Adakah Doa Di Sela-Sela Tarawih?

Sebagian masjid di lingkungan kita membiasakan membaca doa di sela-sela tarawih. Doa itu mereka lantunkan secara berjamaah, dipimpin oleh satu orang yang mereka sebut dengan bilal. Meskipun tidak dijumpai riwayat, Bilal pernah melakukan semacam ini.

Lafal doa yang sering kita dengar, dibaca setiap dapat 4 rakaat:

Asyhadu an-laa ilaaha illallaah, astagh-firullaah, as-alukal jannah, wa a’uudzu bika minan naar…

Adakah dalil untuk doa ini?
Disebutkan dalam hadis yang sangat panjang, menceritakan tentang khutbah Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam yang sangat panjang ketika menyambut ramadhan. Di penggalan khutbah itu dinyatakan: “Perbanyaklah melakukan 4 hal dalam bulan Ramadhan. Dengan dua hal, kalian akan mendapatkan ridha dari Rabb kalian, dua hal lainnya sangat kalian butuhkan. Dua hal, yang dengannya kalian mendapatkan ridha Rabb kalian, adalah Syahadat ‘laailaaha illallaah’ dan beristigfar kepada-Nya. Adapun dua hal yang sangat kalian butuhkan adalah kalian meminta surga dan memohon perlindungan dari neraka.”

Dalam Silsilah Al-Ahadits Adh-Dhaifah dijelaskan, “Hadis ini diriwayatkan oleh Al-Muhamili dalam Al-Amali (jilid 5, no.50) dan Ibnu Khuzaimah dalam Shahih-nya (no. 1887). Ibnu Khuzaimah berkomentar, ‘Jika ini shahih, bisa menjadi dalil.’ Juga diriwayatkan oleh Al-Wahidi dalam Al-Wasith, 1/640. Sanad hadis ini dhaif karena adanya perawi Ali bin Zaid bin Jada’an. Orang ini dhaif, sebagaimana keterangan Imam Ahmad dan yang lainnya. Imam Ibnu Khuzaimah telah menjelaskan, ‘Saya tidak menjadikan perawi ini sebagai dalil, karena hafalannya jelek.’ Karena itu, beliau sebutkan hadis ini dengan keterangan menggantung: ‘Jika ini hadis shahih'”. (Silsilah Al-Ahadits Adh-Dhaifah, 2/263).

Kerena hadisnya lemah, maka tidak selayaknya dijadikan amalan rutin.

Sumber: http://www.facebook.com/doa.dzikir.shahih.harian/posts/272177642882301





Pembahasan ▪ doa jeda shalat tarawih ▪ doa disela sholat tarawih ▪ doa di sela sela tarawih ▪ doa disela sela 4 rokaat sholat tarawih

Video Pembahasan

Panggil Video Lainnya





Video

Panggil Video Lainnya
Iklan


Ikuti RisalahMuslim
               



Copied!

Masukan & saran kirim ke email:
[email protected]

Made with in Yogyakarta