Search
Generic filters
Cari Kategori
🙏 Pilih semua
Quran
Hadits
Kamus
Podcast
Soal Agama
Artikel, Doa, dll.

HR. Muslim: 3640 – Penjelasan tentang pelarangan memakan hewan kurban setelah tiga hari

حَدَّثَنِي حَرْمَلَةُ بْنُ يَحْيَى أَخْبَرَنَا ابْنُ وَهْبٍ حَدَّثَنِي يُونُسُ عَنْ ابْنِ شِهَابٍ حَدَّثَنِي أَبُو عُبَيْدٍ مَوْلَى ابْنِ أَزْهَرَ أَنَّهُ شَهِدَ الْعِيدَ مَعَ عُمَرَ بْنِ الْخَطَّابِ قَالَ ثُمَّ صَلَّيْتُ مَعَ عَلِيِّ بْنِ أَبِي طَالِبٍ ق
Shahih Muslim hadis nomor 3640
Telah menceritakan kepadaku Harmalah bin Yahya(1) telah mengabarkan kepada kami Ibnu Wahb(2) telah menceritakan kepadaku Yunus(3) dari Ibnu Syihab(4) telah menceritakan kepadaku Abu ‘Ubaid(5) bekas budak Ibnu Azhar, bahwa dia pernah menghadiri shalat ‘Iedul Adlha bersama-sama Umar bin Khaththab.”

Abu Ubaid berkata,
“Aku juga pernah shalat bersama Ali bin Abu Thalib(6), dia shalat sebelum khutbah.

Setelah itu ia berkhutbah di hadapan orang-orang, “Sesungguhnya Rasulullah ﷺ melarang kalian memakan daging kurban sesudah tiga hari, jika lebih dari tiga hari, maka janganlah kalian mamakannya.'” Dan telah menceritakan kepadaku Zuhair bin Harb(7) telah menceritakan kepada kami Ya’qub bin Ibrahim(8) telah menceritakan kepada kami sepupuku Ibnu Syihab(4).

(dalam jalur lain disebtkan) Telah menceritakan kepada kami Hasan Al Khulwani(10) telah menceritakan kepada kami Ya’qub bin Ibrahim(8) telah menceritakan kepada kami ayahku(12) dari Shalih(13).
(dalam jalur lain disebtkan) Telah menceritakan kepada kami Abd bin Humaid(14) telah mengabarkan kepada kami Abdurrazaq(15) telah mengabarkan kepada kami Ma’mar(16) semuanya dari Az Zuhri(17) dengan isnad seperti ini.”


(3) 👤 Yunus bin Yazid bin Abi An Najjad, Al Ayliy, Abu Zaid ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan tua ↺ Wafat tahun 159 Hijriah (± 776 Masehi) ☖ Hidup di Syam ⚑ Wafat di Maru.

(2) 👤 Abdullah bin Wahab bin Muslim, Al Qurasyiy, Abu Muhammad ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 197 Hijriah (± 813 Masehi) ☖ Hidup di Maru ⚑ Wafat di Maru.


(4) 👤 Muhammad bin Muslim bin ‘Ubaidillah bin ‘Abdullah bin Syihab, Al Qurasyiy Az Zuhriy, Abu Bakar ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 124 Hijriah (± 742 Masehi) ☖ Hidup di Madinah.

(5) 👤 “Sa’ad bin ‘Ubaid, maula ‘Abdur Rahman Azhar”, Az Zuhriy Al Qurasyiy, Abu ‘Ubaid ✶ Tabi’in kalangan tua ↺ Wafat tahun 98 Hijriah (± 717 Masehi) ☖ Hidup di Madinah ⚑ Wafat di Madinah.


(6) 👤 Ali bin Abi Thalib bin ‘Abdu Al Muthallib bin Hasyim bin ‘Abdi Manaf, Al Hasyimiy, Abu Al Hasan, Abu Turab ✶ Shahabat ↺ Wafat tahun 40 Hijriah (± 660 Masehi) ☖ Hidup di Kufah ⚑ Wafat di Kufah.

(7) 👤 Zuhair bin Harb bin Syaddad, Al Harasyiy An Nasa’iy, Abu Khaitsamah ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 234 Hijriah (± 849 Masehi) ☖ Hidup di Baghdad ⚑ Wafat di Baghdad.


(8) 👤 Ya’qub bin Ibrahim bin Sa’ad bin Ibrahim bin ‘Abdur Rahman bin ‘Auf, Az Zuhriy Al Madaniy, Abu Yusuf ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 208 Hijriah (± 823 Masehi) ☖ Hidup di Baghdad ⚑ Wafat di Falisthina.

(9) 👤 Muhammad bin ‘Abdullah bin Muslim bin ‘UbaIdillah bin ‘Abdullah bin Syihab, Az Zuhriy, Abu ‘Abdullah , Ibnu Akhi (anak saudara) Az Zuhriy ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 157 Hijriah (± 774 Masehi) ☖ Hidup di Madinah.


(10) 👤 Al Hasan bin ‘Ali bin Muhammad, Al Khallal Al Hulwaniy, Abu ‘Ali ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 242 Hijriah (± 856 Masehi) ☖ Hidup di Marur Rawdz.

(11) 👤 Ya’qub bin Ibrahim bin Sa’ad bin Ibrahim bin ‘Abdur Rahman bin ‘Auf, Az Zuhriy Al Madaniy, Abu Yusuf ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 208 Hijriah (± 823 Masehi) ☖ Hidup di Baghdad ⚑ Wafat di Falisthina.


