HR. Bukhari: 3226 – Tentang Azab Bagi Orang Yang Sombong

Janganlah sombong

Hadits Sahih Riwayat al-Bukhari: 3226

عَنْ ابْنِ عُمَرَ: أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ:

بَيْنَمَا رَجُلٌ يَجُرُّ إِزَارَهُ مِنْ الْخُيَلاَءِ خُسِفَ بِهِ فَهُوَ يَتَجَلْجَلُ فِي الأَرْضِ إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ.

 

Dari Ibn Umar: Bahwa Nabi ﷺ bersabda:

Sementara seorang laki-laki menyeret kainnya karena kesombongan, ia dibenamkan (ke dalam bumi), dan orang itu terus meronta-ronta di dalam tanah hingga hari kiamat.

 

Pesan hadits yang disampaikan:

Sombong adalah salah satu sifat tercela yang wajib dijauhi oleh seorang mu’min. Karena jika seseorang sombong, ia tidak akan menerima kebenaran dari orang lain dan tidak akan mengaku jika ia salah.

Bagikan ke FB
Bagikan ke TW

Video Pembahasan

Panggil Video Lainnya

Hadits Shahih

Ayat Alquran

QS. Yusuf (Nabi Yusuf) – surah 12 ayat 10 [QS. 12:10]

Seorang di antara mereka memberi saran dan berkata, “Janganlah kamu membunuh Yusuf, tetapi masukkan saja dia ke dasar sumur agar dia dipungut oleh sebagian musafir yang melewati sumur itu, jika kamu h … 12:10, 12 10, 12-10, Surah Yusuf 10, Tafsir surat Yusuf 10, Quran Yusuf 10, Surah Yusuf ayat 10

Podcast

Hadits & Doa

Soal & Pertanyaan Agama

Pendidikan Agama Islam #12

Masyarakat Mekkah pada awal nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam berdakwah waktu itu sedang dilanda berbagai krisis, dan yang paling

Pendidikan Agama Islam #13

Apa warna kesukaan Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam? Abu-abu Kuning muda Putih Hijau Pupus Hitam dongker Benar! Kurang tepat!

Pendidikan Agama Islam #6

Alquran dimulai dengan surah Al Fatihah (pembukaan) dan berakhir dengan surah … An-nas Al Ikhlas Al Falaq Ali Imron Al

Instagram