Search
Generic filters
Cari Kategori
🙏 Pilih semua
Quran
Hadits
Kamus
Podcast
Soal Agama
Artikel, Doa, dll.

HR. Muslim: 3641 – Penjelasan tentang pelarangan memakan hewan kurban setelah tiga hari

و حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيدٍ حَدَّثَنَا لَيْثٌ ح و حَدَّثَنِي مُحَمَّدُ بْنُ رُمْحٍ أَخْبَرَنَا اللَّيْثُ عَنْ نَافِعٍ عَنْ ابْنِ عُمَرَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُ قَالَ لَا يَأْكُلْ أَحَدٌ مِنْ لَحْمِ أُضْحِيَّتِهِ
Shahih Muslim hadis nomor 3641
Dan telah menceritakan kepada kami Qutaibah bin Sa’id(1) telah menceritakan kepada kami Laits(2).
(dalam jalur lain disebtkan) Telah menceritakan kepadaku Muhammad bin Rumh(3) telah mengabarkan kepada kami Al Laits(4) dari Nafi’(5) dari Ibnu Umar(6) dari Nabi ﷺ, bahawa beliau bersabda:

“Janganlah salah seorang dari kalian memakan daging kurban setelah tiga hari.”

Dan telah menceritakan kepadaku Muhammad bin Hatim(7) telah menceritakan kepada kami Yahya bin Sa’id(8) dari Ibnu Juraij(9).
(dalam jalur lain disebtkan) Telah menceritakan kepadaku Muhammad bin Rafi’(10) telah menceritakan kepada kami Ibnu Abu Fudaik(11) telah mengabarkan kepada kami Adl Dlahak(12) -yaitu Ibnu Utsman- keduanya dari Nafi’(5) dari Ibnu Umar(6) dari Nabi ﷺ seperti hadis Laits.”


(3) 👤 Muhammad bin Rumhi bin Al Muhajir, At Tajibiy, Abu ‘Abdullah ✶ Tabi’in kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 242 Hijriah (± 856 Masehi) ☖ Hidup di Maru.

(2) 👤 Laits bin Sa’ad bin ‘Abdur Rahman, Al Fahmiy, Abu Al Harits ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan tua ↺ Wafat tahun 175 Hijriah (± 791 Masehi) ☖ Hidup di Maru.


(4) 👤 Laits bin Sa’ad bin ‘Abdur Rahman, Al Fahmiy, Abu Al Harits ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan tua ↺ Wafat tahun 175 Hijriah (± 791 Masehi) ☖ Hidup di Maru.

(5) 👤 “Nafi’, maula Ibnu ‘Umar “, Al Madaniy, Abu ‘Abdullah ✶ Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 117 Hijriah (± 735 Masehi) ☖ Hidup di Madinah ⚑ Wafat di Madinah.


(6) 👤 Abdullah bin ‘Umar bin Al Khaththab bin Nufail, Al ‘Adawiy Al Qurasyiy, Abu ‘Abdur Rahman ✶ Shahabat ↺ Wafat tahun 73 Hijriah (± 692 Masehi) ☖ Hidup di Madinah ⚑ Wafat di Marur Rawdz.

(7) 👤 Muhammad bin Hatim bin Maimun, Al Marwaziy, Abu ‘Abdullah , As Samin ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan biasa ↺ Wafat tahun 235 Hijriah (± 850 Masehi) ☖ Hidup di Baghdad.


(8) 👤 Yahya bin Sa’id bin Farrukh, Al Qaththan At Tamimiy, Abu Sa’id, Al Ahwal ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 198 Hijriah (± 814 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah ⚑ Wafat di Bashrah.

(9) 👤 Abdul Malik bin ‘Abdul ‘Aziz bin Juraij, Al Umawiy, Abu Al Walid ✶ Tabi’in (tidak jumpa Shahabat) ↺ Wafat tahun 150 Hijriah (± 767 Masehi) ☖ Hidup di Marur Rawdz.


(10) 👤 Muhammad bin Rafi’ bin Abi Zaid Sabur, Al Qusyairiy, Abu ‘Abdullah ✶ Tabi’in kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 245 Hijriah (± 859 Masehi) ☖ Hidup di Himsh.

