Search
Generic filters
Cari Kategori
🙏 Pilih semua
Quran
Hadits
Kamus
Podcast
Soal Agama
Artikel, Doa, dll.

HR. Muslim: 3516 – Putusnya kewajiban jihad

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الْمُثَنَّى وَمُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارٍ وَاللَّفْظُ لِابْنِ الْمُثَنَّى قَالَا حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ جَعْفَرٍ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ عَنْ أَبِي إِسْحَقَ أَنَّهُ سَمِعَ الْبَرَاءَ يَقُولُا فِي هَذِهِ الْآيَةِ { لَا يَسْتَوِي الْقَا
Shahih Muslim hadis nomor 3516
Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Mutsanna(1) dan Muhammad bin Basysyar(2) dan ini adalah lafadz Ibnu Mutsanna, keduanya berkata:
telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Ja’far(3) telah menceritakan kepada kami Syu’bah(4) dari Abu Ishaq(5) bahwa dia pernah mendengar Al Barra(6) berkomentar sehubungan dengan ayat ini:
‘(Tidaklah sama antara mukmin yang duduk (yang tidak ikut berperang) dengan orang-orang yang berjihad di jalan Allah …’)
(QS An-Nisa’ [4]: 95),
dan orang-orang yang berjihad di jalan Allah, kemudian Rasulullah ﷺ memerintahkan Zaid bin Tsabit untuk menulis ayat tersebut.

Lalu Zaid datang dengan membawa tulang (pundak) kambing untuk menulis ayat tersebut.
Tiba-tiba datanglah Ibnu Ummi Maktum mengadukan kesulitannya, tidak dapat turut berperang karena buta.

Kemudian turunlah ayat:
‘(Tidaklah sama antara mukmin yang duduk (yang tidak ikut berperang) yang tidak mempunyai ‘uzur dengan orang-orang yang berjihad di jalan Allah…’)
Syu’bah(4) berkata:
dan telah mengabarkan kepadaku Sa’d bin Ibrahim(8) dari seorang laki-laki(9) dari Zaid bin Tsabit(10) berhubungan dengan ayat ini:
‘(Tidaklah sama antara mukmin yang duduk (yang tidak ikut berperang) …’)
seperti hadis Al Barra.”

Dan Ibnu Basysyar(11) menyebutkan dalam riwayatnya:
Sa’d bin Ibrahim(8) dari ayahnya(13) dari seorang laki-laki(9) dari Zaid bin Tsabit(10).”


(3) 👤 Muhammad bin Ja’far , Al Hudzaliy, Abu ‘Abdullah , Ghundar ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 193 Hijriah (± 809 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah ⚑ Wafat di Bashrah.

(2) 👤 Muhammad bin Basysyar bin ‘Utsman, Al ‘Abdiy, Abu Bakar, Bindar ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 252 Hijriah (± 866 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah.


(4) 👤 Syu’bah bin Al Hajjaj bin Al Warad, Al Azdiy Al Wasithiy, Abu Bistham ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan tua ↺ Wafat tahun 160 Hijriah (± 777 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah ⚑ Wafat di Bashrah.

(5) 👤 Amru bin ‘Abdullah bin ‘Ubaid, As Suba’iy Al Hamdaniy, Abu Ishaq ✶ Tabi’in kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 128 Hijriah (± 746 Masehi) ☖ Hidup di Kufah ⚑ Wafat di Kufah.


(6) 👤 Al Bara’ bin ‘Azib bin Al Harits, Al Anshariy Al Ausiy, Abu ‘Imarah ✶ Shahabat ↺ Wafat tahun 72 Hijriah (± 691 Masehi) ☖ Hidup di Kufah ⚑ Wafat di Kufah.

(7) 👤 Syu’bah bin Al Hajjaj bin Al Warad, Al Azdiy Al Wasithiy, Abu Bistham ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan tua ↺ Wafat tahun 160 Hijriah (± 777 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah ⚑ Wafat di Bashrah.


(8) 👤 Sa’ad bin Ibrahim bin ‘Abdur Rahman bin ‘Auf, Az Zuhriy Al Qurasyiy, Abu Ishaq ✶ Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 125 Hijriah (± 743 Masehi) ☖ Hidup di Madinah ⚑ Wafat di Madinah.

