Search
Generic filters
Cari Kategori
🙏 Pilih semua
Quran
Hadits
Kamus
Podcast
Soal Agama
Artikel, Doa, dll.

HR. Muslim: 3756 – Perintah untuk menutup bejana

و حَدَّثَنِي إِسْحَقُ بْنُ مَنْصُورٍ أَخْبَرَنَا رَوْحُ بْنُ عُبَادَةَ حَدَّثَنَا ابْنُ جُرَيْجٍ أَخْبَرَنِي عَطَاءٌ أَنَّهُ سَمِعَ جَابِرَ بْنَ عَبْدِ اللَّهِ يَقُولُا قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا كَانَ جُنْحُ اللَّيْلِ أ
Shahih Muslim hadis nomor 3756
Telah menceritakan kepadaku Ishaq bin Manshur(1):
Telah mengabarkan kepada kami Rauh bin ‘Ubadah(2):
Telah menceritakan kepada kami Ibnu Juraij(3):
Telah mengabarkan kepadaku ‘Atha(4):
bahwa dia mendengar Jabir bin ‘Abdullah(5) berkata:
Rasulullah ﷺ bersabda:

“Bila hari telah senja laranglah anak-anak keluar rumah, karena ketika itu setan berkeliaran.
Dan bila waktu malam tiba biarkanlah mereka.

Kuncilah pintu dan sebut nama Allah, karena setan tidak dapat membuka pintu yang terkunci (dengan menyebut nama Allah).
Tutup semua bejanamu dengan menyebut nama Allah, sekalipun dengan membentangkan sesuatu di atasnya, dan padamkan lampu (ketika hendak tidur).”

Telah menceritakan kepadaku Ishaq bin Manshur(1):
Telah mengabarkan kepada kami Rauh bin ‘Ubadah(2):
Telah menceritakan kepada kami Ibnu Juraij(3):
Telah mengabarkan kepadaku ‘Amru bin Dinar(9):
dia mendengar Jabir bin Abdullah(10) berkata sebagimana yang telah dikabarkan oleh ‘Atha, hanya saja dia tidak menyebutkan kalimat ‘Sebutlah nama Allah Azza Wa Jalla’.
Dan telah menceritakan kepada kami Ahmad bin ‘Utsman An Naufali(11):
Telah menceritakan kepada kami Abu ‘Ashim(12):
Telah mengabarkan kepada kami Ibnu Juraij(3) dengan Hadis ini.

Dari ‘Atha(4) dan ‘Amru bin Dinar(9) sebagaimana riwayat Rauh.


(3) 👤 Abdul Malik bin ‘Abdul ‘Aziz bin Juraij, Al Umawiy, Abu Al Walid ✶ Tabi’in (tidak jumpa Shahabat) ↺ Wafat tahun 150 Hijriah (± 767 Masehi) ☖ Hidup di Marur Rawdz.


(2) 👤 Rauh bin ‘Ubadah bin Al ‘Alaa’, Al Qaisi, Abu Muhammad ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 205 Hijriah (± 820 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah ⚑ Wafat di Bashrah.

(4) 👤 Atha’ bin Abi Rabbah Aslam, Al Qurasyiy, Abu Muhammad ✶ Tabi’in kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 114 Hijriah (± 732 Masehi) ☖ Hidup di Marur Rawdz ⚑ Wafat di Marur Rawdz.


(5) 👤 Jabir bin ‘Abdullah bin ‘Amru bin Haram, Al Anshari As Sulamiy, Abu ‘Abdullah ✶ Shahabat ↺ Wafat tahun 78 Hijriah (± 697 Masehi) ☖ Hidup di Madinah ⚑ Wafat di Madinah.

(6) 👤 Ishaq bin Manshur bin Bahram , At Tamimiy , Abu Ya’qub, Al Kawsaj ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 251 Hijriah (± 865 Masehi) ☖ Hidup di Himsh ⚑ Wafat di Nihawand.


(7) 👤 Rauh bin ‘Ubadah bin Al ‘Alaa’, Al Qaisi, Abu Muhammad ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 205 Hijriah (± 820 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah ⚑ Wafat di Bashrah.

(8) 👤 Abdul Malik bin ‘Abdul ‘Aziz bin Juraij, Al Umawiy, Abu Al Walid ✶ Tabi’in (tidak jumpa Shahabat) ↺ Wafat tahun 150 Hijriah (± 767 Masehi) ☖ Hidup di Marur Rawdz.


(9) 👤 Amru bin Dinar Al Atsram, Al Jumahiy, Abu Muhammad, Al Atsram ✶ Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 126 Hijriah (± 744 Masehi) ☖ Hidup di Marur Rawdz.

(10) 👤 Jabir bin ‘Abdullah bin ‘Amru bin Haram, Al Anshari As Sulamiy, Abu ‘Abdullah ✶ Shahabat ↺ Wafat tahun 78 Hijriah (± 697 Masehi) ☖ Hidup di Madinah ⚑ Wafat di Madinah.


