Search
Generic filters
Cari Kategori
🙏 Pilih semua
Quran
Hadits
Kamus
Podcast
Soal Agama
Artikel, Doa, dll.

HR. Abu Daud: 49 – Bersiwak termasuk dari fitrah

حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ مَعِينٍ حَدَّثَنَا وَكِيعٌ عَنْ زَكَرِيَّا بْنِ أَبِي زَائِدَةَ عَنْ مُصْعَبِ بْنِ شَيْبَةَ عَنْ طَلْقِ بْنِ حَبِيبٍ عَنْ ابْنِ الزُّبَيْرِ عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ
قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَشْرٌ مِنْ الْفِطْرَةِ قَصُّ الشَّارِبِ وَإِعْفَاءُ اللِّحْيَةِ وَالسِّوَاكُ وَالِاسْتِنْشَاقُ بِالْمَاءِ وَقَصُّ الْأَظْفَارِ وَغَسْلُ الْبَرَاجِمِ وَنَتْفُ الْإِبِطِ وَحَلْقُ الْعَانَةِ وَانْتِقَاصُ الْمَاءِ يَعْنِي الِاسْتِنْجَاءَ بِالْمَاءِ
قَالَ زَكَرِيَّا قَالَ مُصْعَبٌ وَنَسِيتُ الْعَاشِرَةَ إِلَّا أَنْ تَكُونَ الْمَضْمَضَةَ حَدَّثَنَا مُوسَى بْنُ إِسْمَعِيلَ وَدَاوُدُ بْنُ شَبِيبٍ قَالَا حَدَّثَنَا حَمَّادٌ عَنْ عَلِيِّ بْنِ زَيْدٍ عَنْ سَلَمَةَ بْنِ مُحَمَّدِ بْنِ عَمَّارِ بْنِ يَاسِرٍ قَالَ مُوسَى عَنْ أَبِيهِ و قَالَ دَاوُدُ عَنْ عَمَّارِ بْنِ يَاسِرٍ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِنَّ مِنْ الْفِطْرَةِ الْمَضْمَضَةَ وَالِاسْتِنْشَاقَ فَذَكَرَ نَحْوَهُ وَلَمْ يَذْكُرْ إِعْفَاءَ اللِّحْيَةِ وَزَادَ وَالْخِتَانَ قَالَ وَالِانْتِضَاحَ وَلَمْ يَذْكُرْ انْتِقَاصَ الْمَاءِ يَعْنِي الِاسْتِنْجَاءَ قَالَ أَبُو دَاوُد وَرُوِيَ نَحْوُهُ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ وَقَالَ خَمْسٌ كُلُّهَا فِي الرَّأْسِ وَذَكَرَ فِيهَا الْفَرْقَ وَلَمْ يَذْكُرْ إِعْفَاءَ اللِّحْيَةِ قَالَ أَبُو دَاوُد وَرُوِيَ نَحْوُ حَدِيثِ حَمَّادٍ عَنْ طَلْقِ بْنِ حَبِيبٍ وَمُجَاهِدٍ وَعَنْ بَكْرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ الْمُزَنِيِّ قَوْلُهُمْ وَلَمْ يَذْكُرُوا إِعْفَاءَ اللِّحْيَةِ وَفِي حَدِيثِ مُحَمَّدِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ أَبِي مَرْيَمَ عَنْ أَبِي سَلَمَةَ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِيهِ وَإِعْفَاءُ اللِّحْيَةِ وَعَنْ إِبْرَاهِيمَ النَّخَعِيِّ نَحْوُهُ وَذَكَرَ إِعْفَاءَ اللِّحْيَةِ وَالْخِتَانَ

Sunan Abu Daud hadis nomor 49

Telah menceritakan kepada kami Yahya bin Ma’in(1) telah menceritakan kepada kami Waqi’(2) dari Zakaria bin Abu Za`idah(3) dari Mush’ab bin Syaibah(4) dari Thalq bin habib(5) dari Ibnu Az Zubair(6) dari Aisyah(7) dia berkata:
Rasulullah ﷺ bersabda:

“Sepuluh perkara yang termasuk fithrah:
Memotong kumis, memelihara jenggot (membiarkannya tumbuh), bersiwak, beristinsyaq dengan air, memotong kuku, membasuh sela-sela jari-jari, mencabut bulu ketiak, mencukur bulu kemaluan, dan beristinja` dengan air.”
Zakaria berkata:
Mush’ab menerangkan:
“Saya lupa yang kesepuluh tapi kemungkinan besar ia adalah berkumur.”
Telah menceritakan kepada kami Musa bin Isma’il(8) dan Dawud bin Syabib(9) mereka berdua berkata:
telah menceritakan kepada kami Hammad(10) dari Ali bin Zaid(11) dari Salamah bin Muhammad bin Ammar bin Yasir(12), Musa(13) berkata dari Ayahnya(14).
Dan Dawud(15) berkata:
dari Ammar bin Yasir(16), bahwasanya Rasulullah ﷺ bersabda:

“Sesungguhnya di anatara perkara fithrah adalah berkumur dan beristinsyaq, ” lalu dia menyebutkan hadis semisalnya, namun dia tidak menyebutkan perihal memelihara jenggot tetapi menambahkan:
dan khitan.

