Search
Generic filters
Cari Kategori
🙏 Pilih semua
Quran
Hadits
Kamus
Podcast
Soal Agama
Artikel, Doa, dll.

HR. Abu Daud: 49 – Bersiwak termasuk dari fitrah

حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ مَعِينٍ حَدَّثَنَا وَكِيعٌ عَنْ زَكَرِيَّا بْنِ أَبِي زَائِدَةَ عَنْ مُصْعَبِ بْنِ شَيْبَةَ عَنْ طَلْقِ بْنِ حَبِيبٍ عَنْ ابْنِ الزُّبَيْرِ عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ
قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَشْرٌ مِنْ الْفِطْرَةِ قَصُّ الشَّارِبِ وَإِعْفَاءُ اللِّحْيَةِ وَالسِّوَاكُ وَالِاسْتِنْشَاقُ بِالْمَاءِ وَقَصُّ الْأَظْفَارِ وَغَسْلُ الْبَرَاجِمِ وَنَتْفُ الْإِبِطِ وَحَلْقُ الْعَانَةِ وَانْتِقَاصُ الْمَاءِ يَعْنِي الِاسْتِنْجَاءَ بِالْمَاءِ
قَالَ زَكَرِيَّا قَالَ مُصْعَبٌ وَنَسِيتُ الْعَاشِرَةَ إِلَّا أَنْ تَكُونَ الْمَضْمَضَةَ حَدَّثَنَا مُوسَى بْنُ إِسْمَعِيلَ وَدَاوُدُ بْنُ شَبِيبٍ قَالَا حَدَّثَنَا حَمَّادٌ عَنْ عَلِيِّ بْنِ زَيْدٍ عَنْ سَلَمَةَ بْنِ مُحَمَّدِ بْنِ عَمَّارِ بْنِ يَاسِرٍ قَالَ مُوسَى عَنْ أَبِيهِ و قَالَ دَاوُدُ عَنْ عَمَّارِ بْنِ يَاسِرٍ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِنَّ مِنْ الْفِطْرَةِ الْمَضْمَضَةَ وَالِاسْتِنْشَاقَ فَذَكَرَ نَحْوَهُ وَلَمْ يَذْكُرْ إِعْفَاءَ اللِّحْيَةِ وَزَادَ وَالْخِتَانَ قَالَ وَالِانْتِضَاحَ وَلَمْ يَذْكُرْ انْتِقَاصَ الْمَاءِ يَعْنِي الِاسْتِنْجَاءَ قَالَ أَبُو دَاوُد وَرُوِيَ نَحْوُهُ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ وَقَالَ خَمْسٌ كُلُّهَا فِي الرَّأْسِ وَذَكَرَ فِيهَا الْفَرْقَ وَلَمْ يَذْكُرْ إِعْفَاءَ اللِّحْيَةِ قَالَ أَبُو دَاوُد وَرُوِيَ نَحْوُ حَدِيثِ حَمَّادٍ عَنْ طَلْقِ بْنِ حَبِيبٍ وَمُجَاهِدٍ وَعَنْ بَكْرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ الْمُزَنِيِّ قَوْلُهُمْ وَلَمْ يَذْكُرُوا إِعْفَاءَ اللِّحْيَةِ وَفِي حَدِيثِ مُحَمَّدِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ أَبِي مَرْيَمَ عَنْ أَبِي سَلَمَةَ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِيهِ وَإِعْفَاءُ اللِّحْيَةِ وَعَنْ إِبْرَاهِيمَ النَّخَعِيِّ نَحْوُهُ وَذَكَرَ إِعْفَاءَ اللِّحْيَةِ وَالْخِتَانَ
Sunan Abu Daud hadis nomor 49
Telah menceritakan kepada kami Yahya bin Ma’in(1) telah menceritakan kepada kami Waqi’(2) dari Zakaria bin Abu Za`idah(3) dari Mush’ab bin Syaibah(4) dari Thalq bin habib(5) dari Ibnu Az Zubair(6) dari Aisyah(7) dia berkata:
Rasulullah ﷺ bersabda:

“Sepuluh perkara yang termasuk fithrah:
Memotong kumis, memelihara jenggot (membiarkannya tumbuh),
bersiwak, beristinsyaq dengan air, memotong kuku, membasuh sela-sela jari-jari, mencabut bulu ketiak, mencukur bulu kemaluan, dan beristinja` dengan air.”

Zakaria berkata:
Mush’ab menerangkan:
“Saya lupa yang kesepuluh tapi kemungkinan besar ia adalah berkumur.”

Telah menceritakan kepada kami Musa bin Isma’il(8) dan Dawud bin Syabib(9) mereka berdua berkata:
telah menceritakan kepada kami Hammad(10) dari Ali bin Zaid(11) dari Salamah bin Muhammad bin Ammar bin Yasir(12), Musa(13) berkata dari Ayahnya(14).
Dan Dawud(15) berkata:
dari Ammar bin Yasir(16), bahwasanya Rasulullah ﷺ bersabda:

“Sesungguhnya di anatara perkara fithrah adalah berkumur dan beristinsyaq, ” lalu dia menyebutkan hadis semisalnya, namun dia tidak menyebutkan perihal memelihara jenggot tetapi menambahkan:
dan khitan.