(11) 👤 Ahmad bin ‘Utsman bin Abi ‘Utsman, AN Nawfaliy, Abu ‘Utsman, Abu Al Jawza’ ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 246 Hijriah (± 860 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah.

(12) 👤 Adl Dlahhaak bin Makhlad bin Adl Dlahhaak bin Muslim, Abu ‘Ashim ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 212 Hijriah (± 827 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah ⚑ Wafat di Bashrah.


(13) 👤 Abdul Malik bin ‘Abdul ‘Aziz bin Juraij, Al Umawiy, Abu Al Walid ✶ Tabi’in (tidak jumpa Shahabat) ↺ Wafat tahun 150 Hijriah (± 767 Masehi) ☖ Hidup di Marur Rawdz.

(14) 👤 Atha’ bin Abi Rabbah Aslam, Al Qurasyiy, Abu Muhammad ✶ Tabi’in kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 114 Hijriah (± 732 Masehi) ☖ Hidup di Marur Rawdz ⚑ Wafat di Marur Rawdz.


(15) 👤 Amru bin Dinar Al Atsram, Al Jumahiy, Abu Muhammad, Al Atsram ✶ Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 126 Hijriah (± 744 Masehi) ☖ Hidup di Marur Rawdz.


Hadis ini memiliki penguat sebagai berikut:
Shahih Bukhari 3038
Shahih Bukhari 3059
Shahih Bukhari 5192
Bagi ke FB
Bagi ke TW
Bagi ke WA

Video Terkait

Load More

Hadits Shahih

Ayat Alquran Pilihan

Allah memberi pembalasan kepada tiap-tiap orang terhadap apa yang ia usahakan.
esungguhnya Allah Maha cepat hisab-Nya.

QS. Ibrahim [14]: 51

Dan bertakwalah kepada Allah,
sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.
QS. Al-Ma’idah [5]: 8

Orang-orang yang mendapat petunjuk ke jalan yang benar,
Allah akan menambah petunjuk kepada mereka & akan memberi mereka ketakwaan yang dapat menjauhkan mereka dari api neraka.
QS. Muhammad [47]: 17

Allah menjadikan kamu “cinta” kepada keimanan & menjadikan keimanan itu indah di dalam hatimu serta menjadikan kamu benci kepada kekafiran,
kefasikan,
dan kedurhakaan.
Mereka itulah orang-orang yang mengikuti jalan yang lurus,
QS. Al-Hujurat [49]: 7

Podcast

Doa

Soal & Pertanyaan Agama

Pendidikan Agama Islam #15

Mujahadah berasal dari bahasa Arab, yang berasal dari kata jahada, yang berarti …َبَارَكَ ٱلَّذِى نَزَّلَ ٱلْفُرْقَانَ عَلَىٰ عَبْدِهِۦ لِيَ...

Pendidikan Agama Islam #13

Nama pedang Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam yaitu … … Apa nama peperangan pertama yang berlaku dalam sejarah Islam? … Apa makanan kegemaran Nabi Muhammad Shallallah...

Pendidikan Agama Islam #26

Sebab-sebab turunnya ayat Alquran disebut … Nama lain dari surah Al-Insyirah adalah … Jumlah surah-surah dalam Alquran adalah … Pesan utama dari kandungan Alquran adalah … Sura...

Kamus

Yunus

Apa itu Yunus? Surah Yunus adalah surah ke-10 dalam Alquran. Surah ini terdiri atas 109 ayat dan termasuk golongan surah Makkiyah kecuali ayat 40, 94, 95, yang diturunkan pada di Madinah. Nomor Su...

almarhum

Apa itu almarhum? al.mar.hum yang dirahmati Allah ; yang telah meninggal; mendiang; di ruang tamu tergantung lukisan besar almarhum Jenderal Sudirman; kata untuk menyebut orang yang telah meningga...

Genealogi

Apa itu Genealogi? Genealogi atau nasab adalah kajian tentang keluarga dan penelusuran jalur keturunan serta sejarahnya. Ahli genealogi menggunakan berita dari mulut ke mulut, catatan sejarah, anali...

viabilitas

Apa itu viabilitas? vi.a.bi.li.tas kemungkinan untuk dapat hidup; hanya semangat berusaha yang realistislah yang dapat menciptakan viabilitas masyarakat ASEAN … •

Qasim bin Muhammad

Siapa itu Qasim bin Muhammad? Qasim bin Muhammad adalah anak sulung dari Nabi Muhammad dan Khadijah. Ia wafat pada tahun 605 Masehi, sebelum berusia dua tahun. Ia dikebumikan di pekuburan Jannatul Mu...

Tauhid

Apa itu Tauhid? Tauhid adalah konsep dalam aqidah Islam yang menyatakan keesaan Allah. Pembahasan dalam ilmu Tauhid dibagi menjadi 3 macam yakni tauhid rububiyah, uluhiyah dan Asma wa Sifat. Mengamal...

Instagram