Search
Generic filters
Cari Kategori
🙏 Pilih semua
Quran
Hadits
Kamus
Podcast
Soal Agama
Artikel, Doa, dll.

HR. Muslim: 3860 – Haramnya menggunaan bejana emas dan perak bagi laki-laki dan perempuan

حَدَّثَنَا عُبَيْدُ اللَّهِ بْنُ عُمَرَ الْقَوَارِيرِيُّ وَأَبُو غَسَّانَ الْمِسْمَعِيُّ وَزُهَيْرُ بْنُ حَرْبٍ وَإِسْحَقُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ وَمُحَمَّدُ بْنُ الْمُثَنَّى وَابْنُ بَشَّارٍ قَالَ إِسْحَقُ أَخْبَرَنَا وَقَالَ الْآخَرُونَ حَدَّثَنَا مُعَاذُ بْ
Shahih Muslim hadis nomor 3860
Telah menceritakan kepada kami ‘Ubaidullah bin ‘Umar Al Qawariri(1), Abu Ghassan Al Misma’i(2), Zuhair bin Harb(3), Ishaq bin Ibrahim(4), Muhammad bin Al Mutsanna(5) dan Ibnu Basysyar(6).
Ishaq(7) berkata:
Telah mengabarkan kepada kami.

Sedangkan yang lain berkata:
Telah menceritakan kepada kami Mu’adz bin Hisyam(8):
Telah menceritakan kepadaku Bapakku(9) dari Qatadah(10) dari ‘Amir Asy Sya’bi(11) dari Suwaid bin Ghafalah(12) bahwa ‘Umar bin Al Khaththab(13) pernah berpidato di Jabiyah sebagai berikut:
“Rasulullah ﷺ melarang memakai sutera kecuali sekedar dua, tiga, atau empat jari saja.
Dan telah menceritakan kepada kami Muhammad bin ‘Abdillah Ar Ruzi(14):
Telah mengabarkan kepada kami Abdul Wahhab bin ‘Atha(15) dari Sa’id(16) dari Qatadah(10) dari jalur ini dengan Hadis yang serupa.



(3) 👤 Zuhair bin Harb bin Syaddad, Al Harasyiy An Nasa’iy, Abu Khaitsamah ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 234 Hijriah (± 849 Masehi) ☖ Hidup di Baghdad ⚑ Wafat di Baghdad.

(2) 👤 Malik bin ‘Abdul Wahid, Al Misma’iy, Abu Ghassan ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 230 Hijriah (± 845 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah.


(4) 👤 Ishaq bin Ibrahim bin Makhlad, Al Hanzhaliy Al Marwaziy, Abu Ya’qub, Ibnu Rahawaih ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 238 Hijriah (± 852 Masehi) ☖ Hidup di Himsh ⚑ Wafat di Nihawand.

(5) 👤 Muhammad bin Al Mutsannaa bin ‘Ubaid, Al ‘Anaziy, Abu Musa, Az Zaman ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 252 Hijriah (± 866 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah.


(6) 👤 Muhammad bin Basysyar bin ‘Utsman, Al ‘Abdiy, Abu Bakar, Bindar ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 252 Hijriah (± 866 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah.

(7) 👤 Ishaq bin Ibrahim bin Makhlad, Al Hanzhaliy Al Marwaziy, Abu Ya’qub, Ibnu Rahawaih ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 238 Hijriah (± 852 Masehi) ☖ Hidup di Himsh ⚑ Wafat di Nihawand.


(8) 👤 Mu’adz bin Hisyam bin Abi ‘Abdullah , Ad Dustuwa’iy, Abu ‘Abdullah ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 200 Hijriah (± 816 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah.

(9) 👤 Hisyam bin Abi ‘Abdullah Sanbar, Ad Dastuwa’i Ar Rib’i, Abu Bakar ✶ Tabi’in kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 154 Hijriah (± 771 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah.


(10) 👤 Qatadah bin Da’amah bin Qatadah, As Sadusiy, Abu Al Khaththab ✶ Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 117 Hijriah (± 735 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah ⚑ Wafat di Hait.

(11) 👤 Amir bin Syarahil, Asy Sya’biy Al Humairiy, Abu ‘Amru ✶ Tabi’in kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 104 Hijriah (± 722 Masehi) ☖ Hidup di Kufah ⚑ Wafat di Kufah.


(12) 👤 Suwaid bin Ghaflah ‘Awsajah, Al Ja’fiy, Abu Umayyah ✶ Tabi’in kalangan tua ↺ Wafat tahun 80 Hijriah (± 699 Masehi) ☖ Hidup di Kufah ⚑ Wafat di Kufah.

(13) 👤 Umar bin Al Khaththab bin Nufail, Al Qurasyiy Al ‘Adawiy, Abu Hafsh, Al Faruq Amirul Mu’minin ✶ Shahabat ↺ Wafat tahun 23 Hijriah (± 644 Masehi) ☖ Hidup di Madinah ⚑ Wafat di Madinah.


