Search
Generic filters
Cari Kategori
🙏 Pilih semua
Quran
Hadits
Kamus
Podcast
Soal Agama
Artikel, Doa, dll.

HR. Muslim: 3921 – Bolehnya terlentang dengan meletakkan salah satu kaki pada kaki yang lain

حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ يَحْيَى قَالَ قَرَأْتُ عَلَى مَالِكٍ عَنْ ابْنِ شِهَابٍ عَنْ عَبَّادِ بْنِ تَمِيمٍ عَنْ عَمِّهِ أَنَّهُ رَأَى رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مُسْتَلْقِيًا فِي الْمَسْجِدِ وَاضِعًا إِحْدَى رِجْلَيْهِ عَلَى الْأُخْ
Shahih Muslim hadis nomor 3921
Telah menceritakan kepada kami Yahya bin Yahya(1) ia berkata:
Aku membaca Hadis Malik(2) dari Ibnu Syihab(3) dari ‘Abbad bin Tamim(4) dari pamannya(5) bahwa dia pernah melihat Rasulullah ﷺ tidur terlentang di masjid dengan meletakan kaki sebelah di atas yang satunya lagi.
Telah menceritakan kepada kami Yahya bin Yahya(1), Abu Bakr bin Abu Syaibah(7), Ibnu Numair(8), Zuhair bin Harb(9) dan Ishaq bin Ibrahim(10) seluruhnya dari Ibnu ‘Uyainah(11):
Demikian juga telah diriwayatkan dari jalur yang lain:
Dan telah menceritakan kepadaku Abu Ath Thahir(12) dan Harmalah(13) keduanya berkata:
Telah mengabarkan kepada kami Ibnu Wahb(14):
Telah mengabarkan kepadaku Yunus(15):
Demikian juga telah diriwayatkan dari jalur yang lain:
Dan telah menceritakan kepada kami Ishaq bin Ibrahim(10) dan ‘Abad bin Humaid(17) keduanya berkata:
Telah mengabarkan kepada kami ‘Abdurrazaq(18):
Telah mengabarkan kepada kami Ma’mar(19) seluruhnya dari Az Zuhri(20) melalui sanad ini dengan Hadis yang serupa.



(3) 👤 Muhammad bin Muslim bin ‘Ubaidillah bin ‘Abdullah bin Syihab, Al Qurasyiy Az Zuhriy, Abu Bakar ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 124 Hijriah (± 742 Masehi) ☖ Hidup di Madinah.

(2) 👤 Malik bin Anas bin Malik bin Abi ‘Amir, Al Ashbahiy Al Humairiy, Abu ‘Abdullah ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan tua ↺ Wafat tahun 179 Hijriah (± 795 Masehi) ☖ Hidup di Madinah ⚑ Wafat di Madinah.


(4) 👤 Abbad bin Tamim bin Ghazyah, Al Mazini Al Anshariy ✶ Tabi’in kalangan pertengahan ☖ Hidup di Madinah.

(5) 👤 Abdullah bin Zaid bin ‘Ashim bin Ka’ab, Al Anshariy Al Maziniy, Abu Muhammad ✶ Shahabat ↺ Wafat tahun 63 Hijriah (± 683 Masehi) ☖ Hidup di Madinah ⚑ Wafat di Harrah.


(6) 👤 Yahya bin Yahya bin Bukair bin ‘Abdur Rahman, At Tamimiy Al Hanzhaliy, Abu Zakariya ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 226 Hijriah (± 841 Masehi) ☖ Hidup di Himsh.

(7) 👤 Abdullah bin Muhammad bin Abi Syaibah Ibrahim bin ‘Utsman, Al ‘Abasiy, Abu Bakar ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 235 Hijriah (± 850 Masehi) ☖ Hidup di Kufah.


(8) 👤 Muhammad bin ‘Abdullah bin Numair, Al Hamdaniy Al Kharifiy, Abu ‘Abdur Rahman ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 234 Hijriah (± 849 Masehi) ☖ Hidup di Kufah ⚑ Wafat di Kufah.

(9) 👤 Zuhair bin Harb bin Syaddad, Al Harasyiy An Nasa’iy, Abu Khaitsamah ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 234 Hijriah (± 849 Masehi) ☖ Hidup di Baghdad ⚑ Wafat di Baghdad.


