Search
Generic filters
Cari Kategori
🙏 Pilih semua
Quran
Hadits
Kamus
Podcast
Soal Agama
Artikel, Doa, dll.

HR. Muslim: 3817 – Keutamaan kam`ah dan mengobati mata dengannya

و حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الْمُثَنَّى حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ جَعْفَرٍ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ عَنْ عَبْدِ الْمَلِكِ بْنِ عُمَيْرٍ قَالَ سَمِعْتُ عَمْرَو بْنَ حُرَيْثٍ قَالَ سَمِعْتُ سَعِيدَ بْنَ زَيْدٍ قَالَ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْ
Shahih Muslim hadis nomor 3817
Dan Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Al Mutsanna(1), Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Ja’far(2), Telah menceritakan kepada kami Syu’bah(3) dari Abdul Malik bin ‘Umair(4) dia berkata:
‘Aku mendengar Amru bin Huraits(5) berkata:
‘Aku mendengar Sa’id bin Zaid(6) dia berkata:
Aku mendengar Rasulullah ﷺ bersabda:

“Al Kam-at (cendawan) sejenis manna (sejenis makanan yang diturunkan Allah Ta’ala kepada Bani Israil),
airnya mengandung obat bagi penyakit mata.”

Dan Telah menceritakan pula kepada kami Muhammad bin Al Mutsanna(1) Telah menceritakan kepadaku Muhammad bin Ja’far(2) Telah menceritakan kepada kami Syu’bah(3) dia berkata:
Telah mengabarkan kepadaku Al Hakam bin ‘Utaibah(10) dari Al Hasan Al ‘Urani(11) dari ‘Amru bin Huraits(12) dari Sa’id bin Zaid(6) dari Nabi ﷺ.

Syu’bah(3) berkata:
‘Tatkala Al Hakam menceritakannya kepadaku, aku tidak mengingkarinya kalau itu adalah Hadis yang diriwayatkan oleh Abdul Malik.’



(3) 👤 Syu’bah bin Al Hajjaj bin Al Warad, Al Azdiy Al Wasithiy, Abu Bistham ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan tua ↺ Wafat tahun 160 Hijriah (± 777 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah ⚑ Wafat di Bashrah.


(2) 👤 Muhammad bin Ja’far , Al Hudzaliy, Abu ‘Abdullah , Ghundar ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 193 Hijriah (± 809 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah ⚑ Wafat di Bashrah.

(4) 👤 Abdul Malik bin ‘Umair bin Suwaid, Al Lakhmiy Al Quthbiy, Abu ‘Umar ✶ Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 136 Hijriah (± 753 Masehi) ☖ Hidup di Kufah ⚑ Wafat di Kufah.


(5) 👤 Amru bin Huraits bin ‘Amru bin ‘Utsman, Al Qurasyiy Al Makhzumiy, Abu Sa’id ✶ Shahabat ↺ Wafat tahun 85 Hijriah (± 704 Masehi) ☖ Hidup di Madinah ⚑ Wafat di Marur Rawdz.

(6) 👤 Sa’id bin Zaid ‘Amru bin Nufail, Al ‘Adawi Al Madaniy , Abu Al A’war ✶ Shahabat ↺ Wafat tahun 51 Hijriah (± Masehi) ☖ Hidup di Kufah ⚑ Wafat di Madinah.


(7) 👤 Muhammad bin Al Mutsannaa bin ‘Ubaid, Al ‘Anaziy, Abu Musa, Az Zaman ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 252 Hijriah (± 866 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah.

(8) 👤 Muhammad bin Ja’far , Al Hudzaliy, Abu ‘Abdullah , Ghundar ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 193 Hijriah (± 809 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah ⚑ Wafat di Bashrah.


(9) 👤 Syu’bah bin Al Hajjaj bin Al Warad, Al Azdiy Al Wasithiy, Abu Bistham ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan tua ↺ Wafat tahun 160 Hijriah (± 777 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah ⚑ Wafat di Bashrah.

(10) 👤 Al Hakam bin ‘Utaibah, Abu Muhammad ✶ Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 113 Hijriah (± 731 Masehi) ☖ Hidup di Kufah ⚑ Wafat di Kufah.


(11) 👤 Al Hasan bin ‘Abdullah , Al ‘Uraniy Al Bajaliy ✶ Tabi’in kalangan biasa ☖ Hidup di Kufah.

(12) 👤 Amru bin Huraits bin ‘Amru bin ‘Utsman, Al Qurasyiy Al Makhzumiy, Abu Sa’id ✶ Shahabat ↺ Wafat tahun 85 Hijriah (± 704 Masehi) ☖ Hidup di Madinah ⚑ Wafat di Marur Rawdz.


