Doa Shalat Jenazah [5]

اَللَّهُمَّ إِنَّ فُلاَنَ بْنَ فُلاَنٍ فِيْ ذِمَّتِكَ، وَحَبْلِ جِوَارِكَ، فَقِهِ مِنْ فِتْنَةِ الْقَبْرِ وَعَذَابِ النَّارِ، وَأَنْتَ أَهْلُ الْوَفَاءِ وَالْحَقِّ. فَاغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ إِنَّكَ أَنْتَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ

Allaahumma inna fulaanabna fulaanin fii dzimmatika, wa habli jiwaarika, faqihi min fitnatil qobri wa ‘adzaabin-naar, wa anta ahlul wafaa-i wal haqq. Faghfir lahu warhamhu innaka antal ghofuurur-rohiim.

Ya, Allah, sesungguhnya Fulan bin Fulan (sebut nama mayit) dalam tanggunganMu dan jaminan keamananMu. Peliharalah dia dari fitnah kubur dan siksa Neraka. Engkau adalah Maha Setia dan Maha Benar. Ampunilah dan kasihanilah dia. Sesungguhnya Engkau Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

HR. Ibnu Majah. Lihat Shahih Ibnu Majah 1/251 dan Abu Dawud 3/211.

Pada takbir ke-3 dan ke-4 dalam shalat jenazah, membaca doa KETIGA: (doa di atas).

Keterangan:
Makna “jaminan keamanan-Mu”:
Diantara kebiasaan masyarakat arab, mereka saling menolong antar-sesama suku. Jika ada seseorang yang hendak melakukan perjalanan jauh maka dia membuat perjanjian dengan pemimpin setiap kabilah untuk memberikan jaminan keamanan selama melewati daerahnya, sampai dia memasuki daerah yang lain dan dia melakukan perjanjian yang sama. Perjanjian semacam ini disebut Hablul Jiwar (jaminan keamanan) (Syarh Muhammad Fuad Abdul Baqi).

Sumber: Hisnul Muslim dan http://www.facebook.com/doa.dzikir.shahih.harian/posts/259620977471301







Video Pembahasan

Panggil Video Lainnya





Video

Panggil Video Lainnya
Iklan


Ikuti RisalahMuslim
               



Copied!

Email: [email protected]
Made with in Yogyakarta


Ikuti RisalahMuslim