Search
Generic filters
Cari Kategori
🙏 Pilih semua
Quran
Hadits
Kamus
Podcast
Soal Agama
Artikel, Doa, dll.

HR. Muslim: 3695 – Larangan membuat perasan nabidz dalam muzaffat, dubba`, hantam dan naqir

و حَدَّثَنَا سَعِيدُ بْنُ عَمْرٍو الْأَشْعَثِيُّ أَخْبَرَنَا عَبْثَرٌ عَنْ الْأَعْمَشِ عَنْ إِبْرَاهِيمَ عَنْ الْأَسْوَدِ عَنْ عَائِشَةَ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ نَهَى عَنْ الدُّبَّاءِ وَالْمُزَفَّتِ و حَدَّثَنِي مُحَمَّدُ بْنُ ح
Shahih Muslim hadis nomor 3695
Dan telah menceritakan kepada kami Sa’id bin ‘Amru Al Asy’atsi(1) telah mengabarkan kepada kami ‘Abtsar(2) dari Al A’masy(3) dari Ibrahim(4) dari Al Aswad(5) dari ‘Aisyah(6), bahwa Nabi ﷺ melarang Ad Dubba dan Al Muzaffat.”

Dan telah menceritakan kepadaku Muhammad bin Hatim(7) telah menceritakan kepada kami Yahya yaitu Al Qathan(8) telah menceritakan kepada kami Sufyan(9) dan Syu’bah(10) keduanya berkata:
telah menceritakan kepada kami Manshur(11) dan Sulaiman(12) dan Hammad(13) dari Ibrahim(4) dari Al Aswad(5) dari ‘Aisyah(6) dari Nabi ﷺ seperti hadis di atas.”


(3) 👤 Sulaiman bin Mihran, Al Asadiy Al Kahiliy, Abu Muhammad, Al A’masy ✶ Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 147 Hijriah (± 764 Masehi) ☖ Hidup di Kufah.

(2) 👤 Abtsar bin Al Qasim, Az Zubaidiy, Abu Zubaid ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 178 Hijriah (± 794 Masehi) ☖ Hidup di Kufah ⚑ Wafat di Kufah.


(4) 👤 Ibrahim bin Yazid bin Qays, An Nakha’iy, Abu ‘Imrah ✶ Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 96 Hijriah (± 715 Masehi) ☖ Hidup di Kufah.

(5) 👤 Al Aswad bin Yazid bin Qais, An Nakha’iy, Abu ‘Amru ✶ Tabi’in kalangan tua ↺ Wafat tahun 75 Hijriah (± 694 Masehi) ☖ Hidup di Kufah ⚑ Wafat di Kufah.


(6) 👤 Aisyah binti Abi Bakar Ash Shiddiq, At Taymiyyah, Ummu ‘Abdullah, Ummu Al Mu’minin ✶ Shahabat ↺ Wafat tahun 58 Hijriah (± Masehi) ☖ Hidup di Madinah ⚑ Wafat di Madinah.

(7) 👤 Muhammad bin Hatim bin Maimun, Al Marwaziy, Abu ‘Abdullah , As Samin ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan biasa ↺ Wafat tahun 235 Hijriah (± 850 Masehi) ☖ Hidup di Baghdad.


(8) 👤 Yahya bin Sa’id bin Farrukh, Al Qaththan At Tamimiy, Abu Sa’id, Al Ahwal ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 198 Hijriah (± 814 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah ⚑ Wafat di Bashrah.

(9) 👤 Sufyan bin Sa’id bin Masruq, Ats Tsauriy, Abu ‘Abdullah ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan tua ↺ Wafat tahun 161 Hijriah (± 778 Masehi) ☖ Hidup di Kufah ⚑ Wafat di Bashrah.


(10) 👤 Syu’bah bin Al Hajjaj bin Al Warad, Al Azdiy Al Wasithiy, Abu Bistham ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan tua ↺ Wafat tahun 160 Hijriah (± 777 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah ⚑ Wafat di Bashrah.

(11) 👤 Manshur bin Al Mu’tamir, As Sulamiy, Abu ‘Ittab ✶ Tabi’in (tidak jumpa Shahabat) ↺ Wafat tahun 132 Hijriah (± 750 Masehi) ☖ Hidup di Kufah.


(12) 👤 Sulaiman bin Mihran, Al Asadiy Al Kahiliy, Abu Muhammad, Al A’masy ✶ Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 147 Hijriah (± 764 Masehi) ☖ Hidup di Kufah.