(10) 👤 Ishaq bin Ibrahim bin Makhlad, Al Hanzhaliy Al Marwaziy, Abu Ya’qub, Ibnu Rahawaih ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 238 Hijriah (± 852 Masehi) ☖ Hidup di Himsh ⚑ Wafat di Nihawand.

(11) 👤 Sufyan bin ‘Uyainah bin Abi ‘Imran Maimun, Al Hilaliy, Abu Muhammad ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 198 Hijriah (± 814 Masehi) ☖ Hidup di Kufah ⚑ Wafat di Marur Rawdz.


(12) 👤 Ahmad bin ‘Amru bin ‘Abdullah bin ‘Amru As Sarh, Al Umawiy, Abu Ath Thahir ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 250 Hijriah (± 864 Masehi) ☖ Hidup di Maru.

(13) 👤 Harmalah bin Yahya bin ‘Abdullah bin Harmalah, Abu Hafsh ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 244 Hijriah (± 858 Masehi) ☖ Hidup di Maru.


(14) 👤 Abdullah bin Wahab bin Muslim, Al Qurasyiy, Abu Muhammad ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 197 Hijriah (± 813 Masehi) ☖ Hidup di Maru ⚑ Wafat di Maru.

(15) 👤 Yunus bin Yazid bin Abi An Najjad, Al Ayliy, Abu Zaid ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan tua ↺ Wafat tahun 159 Hijriah (± 776 Masehi) ☖ Hidup di Syam ⚑ Wafat di Maru.


(16) 👤 Ishaq bin Ibrahim bin Makhlad, Al Hanzhaliy Al Marwaziy, Abu Ya’qub, Ibnu Rahawaih ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 238 Hijriah (± 852 Masehi) ☖ Hidup di Himsh ⚑ Wafat di Nihawand.

(17) 👤 Abdul Hamid bin Humaid bin Nashr, Al Kaisysyiy, Abu Muhammad, Abdu ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 249 Hijriah (± 863 Masehi) ☖ Hidup di Himsh ⚑ Wafat di Karbala.


(18) 👤 Abdur Razzaq bin Hammam bin Nafi’, Al Humairiy Ash Shan’aniy, Abu Bakar ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 211 Hijriah (± 826 Masehi) ☖ Hidup di Yaman ⚑ Wafat di Yaman.

(19) 👤 Ma’mar bin Raosyid, Al Azdiy Al Bashriy, Abu ‘Urwah ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan tua ↺ Wafat tahun 154 Hijriah (± 771 Masehi) ☖ Hidup di Yaman.


(20) 👤 Muhammad bin Muslim bin ‘Ubaidillah bin ‘Abdullah bin Syihab, Al Qurasyiy Az Zuhriy, Abu Bakar ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 124 Hijriah (± 742 Masehi) ☖ Hidup di Madinah.




Hadis ini memiliki penguat sebagai berikut:
Shahih Bukhari 455
Shahih Bukhari 5512
Shahih Bukhari 5813
Sunan Abu Daud 4224
Sunan Tirmidzi 2689
Sunan Nasai 713
• Musnad Ahmad 15835
• Musnad Ahmad 15849
• Musnad Ahmad 15852
• Musnad Ahmad 15854
• Muwatho Malik 378
• Musnad Darimi 2541
Bagi ke FB
Bagi ke TW
Bagi ke WA

Video Terkait

Load More

Hadits Shahih

Ayat Alquran Pilihan

dan terimalah taubat kami.
Sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang.
QS. Al-Baqarah [2]: 128

Dia telah memberikan kepadamu (keperluanmu) & segala apa yang kamu mohonkan kepadanya.
Dan jika kamu menghitung nikmat Allah, tidaklah dapat kamu menghinggakannya.
Sungguh manusia itu sangat zalim & sangat mengingkari (nikmat Allah)
QS. Ibrahim [14]: 34

Itulah petunjuk Allah,
yang dengannya Dia memberi petunjuk kepada siapa yang dikehendaki-Nya di antara hamba-hamba-Nya.
Seandainya mereka mempersekutukan Allah,
niscaya lenyaplah dari mereka amalan yang telah mereka kerjakan.
QS. Al-An’am [6]: 88

Dan sungguh,
Kami telah menempatkan kamu di bumi dan di sana Kami sediakan (sumber) penghidupan untukmu.
(Tetapi) sedikit sekali kamu bersyukur.
QS. Al-A’raf [7]: 10

