Search
Generic filters
Cari Kategori
🙏 Pilih semua
Quran
Hadits
Kamus
Podcast
Soal Agama
Artikel, Doa, dll.

HR. Abu Daud: 96 – Sifat wudlu Nabi Shallallahu ‘alaihi wa Sallam

حَدَّثَنَا الْحَسَنُ بْنُ عَلِيٍّ الْحُلْوَانِيُّ حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّزَّاقِ أَخْبَرَنَا مَعْمَرٌ عَنْ الزُّهْرِيِّ عَنْ عَطَاءِ بْنِ يَزِيدَ اللَّيْثِيِّ عَنْ حُمْرَانَ بْنِ أَبَانَ مَوْلَى عُثْمَانَ بْنِ عَفَّانَ قَالَ
رَأَيْتُ عُثْمَانَ بْنَ عَفَّانَ تَوَضَّأَ فَأَفْرَغَ عَلَى يَدَيْهِ ثَلَاثًا فَغَسَلَهُمَا ثُمَّ تَمَضْمَضَ وَاسْتَنْثَرَ ثُمَّ غَسَلَ وَجْهَهُ ثَلَاثًا وَغَسَلَ يَدَهُ الْيُمْنَى إِلَى الْمِرْفَقِ ثَلَاثًا ثُمَّ الْيُسْرَى مِثْلَ ذَلِكَ ثُمَّ مَسَحَ رَأْسَهُ ثُمَّ غَسَلَ قَدَمَهُ الْيُمْنَى ثَلَاثًا ثُمَّ الْيُسْرَى مِثْلَ ذَلِكَ ثُمَّ قَالَ رَأَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ تَوَضَّأَ مِثْلَ وُضُوئِي هَذَا ثُمَّ قَالَ مَنْ تَوَضَّأَ مِثْلَ وُضُوئِي هَذَا ثُمَّ صَلَّى رَكْعَتَيْنِ لَا يُحَدِّثُ فِيهِمَا نَفْسَهُ غَفَرَ اللَّهُ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ
حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الْمُثَنَّى حَدَّثَنَا الضَّحَّاكُ بْنُ مَخْلَدٍ حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ وَرْدَانَ حَدَّثَنِي أَبُو سَلَمَةَ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ حَدَّثَنِي حُمْرَانُ قَالَ رَأَيْتُ عُثْمَانَ بْنَ عَفَّانَ تَوَضَّأَ فَذَكَرَ نَحْوَهُ وَلَمْ يَذْكُرْ الْمَضْمَضَةَ وَالِاسْتِنْشَاقَ وَقَالَ فِيهِ وَمَسَحَ رَأْسَهُ ثَلَاثًا ثُمَّ غَسَلَ رِجْلَيْهِ ثَلَاثًا ثُمَّ قَالَ رَأَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ تَوَضَّأَ هَكَذَا وَقَالَ مَنْ تَوَضَّأَ دُونَ هَذَا كَفَاهُ وَلَمْ يَذْكُرْ أَمْرَ الصَّلَاةِ

Sunan Abu Daud hadis nomor 96

Telah menceritakan kepada kami Al Hasan bin Ali Al Hulwani(1) telah menceritakan kepada kami Abdurrazzaq(2) telah mengabarkan kepada kami Ma’mar(3) dari Az Zuhri(4) dari ‘Atha` bin Yazid Al Laitsi(5) dari Humran bin Aban(6) mantan sahaya Utsman bin Affan, dia berkata:
Saya pernah melihat Utsman bin Affan(7) berwudhu, dia menuangkan air pada kedua tangannya tiga kali lalu membasuhnya, kemudian berkumur dan beristinsyaq, lalu membasuh wajahnya tiga kali, membasuh tangan kanannya hingga siku tiga kali, kemudian yang kiri juga demikian, lalu mengusap kepalanya, kemudian membasuh kaki kanannya tiga kali, lalu yang kiri juga demikian, kemudian berkata:
Saya pernah melihat Rasulullah ﷺ berwudhu seperti wudhuku ini, kemudian bersabda:

