Search
Generic filters
Cari Kategori
🙏 Pilih semua
Quran
Hadits
Kamus
Podcast
Soal Agama
Artikel, Doa, dll.

HR. Muslim: 3901 – Nabi ﷺ mengenakan cincin perang yang memiliki ukiran

حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ يَحْيَى وَخَلَفُ بْنُ هِشَامٍ وَأَبُو الرَّبِيعِ الْعَتَكِيُّ كُلُّهُمْ عَنْ حَمَّادٍ قَالَ يَحْيَى أَخْبَرَنَا حَمَّادُ بْنُ زَيْدٍ عَنْ عَبْدِ الْعَزِيزِ بْنِ صُهَيْبٍ عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَ
Shahih Muslim hadis nomor 3901
Telah menceritakan kepada kami Yahya bin Yahya(1) dan Khalaf bin Hisyam(2) serta Abu Ar Rabi’ Al ‘Ataki(3) seluruhnya dari Hammad(4), berkata Yahya(5):
Telah mengabarkan kepada kami Hammad bin Zaid(6) dari ‘Abdul ‘Aziz bin Shuhaib(7) dari Anas bin Malik(8) bahwa Nabi ﷺ membuat cincin dari perak dengan bertuliskan Muhammad Rasulullah.
Beliau berkata kepada para sahabat:
‘Sesungguhnya aku telah membuat cincin dari perak dengan bertuliskan Muhammad Rasulullah, maka tidak boleh Seorangpun memahat tulisan pada cincin seperti yang ada pada cincinku ini.

Telah menceritakan kepada kami Ahmad bin Hanbal(9) dan Abu Bakr bin Abu Syaibah(10) serta Zuhair bin Harb(11) mereka berkata:
Telah menceritakan kepada kami Isma’il Ya’nun bin’Ulayyah(12) dari ‘Abdul ‘Aziz Shuhaib(13) dari Anas(14) dari Nabi ﷺ dengan redaksi yang sama, namun tidak menyebutkan lafazh ‘Muhammad Rasulullah.’



(3) 👤 Sulaiman bin Daud, Az Zuhraniy Al ‘Atakiy, Abu Ar Rabi’ ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 234 Hijriah (± 849 Masehi) ☖ Hidup di Baghdad ⚑ Wafat di Bashrah.


(2) 👤 Khalaf bin Hisyam bin Tsa’lab, Abu Muhammad ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 229 Hijriah (± 844 Masehi) ☖ Hidup di Baghdad ⚑ Wafat di Baghdad.

(4) 👤 Hammad bin Zaid bin Dirham, Abu Isma’il, Al Azraq ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 179 Hijriah (± 795 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah ⚑ Wafat di Bashrah.


(5) 👤 Yahya bin Yahya bin Bukair bin ‘Abdur Rahman, At Tamimiy Al Hanzhaliy, Abu Zakariya ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 226 Hijriah (± 841 Masehi) ☖ Hidup di Himsh.

(6) 👤 Hammad bin Zaid bin Dirham, Abu Isma’il, Al Azraq ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 179 Hijriah (± 795 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah ⚑ Wafat di Bashrah.


(7) 👤 Abdul ‘Aziz bin Shuhaib, Al Bananiy, Abu Hamzah, Ibnu Al ‘Abdi ✶ Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 130 Hijriah (± 748 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah.

(8) 👤 Anas bin Malik bin An Nadlir bin Dlamdlom bin Zaid bin Haram, Al Anshariy Al Madaniy, Abu Hamzah ✶ Shahabat ↺ Wafat tahun 91 Hijriah (± 710 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah.


(9) 👤 Ahmad bin Muhammad bin Hambal bi Hilal bin Asad, Asy Syaibaniy Al Marwaziy, Abu ‘Abdullah ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 241 Hijriah (± 855 Masehi) ☖ Hidup di Baghdad ⚑ Wafat di Baghdad.

(10) 👤 Abdullah bin Muhammad bin Abi Syaibah Ibrahim bin ‘Utsman, Al ‘Abasiy, Abu Bakar ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 235 Hijriah (± 850 Masehi) ☖ Hidup di Kufah.


(11) 👤 Zuhair bin Harb bin Syaddad, Al Harasyiy An Nasa’iy, Abu Khaitsamah ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 234 Hijriah (± 849 Masehi) ☖ Hidup di Baghdad ⚑ Wafat di Baghdad.

