Doa Memohon Ampun, Rahmat, Petunjuk, Keselamatan Dan Rizki

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِيْ، وَارْحَمْنِيْ، وَاهْدِنِيْ، وَعَافِنِيْ، وَارْزُقْنِيْ

Allaahummagh-fir lii, warhamnii, wahdinii, wa ‘aafinii, warzuqnii.

Ya Allah, ampunilah aku, kasihanilah aku, berilah petunjuk kepadaku, selamatkanlah aku (dari penyakit dan dari apa yang tidak kuinginkan) dan berilah rezeki kepadaku.

HR. Muslim no. 35 dan 2697. Dari Thoriq bin Asy-yam –radhiyallahu ‘anhu–, ia berkata, “Jika seseorang baru masuk Islam, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengajarkan pada beliau shalat, lalu beliau memerintahkannya untuk membaca: (doa di atas).”

Faedah hadits:
• Ketika seseorang masuk Islam, maka hendaklah ia diajarkan shalat dan diajarkan doa ini.
• Keutamaan meminta ampunan dari segala dosa pada Allah. Jika orang kafir masuk Islam, dosanya yang telah lalu akan diampuni. Namun permintaan ampunan ini bukan hanya bagi orang yang masuk Islam, namun juga untuk semua muslim. Karena setiap manusia tidak pernah terlepas dari dosa sebagaimana disebutkan dalam hadits.
• Keutamaan meminta rahmat Allah yaitu agar diperoleh kasih sayang Allah. Karena manusia barulah meraih kesempurnaan jika ia selamat dari berbagai kesusahan dan meraih kebahagiaan yang ia cari-cari.
• Keutamaan meminta hidayah, yaitu berupa petunjuk ilmu sekaligus amal.
• Keutamaan meminta keselamatan dari berbagai penyakit. Penyakit itu ada dua macam yaitu penyakit badan dan penyakit hati. Penyakit hati ini tentu saja lebih parah dari penyakit badan. Karena jika seseorang tertimpa penyakit hati maka kerugiaan di dunia dan akhirat sekaligus akan menimpa dirinya. Wal ‘iyadzu billaah.
• Keutamaan meminta rizki yaitu agar dimudahkan oleh Allah untuk memperolehnya sehingga tidak sampai lalai dari melakukan ketaatan. Rizki itu ada dua macam yaitu yang bisa menegakkan badan dan bisa menguatkan hati. Menguatkan badan yaitu melalui makanan, pakaian, dan tempat tinggal. Menguatkan hati yaitu melalui ilmu bermanfaat (ilmu diin) dan amalan sholih. Permintaan rizki tersebut mencakup dua macam rizki ini.
• Keutamaan meminta kebaikan di dunia dan akhirat sekaligus, bukan hanya dunia saja. Ingatlah, kebahagiaan hakiki adalah kebahagiaan di akhirat kelak.
• Keutamaan membaca doa yang diajarkan oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ini, terutama diajarkan bagi orang yang baru masuk Islam.

Sumber: http://rumaysho.com/belajar-islam/amalan/3002-doa-meminta-kesehatan-dan-kelapangan-rizki.html

Bagikan ke FB
Bagikan ke TW

Video Pembahasan

Panggil Video Lainnya

Hadits Shahih

Ayat Alquran

QS. Al Anbiyaa (Nabi-Nabi) – surah 21 ayat 5 [QS. 21:5]

5. Bahkan, mereka orang-orang kafir itu, menolak kebenaran Al-Qur’an, dengan berkata, bahwa “Al-Qur’an itu buah mimpi-mimpi Muhammad yang kacau, atau hasil rekayasanya, atau bahkan dia bukan nabi dan … 21:5, 21 5, 21-5, Surah Al Anbiyaa 5, Tafsir surat AlAnbiyaa 5, Quran Al-Anbya 5, Al Anbiya 5, Alanbiya 5, Al-Anbiya’ 5, Surah Al Anbiya ayat 5

QS. Al Qashash (Kisah) – surah 28 ayat 33 [QS. 28:33]

33. Masih dalam keadaan takut dan sambil memohon pertolongan Allah, Dia Musa berkata mengingat kesalahan yang pernah dilaku-kannya, “Ya Tuhan Pemelihara-ku, sungguh aku ketika berada di Mesir sekian t … 28:33, 28 33, 28-33, Surah Al Qashash 33, Tafsir surat AlQashash 33, Quran AlQasas 33, Al Qasas 33, AlQasas 33, Al-Qasas 33, Surah Al Qasas ayat 33

Podcast

Hadits & Doa

Soal & Pertanyaan Agama

Pendidikan Agama Islam #12

Nama isteri Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam selepas Khadijah ialah … Sofia Hafsah Saudah Zainab Aisyah Benar! Kurang tepat!

Pendidikan Agama Islam #1

Tuhan memiliki sifat Al Matiin, yang berarti bahwa Allah Subhanahu Wa Ta`ala adalah zat Yang … Maha Kokoh Yang Maha

Pendidikan Agama Islam #16

Alquran adalah mukjizat terbesar bagi Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Di bawah ini merupakan bukti bahwa Alquran adalah mukjizat

Instagram