Search
Generic filters
Cari Kategori
🙏 Pilih semua
Quran
Hadits
Kamus
Podcast
Soal Agama
Artikel, Doa, dll.

HR. Muslim: 3682 – Larangan membuat perasan kurma dan anggur dengan mencampurnya

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الْمُثَنَّى حَدَّثَنَا عُثْمَانُ بْنُ عُمَرَ أَخْبَرَنَا عَلِيٌّ وَهُوَ ابْنُ الْمُبَارَكِ عَنْ يَحْيَى عَنْ أَبِي سَلَمَةَ عَنْ أِبِي قَتَادَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ لَا تَنْتَبِذُوا الزَّ
Shahih Muslim hadis nomor 3682
Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Al Mutsanna(1) telah menceritakan kepada kami Utsman bin Umar(2) telah mengabarkan kepada kami Ali yaitu Ibnu Mubarak(3) dari Yahya(4) dari Abu Salamah(5) dari Abu Qatadah(6), bahwa Rasulullah ﷺ bersabda:

“Janganlah kalian membuat perasan kurma muda dengan kurma segar (sudah masak) menjadi satu, atau kurma segar dengan anggur, akan tetapi sendirikanlah setiap perasannya sesuai dengan takarannya masing-masing.”

Yahya(4) menyakini bahwa ia pernah bertemu dengan Abdullah bin Abu Qatadah(8) kemudian dia menceritakan kepadanya dari ayahnya(9) dari Nabi ﷺ seperti hadis ini.”

Dan telah menceritakan kepadaku Abu Bakar bin Ishaq(10) telah menceritakan kepada kami Rauh bin Ubadah(11) telah menceritakan kepada kami Husain Al Mu’allim(12) telah menceritakan kepada kami Yahya bin Abu Katsir(13) dengan kedua isnad ini, namun dia menyebutkan, “Antara kurma segar dengan kurma muda, atau kurma masak dengan anggur.”


(3) 👤 Ali bin Al Mubarak, Al Hana’iy ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan tua ☖ Hidup di Bashrah.


(2) 👤 Utsman bin ‘Umar bin Faris bin Laqith, Al ‘Abdiy, Abu Muhammad ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 209 Hijriah (± 824 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah ⚑ Wafat di Bashrah.

(4) 👤 Yahya bin Abi Katsir Shalih bin Al Mutawakkil, Ath Tha’iy Al Bashriy, Abu Nashr ✶ Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 132 Hijriah (± 750 Masehi) ☖ Hidup di Yamamah.


(5) 👤 Abdullah bin ‘Abdur Rahman bin ‘Auf, Az Zuhriy, Abu Salamah ✶ Tabi’in kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 94 Hijriah (± 713 Masehi) ☖ Hidup di Madinah ⚑ Wafat di Madinah.

(6) 👤 Al Harits bin Rib’iy, Al Anshari As Sulami, Abu Qatadah ✶ Shahabat ↺ Wafat tahun 54 Hijriah (± 674 Masehi) ☖ Hidup di Madinah ⚑ Wafat di Kufah.


(7) 👤 Yahya bin Abi Katsir Shalih bin Al Mutawakkil, Ath Tha’iy Al Bashriy, Abu Nashr ✶ Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 132 Hijriah (± 750 Masehi) ☖ Hidup di Yamamah.

(8) 👤 Abdullah bin Abi Qatadah, Al Anshariy As Salmiy, Abu Yahya ✶ Tabi’in kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 95 Hijriah (± 714 Masehi) ☖ Hidup di Madinah ⚑ Wafat di Madinah.


(9) 👤 Al Harits bin Rib’iy, Al Anshari As Sulami, Abu Qatadah ✶ Shahabat ↺ Wafat tahun 54 Hijriah (± 674 Masehi) ☖ Hidup di Madinah ⚑ Wafat di Kufah.

(10) 👤 Muhammad bin Ishaq bin Ja’far, Ash Shaghaniy, Abu Bakar ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 270 Hijriah (± 884 Masehi) ☖ Hidup di Baghdad.


(11) 👤 Rauh bin ‘Ubadah bin Al ‘Alaa’, Al Qaisi, Abu Muhammad ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 205 Hijriah (± 820 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah ⚑ Wafat di Bashrah.

