Search
Generic filters
Cari Kategori
🙏 Pilih semua
Quran
Hadits
Kamus
Podcast
Soal Agama
Artikel, Doa, dll.

HR. Muslim: 3985 – Makruhnya memakai nama-nama yang buruk

حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ يُونُسَ حَدَّثَنَا زُهَيْرٌ حَدَّثَنَا مَنْصُورٌ عَنْ هِلَالِ بْنِ يَسَافٍ عَنْ رَبِيعِ بْنِ عُمَيْلَةَ عَنْ سَمُرَةَ بْنِ جُنْدَبٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَحَبُّ الْكَلَا
Shahih Muslim hadis nomor 3985
Telah menceritakan kepada kami Ahmad bin ‘Abdullah bin Yunus(1):
Telah menceritakan kepada kami Zuhair(2):
Telah menceritakan kepada kami Manshur(3) dari Hilal bin Yasaf(4) dari Rabi’ bin ‘Umailah(5) dari Samurah bin Jundab(6) ia berkata:
Rasulullah ﷺ bersabda:

“Ada empat ucapan yang paling di sukai Allah Subhanahu Wa Ta’ala: 1) Subhanallah, 2) Al Hamdulillah, 3) Laa ilaaha illallah, 3) Allahu Akbar.
Tidak berdosa bagimu dengan mana saja kamu memulai.

Selain itu, janganlah kamu memberi nama anakmu dengan nama:
Yasar, Rabah, Najih, atau Aflah.
Karena, jika kamu bertanya:
‘Apakah memang demikian (keadaanmu sesuai dengan namamu) dan ternyata tidak seperti itu, maka ia akan menjawab:
‘Tidak.’

Hanya empat itulah kalimat yang saya dengar maka janganlah sekali-kali kamu menambahkannya atas namaku.’
Dan telah menceritakan kepada kami Ishaq bin Ibrahim(7):
Telah mengabarkan kepadaku Jarir(8):
Demikian juga telah diriwayatkan dari jalur yang lain:
Dan telah menceritakan kepada kami Umayyah bin Bistham(9):
Telah menceritakan kepada kami Yazid bin Zurai’(10):
Telah menceritakan kepada kami Rauh(11) yaitu Ibnu Al Qasim:
Demikian juga telah diriwayatkan dari jalur yang lain:
Dan telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Al Mutsanna(12) dan Ibnu Basysyar(13) keduanya berkata:
Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Ja’far(14):
Telah menceritakan kepada kami Syu’bah(15) seluruhnya dari Manshur(3) dari jalur Zuhair.

Adapun Hadis Jarir dan Rauh isinya sebagaimana Hadis Zuhair.
Sedangkan Hadis Syu’bah isinya hanya menyebutkan empat nama yang dilarang, tanpa menyebutkan empat kalimat yang disukai Allah.



(3) 👤 Manshur bin Al Mu’tamir, As Sulamiy, Abu ‘Ittab ✶ Tabi’in (tidak jumpa Shahabat) ↺ Wafat tahun 132 Hijriah (± 750 Masehi) ☖ Hidup di Kufah.

(2) 👤 Zuhair bin Mu’awiyah bin Hudaij, Al Ja’fiy, Abu Khaitsamah ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan tua ↺ Wafat tahun 173 Hijriah (± 789 Masehi) ☖ Hidup di Kufah ⚑ Wafat di Jazirah.


(4) 👤 Hilal bin Yasaf, Al Asyja’iy, Abu Al Hasan ✶ Tabi’in kalangan pertengahan ☖ Hidup di Kufah.

(5) 👤 Ar Rabi’ bin ‘Umailah ✶ Tabi’in kalangan tua ☖ Hidup di Kufah.


(6) 👤 Samrah bij Jundab bin Hilal, Al Fazariy, Abu Sa’id ✶ Shahabat ↺ Wafat tahun 58 Hijriah (± Masehi) ☖ Hidup di Bashrah ⚑ Wafat di Bashrah.

(7) 👤 Ishaq bin Ibrahim bin Makhlad, Al Hanzhaliy Al Marwaziy, Abu Ya’qub, Ibnu Rahawaih ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 238 Hijriah (± 852 Masehi) ☖ Hidup di Himsh ⚑ Wafat di Nihawand.


(8) 👤 Jarir bin ‘Abdul Hamid bin Qarth, Abu ‘Abdullah ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 188 Hijriah (± 804 Masehi) ☖ Hidup di Kufah.

(9) 👤 Umayyah bin Bistham bin Al Muntasir, Al ‘Aisyiy, Abu Bakar ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 231 Hijriah (± 846 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah.


(10) 👤 Yazid bin Zurai’, Al ‘Iysiy, Abu Mu’awiyah ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 182 Hijriah (± 798 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah ⚑ Wafat di Bashrah.

(11) 👤 Rauh bin Al Qasim, Abu Ghiyats ✶ Tabi’in (tidak jumpa Shahabat) ↺ Wafat tahun 141 Hijriah (± 758 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah.


(12) 👤 Muhammad bin Al Mutsannaa bin ‘Ubaid, Al ‘Anaziy, Abu Musa, Az Zaman ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 252 Hijriah (± 866 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah.