(14) 👤 Muhammad bin ‘Abdullah , Ar Ruzziy, Abu Ja’far ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 231 Hijriah (± 846 Masehi) ☖ Hidup di Baghdad ⚑ Wafat di Baghdad.

(15) 👤 Abdul Wahhab bin ‘Atha’, Abu Nashr, Al Khaffaf ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 204 Hijriah (± 819 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah ⚑ Wafat di Baghdad.


(16) 👤 Sa’id bin Abi ‘Urubah Mihran, Al Yasykuriy Al ‘Adawiy, Abu An Nadlor ✶ Tabi’in (tidak jumpa Shahabat) ↺ Wafat tahun 156 Hijriah (± 773 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah.

(17) 👤 Qatadah bin Da’amah bin Qatadah, As Sadusiy, Abu Al Khaththab ✶ Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 117 Hijriah (± 735 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah ⚑ Wafat di Hait.





Hadis ini memiliki penguat sebagai berikut:
Sunan Tirmidzi 1643
• Musnad Ahmad 16297
Bagi ke FB
Bagi ke TW
Bagi ke WA

Video Terkait

Load More

Hadits Shahih

Ayat Alquran Pilihan

Ya Tuhanku berilah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku & kepada ibu bapakku & untuk kerjakan amal saleh yang Engkau ridai, dan masukkan aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang saleh
QS. An-Naml [27]: 19

Di bumi itu terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang yakin. dan (juga) pada dirimu sendiri. Maka apakah kamu tak memperhatikan?
Dan di langit terdapat (sebab-sebab) rezekimu & terdapat (pula) apa yang dijanjikan kepadamu
QS. Az-Zariyat [51]: 20-22

Hendaklah manusia perhatikan dari apa ia diciptakan. Dia diciptakan dari air yang dipancarkan, yang keluar di antara tulang sulbi laki-laki & tulang dada perempuan.
Sungguh Allah benar-benar kuasa untuk mengembalikannya (hidup sesudah mati)
QS. At-Tariq [86]: 5-8

Siapa kerjakan perbuatan jahat, maka dia tak akan dibalas melainkan sebanding dengan kejahatan itu.
Dan siapa kerjakan amal saleh laki atau perempuan beriman, maka mereka akan masuk surga, mereka diberi rezeki di dalamnya tanpa hisab.
QS. Al-Mu’min [40]: 40

Podcast

Doa

Soal & Pertanyaan Agama

Pendidikan Agama Islam #15

Mujahadah berasal dari bahasa Arab, yang berasal dari kata jahada, yang berarti …َبَارَكَ ٱلَّذِى نَزَّلَ ٱلْفُرْقَانَ عَلَىٰ عَبْدِهِۦ لِيَ...

Pendidikan Agama Islam #14

Ketika Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam masih remaja, baginda telah bekerja mengambil upah sebagai pengembala binatang ternak. Apakah binatang tersebut? … Dalam Islam, teladan y...

Pendidikan Agama Islam #28

Siapa nama ayah Nabi muhammad shallallahu alaihi wasallam? … Siapa nama Nabi setelah Nabi Isa ‘Alaihissalam? … Setiap umat Islam wajib menuntut ilmu. Bagaimana hukum mempelajari Ilmu...

Kamus

Laut Merah

Di mana itu Laut Merah? Laut Merah atau Laut Teberau adalah sebuah teluk di sebelah barat Jazirah Arab yang memisahkan benua Asia dengan Afrika. Jalur ke laut di selatan melewati Babul Mandib dan Tel...

kawin mutah

Apa itu kawin mutah? perkawinan yang berdasarkan perjanjian dalam jangka waktu tertentu … •

Surga Firdaus

Apa itu Surga Firdaus? Berikut ini nama-nama surga, tingkatan, dan para kandidat penghuninya: 1. Surga Firdaus, diciptakan oleh Allah Subhanahu Wa Ta`ala dari emas. Kandidat penghuninya dijelaskan pa...

Al-Fatihah

Apa itu Al-Fatihah? Surah Al-Fatihah adalah surah pertama dalam Alquran. Surah ini diturunkan di Mekah dan terdiri dari 7 ayat. Al-Fatihah merupakan surah yang pertama-tama diturunkan dengan lengkap ...

Mulkiyah

Apa itu Mulkiyah? Mulkiyah merupakan pengejawantahan Allah yang Kekal sebagai Al-Malik di Alam Semesta. Semua kejadian pada kosmos merupakan pelaksanaan dari KehendakNya sesuai Rubbubiyah Allah. Pen...

Al Hayyu

Apa itu Al Hayyu? Allah itu Al-Hayyu ◀ Artinya adalah Allah itu Yang Maha Hidup dengan kehidupan yang sempurna. Allah itu akan selalu hidup, tidak pernah tidur dan mati. Allah Ta’ala adalah ...

Instagram