(12) 👤 Al Husain bin Dzakwan, Al ‘Audzi, Al Muktib Al Mu’allim ✶ Tabi’in (tidak jumpa Shahabat) ↺ Wafat tahun 145 Hijriah (± 762 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah.


(13) 👤 Yahya bin Abi Katsir Shalih bin Al Mutawakkil, Ath Tha’iy Al Bashriy, Abu Nashr ✶ Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 132 Hijriah (± 750 Masehi) ☖ Hidup di Yamamah.



Hadis ini memiliki penguat sebagai berikut:
Sunan Nasai 5456
Sunan Nasai 5457
Sunan Nasai 5466
Sunan Nasai 5472
• Musnad Ahmad 21579
• Musnad Darimi 2021
Bagi ke FB
Bagi ke TW
Bagi ke WA

Video Terkait

Load More

Hadits Shahih

Ayat Alquran Pilihan

Dan dirikanlah salat,
tunaikanlah zakat & ruku’lah beserta orang-orang yang ruku’.
QS. Al-Baqarah [2]: 43

dan janganlah kamu mengikuti hawa nafsu dengan meninggalkan kebenaran yang telah datang kepadamu.
QS. Al-Ma’idah [5]: 48

Ikutilah orang yang tiada minta balasan kepadamu,
dan mereka adalah orang-orang yang mendapat petunjuk.
QS. Ya Sin [36]: 21

…,
dan seorang yang berdosa tidak akan memikul dosa orang lain.
Kemudian kepada Tuhanmulah kembalimu lalu Dia memberitakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.
Sesungguhnya Dia Maha Mengetahui apa yang tersimpan dalam (dada)mu.
QS. Az-Zumar [39]: 7

Podcast

Doa

Soal & Pertanyaan Agama

Pendidikan Agama Islam #22

Karena rajin belajar maka Afit selalu juara dalam setiap perlombaan antar sekolah, pernyataan tersebut merupakan contoh … Takdir yang bisa diubah dinamakan … Salah satu contoh takdir muall...

Pendidikan Agama Islam #7

Alquran adalah keterangan yang jelas untuk semua manusia, dan menjadi petunjuk serta pelajaran bagi orang-orang yang bertakwa. Penjelasan tersebut terdapat dalam surah … Hukum yang mengatur hubu...

Pendidikan Agama Islam #3

Pembatasan aurat wanita adalah … Berikut ini yang bukan termasuk orang-orang pertama yang menyambut ajakan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah … Dalam Islam, pakaian haru...

Kamus

amanat

Apa itu amanat? ama.nat pesan; perintah ; menyampaikan amanat orang tuanya; keterangan ; wejangan ; dibacakan sebuah amanat Jenderal Sudirman; amanat Presiden dalam Kongres Pemuda; Ling keseluruh...

Mazmur

Apa itu Mazmur? Mazmur adalah nyanyian atau syair puji-pujian yang biasa dilantunkan oleh para nabi yang dipakai dalam ibadat di Bait Suci di Yerusalem dan upacara kerajaan pada masa Israel Kuno, kump...

Sa’id Hawwa

Siapa itu Sa’id Hawwa? Sa`id Hawwa adalah anggota terkemuka dan ideolog terkemuka dalam Ikhwanul Muslimin Suriah. Hawwa menulis sejumlah besar buku yang berhubungan dengan prinsip-prinsip dan ...

Shaleh `alaihis salam

Siapa itu Shaleh `alaihis salam? Shālih adalah salah seorang nabi dan rasul dalam agama Islam yang diutus kepada Kaum Tsamūd. Ia diangkat menjadi nabi pada tahun 2100 SM. Dia telah diberikan mukji...

sembahyang

Apa itu sembahyang? sem.bah.yang salat; air sembahyang , air wudu … •

ibu kota

Apa itu ibu kota? kota tempat kedudukan pusat pemerintahan suatu negara, tempat dihimpun unsur administratif, yaitu eksekutif, legislatif, dan yudikatif; kota yang menjadi pusat pemerintahan … ...

Instagram