(13) 👤 Hammad bin Abi Sulaiman Muslim, Al Kufi Al Asy’ari, Abu Isma’il ✶ Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 120 Hijriah (± 738 Masehi) ☖ Hidup di Kufah.


(14) 👤 Ibrahim bin Yazid bin Qays, An Nakha’iy, Abu ‘Imrah ✶ Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 96 Hijriah (± 715 Masehi) ☖ Hidup di Kufah.

(15) 👤 Al Aswad bin Yazid bin Qais, An Nakha’iy, Abu ‘Amru ✶ Tabi’in kalangan tua ↺ Wafat tahun 75 Hijriah (± 694 Masehi) ☖ Hidup di Kufah ⚑ Wafat di Kufah.


(16) 👤 Aisyah binti Abi Bakar Ash Shiddiq, At Taymiyyah, Ummu ‘Abdullah, Ummu Al Mu’minin ✶ Shahabat ↺ Wafat tahun 58 Hijriah (± Masehi) ☖ Hidup di Madinah ⚑ Wafat di Madinah.



Hadis ini memiliki penguat sebagai berikut:
Shahih Bukhari 3233
Shahih Bukhari 5165
Shahih Muslim 3697
Shahih Muslim 3699
Shahih Muslim 3700
Shahih Muslim 3701
Shahih Muslim 3703
Shahih Muslim 3705
Shahih Muslim 3718
Sunan Abu Daud 3205
Sunan Nasai 5453
Sunan Nasai 5462
Sunan Nasai 5530
Sunan Nasai 5531
Sunan Nasai 5532
Sunan Nasai 5533
Sunan Nasai 5534
Sunan Nasai 5535
Sunan Nasai 5538
Sunan Nasai 5540
Sunan Nasai 5543
Sunan Nasai 5545
Sunan Nasai 5555
Sunan Ibnu Majah 3395
• Musnad Ahmad 1119
• Musnad Ahmad 2369
• Musnad Ahmad 2518
• Musnad Ahmad 2635
• Musnad Ahmad 2923
• Musnad Ahmad 3000
• Musnad Ahmad 4346
• Musnad Ahmad 5740
• Musnad Ahmad 7425
• Musnad Ahmad 11421
• Musnad Ahmad 11628
• Musnad Ahmad 12223
• Musnad Ahmad 12246
• Musnad Ahmad 14314
• Musnad Ahmad 14322
• Musnad Ahmad 14529
• Musnad Ahmad 14610
• Musnad Ahmad 23070
• Musnad Ahmad 23696
• Musnad Ahmad 23862
• Musnad Ahmad 24221
• Musnad Ahmad 24228
• Musnad Darimi 2020
Bagi ke FB
Bagi ke TW
Bagi ke WA

Video Terkait

No videos found matching your query.

Hadits Shahih

Ayat Alquran Pilihan

Dan pada harta-harta mereka ada hak untuk orang miskin yang meminta & orang miskin yang tidak mendapat bagian.
QS. Az-Zariyat [51]: 19

Sesungguhnya kehidupan dunia ini hanya kesenangan (sementara) & Sesungguhnya akhirat Itulah negeri yang kekal.
QS. Al-Mu’min [40]: 39

Dan barang siapa yang memelihara kehidupan seorang manusia,
maka seolah-olah dia telah memelihara kehidupan manusia semuanya.
QS. Al-Ma’idah [5]: 32

Berbuatlah sepenuh kemampuanmu,
sesungguhnya akupun berbuat (pula).
Kelak kamu akan mengetahui, siapa (di antara kita) yang akan peroleh hasil yang baik di dunia ini.
Sesungguhnya orang yang zalim itu tak akan mendapatkan keberuntungan
QS. Al-An’am [6]: 135

Podcast

Doa

Soal & Pertanyaan Agama

Pendidikan Agama Islam #23

Qada dan qadar termasuk rukun iman yang ke … Al Falaq artinya … Ayat ke 5 dari surah al-Falaq yaitu … … Percaya kepada Allah dan Rasulnya termasuk rukun … Meja, kursi, manusia, hewan dan tumbuhan adalah merupakan salah satu cara mengenal Allah Subhanahu Wa Ta`ala melalui …