“Barangsiapa yang berwudhu seperti wudhuku ini kemudian shalat dua rakaat yang mana dia tidak membicarakan keduanya pada dirinya, maka Allah akan mengampuni dosa-dosanya yang telah lalu”.
Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Al Mutsanna(8) telah menceritakan kepada kami Adh Dhahhak bin Mikhlad(9) telah menceritakan kepada kami Abdurrahman bin Wardan(10) telah menceritakan kepadaku Abu Salamah bin Abdurrahman(11) telah menceritakan kepadaku Humran(12) dia berkata:
Saya pernah melihat Utsman bin Affan(7) berwudhu, kemudian dia menyebutkan hadis semisalnya, namun dia tidak menyebutkan tentang berkumur dan beristinsyaq, dan dia dalam hadis tersebut menyebutkan:
“dan dia mengusap kepalanya tiga kali kemudian membasuh kedua kakinya tiga kali lalu berkata:
Saya pernah melihat Rasulullah ﷺ berwudhu seperti ini dan bersabda:

“Barangsiapa yang berwudhu kurang dari ini maka mencukupunya”, dan dia (Abu Salamah) tidak menyebutkan tentang perkara shalat.


(1) Al Hasan bin ‘Ali bin Muhammad, Al Khallal Al Hulwaniy, Abu ‘Ali, Tabi’ul Atba’ kalangan pertengahan, wafat tahun 242 H, hidup di Marur Rawdz.

(2) Abdur Razzaq bin Hammam bin Nafi’, Al Humairiy Ash Shan’aniy, Abu Bakar, Tabi’ut Tabi’in kalangan biasa, wafat tahun 211 H, hidup di Yaman, wafat di Yaman.

(3) Ma’mar bin Raosyid, Al Azdiy Al Bashriy, Abu ‘Urwah, Tabi’ut Tabi’in kalangan tua, wafat tahun 154 H, hidup di Yaman.

(4) Muhammad bin Muslim bin ‘Ubaidillah bin ‘Abdullah bin Syihab, Al Qurasyiy Az Zuhriy, Abu Bakar, Tabi’ut Tabi’in kalangan pertengahan, wafat tahun 124 H, hidup di Madinah.

(5) Atha’ bin Yazid, Al Laitsiy Al Janda’iy, Abu Muhammad, Tabi’in kalangan pertengahan, wafat tahun 107 H, hidup di Madinah.

(6) “Humran bin Abban, maulaUtsman”, Tabi’in kalangan tua, wafat tahun 76 H, hidup di Bashrah.

(7) Utsman bin ‘Affan bin Abi Al ‘Ash bin Umayyah, Al Qurasyiy Al Umawiy, Abu ‘Amru, Dzu An Nurain, Shahabat, wafat tahun 35 H, hidup di Madinah, wafat di Madinah.

(8) Muhammad bin Al Mutsannaa bin ‘Ubaid, Al ‘Anaziy, Abu Musa, Az Zaman, Tabi’ul Atba’ kalangan tua, wafat tahun 252 H, hidup di Bashrah.

(9) Adl Dlahhaak bin Makhlad bin Adl Dlahhaak bin Muslim, Abu ‘Ashim, Tabi’ut Tabi’in kalangan biasa, wafat tahun 212 H, hidup di Bashrah, wafat di Bashrah.

(10) Abdur Rahman bin Wardan, Al Ghifariy Al Mu’adzin, Abu Bakar, Tabi’in kalangan biasa, hidup di Marur Rawdz.

(11) Abdullah bin ‘Abdur Rahman bin ‘Auf, Az Zuhriy, Abu Salamah, Tabi’in kalangan pertengahan, wafat tahun 94 H, hidup di Madinah, wafat di Madinah.

(12) “Humran bin Abban, maulaUtsman”, Tabi’in kalangan tua, wafat tahun 76 H, hidup di Bashrah.

(13) Utsman bin ‘Affan bin Abi Al ‘Ash bin Umayyah, Al Qurasyiy Al Umawiy, Abu ‘Amru, Dzu An Nurain, Shahabat, wafat tahun 35 H, hidup di Madinah, wafat di Madinah.