(9) 👤 Nama tidak diketahui.


(10) 👤 Zaid bin Tsabit bin Adl Dlahhak, Al Anshariy An Najjariy, Abu Sa’id ✶ Shahabat ↺ Wafat tahun 45 Hijriah (± 665 Masehi) ☖ Hidup di Madinah ⚑ Wafat di Madinah.

(11) 👤 Muhammad bin Basysyar bin ‘Utsman, Al ‘Abdiy, Abu Bakar, Bindar ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 252 Hijriah (± 866 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah.


(12) 👤 Sa’ad bin Ibrahim bin ‘Abdur Rahman bin ‘Auf, Az Zuhriy Al Qurasyiy, Abu Ishaq ✶ Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 125 Hijriah (± 743 Masehi) ☖ Hidup di Madinah ⚑ Wafat di Madinah.

(13) 👤 Ibrahim bin ‘Abdur Rahman bin ‘Auf, Az Zuhriy Al Qurasyiy, Abu Ishaq ✶ Tabi’in kalangan tua ↺ Wafat tahun 96 Hijriah (± 715 Masehi) ☖ Hidup di Madinah ⚑ Wafat di Madinah.


(14) 👤 Nama tidak diketahui.

(15) 👤 Zaid bin Tsabit bin Adl Dlahhak, Al Anshariy An Najjariy, Abu Sa’id ✶ Shahabat ↺ Wafat tahun 45 Hijriah (± 665 Masehi) ☖ Hidup di Madinah ⚑ Wafat di Madinah.


Hadis ini memiliki penguat sebagai berikut:
Shahih Bukhari 2619
Shahih Bukhari 2620
Shahih Bukhari 4226
Shahih Bukhari 4227
Shahih Bukhari 4229
Shahih Muslim 3517
Sunan Tirmidzi 1593
Sunan Tirmidzi 2958
Sunan Tirmidzi 2959
Sunan Nasai 3048
Sunan Nasai 3049
Sunan Nasai 3050
Sunan Nasai 3051
• Musnad Ahmad 17754
• Musnad Ahmad 17775
• Musnad Ahmad 17908
• Musnad Ahmad 17931
• Musnad Ahmad 20618
• Musnad Ahmad 20677
• Musnad Darimi 2313
Bagi ke FB
Bagi ke TW
Bagi ke WA

Video Terkait

Load More
HR. Muslim: 3517 – Putusnya kewajiban jihad

… kami Ibnu Bisyr dari telah menceritakan kepadaku Abu Ishaq dari Al Barra dia berkata “Tatkala turunnya ayat ‘(Tidaklah sama antara mukmin yang duduk (yang tidak ikut berperang) …’ (Qs An Nisaa ) lalu Ibnu Ummi Maktum protes maka setelah itu turunlah ‘(yang tidak mempunyai ‘uzur)” • HR Muslim 3517, Hadits Shahih Muslim 3517, Hadits Muslim No. 3517

Hadits Shahih

Ayat Alquran Pilihan

Sesungguhnya Alquran ini memberikan petunjuk kepada) jalan (yang lebih lurus) lebih adil & lebih besar (dan memberi kabar gembira kepada orang-orang mukmin yang mengerjakan amal saleh bahwa bagi mereka ada pahala yang besar.)
QS. Al-Isra’ [17]: 9

Orang yang kembali (mengambil riba),
maka orang itu adalah penghuni-penghuni neraka,
mereka kekal di dalamnya.
QS. Al-Baqarah [2]: 275

Dan (ingatlah) Ibrahim,
ketika ia berkata kepada kaumnya:
“Sembahlah olehmu Allah & bertakwalah kepada-Nya.
Yang demikian itu adalah lebih baik bagimu,
jika kamu mengetahui.”
QS. Al-‘Ankabut [29]: 16

“Selamat & damai abadilah untuk kalian,
karena kesabaran kalian menahan derita & cobaan,
serta kesabaran kalian dalam memerangi keinginan nafsu.”
Betapa baiknya akibat yang kalian peroleh ini! Surga yang merupakan negeri kenikmatan.
QS. Ar-Ra’d [13]: 24