Pendidikan Agama Islam #16

Selain berisi kisah-kisah umat terdahulu, dalam Alquran juga terdapat tamsil sebagai peringatan bagi manusia. Tamsil artinya … Alquran adalah mukjizat terbesar bagi Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Di bawah ini merupakan bukti bahwa Alquran adalah mukjizat yang terbesar adalah … Fungsi utama kandungan Alquran yang menjelaskan kisah umat terdahulu adalah sebagai … Yang berarti ”menggabungkan sesuatu dengan yang lain” adalah lafaz … Al-Lihyaniy berpendapat bahwa Alquran secara etimologi memiliki arti …

Pendidikan Agama Islam #15

Mujahadah berasal dari bahasa Arab, yang berasal dari kata jahada, yang berarti …َبَارَكَ ٱلَّذِى نَزَّلَ ٱلْفُرْقَانَ عَلَىٰ عَبْدِهِۦ لِيَكُونَ لِلْعَٰلَمِينَ نَذِيرًا Dalil di atas adalah nama-nama lain dari Alquran, yaitu إِنَّا نَحْنُ نَزَّلْنَا ٱلذِّكْرَ وَإِنَّا لَهُۥ لَحَٰفِظُونَ Dalil di atas adalah nama-nama lain dari Alquran, yaituSalah satu tokoh dalam kisah umat masa lalu yang dapat dipetik pelajaran sebagai teladan yang baik … Tujuan utama diturunkannya Alquran kepada umat manusia adalah …

Kamus

abangan

Apa itu abangan? abang.an golongan masyarakat yang menganut agama Islam, tetapi tidak melaksanakan ajaran secara keseluruhan talang air pada atap rumah dan sebagainya … •

amanat

Apa itu amanat? ama.nat pesan; perintah ; menyampaikan amanat orang tuanya; keterangan ; wejangan ; dibacakan sebuah amanat Jenderal Sudirman; amanat Presiden dalam Kongres Pemuda; Ling keseluruhan makna atau isi pembicaraan; konsep dan perasaan yang disampaikan pembicara untuk dimenger … • amanah

Damaskus

Di mana itu Damaskus? Damaskus atau Damsyik adalah ibu kota dan kota terbesar di Suriah. Kota ini merupakan salah satu kota yang selalu dihuni tertua di dunia, selain Al-Fayyum, dan Gaziantep. Populasinya saat ini diperkirakan sekitar 3.67 juta jiwa. Etimologi Nama Damsyik pertama Kali muncul dalam daftar geografi raja Thu … • Damascus, Damsyik

Muhammad bin Isa at-Tirmidzi

Siapa itu Muhammad bin Isa at-Tirmidzi? Abu Isa Muhammad bin Isa bin Saurah at-Tirmidzi adalah seorang ahli hadits. Ia pernah belajar hadits dari Imam Bukhari. Ia menyusun kitab Sunan at-Tirmidzi dan Al-Ilal. Ia mengatakan bahwa ia sudah pernah menunjukkan kitab Sunannya kepada ulama-ulama Hijaz, Irak, dan Khurasan, dan mereka … • Imam Tirmidhi, Imam at Tirmidzi, Imam Turmuzi, Tirmidzi, Imam At-Tirmidzi, At-Tirmidzi, At-Turmudzi, Sunan At-Tirmidzi, Sunan At Tirmidzi, Jami’ At-Tirmidzi, Jami At-Tirmidzi, at-Tirmizi, Tirmizi, at-Turmuzi, Abu Isa At Tirmidzi, Abu Isa, Abu ‘Isa, Ad-Dahhak

Al-Qasim bin Muhammad bin Abu Bakar

Siapa itu Al-Qasim bin Muhammad bin Abu Bakar? Al-Qasim bin Muhammad bin Abu Bakar adalah seorang ulama dari golongan tabi’in, dan ahli fiqih ternama yang termasuk dalam Tujuh Fuqaha Madinah. Al-Qasim adalah cucu dari sahabat Nabi Abu Bakar ash-Shiddiq. Ayahnya adalah Muhammad bin Abu Bakar, sedangkan ibunya salah seorang dari putr … • al-Qasim ibn Muhammad • Al-Qasim bin Muhammad

Ibnu al-Jauzi

Siapa itu Ibnu al-Jauzi? Ibnul Jauzi atau Abu al-Faraj ibn al-Jauzi adalah seorang ahli fikih, sejarawan, ahli tata bahasa, ahli tafsir, pendakwah, dan syaikh yang merupakan tokoh penting dalam berdirinya kota Baghdad dan pedakwah mazhab Sunni Hanbali yang terkemuka di masanya. Garis keturunan keluarganya apabila ditelusuri akan mencapai kepada sahaba … •

Instagram