(13) 👤 Muhammad bin Basysyar bin ‘Utsman, Al ‘Abdiy, Abu Bakar, Bindar ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 252 Hijriah (± 866 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah.


(14) 👤 Muhammad bin Ja’far , Al Hudzaliy, Abu ‘Abdullah , Ghundar ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 193 Hijriah (± 809 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah ⚑ Wafat di Bashrah.

(15) 👤 Syu’bah bin Al Hajjaj bin Al Warad, Al Azdiy Al Wasithiy, Abu Bistham ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan tua ↺ Wafat tahun 160 Hijriah (± 777 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah ⚑ Wafat di Bashrah.


(16) 👤 Manshur bin Al Mu’tamir, As Sulamiy, Abu ‘Ittab ✶ Tabi’in (tidak jumpa Shahabat) ↺ Wafat tahun 132 Hijriah (± 750 Masehi) ☖ Hidup di Kufah.



Hadis ini memiliki penguat sebagai berikut:
Shahih Muslim 4861
Sunan Abu Daud 708
Sunan Tirmidzi 3521
Sunan Nasai 915
Sunan Ibnu Majah 3801
• Musnad Ahmad 7670
• Musnad Ahmad 12076
• Musnad Ahmad 15816
• Musnad Ahmad 19248
• Musnad Ahmad 19373
• Musnad Ahmad 20459
• Musnad Ahmad 21155
Bagi ke FB
Bagi ke TW
Bagi ke WA

Video Terkait

Load More

Hadits Shahih

Ayat Alquran Pilihan

Siapa memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (nafkahkan harta di jalan Allah), maka Allah akan lipatgandakan pembayaran kepadanya dengan banyak.
Dan Allah menyempitkan & melapangkan (rezeki) & kepada-Nya lah kamu dikembalikan
QS. Al-Baqarah [2]: 245

Mereka jadikan orang alimnya sebagai tuhan selain Allah & (pertuhankan) Al-Masih putra Maryam, padahal mereka hanya disuruh sembah Tuhan Yang Esa, tiada Tuhan (yang berhak disembah) selain Dia. Maha suci Allah dari apa yang mereka persekutukan
QS. At-Taubah [9]: 31

sesungguhnya mereka telah meyakini bahwa barang siapa yang menukarnya (kitab Allah) dengan sihir itu,
tiadalah baginya keuntungan di akhirat,
dan amat jahatlah perbuatan mereka menjual dirinya dengan sihir,
kalau mereka mengetahui.
QS. Al-Baqarah [2]: 102

Allah akan mengadili di antara kamu pada hari kiamat tentang apa yang kamu dahulu selalu berselisih padanya.
Apakah kamu tidak mengetahui bahwa sesungguhnya Allah mengetahui apa saja yang ada di langit & di bumi?
QS. Al-Hajj [22]: 69-70

Podcast

Doa

Soal & Pertanyaan Agama

Pendidikan Agama Islam #14

Ketika Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam masih remaja, baginda telah bekerja mengambil upah sebagai pengembala binatang ternak. Apakah binatang tersebut? … Dalam Islam, teladan y...

Pendidikan Agama Islam #10

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam menerima wahyu pertama di … Wahyu pertama yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam terkandung dalam surah … S...

Pendidikan Agama Islam #23

Qada dan qadar termasuk rukun iman yang ke … Al Falaq artinya … Ayat ke 5 dari surah al-Falaq yaitu … … Percaya kepada Allah dan Rasulnya termasuk rukun … Meja, kursi, ma...

Kamus

Al-Jinn

Apa itu Al-Jinn? Surah Al-Jinn adalah surah ke-72 dalam Alquran. Surah ini tergolong surah Makkiyah dan terdiri atas 28 ayat. Dinamakan “al-Jinn” yang berarti “Jin” diambil da...

sanawiah

Apa itu sanawiah? sa.na.wi.ah tingkat menengah pertama ; pesantren ini memiliki tingkat sanawiah dan aliah dengan lama belajar enam tahun … •

Pertempuran Qadisiyyah

Apa itu Pertempuran Qadisiyyah? Pertempuran Al-Qadisiyyah adalah pertempuran yang menentukan antara pasukan muslim dengan pasukan Persia pada saat periode pertama ekspansi muslim yang berakhir dengan...

Yusuf `alaihis salam

Siapa itu Yusuf `alaihis salam? “Yusuf” adalah sebuah nama pemberian maskulin yang berasal dari bahasa Ibrani, yang tercatat dalam Alkitab Ibrani, sebagai יוֹסֵף, Ibrani Standar Yoss...

Al Maajid

Apa itu Al Maajid? Allah itu Al-Maajid ◀ Artinya adalah Allah itu Yang Maha Mulia dari segala sesuatu. Tidak akan ada yang mampu untuk menandingi kemuliaan-Nya. Orang-orang yang memiliki setitik i...

Al Mu’izz

Apa itu Al Mu’izz? Allah itu Al-Mu’izz ◀ Allah itu Al-Mu’izz yaitu yang Maha Memuliakan makhluk-Nya. Dia bisa memuliakan siapa saja yang Dia kehendaki sesuai dengan kebijaksanaan-...

Instagram