Doa Ketika Sakit [4] (Doa Nabi Ayyub)

رَبِّ إِنِّي مَسَّنِيَ الضُّرُّ وَأَنْتَ أَرْحَمُ الرَّاحِمِينَ

Robbi innii massaniyadh-dhurru wa anta arhamur-roohimiin.

Ya Allah, sesungguhnya aku telah ditimpa penyakit, dan Engkau adalah Tuhan Yang Maha Penyayang di antara semua penyayang.

Di atas adalah doa Nabi Ayyub alaihis salam di puncak sakitnya.

Keterangan:
Nabi Ayyub alaihis salam menyampaikan permohonannya kepada Allah dengan dengan bertawassul. Bentuk tawassulnya adalah beliau menyebutkan derita yang beliau alami, dan beliau mengadukan kepada Sang Pencipta, Dzat Yang Maha Pengasih Penyayang. Selanjutnya Nabi Nabi Ayyub alaihis salam bertawassul dengan memuji Allah, dengan menyebutkan sifat kasih sayangnya.

Demikianlah adab yang diajarkan seorang nabi. Beliau tidak mengeluhkan musibah yang menimpanya kepada orang lain. Beliau rahasiakan musibah itu dari orang lain sebisa mungkin. Tapi beliau langsung mengadukan kepada Dzat Yang Maha Rahman. Karena manusia tidak kuasa sedikitpun…, manusia tidak mampu menyembuhkan…, manusia tidak mampu menyelamatkan orang lain dari musibah…, mintalah kepada Allah, bukan minta kepada manusia.

Allah berfirman: “(ingatlah kisah) Ayub , ketika ia menyeru Tuhannya: ‘(Ya Tuhanku), sesungguhnya aku telah ditimpa penyakit dan Engkau adalah Tuhan Yang Maha Penyayang di antara semua penyayang.'” (Al-Anbiya [21]: 83).

Sumber: http://www.facebook.com/doa.dzikir .shahih .harian/posts/231945556905510

Bagikan ke FB
Bagikan ke TW
▪ doa ayub sembuh oenyakit

Video Pembahasan

Panggil Video Lainnya

Hadits Shahih

Ayat Alquran

QS. Al An ‘aam (Hewan Ternak) – surah 6 ayat 50 [QS. 6:50]

Ayat ini menguatkan bahwa rasul hanyalah menyampaikan apa yang berasal dari Allah. Katakanlah, wahai Nabi Muhammad, “Aku tidak mengatakan kepadamu, hai orang-orang kafir, bahwa perbendaharaan Allah, y … 6:50, 6 50, 6-50, Surah Al An ‘aam 50, Tafsir surat AlAnaam 50, Quran Al Anaam 50, Al Anam 50, AlAnam 50, Al An’am 50, Surah Al Anam ayat 50

QS. Al Baqarah (Sapi Betina) – surah 2 ayat 65 [QS. 2:65]

Ayat ini menjelaskan tentang sikap dan keingkaran Bani Israil. Sejalan dengan hal itu, Allah menegur dan memurkai mereka. Sungguh, kamu, wahai Bani Israil, telah mengetahui hukuman yang diterima oleh … 2:65, 2 65, 2-65, Surah Al Baqarah 65, Tafsir surat AlBaqarah 65, Quran Al-Baqarah 65, Surah Al Baqarah ayat 65

Podcast

Hadits & Doa

Soal & Pertanyaan Agama

Pendidikan Agama Islam #27

Proses turunnya wahyu berlangsung selama … tahun. 10 23 20 22 13 Benar! Kurang tepat! Surah yang tidak diawali basmalah

Pendidikan Agama Islam #12

Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam lahir pada bulan … Safar Ramadan Rabiul Akhir Rabiul Awal Muharram Benar! Kurang tepat!

Pendidikan Agama Islam #25

Surah Al-Insyirah diawali dengan lafal … alam dunya bismika alam tara alam yaj’al alam nasyrah Benar! Kurang tepat! Penjelasan:أَلَمْ نَشْرَحْ

Instagram