Dia menyebutkan perihal memercikkan air ke bagian kemaluan untuk menghilangkan was was dan tidak menyebutkan perihal beristinja` dengan air.
Abu Dawud berkata:
Dan telah diriwayatkan hadis semisalnya dari Ibnu Abbas dan dia menyebutkan:
Lima perkara fithrah yang semuanya di bagian kepala, kemudian dia menyebutkan perihal membelah rambut (setengah ke kanan dan setengah ke kiri) dan tidak menyebutkan perihal memelihara jenggot.

Abu Dawud berkata:
Dan telah diriwayatkan semisal hadis Hammad, dari Thalq bin Habib dan Mujahid dan dari Bakr bin Abdullah Al Muzani ucapan mereka, dan mereka tidak menyebutkan perihal memelihara jenggot.
Dan di dalam hadis Muhammad bin Abdullah bin Abu Maryam(17) dari Abu salamah(18) dari Abu Hurairah(19) dari Nabi ﷺ, di dalamnya terdapat penyebutan perihal memelihara jenggot.

Dan dari Ibrahim An Nakha’i semisalnya, dan dia menyebutkan perihal memelihara jenggot dan khitan.


(1) 👤 Yahya bin Ma’in bin ‘Aun, Al Ghathafaniy, Abu Zakariya ✶ Tabi’ul Atba’ kalangan tua ↺ Wafat tahun 233 Hijriah (± 848 Masehi) ☖ Hidup di Baghdad ⚑ Wafat di Madinah.


(2) 👤 Waki’ bin Al Jarrah bin Malih, Ar Ru’asiy, Abu Sufyan ✶ Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 196 Hijriah (± 812 Masehi) ☖ Hidup di Kufah ⚑ Wafat di Ainul Wardah.

(3) 👤 Zakariya bin Abi Za’idah Khalid, Al Hamdaniy Al Wadi’iy, Abu Yahya ✶ Tabi’in (tidak jumpa Shahabat) ↺ Wafat tahun 148 Hijriah (± 765 Masehi) ☖ Hidup di Kufah.


(4) 👤 Mush’ab bin Syaibah bin Jubair, Al ‘Abdariy Al Hajabiy ✶ Tabi’in kalangan biasa ☖ Hidup di Marur Rawdz.

(5) 👤 Thalq bin Habib, Al ‘Anaziy ✶ Tabi’in kalangan pertengahan ☖ Hidup di Baghdad ⚑ Wafat di Hait.


(6) 👤 Abdullah bin Az Zubair bin Al ‘Awwam bin Khuwailid bin Asad, Al Asadiy Al Qurasyiy, Abu Bakar ✶ Shahabat ↺ Wafat tahun 73 Hijriah (± 692 Masehi) ☖ Hidup di Marur Rawdz ⚑ Wafat di Marur Rawdz.

(7) 👤 Aisyah binti Abi Bakar Ash Shiddiq, At Taymiyyah, Ummu ‘Abdullah, Ummu Al Mu’minin ✶ Shahabat ↺ Wafat tahun 58 Hijriah (± Masehi) ☖ Hidup di Madinah ⚑ Wafat di Madinah.


(8) 👤 Musa bin Isma’il, At Tabudzakiy Al Manqiriy, Abu Salamah ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 223 Hijriah (± 838 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah ⚑ Wafat di Bashrah.

(9) 👤 Daud bin Syabib, Abu Sulaiman ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 223 Hijriah (± 838 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah.


(10) 👤 Hammad bin Salamah bin Dinar, Abu Salamah, Al Khazzaz ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 167 Hijriah (± 784 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah.

(11) 👤 Ali bin Zaid bin ‘Abdullah bin Jud’an, At Taymiy, Abu Al Hasan ✶ Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 131 Hijriah (± 749 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah.


(12) 👤 Salamah bin Muhammad bin ‘Ammar bin Yasir, Al ‘Anasiy ✶ Tabi’in kalangan biasa ☖ Hidup di Madinah.

(13) 👤 Musa bin Isma’il, At Tabudzakiy Al Manqiriy, Abu Salamah ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 223 Hijriah (± 838 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah ⚑ Wafat di Bashrah.


(14) 👤 Muhammad bin ‘Ammar bin Yasir, Al ‘Ansiy ✶ Tabi’in kalangan biasa.

(15) 👤 Daud bin Syabib, Abu Sulaiman ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan biasa ↺ Wafat tahun 223 Hijriah (± 838 Masehi) ☖ Hidup di Bashrah.


