Search
Generic filters
Cari Kategori
🙏 Pilih semua
Quran
Hadits
Kamus
Podcast
Soal Agama
Artikel, Doa, dll.

HR. Muslim: 3503 – Keutamaan jihad dan ribath

حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ يَحْيَى التَّمِيمِيُّ حَدَّثَنَا عَبْدُ الْعَزِيزِ بْنُ أَبِي حَازِمٍ عَنْ أَبِيهِ عَنْ بَعْجَةَ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ عَنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُ قَالَ مِنْ خَيْرِ مَعَاشِ النَّاسِ لَهُمْ رَجُلٌ
Shahih Muslim hadis nomor 3503
Telah menceritakan kepada kami Yahya bin Yahya At Tamimi(1) telah menceritakan kepada kami Abdul Aziz bin Abu Hazim(2) dari Ayahnya(3) dari Ba’jah(4) dari Abu Hurairah(5) dari Rasulullah ﷺ, beliau bersabda:

“Sebaik-baik kehidupan manusia adalah seorang laki-laki yang memegang kendali kudanya dan bergegas untuk berjuang di jalan Allah, setiap kali mendengar suara musuh yang menakutkan atau sangat mengerikan, ia melompat ke atas punggung kudanya untuk mengharapkan kematian.
Atau seorang laki-laki yang berada dalam kumpulan kambing yang berada di puncak gunung atau berada di pedalaman lembah ini, ia mendirikan shalat, menunaikan zakat dan beribadah kepada Rabbnya sampai menemui ajalnya, tidaklah ia menjadi manusia kecuali dalam kebaikan.”

Telah menceritakan kepada kami Qutaibah bin Sa’id(6) dari Abdul Aziz bin Abu Hazim(2) dan Ya’qub yaitu Ibnu Abdurrahman Al Qari(8) keduanya dari Abu Hazim(9) dengan sanad ini, seperti hadis tersebut.
Dia (perawi) berkata:
dari Ba’jah bin Abdullah bin Badr, beliau bersabda:

‘Di bukit dari bukit-bukit ini, ‘ berbeda dengan riwayatnya Yahya.”

Dan telah menceritakan kepada kami Abu Bakar bin Abu Syaibah(10) dan Zuhair bin Harb(11) dan Abu Kuraib(12) mereka berkata,
telah menceritakan kepada kami Waki’(13) dari Usamah bin Zaid(14) dari Ba’jah bin Abdullah Al Juhani(15) dari Abu Hurairah(5) dari Nabi ﷺ semakna dengan hadis Abu Hazm dari Ba’jah, dia berkata,
“Di suatu bukit dari beberapa bukit.”


(3) 👤 Salamah bin Dinar, At Tammar, Abu Hazim, Al A’raj ✶ Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 135 Hijriah (± 753 Masehi) ☖ Hidup di Madinah.


(2) 👤 Abdul ‘Aziz bin Abi Hazim Salamah bin Dinar, Al Muharibiy, Abu Tammam ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 184 Hijriah (± 800 Masehi) ☖ Hidup di Madinah ⚑ Wafat di Madinah .

(4) 👤 Ba’jah bin ‘Abdullah bin Badar ✶ Tabi’in kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 100 Hijriah (± 719 Masehi) ☖ Hidup di Madinah ⚑ Wafat di Madinah.


(5) 👤 Abdur Rahman bin Shakhr, Ad Dawsiy Al Yamaniy, Abu Hurairah ✶ Shahabat ↺ Wafat tahun 57 Hijriah (± 677 Masehi) ☖ Hidup di Madinah ⚑ Wafat di Madinah.

(6) 👤 Qutaibah bin Sa’id bin Jamil bin Tharif bin ‘Abdullah , Ats Tsaqafiy Al Baghlaniy, Abu Raja’ ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 240 Hijriah (± 854 Masehi) ☖ Hidup di Himsh.


(7) 👤 Abdul ‘Aziz bin Abi Hazim Salamah bin Dinar, Al Muharibiy, Abu Tammam ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 184 Hijriah (± 800 Masehi) ☖ Hidup di Madinah ⚑ Wafat di Madinah .

(8) 👤 Ya’qub bin ‘Abdur Rahman bin Muhammad bin ‘Abdullah bin ‘Abdul Qariy, Al Madaniy Al Qariy ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 181 Hijriah (± 797 Masehi) ☖ Hidup di Maru.


(9) 👤 Salamah bin Dinar, At Tammar, Abu Hazim, Al A’raj ✶ Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 135 Hijriah (± 753 Masehi) ☖ Hidup di Madinah.

(10) 👤 Abdullah bin Muhammad bin Abi Syaibah Ibrahim bin ‘Utsman, Al ‘Abasiy, Abu Bakar ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 235 Hijriah (± 850 Masehi) ☖ Hidup di Kufah.


(11) 👤 Zuhair bin Harb bin Syaddad, Al Harasyiy An Nasa’iy, Abu Khaitsamah ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 234 Hijriah (± 849 Masehi) ☖ Hidup di Baghdad ⚑ Wafat di Baghdad.

