HR. Bukhari: 157 – Tentang Anjuran Mencuci Tangan Saat Bangun Tidur

Cucilah tangan anda!

Hadits Sahih Riwayat al-Bukhari: 157

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ: أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ:

إِذَا تَوَضَّأَ أَحَدُكُمْ فَلْيَجْعَلْ فِي أَنْفِهِ ثُمَّ لِيَنْثُرْ، وَمَنْ اسْتَجْمَرَ فَلْيُوتِرْ، وَإِذَا اسْتَيْقَظَ أَحَدُكُمْ مِنْ نَوْمِهِ فَلْيَغْسِلْ يَدَهُ قَبْلَ أَنْ يُدْخِلَهَا فِي وَضُوئِهِ، فَإِنَّ أَحَدَكُمْ لاَ يَدْرِي أَيْنَ بَاتَتْ يَدُهُ.

 

Dari Abu Hurairah: Bahwa Rasulullah ﷺ bersabda:

Jika salah seorang dari kalian berwudhu, hendaklah ia memasukkan air ke dalam hidung lalu mengeluarkannya, barangsiapa yang beristinja’ dengan batu hendaklah dengan bilangan ganjil, dan jika salah seorang dari kalian bangun dari tidurnya, hendaklah ia membasuh kedua telapak tangannya sebelum memasukkannya dalam bejana air wudhunya, sebab salah seorang dari kalian tidak mengetahui dimana tangannya bermalam.

 

Pesan hadits yang disampaikan:

1. Istinsyaq dan Istintsar adalah bagian dari rangkaian kegiatan wudhu, yaitu memasukkan air ke dalam hidung kemudian mengeluarkannya kembali.

2. Cucilah tangan anda setelah bangun dari tidur dan jangan langsung memasukkannya ke dalam ember air wudhu, khawatir selama tidur tangan anda menyentuh sesuatu yang kotor atau bisa jadi najis.





Pembahasan ▪ hadits cuci tangan bangun tidur

Video Pembahasan

Panggil Video Lainnya





Video

Panggil Video Lainnya
Iklan


Ikuti RisalahMuslim
               



Copied!

Masukan & saran kirim ke email:
[email protected]

Made with in Yogyakarta