(12) 👤 Ibrahim bin Sa’ad bin Ibrahim bin ‘Abdur Rahman bin ‘Auf, Az Zuhriy Al Qurasyiy, Abu Ishaq ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 185 Hijriah (± 801 Masehi) ☖ Hidup di Madinah.

(13) 👤 Shalih bin Kaisan, Al Madaniy, Abu Muhammad ✶ Tabi’in kalangan biasa ☖ Hidup di Madinah.


(14) 👤 Abdul Hamid bin Humaid bin Nashr, Al Kaisysyiy, Abu Muhammad, Abdu ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 249 Hijriah (± 863 Masehi) ☖ Hidup di Himsh ⚑ Wafat di Karbala.

(15) 👤 Abdur Razzaq bin Hammam bin Nafi’, Al Humairiy Ash Shan’aniy, Abu Bakar ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 211 Hijriah (± 826 Masehi) ☖ Hidup di Yaman ⚑ Wafat di Yaman.


(16) 👤 Ma’mar bin Raosyid, Al Azdiy Al Bashriy, Abu ‘Urwah ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan tua ↺ Wafat tahun 154 Hijriah (± 771 Masehi) ☖ Hidup di Yaman.

(17) 👤 Muhammad bin Muslim bin ‘Ubaidillah bin ‘Abdullah bin Syihab, Al Qurasyiy Az Zuhriy, Abu Bakar ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 124 Hijriah (± 742 Masehi) ☖ Hidup di Madinah.





Hadis ini memiliki penguat sebagai berikut:
Sunan Nasai 4349
• Musnad Ahmad 1131
Bagi ke FB
Bagi ke TW
Bagi ke WA

Video Terkait

Load More

Hadits Shahih

Ayat Alquran Pilihan

Di antara tanda kekuasaan-Nya ialah
Dia ciptakan untukmu istri dari jenismu sendiri,
supaya kau merasa tenteram padanya,
dijadikan-Nya rasa kasih & sayang.
Sungguh pada yang demikian itu benar terdapat tanda bagi kaum yang berpikir.
QS. Ar-Rum [30]: 21

Dan bahwasanya ada beberapa orang laki-laki di antara manusia meminta perlindungan kepada beberapa laki-laki di antara jin,
maka jin-jin itu menambah bagi mereka dosa & kesalahan.
QS. Al-Jinn [72]: 6

Dan di antara manusia (ada) orang yang mempergunakan perkataan yang tidak berguna untuk menyesatkan (manusia) dari jalan Allah tanpa pengetahuan & menjadikan jalan Allah itu olok-olokan.
Mereka itu akan memperoleh azab yang menghinakan.
QS. Luqman [31]: 6

Sifat baik tak sama dengan sifat buruk. Balaslah perlakuan tidak baik yang datang dari pihak lawan dengan perlakuaan yang lebih baik.
Perlakuan seperti itu akan membuat orang yang bermusuhan denganmu seolah-olah menjadi seorang teman yang tulus
QS. Fussilat [41]: 34

Podcast

Doa

Soal & Pertanyaan Agama

Pendidikan Agama Islam #11

Masyarakat Arab sebelum Islam memiliki kebiasaan buruk, juga memiliki kebiasaan baik. Di bawah ini yang tidak termasuk kebiasaan baik masyarakat Arab sebelum Islam adalah … Berikut ini yang buka...

Pendidikan Agama Islam #29

Sebagai perumpamaan orang yang mengajak berbuat baik, tetapi dirinya sendiri tidak melakukan adalah … Berikut kedudukan orang yang menuntut ilmu, kecuali … potongan ayat di atas terdapat p...

Pendidikan Agama Islam #16

Selain berisi kisah-kisah umat terdahulu, dalam Alquran juga terdapat tamsil sebagai peringatan bagi manusia. Tamsil artinya … Alquran adalah mukjizat terbesar bagi Nabi Muhammad Shallallahu ...

Kamus

Imam Qurtubi

Siapa itu Imam Qurtubi? Al-Qurthubi atau Qurtubi adalah seorang Imam, Ahli hadits, Alim, dan seorang mufassir Al-Qur’an yang terkenal. Nama lengkapnya adalah “Abu ‘Abdullah Muhammad...

Al-Insan

Apa itu Al-Insan? Surah Al-Insan adalah surah ke-76 dalam Alquran. Surah ini tergolong surah Madaniyah yang terdiri atas 31 ayat. Dinamakan Al-Insan yang berarti Manusia diambil dari kata Al-Insaan y...

Tabi’in

Siapa itu Tabi’in? Tabi’in , adalah orang Islam awal yang masa hidupnya setelah para Sahabat Nabi dan tidak mengalami masa hidup Nabi Muhammad. Usianya tentu saja lebih muda dari Sahabat N...

wukuf

Apa itu wukuf? wu.kuf salah satu upacara menunaikan ibadah haji dengan berdiam di Arafah ketika mulai waktu tergelincir sampai terbenam matahari tanggal 9 Zulhijah … • wuquf

Janah

Di mana itu Janah? Jannah adalah konsep surga dalam ajaran agama Islam. Di dalam eskatologi Islam, setelah kematian seseorang akan tetap di dalam alam kubur sampai ‘Hari Kebangkitan’ . M...

Qabil dan Habil

Siapa itu Qabil dan Habil? Qabil dan Habil adalah dua orang putra Adam. Dalam Al-Qur’an surah Al-Ma’idah, Qabil merupakan tokoh yang melakukan pembunuhan pertama dengan membunuh saudara l...

Instagram