakannya kepada kami Harun bin ‘Abdullah(12) dan ‘Abdullah bin Ja’far(13) dari Ma’n bin ‘Isa(14) dari Malik(15) dari Nafi’(3) dari Ibnu ‘Umar(9) dari Nabi ﷺ dengan Hadis tersebut.


(3) 👤 “Nafi’, maula Ibnu ‘Umar “, Al Madaniy, Abu ‘Abdullah ✶ Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 117 Hijriah (± 735 Masehi) ☖ Hidup di Madinah ⚑ Wafat di Madinah.


(2) 👤 Juwairiyah bin Asma’ bin ‘Ubaid, Abu Mukhariq ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan tua ↺ Wafat tahun 173 Hijriah (± 789 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah.

(4) 👤 Abdullah bin ‘Umar bin Al Khaththab bin Nufail, Al ‘Adawiy Al Qurasyiy, Abu ‘Abdur Rahman ✶ Shahabat ↺ Wafat tahun 73 Hijriah (± 692 Masehi) ☖ Hidup di Madinah ⚑ Wafat di Marur Rawdz.


(5) 👤 Nashr bin ‘Ali bin Nashr bin Shubhan, Al Azdiy Al Jahdlomiy, Abu ‘Amru ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan tua ↺ Wafat tahun 250 Hijriah (± 864 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah.

(6) 👤 Abdul A’laa bin ‘Abdul A’laa, As Saamiy Al Qurasyiy, Abu Muhammad, Abu Hammam ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 189 Hijriah (± 805 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah.


(7) 👤 Ubaidullah bin ‘Umar bin Hafsh bin ‘Ashim bin ‘Umar bin Al Khaththab, Al ‘Adawiy Al ‘Umariy, Abu ‘Utsman ✶ Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 147 Hijriah (± 764 Masehi) ☖ Hidup di Madinah ⚑ Wafat di Madinah.

(8) 👤 “Nafi’, maula Ibnu ‘Umar “, Al Madaniy, Abu ‘Abdullah ✶ Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 117 Hijriah (± 735 Masehi) ☖ Hidup di Madinah ⚑ Wafat di Madinah.


(9) 👤 Abdullah bin ‘Umar bin Al Khaththab bin Nufail, Al ‘Adawiy Al Qurasyiy, Abu ‘Abdur Rahman ✶ Shahabat ↺ Wafat tahun 73 Hijriah (± 692 Masehi) ☖ Hidup di Madinah ⚑ Wafat di Marur Rawdz.

(10) 👤 Sa’id bin Abi Sa’id Kaisan, Al Maqburiy, Abu Sa’ad ✶ Tabi’in kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 123 Hijriah (± 741 Masehi) ☖ Hidup di Madinah ⚑ Wafat di Madinah.


(11) 👤 Abdur Rahman bin Shakhr, Ad Dawsiy Al Yamaniy, Abu Hurairah ✶ Shahabat ↺ Wafat tahun 57 Hijriah (± 677 Masehi) ☖ Hidup di Madinah ⚑ Wafat di Madinah.

(12) 👤 Harun bin ‘Abdullah bin Marwan, Al Baghdadiy Al Bazzaz, Abu Musa, Al Hammal ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 243 Hijriah (± 857 Masehi) ☖ Hidup di Baghdad.


(13) 👤 Abdullah bin Ja’far bin Yahya, Al Barmakiy, Abu Muhammad ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan pertengahan ☖ Hidup di Bashrah.

(14) 👤 Ma’an bin ‘Isa bin Yahya bin Dinar, Al Qazzaz Al Asyja’iy, Abu Yahya ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan tua ↺ Wafat tahun 198 Hijriah (± 814 Masehi) ☖ Hidup di Madinah ⚑ Wafat di Madinah.


(15) 👤 Malik bin Anas bin Malik bin Abi ‘Amir, Al Ashbahiy Al Humairiy, Abu ‘Abdullah ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan tua ↺ Wafat tahun 179 Hijriah (± 795 Masehi) ☖ Hidup di Madinah ⚑ Wafat di Madinah.