(11) 👤 Muhammad bin Isma’il bin Muslim bin Abi Fudaik, Ad Diyliy, Abu Isma’il ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 200 Hijriah (± 816 Masehi) ☖ Hidup di Madinah ⚑ Wafat di Madinah.


(12) 👤 Adl Dlahhaak bin ‘Utsman bin ‘Abdullah bin Khalid, Abu ‘Utsman ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan tua ↺ Wafat tahun 153 Hijriah (± 770 Masehi) ☖ Hidup di Madinah.

(13) 👤 “Nafi’, maula Ibnu ‘Umar “, Al Madaniy, Abu ‘Abdullah ✶ Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 117 Hijriah (± 735 Masehi) ☖ Hidup di Madinah ⚑ Wafat di Madinah.


(14) 👤 Abdullah bin ‘Umar bin Al Khaththab bin Nufail, Al ‘Adawiy Al Qurasyiy, Abu ‘Abdur Rahman ✶ Shahabat ↺ Wafat tahun 73 Hijriah (± 692 Masehi) ☖ Hidup di Madinah ⚑ Wafat di Marur Rawdz.




Hadis ini memiliki penguat sebagai berikut:
Sunan Tirmidzi 1429
• Musnad Ahmad 4330
• Musnad Ahmad 4414
• Musnad Ahmad 4699
• Musnad Ahmad 5268
Bagi ke FB
Bagi ke TW
Bagi ke WA

Video Terkait

Load More
HR. Muslim: 3651 – Penjelasan tentang pelarangan memakan hewan kurban setelah tiga hari

… li-kali kamu minum yang memabukkan” Dan telah menceritakan kepadaku Hajjaj bin Sya’ir telah menceritakan kepada kami Adl Dlahak bin Makhlad dari dari ‘Alqamah bin Martsad dari Ibnu Buraidah dari bahwa Rasulullah “Aku pernah melarang kalian…kemudian ia menyebutkan hadis Abu Sinan” • HR Muslim 3651, Hadits Shahih Muslim 3651, Hadits Muslim No. 3651

HR. Muslim: 3643 – Penjelasan tentang pelarangan memakan hewan kurban setelah tiga hari

… ya dan darinya mereka membuat geriba” Beliau “Ada apa dengan hal itu?” Mereka berkata “Engkau telah melarang memakan daging kurban setelah lewat tiga hari” Beliau “Sesungguhnya saya melarang sekelompok orang yang datang terburu-buru oleh karena itu makan simpan dan bersedekahlah” • HR Muslim 3643, Hadits Shahih Muslim 3643, Hadits Muslim No. 3643

HR. Muslim: 3645 – Penjelasan tentang pelarangan memakan hewan kurban setelah tiga hari

… berkata “Kami tidak memakan daging kurban kami melebihi tiga hari-hari di Mina kemudian Rasulullah membolehkan kami memakannya Sabdanya “Makan dan simpanlah untuk perbekalan kalian” Saya bertanya kepada ‘Atha “Apakah Jabir berkata ‘Hingga kami tiba di Madinah? ‘ dia menjawab “Ya” • HR Muslim 3645, Hadits Shahih Muslim 3645, Hadits Muslim No. 3645

Hadits Shahih

Ayat Alquran Pilihan

Siapa bertemu Tuhannya dalam keadaan beriman & beramal saleh, maka akan peroleh kedudukan tinggi (yaitu) surga yang mengalir sungai di bawahnya, mereka kekal di dalamnya.
Dan itu balasan bagi orang yang bersih (dari kekafiran & kemaksiatan)
QS. Ta Ha [20]: 75-76

dan ikutilah apa yang diwahyukan Tuhan kepadamu.
Sesungguhnya Allah adalah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.
QS. Al-Ahzab [33]: 2

Kamu sekalian adalah orang-orang yang berdebat untuk (membela) mereka dalam kehidupan dunia.
Maka siapa yang akan mendebat Allah untuk (membela) mereka pada hari kiamat?
Atau siapa yang menjadi pelindung mereka (terhadap siksa Allah)?
QS. An-Nisa’ [4]: 109