Podcast

Doa

Soal & Pertanyaan Agama

Pendidikan Agama Islam #8

Sumber kedua hukum dalam menetapkan Hukum tentang Alquran adalah … Hukum penggunaan hadis sebagai dasar hukum adalah … Orang yang menceritakan hadits disebut … Undang-undang tentang penggunaan Hadits-Maudu adalah … Berikut adalah hadits yang rusak, kecuali …

Pendidikan Agama Islam #7

Alquran adalah keterangan yang jelas untuk semua manusia, dan menjadi petunjuk serta pelajaran bagi orang-orang yang bertakwa. Penjelasan tersebut terdapat dalam surah … Hukum yang mengatur hubungan manusia dengan Tuhan secara lahiriah, manusia dengan sesama manusia dan orang-orang dengan lingkungannya disebut hukum … Hukum yang berkaitan dengan perilaku moral manusia dalam kehidupan disebut hukum … Sumber hukum tertinggi dalam Islam adalah ..Hadits adalah Mubayyin untuk Alquran. Arti dari Mubayyin adalah ..

Pendidikan Agama Islam #2

Salah satu Asmaul Husna, Allah memiliki sifat Al ‘Adl, yang berarti bahwa Allah … Allah memiliki sifat Yang Maha Mengumpulkan, yang artinya … Sifat adil Allah berlaku untuk … Salah satu Asmaul Husna adalah Al Akhir, yang berarti … Keberadaan Asmaul Husna, dijelaskan dalam Alquran surah …

Kamus

Istihsan

Apa itu Istihsan? is.tih.san pendapat yang berpegang pada kebaikan sesuatu bagi umat manusia sehingga apa yang dipandang baik boleh dikerjakan atau dipedomani ─────────── Fatwa yang dikeluarkan oleh seorang fâqih , hanya karena dia merasa hal itu adalah benar. Argumentasi dalam pikiran seorang fâqih tanpa bisa diekspresikan se … •

Subhanahu wa ta’ala

Apa itu Subhanahu wa ta’ala? Subhanahu Wa Ta’ala adalah singkatan dari dua sifat Allah, yaitu Subhanahu wa Ta’ala, yang artinya adalah Allah Yang Maha Suci dan Maha Tinggi. Dalam banyak teks Islam seperti yang ada di Al-Qur’an dan hadis, gelar ini umumnya disisipkan setelah menyebut nama Allah. سُبْحَانَهُ وَتَعَالَىٰ Subhanahu wa-ta ‘ala ta.a.la Mahati … • Subhanahu Wa Ta`ala, subhanahu wa ta’ala, Ta’ala, taala, SWT, S.W.T., s.w.t,

naqli

Apa itu naqli? naq.li berdasarkan Alquran dan hadis; berdasarkan naqal … •

Riba

Apa itu Riba? Riba adalah penetapan bunga atau melebihkan jumlah pinjaman saat pengembalian berdasarkan persentase tertentu dari jumlah pinjaman pokok yang dibebankan kepada peminjam. Riba secara bahasa bermakna ziyadah . Dalam pengertian lain, secara linguistik riba juga berarti tumbuh dan membesar. Sedangkan menurut istilah teknis, riba berarti penga … •

Al Lathiif

Apa itu Al Lathiif? Allah itu Al-Lathif ◀ Allah itu Al-Lathif, maksudnya adalah Allah itu Maha Lembut kepada siapapun yang dikehendaki-Nya. Dia memberikan anugerah kepada manusia dengan cara yang lembut dan halus sehingga kadang sering kali tidak disadari oleh mereka yang menerimanya. &128161; Untuk meneladani sifat Allah yang Maha Lembut ini, kita bisa melakuk … • Al-Lathiif, Al-Lathif, Al Lathif

Syirik

Apa itu Syirik? Syirik adalah itikad ataupun perbuatan yang menyamakan sesuatu selain Allah dan disandarkan pada Allah dalam hal rububiyyah dan uluhiyyah. Umumnya, menyekutukan dalam Uluhiyyah Allah yaitu hal-hal yang merupakan kekhususan bagi Allah, seperti berdo’a kepada selain Allah, atau memalingkan suatu bentuk ibadah seperti menyembelih , bernadzar, … • kesyirikan, sirik

Instagram