Dia menyebutkan perihal memercikkan air ke bagian kemaluan untuk menghilangkan was was dan tidak menyebutkan perihal beristinja` dengan air.
Abu Dawud berkata:
Dan telah diriwayatkan hadis semisalnya dari Ibnu Abbas dan dia menyebutkan:
Lima perkara fithrah yang semuanya di bagian kepala, kemudian dia menyebutkan perihal membelah rambut (setengah ke kanan dan setengah ke kiri) dan tidak menyebutkan perihal memelihara jenggot.

Abu Dawud berkata:
Dan telah diriwayatkan semisal hadis Hammad, dari Thalq bin Habib dan Mujahid dan dari Bakr bin Abdullah Al Muzani ucapan mereka, dan mereka tidak menyebutkan perihal memelihara jenggot.
Dan di dalam hadis Muhammad bin Abdullah bin Abu Maryam(17) dari Abu salamah(18) dari Abu Hurairah(19) dari Nabi ﷺ, di dalamnya terdapat penyebutan perihal memelihara jenggot.

Dan dari Ibrahim An Nakha’i semisalnya, dan dia menyebutkan perihal memelihara jenggot dan khitan.


(1) Yahya bin Ma’in bin ‘Aun, Al Ghathafaniy, Abu Zakariya, Tabi’ul Atba’ kalangan tua, wafat tahun 233 H, hidup di Baghdad, wafat di Madinah.

(2) Waki’ bin Al Jarrah bin Malih, Ar Ru’asiy, Abu Sufyan, Tabi’in kalangan biasa, wafat tahun 196 H, hidup di Kufah, wafat di Ainul Wardah.

(3) Zakariya bin Abi Za’idah Khalid, Al Hamdaniy Al Wadi’iy, Abu Yahya, Tabi’in (tdk jumpa Shahabat), wafat tahun 148 H, hidup di Kufah.

(4) Mush’ab bin Syaibah bin Jubair, Al ‘Abdariy Al Hajabiy, Tabi’in kalangan biasa, hidup di Marur Rawdz.

(5) Thalq bin Habib, Al ‘Anaziy, Tabi’in kalangan pertengahan, hidup di Baghdad, wafat di Hait.

(6) Abdullah bin Az Zubair bin Al ‘Awwam bin Khuwailid bin Asad, Al Asadiy Al Qurasyiy, Abu Bakar, Shahabat, wafat tahun 73 H, hidup di Marur Rawdz, wafat di Marur Rawdz.

(7) Aisyah binti Abi Bakar Ash Shiddiq, At Taymiyyah, Ummu ‘Abdullah, Ummu Al Mu’minin, Shahabat, wafat tahun 58 H, hidup di Madinah, wafat di Madinah.

(8) Musa bin Isma’il, At Tabudzakiy Al Manqiriy, Abu Salamah, Tabi’ut Tabi’in kalangan pertengahan, wafat tahun 223 H, hidup di Bashrah, wafat di Bashrah.

(9) Daud bin Syabib, Abu Sulaiman, Tabi’ut Tabi’in kalangan biasa, wafat tahun 223 H, hidup di Bashrah.

(10) Hammad bin Salamah bin Dinar, Abu Salamah, Al Khazzaz, Tabi’ut Tabi’in kalangan pertengahan, wafat tahun 167 H, hidup di Bashrah.

(11) Ali bin Zaid bin ‘Abdullah bin Jud’an, At Taymiy, Abu Al Hasan, Tabi’in kalangan biasa, wafat tahun 131 H, hidup di Bashrah.

(12) Salamah bin Muhammad bin ‘Ammar bin Yasir, Al ‘Anasiy, Tabi’in kalangan biasa, hidup di Madinah.

(13) Musa bin Isma’il, At Tabudzakiy Al Manqiriy, Abu Salamah, Tabi’ut Tabi’in kalangan pertengahan, wafat tahun 223 H, hidup di Bashrah, wafat di Bashrah.

(14) Muhammad bin ‘Ammar bin Yasir, Al ‘Ansiy, Tabi’in kalangan biasa.