(13) 👤 Sa’id bin Zaid ‘Amru bin Nufail, Al ‘Adawi Al Madaniy , Abu Al A’war ✶ Shahabat ↺ Wafat tahun 51 Hijriah (± Masehi) ☖ Hidup di Kufah ⚑ Wafat di Madinah.

(14) 👤 Syu’bah bin Al Hajjaj bin Al Warad, Al Azdiy Al Wasithiy, Abu Bistham ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan tua ↺ Wafat tahun 160 Hijriah (± 777 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah ⚑ Wafat di Bashrah.





Hadis ini memiliki penguat sebagai berikut:
Shahih Bukhari 4118
Shahih Bukhari 4273
Shahih Bukhari 5272
Shahih Muslim 3819
Shahih Muslim 3821
Sunan Tirmidzi 1993
Sunan Tirmidzi 1994
Sunan Ibnu Majah 3444
• Musnad Ahmad 1539
• Musnad Ahmad 1540
• Musnad Ahmad 1541
• Musnad Ahmad 1546
• Musnad Ahmad 1548
• Musnad Ahmad 1549
• Musnad Ahmad 7661
• Musnad Ahmad 7706
• Musnad Ahmad 7956
• Musnad Ahmad 8327
• Musnad Ahmad 9087
• Musnad Ahmad 9942
• Musnad Ahmad 10228
• Musnad Ahmad 11027
Bagi ke FB
Bagi ke TW
Bagi ke WA

Video Terkait

Load More

Hadits Shahih

Ayat Alquran Pilihan

Allah menyuruh (kamu) berlaku adil & berbuat kebajikan, memberi kepada kaum kerabat, dan Allah melarang dari perbuatan keji, kemungkaran & permusuhan. Dia memberi pengajaran kepadamu agar kamu dapat mengambil pelajaran.
QS. An-Nahl [16]: 90

Apakah kamu puas dengan kehidupan di dunia sebagai ganti kehidupan di akhirat?

Padahal kenikmatan hidup di dunia ini (dibandingkan dengan kehidupan) di akhirat hanyalah sedikit.
QS. At-Taubah [9]: 38

Podcast

Doa

Soal & Pertanyaan Agama

Pendidikan Agama Islam #19

Berakhirnya seluruh kehidupan di dunia dinamakan … Hari kiamat di jelaskan dalam Alquran, surah … .Tempat berkumpulnya manusia di akhirat di sebut padang … Salah satu hikmah memperca...

Pendidikan Agama Islam #8

Sumber kedua hukum dalam menetapkan Hukum tentang Alquran adalah … Hukum penggunaan hadis sebagai dasar hukum adalah … Orang yang menceritakan hadits disebut … Undang-undang tentang ...

Pendidikan Agama Islam #25

Surah Al-Insyirah terdiri dari … ayat.Surah Al-Insyirah diawali dengan lafal … أَلَمْ dalam surah Al-Insyirah berarti …وَوَضَعْنَا عَنْكَ وِزْرَكَ Ayat...

Kamus

akikah

Apa itu akikah? aki.kah penyembelihan ternak sebagai pernyataan syukur orang tua atas kelahiran anaknya, lazimnya dilaksanakan pada hari ketujuh; tradisi penyembelihan ternak pada upacara pencukur...

mubah

Apa itu mubah? mu.bah tidak berdosa dan tidak pula berpahala apabila dilakukan; jaiz … •

mendaulat

Apa itu mendaulat? men.dau.lat merebut hak dengan tidak sah; menyerobot; mereka mendaulat tanah-tanah perkebunan dan menanaminya dengan palawija; v memecat dengan paksa ; mendaulat kepala negara da...

Al-‘Asr

Apa itu Al-‘Asr? Surah Al-‘Asr adalah surah ke-103 dari Alquran. Surah ini tergolong surah Makkiyah dan terdiri atas 3 ayat. Kata Al ‘Ashr berarti waktu/masa dan diambil dari ayat p...

Kota santri

Apa itu Kota santri? Kota santri adalah istilah yang diberikan kepada kota-kota yang memiliki banyak pondok pesantren. Di Indonesia ada beberapa kota yang sering disebut sebagai kota santri, salah sa...

Al-Qasim bin Muhammad bin Abu Bakar

Siapa itu Al-Qasim bin Muhammad bin Abu Bakar? Al-Qasim bin Muhammad bin Abu Bakar adalah seorang ulama dari golongan tabi’in, dan ahli fiqih ternama yang termasuk dalam Tujuh Fuqaha Madinah. A...

Instagram