Barang siapa yang menta’ati Rasul itu,
sesungguhnya ia telah menta’ati Allah.
QS. An-Nisa’ [4]: 80

Podcast

Doa

Soal & Pertanyaan Agama

Pendidikan Agama Islam #19

Berakhirnya seluruh kehidupan di dunia dinamakan … Hari kiamat di jelaskan dalam Alquran, surah … .Tempat berkumpulnya manusia di akhirat di sebut padang … Salah satu hikmah mempercayai datangnya hari akhir, yaitu … … Surah yang menjelaskan bahwa ‘Allah Subhanahu Wa Ta`ala tempat meminta’, yaitu … …

Kuis Agama Islam #31

Umat Islam yang mengajarkan ilmunya dengan ikhlas akan memperoleh pahala amal jariyah. Amal jariyah artinya …Ilmu yang bermanfaat adalah …Menyampaikan ajaran Alquran dan sunnah Nabi Muhammad kepada orang lain yang belum mengetahui disebut dengan …Berikut ulama yang berasal dari Indonesia adalah …Sesuatu yang dipercaya dan diyakini kebenaranya oleh hati nurani manusia dinamakan …

Pendidikan Agama Islam #29

Sebagai perumpamaan orang yang mengajak berbuat baik, tetapi dirinya sendiri tidak melakukan adalah … Berikut kedudukan orang yang menuntut ilmu, kecuali … potongan ayat di atas terdapat pada Alquran surah … Ilmuan muslim yang dalam bidang kedokteran yang berasal dari Persia yaitu … Siapakah nabi yang lebih memilih ilmu daripada harta?

Kamus

Munafiq

Apa itu Munafiq? Munāfiq atau Munafik adalah terminologi dalam Islam untuk merujuk pada mereka yang berpura-pura mengikuti ajaran agama Islam, tetapi sebenarnya hati mereka memungkirinya. Terminologi dalam Al Qur’an Dalam Al Qur’an terminologi ini merujuk pada mereka yang tidak beriman namun berpura-pura beri … • munafik

Baitulharam

Apa itu Baitulharam? Bai.tul.ha.ram bangunan yang ditetapkan oleh Allah menjadi kiblat umat Islam ketika salat; kiblat umat Islam; Kakbah … •

Sa’id bin Zaid

Siapa itu Sa’id bin Zaid? Sa’id bin Zaid ) adalah seorang sahabat nabi dari golongan Muhajirin. Nama lengkapnya adalah Sa’id bin Zaid bin Amr bin Nufail al-Adawi. Sa’id termasuk sepuluh orang yang dijanjikan masuk surga. Riwayat Dia adalah suami dari Fatimah binti al-Khattab, yaitu adik Umar bin Khattab. Dia termasuk oran … • Sa’id bin Zayd, Said bin Zayd bin Amru

pengadilan agama

Apa itu pengadilan agama? peng.a.dil.an agama badan peradilan khusus untuk orang yang beragama Islam yang memeriksa dan memutus perkara perdata tertentu sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku … •

Laduni

Apa itu Laduni? Laduni adalah ilmu yang berasal dari Allah Subhanahu wa Ta’ala. Para malaikat-Nya pun berkata: “Maha Suci Engkau, tidak ada yang kami ketahui selain dari apa yang telah Engkau ajarkan kepada kami.” Ilmu laduni dalam pengertian umum ini terbagi menjadi dua bagian. Pertama, ilmu yang didapat tanpa melalui tahapan belajar (w … •

mashdar

Apa itu mashdar? Mashdar adalah isim manshub yang datang pada urutan ke tiga dalam tashrif fi’il, yakni jika fi’il ditashrif dua kali, maka setelahnya akan didapati mashdar. Mashdar berada pada urutan ke tiga setelah mengalami perubahan dari fi’il madhi menuju bentuk fi’il mudhari‘ kemudian mashdar Contoh: ضَرَبَ، يَضْرِبُ، ضَرْبًا telah memukul, sedang memukul, p … •

Instagram