Podcast

Doa

Soal & Pertanyaan Agama

Pendidikan Agama Islam #14

Ketika Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam masih remaja, baginda telah bekerja mengambil upah sebagai pengembala binatang ternak. Apakah binatang tersebut? … Dalam Islam, teladan yang baik disebut juga dengan istilah … Dalam Islam, pengendalian diri atau kontrol terhadap diri, disebut juga dengan … Pengertian Mujahadah An-Nafs adalah … Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda bahwa berjihad (berjuang) yang paling utama adalah melawan …

Pendidikan Agama Islam #12

Masyarakat Mekkah pada awal nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam berdakwah waktu itu sedang dilanda berbagai krisis, dan yang paling menonjol adalah krisis … Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam lahir pada bulan … Nama isteri Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam selepas Khadijah ialah … Nama anak lelaki Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam yaitu … … Nama Ibu susuan Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam yaitu … …

Pendidikan Agama Islam #19

Berakhirnya seluruh kehidupan di dunia dinamakan … Hari kiamat di jelaskan dalam Alquran, surah … .Tempat berkumpulnya manusia di akhirat di sebut padang … Salah satu hikmah mempercayai datangnya hari akhir, yaitu … … Surah yang menjelaskan bahwa ‘Allah Subhanahu Wa Ta`ala tempat meminta’, yaitu … …

Kamus

Mustahab

Apa itu Mustahab? Mustahab adalah sesuatu yang telah dikerjakan oleh Nabi Muhammad satu atau dua kali, seperti halnya shalat dhuha atau melakukan pengobatan dengan menggunaan media bekam, mustahab pada hakikatnya adalah perbuatan yang apabila dikerjakan mendapat pahala, dan apabila tidak dikerjakaan tidak mendapat dosa ataupun siksa. Mustahab dapat dikatakan sebagai … •

Al Waasi’

Apa itu Al Waasi’? Allah itu Al-Wasi ◀ Allah itu Al-Wasi, artinya adalah Allah itu Maha Luas. Allah itu memiliki segala ilmu serta kekayaan yang sangat luas, sehingga tidak ada yang mampu menandingi-Nya. &128161; Allah telah mempersiapkan diriNya untuk memberikan apa saja yang dibutuhkan oleh hambaNya, karena Dia adalah Dzat Yang Maha Luas Pemberian-Nya dan … • Al-Waasi’, Al-Wasi, Al Wasi’

Al Baa’its

Apa itu Al Baa’its? Allah itu Al-Ba’its ◀ Artinya adalah Allah itu Yang Maha Membangkitkan. Kelak, manusia akan kembali dibangkitkan oleh Allah ketika hari pembalasan dan akan dimintai pertanggungjawaban atas segala perbuatan yang dilakukan selama di dunia. Setelah manusia mati dan dimasukkan kedalam kubur, maka dia akan ditanya tentang tiga hal. Yaitu: ● Man … • Al-Baa’its., Al-Ba’its

Matius

Apa itu Matius? Rasul Matius ” atau Mattithyahu; Septuaginta Bahasa Yunani: Ματθαίος, Matthaios) adalah seorang Kristen yang hidup pada abad pertama Masehi dan termasuk dalam keduabelas murid Yesus, yang dicatat dalam Perjanjian Baru di Alkitab Kristen. Ayahnya bernama Alfe … •

mutawatir

Apa itu mutawatir? Hadis Mutawatir, adalah hadis yang diriwayatkan oleh sekelompok orang dari beberapa sanad dan tidak terdapat kemungkinan bahwa mereka semua sepakat untuk berdusta bersama akan hal itu. Jadi hadis mutawatir memiliki beberapa sanad dan jumlah penutur pada tiap lapisan generasi berimbang. Para ulama berbeda pendapat mengenai jumlah sanad mi … •

Al-A’raf

Apa itu Al-A’raf? Surah Al-A’raf adalah surah ke-7 dalam Alquran. Surah ini terdiri atas 206 ayat dan termasuk pada golongan surah Makkiyah. Surah ini diturunkan sebelum turunnya surah Al-An’am dan termasuk golongan surah Assab ‘uththiwaal . Dinamakan Al-A’raf karena perkataan Al-A’raf terdapat dala … • Al-A’raf, Al-Araf, Al-‘Araaf, Al A ‘raaf, Al A’raaf, al-A’raf, Al A’raf

Instagram