Doa Memohon Anak Shaleh [1] (Doa Nabi Ibrahim)

رَبِّ هَبْ لِي مِنَ الصَّالِحِينَ

Robbi hab lii minash-shoolihiin.

Ya Rabb-ku, anugrahkanlah kepadaku (seorang anak) yang termasuk orang-orang yang saleh. (Ash-Shaffaat [37]: 100).

Nabi Ibrahim ‘alaihis salaam berdoa dengan doa di atas.

Ini adalah doa yang bisa dipanjatkan untuk meminta keturunan, terutama keturunan yang sholeh. Dalam Zaadul Masiir (7/71), dijelaskan maksud ayat tersebut oleh Ibnul Jauzi rahimahullah, “Ya Rabbku, anugerahkanlah padaku anak yang sholeh yang nanti termasuk jajaran orang-orang yang sholeh.”

Asy Syaukani rahimahullah mengatakan apa yang dikatakan oleh para pakar tafsir, “Ya Rabb, anugerahkanlah padaku anak yang sholeh yang termasuk jajaran orang-orang yang sholeh, yang bisa semakin menolongku taat pada-Mu.” Jadi yang namanya keturunan terutama yang sholeh bisa membantu seseorang semakin taat pada Allah.

Sumber: http://rumaysho.com/belajar-islam/keluarga/3437-doa-meminta-anak-yang-sholeh.html

Bagikan ke FB
Bagikan ke TW

Video Pembahasan

Panggil Video Lainnya

Hadits Shahih

Ayat Alquran

QS. Al Maa’idah (Jamuan (hidangan makanan)) – surah 5 ayat 15 [QS. 5:15]

Setelah ayat-ayat yang lalu menjelaskan perilaku buruk kedua kelompok Ahli Kitab, Yahudi dan Nasrani, ayat ini mengajak mereka agar beriman kepada Nabi Muhammad. Wahai Ahli Kitab, kaum Yahudi dan Nasr … 5:15, 5 15, 5-15, Surah Al Maa’idah 15, Tafsir surat AlMaaidah 15, Quran Al Maidah 15, AlMaidah 15, Al-Ma’idah 15, Surah Al Maidah ayat 15

Podcast

Hadits & Doa

Soal & Pertanyaan Agama

Pendidikan Agama Islam #13

Apa warna kesukaan Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam? Putih Hijau Pupus Kuning muda Hitam dongker Abu-abu Benar! Kurang tepat!

Pendidikan Agama Islam #17

وَالَّيْلِ اِذَا سَجٰىۙDalam surah Ad-Duha, terjemahan dari lafal di atas adalah … Tuhanmu tidak meninggalkan engkau (Muhammad) dan tidak (pula)

Pendidikan Agama Islam #22

Takdir yang bisa diubah dinamakan … muallaf muallaq mubram mabrur muttafaqoh Benar! Kurang tepat! Karena rajin belajar maka Afit selalu

Instagram