(16) 👤 Ammar bin Yasir bin ‘Amir bin Malik bin Kinanah bin Qays, Al ‘Anasiy Al Madaniy, Abu Al Yaqzhan ✶ Shahabat ↺ Wafat tahun 37 Hijriah (± 657 Masehi) ☖ Hidup di Kufah ⚑ Wafat di Sharifain.

(17) 👤 Muhammad bin ‘Abdullah bin Abi Maryam, Al Khuza’iy ✶ Tabi’ut Tabi’in kalangan tua ☖ Hidup di Madinah.


(18) 👤 Abdullah bin ‘Abdur Rahman bin ‘Auf, Az Zuhriy, Abu Salamah ✶ Tabi’in kalangan pertengahan ↺ Wafat tahun 94 Hijriah (± 713 Masehi) ☖ Hidup di Madinah ⚑ Wafat di Madinah.

(19) 👤 Abdur Rahman bin Shakhr, Ad Dawsiy Al Yamaniy, Abu Hurairah ✶ Shahabat ↺ Wafat tahun 57 Hijriah (± 677 Masehi) ☖ Hidup di Madinah ⚑ Wafat di Madinah.




Hadis ini memiliki penguat sebagai berikut:
Shahih Bukhari 5438
Shahih Muslim 384
Sunan Tirmidzi 2681
Sunan Ibnu Majah 289
Sunan Ibnu Majah 290
• Musnad Ahmad 23909
Bagi ke FB
Bagi ke TW
Bagi ke WA

Video Terkait

Load More

Hadits Shahih

Ayat Alquran Pilihan

(Ismail) menjawab:
“Ayahku,
kerjakanlah apa yang diperintahkan kepadamu,
insya Allah kau akan mendapatiku termasuk orang-orang yang sabar”
QS. As-Saffat [37]: 102

Di mana saja kamu berada,
kematian akan mendapatkan kamu,
kendatipun kamu di dalam benteng yang tinggi lagi kokoh,
QS. An-Nisa’ [4]: 78

dan pada pergantian malam & siang & hujan yang diturunkan Allah dari langit lalu dihidupkan-Nya dengan air hujan itu bumi sesudah matinya,
dan pada perkisaran angin terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang berakal.
QS. Al-Jasiyah [45]: 5

Sesungguhnya Allah adalah pelindung orang yang beriman,
karena sesungguhnya orang kafir itu tiada mempunyai pelindung.
QS. Muhammad [47]: 11

Podcast

Doa

Soal & Pertanyaan Agama

Pendidikan Agama Islam #20

Berikut adalah contoh bahwa Allah Subhanahu Wa Ta`ala Maha Mendahulukan. Zakat menurut bahasa زكة , yang bermakna …Yang termasuk mustahiq (orang berhak menerima zakat) berikut yaitu … Setel...

Pendidikan Agama Islam #27

Surah yang terpendek dalam Alquran adalah … Surah yang tidak diawali basmalah adalah … Surah yang pertama kali turun secara lengkap adalah … Proses turunnya wahyu berlangsung selama ...

Pendidikan Agama Islam #6

Sifat dasar hukum Alquran adalah keseimbangan dalam hal aspek material dan psikologis, yang disebut sebagai … Alquran dimulai dengan surah Al Fatihah (pembukaan) dan berakhir dengan surah …...

Kamus

Qiyas

Apa itu Qiyas? Qiyas adalah menggabungkan atau menyamakan artinya menetapkan suatu hukum atau suatu perkara yang baru yang belum ada pada masa sebelumnya namun memiliki kesamaan dalam sebab, manfaat, ...

Musa `alaihis salam

Siapa itu Musa `alaihis salam? Musa adalah seorang pemimpin dan nabi orang Israel yang menyampaikan Hukum Taurat dan menuliskannya dalam Pentateveh/Pentate … • Musa

Imran bin Hushain

Siapa itu Imran bin Hushain? Imran bin Hushain adalah salah seorang Sahabat Nabi Muhammad, qadi, serta periwayat hadits. Nama lengkapnya ialah Imran bin Hushain bin Ubaid bin Khalaf al-Khuza’i....

Tayammum

Apa itu Tayammum? Tayammum mengacu pada tindakan menyucikan diri tanpa menggunakan air dalam Islam, yaitu dengan menggunakan pasir atau debu. Secara literal atau bahasa, tayamum bermakna al-qashd, wa...

Al Muhyii

Apa itu Al Muhyii? Allah itu Al-Muhyi ◀ Artinya adalah Allah itu Yang Maha Menghidupkan. Allah Subhanahu wa Ta’ala yang memberi kehidupan bagi seluruh makhluk-Nya. Segala kehidupan yang ada d...

Muhammad Ali Ash Shabuni

Siapa itu Muhammad Ali Ash Shabuni? Prof. DR. Muhammad Ali ash-Shabuni (محمد علي الصابوني‎, lahir di Aleppo, Suriah, 1 Januari 1930; adalah seorang mufassir dan ulama yang berasal dar...

Instagram