(15) Daud bin Syabib, Abu Sulaiman, Tabi’ut Tabi’in kalangan biasa, wafat tahun 223 H, hidup di Bashrah.

(16) Ammar bin Yasir bin ‘Amir bin Malik bin Kinanah bin Qays, Al ‘Anasiy Al Madaniy, Abu Al Yaqzhan, Shahabat, wafat tahun 37 H, hidup di Kufah, wafat di Sharifain.

(17) Muhammad bin ‘Abdullah bin Abi Maryam, Al Khuza’iy, Tabi’ut Tabi’in kalangan tua, hidup di Madinah.

(18) Abdullah bin ‘Abdur Rahman bin ‘Auf, Az Zuhriy, Abu Salamah, Tabi’in kalangan pertengahan, wafat tahun 94 H, hidup di Madinah, wafat di Madinah.

(19) Abdur Rahman bin Shakhr, Ad Dawsiy Al Yamaniy, Abu Hurairah, Shahabat, wafat tahun 57 H, hidup di Madinah, wafat di Madinah.


Hadis ini memiliki penguat sebagai berikut:

Shahih Bukhari 5438
Shahih Muslim 384
Sunan Tirmidzi 2681
Sunan Ibnu Majah 289
Sunan Ibnu Majah 290
Musnad Ahmad 23909

Bagikan ke FB
Bagikan ke TW
Bagikan ke WA

Video Terkait

More Videos

Hadits Shahih

Ayat Alquran Pilihan

Ia berkata
“Ya Tuhanku,
sesungguhnya tulangku telah lemah & kepalaku telah ditumbuhi uban,
dan aku belum pernah kecewa dalam berdoa kepada Engkau,
ya Tuhanku.”
QS. Maryam [19]: 4

Semua yang ada di bumi itu akan binasa.
Dan tetap kekal Dzat Tuhanmu yang mempunyai kebesaran & kemuliaan.
QS. Ar-Rahman [55]: 26-27

Orang yang makan (ambil) riba tak dapat berdiri melainkan seperti berdirinya orang kemasukan setan lantaran (tekanan) gila. Disebabkan mereka berkata jual beli itu sama dengan riba, padahal Allah telah halalkan jual beli & mengharamkan riba
QS. Al-Baqarah [2]: 275

Podcast

Doa

Soal & Pertanyaan Agama

Pendidikan Agama Islam #7

Alquran adalah keterangan yang jelas untuk semua manusia, dan menjadi petunjuk serta pelajaran bagi orang-orang yang bertakwa. Penjelasan tersebut terdapat dalam surah … Hukum yang mengatur hubu...

Pendidikan Agama Islam #25

Surah Al-Insyirah terdiri dari … ayat.Surah Al-Insyirah diawali dengan lafal … أَلَمْ dalam surah Al-Insyirah berarti …وَوَضَعْنَا عَنْكَ وِزْرَكَ Ayat...

Pendidikan Agama Islam #14

Ketika Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam masih remaja, baginda telah bekerja mengambil upah sebagai pengembala binatang ternak. Apakah binatang tersebut? … Dalam Islam, teladan y...

Kamus

Zubair bin Awwam bin Khuwailid

Siapa itu Zubair bin Awwam bin Khuwailid? Az-Zubair bin Al-‘Awwam adalah putra bibi Muhammad, yaitu Shafiyyah binti Abdul Muthalib, salah satu sahabat nabi dan termasuk as-Sabiqun al-Awwalun, yait...

istidlal

Apa itu istidlal? is.tid.lal pembuktian; pencarian rujukan tekstual pada ayat-ayat Alquran atau hadis … •

penebar

Apa itu penebar? pe.ne.bar orang yang menebar; alat untuk menebar; ki penyiar; seorang juru dakwah adalah seorang penebar agama Islam … •

Tujuh Fuqaha Madinah

Apa itu Tujuh Fuqaha Madinah? Tujuh Fuqaha Madinah adalah sebutan untuk sekelompok ahli fiqih dari generasi tabi’in yang merupakan para tokoh utama ilmu fiqih di Madinah setelah wafatnya genera...

Masjidil Haram

Di mana itu Masjidil Haram? Masjidil Haram, Masjid al-Haram atau al-Masjid al-Haram adalah sebuah masjid yang berlokasi di pusat kota Mekkah yang dipandang sebagai tempat tersuci bagi umat Islam. Mas...

Thibbun Nabawi

Apa itu Thibbun Nabawi? Thibbun Nabawi merujuk pada tindakan dan perkataan Nabi Islam Muhammad mengenai penyakit, pengobatan, dan kebersihan, maupun genre tulisan oleh para sarjana non-medis untuk me...

Instagram