(16) 👤 “Nafi’, maula Ibnu ‘Umar “, Al Madaniy, Abu ‘Abdullah ✶ Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 117 Hijriah (± 735 Masehi) ☖ Hidup di Madinah ⚑ Wafat di Madinah.


(17) 👤 Abdullah bin ‘Umar bin Al Khaththab bin Nufail, Al ‘Adawiy Al Qurasyiy, Abu ‘Abdur Rahman ✶ Shahabat ↺ Wafat tahun 73 Hijriah (± 692 Masehi) ☖ Hidup di Madinah ⚑ Wafat di Marur Rawdz.




Hadis ini memiliki penguat sebagai berikut:
Shahih Bukhari 2192
Shahih Bukhari 3223
Shahih Muslim 4749
• Musnad Ahmad 7511
Bagi ke FB
Bagi ke TW
Bagi ke WA

Video Terkait

Load More

Hadits Shahih

Ayat Alquran Pilihan

Berkata Ibrahim:
Semoga keselamatan dilimpahkan kepadamu,
aku akan memintakan ampun bagimu kepada Tuhanku.
Sesungguhnya Dia sangat baik kepadaku.
QS. Maryam [19]: 47

Taatilah Allah & Rasul.
Buktikanlah ketaatan itu dengan amal perbuatan kalian.
Jika orang-orang munafik itu enggan & tidak mematuhinya,
maka sesungguhnya Muhammad ditugaskan oleh Allah hanya untuk menyampaikan risalah-Nya.
QS. An-Nur [24]: 54

مَا وَدَّعَكَ رَبُّكَ وَمَا قَلَىٰ

Tuhanmu tiada meninggalkan kamu & tiada (pula) benci kepadamu

وَلَلْءَاخِرَةُ خَيْرٌۭ لَّكَ مِنَ ٱلْأُولَىٰ

Dan sesungguhnya hari kemudian itu lebih baik bagimu daripada yang sekarang (permulaan)
QS. Ad-Duha [93]: 3-4

Podcast

Doa

Soal & Pertanyaan Agama

Pendidikan Agama Islam #18

Turunnya surah Ad-Dhuha menunjukkan… ..kepada Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam.Surah Ad-Dhuha ayat ke-enam menunjukkan salah satu masa Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa...

Pendidikan Agama Islam #27

Surah yang terpendek dalam Alquran adalah … Surah yang tidak diawali basmalah adalah … Surah yang pertama kali turun secara lengkap adalah … Proses turunnya wahyu berlangsung selama ...

Pendidikan Agama Islam #10

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam menerima wahyu pertama di … Wahyu pertama yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam terkandung dalam surah … S...

Kamus

trias politika

Apa itu trias politika? tri.as po.li.ti.ka pengelompokan kekuasaan negara atas kekuasaan legislatif , kekuasaan eksekutif , dan kekuasaan yudikatif … •

Hizbiyyah

Apa itu Hizbiyyah? Hizbiyyah adalah istilah dalam Islam yang menunjukkan kepada sifat fanatik sempit terhadap kelompok/organisasi. Hizbiyyah memiliki makna yang serupa dengan Ashabiyah, yang dianggap ...

Halal

Apa itu Halal? Halal adalah segala objek atau kegiatan yang diizinkan untuk digunakan atau dilaksanakan, dalam agama Islam. Istilah ini dalam kosakata sehari-hari lebih sering digunakan untuk menunju...

Barzakh

Apa itu Barzakh? Barzakh adalah alam kubur yang membatasi antara dunia dan akhirat. Barzakh menjadi tempat persinggahan sementara jasad makhluk sampai dibangkitkannya pada hari kiamat. Penghuni barz...

Salat Istisqa

Apa itu Salat Istisqa? Salat Istisqa adalah salat Sunah yang dilakukan untuk meminta diturunkannya hujan. Salat ini dilakukan bila terjadi kemarau yang panjang atau karena dibutuhkannya hujan untuk k...

imam

Apa itu imam? pemimpin salat ; pemimpin; kepala ; pemimpin; penghulu; imam Bonjol; imam Mahdi; pemimpin mazhab; imam Syafei; imam Hambali; Kat pastor yang mempersembahkan kurban misa atau memi...

Instagram