Search
Generic filters
Cari Kategori
🙏 Pilih semua
Quran
Hadits
Kamus
Podcast
Soal Agama
Artikel, Doa, dll.

HR. Muslim: 3723 – Larangan membuat perasan nabidz dalam muzaffat, dubba`, hantam dan naqir

حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ وَمُحَمَّدُ بْنُ الْمُثَنَّى قَالَا حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ فُضَيْلٍ قَالَ أَبُو بَكْرٍ عَنْ أَبِي سِنَانٍ و قَالَ ابْنُ الْمُثَنَّى عَنْ ضِرَارِ بْنِ مُرَّةَ عَنْ مُحَارِبٍ عَنْ ابْنِ بُرَيْدَةَ عَنْ أَبِيهِ
Shahih Muslim hadis nomor 3723
Telah menceritakan kepada kami Abu Bakar bin Abu Syaibah(1) dan Muhammad bin Mutsanna(2) keduanya berkata:
telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Fudlail(3), Abu Bakar(4) berkata:
dari Abu Sinan(5), dan Ibnu Mutsanna(6) berkata:
dari Dlirar bin Murrah(7) dari Muharib(8) dari Ibnu Buraidah(9) dari Ayahnya(10).
(dalam jalur lain disebutkan) Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Abdullah bin Numair(11) telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Fudlail(3) telah menceritakan kepada kami Dlirar bin Murrah Abu Sinan(13) dari Muharib bin Ditsar(14) dari Abdullah bin Buraidah(15) dari Ayahnya(10) dia berkata,
“Rasulullah ﷺ bersabda:

“Saya telah melarang kalian dari perasan nabidz (minuman dari perasan buah anggur atau kurma) kecuali yang dibuat dalam wadah tempat air minum biasa, sekarang minumlah dalam semua bejana dan jangan kalian minum sesuatu yang memabukkan.”


(1) 👤 Abdullah bin Muhammad bin Abi Syaibah Ibrahim bin ‘Utsman, Al ‘Abasiy, Abu Bakar ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 235 Hijriah (± 850 Masehi) ☖ Hidup di Kufah.

(2) 👤 Muhammad bin Al Mutsannaa bin ‘Ubaid, Al ‘Anaziy, Abu Musa, Az Zaman ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 252 Hijriah (± 866 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah.


(4) 👤 Abdullah bin Muhammad bin Abi Syaibah Ibrahim bin ‘Utsman, Al ‘Abasiy, Abu Bakar ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 235 Hijriah (± 850 Masehi) ☖ Hidup di Kufah.

(5) 👤 Dlirar bin Murrah, Asy Syaibaniy, Abu Sinan ✶ Tabi’in (tidak jumpa Shahabat) ↺ Wafat tahun 132 Hijriah (± 750 Masehi) ☖ Hidup di Kufah.


(6) 👤 Muhammad bin Al Mutsannaa bin ‘Ubaid, Al ‘Anaziy, Abu Musa, Az Zaman ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 252 Hijriah (± 866 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah.

(7) 👤 Dlirar bin Murrah, Asy Syaibaniy, Abu Sinan ✶ Tabi’in (tidak jumpa Shahabat) ↺ Wafat tahun 132 Hijriah (± 750 Masehi) ☖ Hidup di Kufah.


(8) 👤 Muharib bin Ditsar, As Sadusiy, Abu Mutharrif ✶ Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 116 Hijriah (± 734 Masehi) ☖ Hidup di Kufah ⚑ Wafat di Kufah.

(9) 👤 Abdullah bin Al Buraidah bin Al Hushaib, Al Aslamiy Al Marwaziy, Abu Sahal ✶ Tabi’in kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 115 Hijriah (± 733 Masehi) ☖ Hidup di Himsh ⚑ Wafat di Kufr Jadiya.


(10) 👤 Buraidah bin Al Hashib bin ‘Abdullah bin Al Harits, Abu Sahal ✶ Shahabat ↺ Wafat tahun 63 Hijriah (± 683 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah ⚑ Wafat di Kafar Jadiya.

(11) 👤 Muhammad bin ‘Abdullah bin Numair, Al Hamdaniy Al Kharifiy, Abu ‘Abdur Rahman ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 234 Hijriah (± 849 Masehi) ☖ Hidup di Kufah ⚑ Wafat di Kufah.


(12) 👤 Muhammad bin Fudloil bin Ghazwan bin Jarir, Adl Dlabbiy, Abu ‘Abdur Rahman ✶ Tabi’in (tidak jumpa Shahabat) ↺ Wafat tahun 295 Hijriah (± 908 Masehi) ☖ Hidup di Kufah ⚑ Wafat di Kufah.

(13) 👤 Dlirar bin Murrah, Asy Syaibaniy, Abu Sinan ✶ Tabi’in (tidak jumpa Shahabat) ↺ Wafat tahun 132 Hijriah (± 750 Masehi) ☖ Hidup di Kufah.


(14) 👤 Muharib bin Ditsar, As Sadusiy, Abu Mutharrif ✶ Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 116 Hijriah (± 734 Masehi) ☖ Hidup di Kufah ⚑ Wafat di Kufah.

(15) 👤 Abdullah bin Al Buraidah bin Al Hushaib, Al Aslamiy Al Marwaziy, Abu Sahal ✶ Tabi’in kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 115 Hijriah (± 733 Masehi) ☖ Hidup di Himsh ⚑ Wafat di Kufr Jadiya.


(16) 👤 Buraidah bin Al Hashib bin ‘Abdullah bin Al Harits, Abu Sahal ✶ Shahabat ↺ Wafat tahun 63 Hijriah (± 683 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah ⚑ Wafat di Kafar Jadiya.




