Doa Masuk Rumah

بِسْمِ اللَّهِ

Bismillaah.

Dengan nama Allah (aku masuk).

HR. Muslim 3/1598 no. 2018 (103).

Sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, Apabila seseorang masuk ke rumahnya, lalu berdzikir kepada Allah (menyebut nama Allah) ketika memasukinya dan ketika makan, maka berkatalah syaithan, “Tidak ada tempat menginap (bermalam) bagi kalian (yakni teman-temannya dari bangsa jin-pent.) dan tidak ada makan malam.” Dan apabila dia masuk (ke rumahnya) lalu tidak menyebut nama Allah ketika memasukinya, maka berkatalah syaithan, “Kalian mendapatkan tempat menginap.” Dan apabila dia tidak menyebut nama Allah ketika makan, maka berkatalah syaithan, “Kalian mendapatkan tempat menginap dan makan malam.” (HR. Muslim no.2018 dari Jabir bin ‘Abdillah radhiyallahu ‘anhu).

Berkata Al-Imam An-Nawawiy, “Disukai bagi seseorang apabila masuk ke rumahnya untuk mengucapkan “Bismillaah” dan memperbanyak berdzikir kepada Allah serta mengucapkan salam. Sama saja, apakah di rumah ada orang ataupun tidak.”

Hal ini berdasarkan firman Allah Ta’ala, “Maka apabila kalian memasuki (suatu rumah dari) rumah-rumah (ini), hendaklah kalian memberi salam kepada (penghuninya yang berarti memberi salam) kepada diri kalian sendiri, salam yang ditetapkan dari sisi Allah, yang diberi berkah lagi baik.” (An-Nuur [24]: 61).

Dan berdasarkan sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam kepada Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, “Wahai anakku! Apabila kamu masuk ke keluargamu maka ucapkanlah salam! Yang akan menjadi berkah bagimu dan bagi keluargamu.” (HR. At-Tirmidziy no.2841, hadits hasan dengan syawahidnya, lihat Shahih Kitab Al-Adzkaar wa Dha’iifuh 1/101).

Adapun doa masuk rumah dengan lafal, “Bismillaahi walajnaa, wa billaahi kharajnaa, …” maka ini adalah hadits dha’if sebagaimana dikatakan oleh Asy-Syaikh Al-Albaniy dan Asy-Syaikh Salim. Lihat Shahih Kitab Al-Adzkaar wa Dha’iifuh 1/101-103.

Sumber: Hisnul Muslim dan sumber lain.

Bagikan ke FB
Bagikan ke TW

Video Pembahasan

Panggil Video Lainnya

Hadits Shahih

Ayat Alquran

QS. Ath Thuur (Bukit) – surah 52 ayat 14 [QS. 52:14]

14. Saat para pengingkar itu dimasukkan ke neraka, dikatakan kepada mereka, “Inilah neraka yang di dunia dahulu kamu terus-menerus mendustakannya.” … 52:14, 52 14, 52-14, Surah Ath Thuur 14, Tafsir surat AthThuur 14, Quran Ath Thur 14, At Thur 14, At-Tur 14, Surah At Thur ayat 14

QS. An Nisaa’ (Wanita) – surah 4 ayat 168 [QS. 4:168]

Sesungguhnya orang-orang yang kafir dan melakukan kezaliman dengan mempersekutukan Allah, maka Allah tidak akan mengampuni mereka, dan tidak pula akan menunjukkan kepada mereka jalan, kecuali jalan ke … 4:168, 4 168, 4-168, Surah An Nisaa’ 168, Tafsir surat AnNisaa 168, Quran AnNisa 168, An-Nisa’ 168, Surah An Nisa ayat 168

Podcast

Hadits & Doa

Soal & Pertanyaan Agama

Pendidikan Agama Islam #15

Mujahadah berasal dari bahasa Arab, yang berasal dari kata jahada, yang berarti … kembali suci berbahagia bersungguh-sungguh perlawanan berkorban Benar!

Pendidikan Agama Islam #3

Berikut ini yang bukan termasuk orang-orang pertama yang menyambut ajakan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah … Umar bin Khaththab

Pendidikan Agama Islam #17

Surah Ad-Dhuha termasuk kategori surah … arabiyah makkiyah israiliyyat kauniyah madaniyah Benar! Kurang tepat! Penjelasan:Surah Ad-Duha (الضحى) adalah surah ke-93

Instagram