Hadis ini memiliki penguat sebagai berikut:

Shahih Bukhari 155
Shahih Bukhari 159
Shahih Bukhari 1798
Shahih Bukhari 5953
Shahih Muslim 331
Shahih Muslim 332
Sunan Abu Daud 770
Sunan Nasai 151
Musnad Ahmad 393
Musnad Ahmad 395
Musnad Ahmad 429
Musnad Ahmad 448
Musnad Ahmad 458
Musnad Ahmad 16439
Musnad Ahmad 26225
• Musnad Darimi 690

Bagikan ke FB
Bagikan ke TW
Bagikan ke WA

Video Terkait

More Videos

Hadits Shahih

Ayat Alquran Pilihan

Tidakkah mereka perhatikan, bahwa Kami telah jadikan (negeri mereka) tanah suci yang aman, padahal manusia di sekitarnya saling merampok.
Mengapa (setelah nyata kebenaran) mereka masih percaya kepada yang batil & ingkari nikmat Allah?
QS. Al-‘Ankabut [29]: 67

Dan barang siapa kafir maka kekafirannya itu janganlah menyedihkanmu.
Hanya kepada Kami-lah mereka kembali,
lalu Kami beritakan kepada mereka apa yang telah mereka kerjakan.
Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui segala isi hati.
QS. Luqman [31]: 23

Hanya Engkaulah yang kami sembah,
dan hanya kepada Engkaulah kami meminta pertolongan.
QS. Al-Fatihah [1]: 5

Kamu sekali-kali tidak sampai kepada kebajikan (yang sempurna),
sebelum kamu menafkahkan sebagian harta yang kamu cintai.
Dan apa saja yang kamu nafkahkan maka sesungguhnya Allah mengetahuinya.
QS. Ali ‘Imran [3]: 92

Podcast

Doa

Soal & Pertanyaan Agama

Pendidikan Agama Islam #16

Selain berisi kisah-kisah umat terdahulu, dalam Alquran juga terdapat tamsil sebagai peringatan bagi manusia. Tamsil artinya … Alquran adalah mukjizat terbesar bagi Nabi Muhammad Shallallahu ...

Pendidikan Agama Islam #30

Yang diajarkan oleh Rasulullah adalah jika kita melihat kemungkaran untuk mencegahnya pertama kali dengan … بَلِّغُوا عَنِّى وَلَوْ آيَةً Arti dari hadist diatas adalah...

Pendidikan Agama Islam #18

Turunnya surah Ad-Dhuha menunjukkan… ..kepada Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam.Surah Ad-Dhuha ayat ke-enam menunjukkan salah satu masa Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa...

Kamus

An-Nashir

Siapa itu An-Nashir? An-Nashir Lidinillah bergelar Abu al-Abbas dengan nama asli Ahmad bin al-Mustadhi’ Biamrillah adalah Khalifah ke-34 Bani Abbasiyah di Baghdad dari 1180 hingga 1225. Adz-D...

Asy’ariyah

Apa itu Asy’ariyah? Asy’ariyah adalah mazhab teologi yang disandarkan kepada Imam Abul Hasan al-Asy’ari . Asy’ariyah mengambil dasar keyakinannya dari Kullabiyah, yaitu pemikir...

mahar musama

Apa itu mahar musama? maskawin yang ditentukan jumlahnya pada waktu melakukan akad nikah … •

Kufah

Di mana itu Kufah? Kufah merupakan sebuah kota di Iraq. Ia terletak 10 km di timur laut Najaf dan 170 km di selatan Bagdad. Diperkirakan kota ini mempunyai 110.000 penduduk pada 2003. Bersama-sama de...

Al Awwal

Apa itu Al Awwal? Allah itu Al-Awal ◀ Dia adalah Yang Maha Awal dari segala sesuatu. Dialah Sang Pencipta, dan tidaklah mungkin Sang Pencipta diawali oleh ciptaan-Nya. Allah adalah Dzat Yang Menga...

Al Muqsith

Apa itu Al Muqsith? Allah itu Al-Muqsith ◀ Artinya adalah Allah itu Yang Maha Memberi Keadilan. Allah itu Maha Adil, sehingga Dia akan memberikan keadilan bagi siapa saja yang memang pantas untuk m...

Instagram