Bagi ke FB
Bagi ke TW
Bagi ke WA

Video Terkait

No videos found matching your query.

Hadits Shahih

Ayat Alquran Pilihan

(Ingatlah) ketika kamu menerima (berita bohong) itu dari mulut ke mulut dan kamu katakan dengan mulutmu apa yang tidak kamu ketahui sedikit pun, dan kamu menganggapnya remeh, padahal dalam pandangan Allah itu soal besar.
QS. An-Nur [24]: 15

Kamu menyangka terhadap Allah dengan bermacam prasangka. Di situlah diuji orang-orang Mukmin (mereka mendapat cobaan supaya menjadi jelas, siapa Mukmin yang benar & siapa yang gadungan) & hati mereka diguncang dengan guncangan yang sangat.
QS. Al-Ahzab [33]: 10-11

Apa kamu menduga akan dapat masuk surga padahal belum nyata bagi Allah orang yang berjihad diantara kamu orang-orang yang sabar.
QS. Ali ‘Imran [3]: 142

Podcast

Doa

Soal & Pertanyaan Agama

Kuis Agama Islam #31

Umat Islam yang mengajarkan ilmunya dengan ikhlas akan memperoleh pahala amal jariyah. Amal jariyah artinya …Ilmu yang bermanfaat adalah …Menyampaikan ajaran Alquran dan sunnah Nabi Muhammad kepada orang lain yang belum mengetahui disebut dengan …Berikut ulama yang berasal dari Indonesia adalah …Sesuatu yang dipercaya dan diyakini kebenaranya oleh hati nurani manusia dinamakan …

Pendidikan Agama Islam #16

Selain berisi kisah-kisah umat terdahulu, dalam Alquran juga terdapat tamsil sebagai peringatan bagi manusia. Tamsil artinya … Alquran adalah mukjizat terbesar bagi Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Di bawah ini merupakan bukti bahwa Alquran adalah mukjizat yang terbesar adalah … Fungsi utama kandungan Alquran yang menjelaskan kisah umat terdahulu adalah sebagai … Yang berarti ”menggabungkan sesuatu dengan yang lain” adalah lafaz … Al-Lihyaniy berpendapat bahwa Alquran secara etimologi memiliki arti …

Pendidikan Agama Islam #1

Arti fana adalah … Tuhan memiliki sifat Al Karim, yang berarti bahwa Allah Subhanahu Wa Ta`ala merupakan zat Yang ..Allah memiliki sifat Al Kariim yang tercantum dalam Alquran surah … Tuhan memiliki sifat Al Matiin, yang berarti bahwa Allah Subhanahu Wa Ta`ala adalah zat Yang … Dalam Asmaul Husna, Allah memiliki sifat Al Matiin yang tercantum dalam Alquran surah …

Kamus

Qaf

Apa itu Qaf? Surah Qaf adalah surah ke-50 dalam Alquran. Surah ini tergolong surah Makkiyah yang terdiri atas 45 ayat. Dinamakan Qaf karena surah ini dimulai dengan huruf Qaf. Menurut hadits yang diriwayatkan Imam Muslim, bahwa Nabi Muhammad senang membaca surah ini pada raka’at pertama salat subuh dan pada salat hari raya. Sedang menurut riwayat Ab … • Qaaf, Qaf

tafakur

Apa itu tafakur? Tafakur adalah kegiatan berfikir atau merenungkan segala penomena yang terjadi di alam semesta. Baik itu dari suatu kejadian ataupun dari suatu pengalaman inderawi. Dalam Qur’an surat Ali Imran ayat 190-191, Allah Subhanahu Wa Ta`ala memerintahkan manusia untuk bertafakur: “Sesungguhnnya semua manusia diperintahkan untuk bertafakur menerenungkan t … •

Walid bin al-Mughirah

Siapa itu Walid bin al-Mughirah? Walid bin al-Mughirah al-Makhzumi adalah kepala klan Banu Makhzum dari suku Quraysh. Klannya bertanggung jawab atas materi-materi terkait perang. Keluarga Ia adalah putra dari al-Mughīrah bin ‘Abd Allāh bin ‘Umar ibn Makhzūm. Putra: • Khālid bin al-Walīd. Ibunya adalah i … • al-Walid bin al-Mughira al-Mkhzwmy, Walid bin Mugirah, Walid bin Mughirah, Al-Walid bin Al-Mughirah

yaumun-nahr

Apa itu yaumun-nahr? Hari menyembelih kurban. yaumun nahar artinya hari nahar. nahar artinya menumpahkan darah binatang qurban , yaumun nahar artinya hari menumpahkan darah binatang qurban , jadi maksud dari yaumun nahar adalah hari raya idul adha dan hari tasyrik nama hari ini adalah disandarkan pada kisah Ibrahim yang pe … • yaumun nahr, yaumun nahar, yaumun-nahar

Nuh

Apa itu Nuh? Surah Nuh adalah surah ke-71 dalam Alquran. Surah ini tergolong surah Makkiyah yang terdiri atas 28 ayat. Dinamakan dengan surat Nuh karena surat ini seluruhnya menjelaskan ajakan, pengaduan dan doa Nabi Nuh terhadap kaumnya. Nomor Surah Nama Surah Nuh

amal jariah

Apa itu amal jariah? perbuatan baik untuk kepentingan masyarakat yang dilakukan terus-menerus dan tanpa pamrih; perbuatan sosial … • sedekah jariyah, jariyah

Instagram