(12) 👤 Muhammad bin Al ‘Alaa’ bin Kuraib, Al Hamdaniy, Abu Kuraib ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 248 Hijriah (± 862 Masehi) ☖ Hidup di Kufah.


(13) 👤 Waki’ bin Al Jarrah bin Malih, Ar Ru’asiy, Abu Sufyan ✶ Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 196 Hijriah (± 812 Masehi) ☖ Hidup di Kufah ⚑ Wafat di Ainul Wardah.

(14) 👤 Usamah bin Zaid , Al Laitsiy, Abu Zaid ✶ Tabi’in kalangan tua ↺ Wafat tahun 153 Hijriah (± 770 Masehi) ☖ Hidup di Madinah.


(15) 👤 Ba’jah bin ‘Abdullah bin Badar ✶ Tabi’in kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 100 Hijriah (± 719 Masehi) ☖ Hidup di Madinah ⚑ Wafat di Madinah.

(16) 👤 Abdur Rahman bin Shakhr, Ad Dawsiy Al Yamaniy, Abu Hurairah ✶ Shahabat ↺ Wafat tahun 57 Hijriah (± 677 Masehi) ☖ Hidup di Madinah ⚑ Wafat di Madinah.




Hadis ini memiliki penguat sebagai berikut:
Sunan Tirmidzi 1576
Sunan Ibnu Majah 3967
Bagi ke FB
Bagi ke TW
Bagi ke WA

Video Terkait

Load More

Hadits Shahih

Ayat Alquran Pilihan

Pada hari kiamat orang punya urusan yang cukup menyibukkan.
Banyak muka pada hari itu berseri, tertawa & gembira, dan banyak (pula) muka tertutup debu, ditutup lagi oleh kegelapan.
Mereka itulah orang-orang kafir lagi durhaka.
QS. ‘Abasa [80]: 37-42

Dan orang-orang yang tidak mampu menikah hendaklah menjaga kesucian (diri)nya,
sampai Allah memberi kemampuan kepada mereka dengan karunia-Nya.
QS. An-Nur [24]: 33

Dan janganlah kamu menyerupai orang-orang yang bercerai-berai & berselisih sesudah datang keterangan yang jelas kepada mereka.
Mereka itulah orang-orang yang mendapat siksa yang berat,
QS. Ali ‘Imran [3]: 105

Dan kecelakaan besarlah bagi orang-orang yang mempersekutukan-Nya,

(yaitu) orang-orang yang tidak menunaikan zakat & mereka kafir akan adanya (kehidupan) akhirat.
QS. Fussilat [41]: 6-7

Podcast

Doa

Soal & Pertanyaan Agama

Pendidikan Agama Islam #20

Berikut adalah contoh bahwa Allah Subhanahu Wa Ta`ala Maha Mendahulukan. Zakat menurut bahasa زكة , yang bermakna …Yang termasuk mustahiq (orang berhak menerima zakat) berikut yaitu … Setel...

Pendidikan Agama Islam #12

Masyarakat Mekkah pada awal nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam berdakwah waktu itu sedang dilanda berbagai krisis, dan yang paling menonjol adalah krisis … Nabi Muhammad Shallalla...

Pendidikan Agama Islam #18

Turunnya surah Ad-Dhuha menunjukkan… ..kepada Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam.Surah Ad-Dhuha ayat ke-enam menunjukkan salah satu masa Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa...

Kamus

Ihsan

Apa itu Ihsan? Ihsan adalah seseorang yang menyembah Allah seolah-olah ia melihat-Nya, dan jika ia tidak mampu membayangkan melihat-Nya, maka orang tersebut membayangkan bahwa sesungguhnya Allah meli...

Ramlah binti Abu Sufyan

Siapa itu Ramlah binti Abu Sufyan? Ummu Habibah Ramlah binti Abi Sufyan al-Umawiyyah al-Qurasyiyah al-Kinaniyyah atau lebih dikenal dengan Ummu Habibah, Ramlah binti Abu Sufyan atau Ramlah binti Abi ...

Al Muqiit

Apa itu Al Muqiit? Allah itu Al-Muqit ◀ ● Yang Maha Menjaga, yakni yang memberikan penjagaan terhadap sesuatu sesuai dengan kebutuhannya, al-Hafizh. Hal ini disebutkan oleh Ibnu Abbas, Qatadah, d...

kafir muahid

Apa itu kafir muahid? orang kafir yang telah mengadakan perjanjian dengan umat Islam bahwa mereka tidak akan menyerang atau bermusuhan dengan umat Islam selama perjanjian berlaku … •

Al Kabiir

Apa itu Al Kabiir? Allah itu Al-Kabir ◀ Artinya adalah Allah itu Maha Besar dan kebesaran-Nya sungguh tidak terkira. &128161; Allah tidak bergantung kepada apapun dan siapapun, justru semua it...

Instagram