(12) 👤 Isma’il bin Ibrahim bin Muqsim, Al Asadiy, Abu Bisyir, Ibnu ‘Ulayyah ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 193 Hijriah (± 809 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah ⚑ Wafat di Baghdad.


(13) 👤 Abdul ‘Aziz bin Shuhaib, Al Bananiy, Abu Hamzah, Ibnu Al ‘Abdi ✶ Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 130 Hijriah (± 748 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah.

(14) 👤 Anas bin Malik bin An Nadlir bin Dlamdlom bin Zaid bin Haram, Al Anshariy Al Madaniy, Abu Hamzah ✶ Shahabat ↺ Wafat tahun 91 Hijriah (± 710 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah.





Hadis ini memiliki penguat sebagai berikut:
Shahih Bukhari 63
Shahih Bukhari 5423
Shahih Bukhari 5426
Shahih Bukhari 5428
Shahih Muslim 3904
Sunan Abu Daud 3681
Sunan Tirmidzi 1667
Sunan Nasai 5122
Sunan Ibnu Majah 3629
• Musnad Ahmad 12186
• Musnad Ahmad 12399
• Musnad Ahmad 12473
• Musnad Ahmad 12573
• Musnad Ahmad 12849
• Musnad Ahmad 13577
Bagi ke FB
Bagi ke TW
Bagi ke WA

Video Terkait

Load More

Hadits Shahih

Ayat Alquran Pilihan

Dan sesungguhnya hari kemudian itu lebih baik bagimu daripada yang sekarang (permulaan).
Dan kelak Tuhanmu pasti memberikan karunia-Nya kepadamu,
lalu (hati) kamu menjadi puas.
QS. Ad-Duha [93]: 4-5

Dan janganlah kamu mendekati zina,
sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji.
Dan suatu jalan yang buruk.
QS. Al-Isra’ [17]: 32

Yang demikian itu adalah dari karunia Allah kepada kami & kepada manusia (seluruhnya),
tetapi kebanyakan manusia tidak mensyukuri (Nya).
QS. Yusuf [12]: 38

Nikmat apa saja yang datang kepada kalian adalah semata-mata dari Allah.
Maka jika kalian mendapatkan malapetaka,
janganlah kalian memohon dengan suara lantang kecuali hanya kepada-Nya.
QS. An-Nahl [16]: 53

Podcast

Doa

Soal & Pertanyaan Agama

Pendidikan Agama Islam #3

Pembatasan aurat wanita adalah … Berikut ini yang bukan termasuk orang-orang pertama yang menyambut ajakan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah … Dalam Islam, pakaian haru...

Pendidikan Agama Islam #11

Masyarakat Arab sebelum Islam memiliki kebiasaan buruk, juga memiliki kebiasaan baik. Di bawah ini yang tidak termasuk kebiasaan baik masyarakat Arab sebelum Islam adalah … Berikut ini yang buka...

Pendidikan Agama Islam #23

Qada dan qadar termasuk rukun iman yang ke … Al Falaq artinya … Ayat ke 5 dari surah al-Falaq yaitu … … Percaya kepada Allah dan Rasulnya termasuk rukun … Meja, kursi, ma...

Kamus

Al ‘Aziiz

Apa itu Al ‘Aziiz? Allah itu Al-Aziz ◀ Allah itu Al-Aziz, yaitu Yang Maha Perkasa. Di alam semesta yang sangat luas ini, hanya Allah lah yang menguasainya. Sehingga tidak mungkin ada yang bis...

Idris `alaihis salam

Siapa itu Idris `alaihis salam? Idris atau Nabi Idris adalah salah seorang rasul yang pertama kali diberikan tugas untuk menyampaikan risalah kepada kaumnya. Ia diberikan hak kenabian oleh Allah set...

Rabi’ah bin Farrukh

Siapa itu Rabi’ah bin Farrukh? Rabi’ah bin Abu Abdurrahman Farrukh at-Taimi al-Madani , juga dikenal sebagai Rabi’ah ar-Ra’yi, adalah salah seorang Tabi’in termuda; yang ...

Hakim bin Hazm

Siapa itu Hakim bin Hazm? Hakim bin Hizam adalah salah satu sahabat nabi Muhammad. Biografi Keluarga Hakim bin Hizam adalah anak dari Hizam bin Khuwailid bin Asad, jadi Hakim adalah keponakan Khadi...

nafar awal

Apa itu nafar awal? na.far awal keberangkatan jamaah haji dari Mina ke Mekah pada tanggal 12 Zulhijah … •

Instagram