HR. Bukhari: 1074 – Tentang 3 Ikatan Setan Diatas Tengkuk Kepala Manusia

Malas di pagi hari? Mungkin ini penyebabnya.

Hadits Sahih Riwayat al-Bukhari: 1074

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ: أَنَّ رَسُولَ اللَّه صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ:

يَعْقِدُ الشَّيْطَانُ عَلَى قَافِيَةِ رَأْسِ أَحَدِكُمْ إِذَا هُوَ نَامَ ثَلاَثَ عُقَدٍ، يَضْرِبُ كُلَّ عُقْدَةٍ عَلَيْكَ لَيْلٌ طَوِيلٌ فَارْقُدْ. فَإِنْ اسْتَيْقَظَ فَذَكَرَ اللَّهَ انْحَلَّتْ عُقْدَةٌ، فَإِنْ تَوَضَّأَ انْحَلَّتْ عُقْدَةٌ، فَإِنْ صَلَّى انْحَلَّتْ عُقْدَةٌ، فَأَصْبَحَ نَشِيطًا طَيِّبَ النَّفْسِ وَإِلاَّ أَصْبَحَ خَبِيثَ النَّفْسِ كَسْلاَنَ

 

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu : Bahwa Rasulullah ﷺ bersabda:

Setan mengikat tiga tali ikatan di atas tengkuk kepala seseorang dari kalian saat dia tidur, setan mengencangkan ikatan tersebut (sambil berkata):
Malam masih panjang maka tidurlah.
Jika dia bangun dan mengingat Allah maka lepaslah satu tali ikatan.
Jika kemudian dia berwudhu maka lepaslah tali yang kedua, dan jika ia mendirikan shalat lepaslah satu tali ikatan, dan pada pagi harinya ia akan merasakan semangat dan jiwa yang tentram.
Namun bila dia tidak melakukan itu, maka pagi itu jiwanya tidak tentram dan ia merasa malas.

 

Pesan hadits yang disampaikan:

Setan selalu mencoba menghasut manusia bahkan ketika manusia itu sedang tertidur. Setan mengikatkan tiga tali ikatan di atas tengkuk masing-masing dari kita dan mengatakan: Malam masih panjang, agar kita semakin terlelap dalam tidur. Jika anda ingin melepaskan tiga ikatan ini, maka yang harus anda lakukan adalah:
1. Mengingat Allah ketika terbangun.

2. Berwudhu.

3. Menunaikan shalat . Jika anda melakukan ketiganya maka anda akan memulai pagi anda dengan semangat dan jiwa yang tentram. Sebaliknya, jika anda merasa malas di pagi hari, mungkin anda lupa melepas salah satu ikatan yang setan ikatkan pada tengkuk anda?

Bagikan ke FB
Bagikan ke TW

Video Pembahasan

Panggil Video Lainnya

Hadits Shahih

Ayat Alquran

QS. Hud (Nabi Hud) – surah 11 ayat 25 [QS. 11:25]

Setelah menjelaskan ciri dan sifat-sifat orang mukmin dan orang kafir ketika mendapat seruan Al-Qur’an, serta kesudahan dari kedua golongan itu, selanjutnya Allah menceritakan kisah Nabi Nuh ketika me … 11:25, 11 25, 11-25, Surah Hud 25, Tafsir surat Hud 25, Quran Hud 25, Surah Hud ayat 25

QS. Al Muddatstsir (Orang yang berkemul) – surah 74 ayat 21 [QS. 74:21]

21-25. Ayat-ayat ini merupakan kelanjutan dari gejolak hati dan pikir-an tokoh sentral dari surah ini. Kemudian dia merenung memikirkan bagaimana cara melecehkan Al-Qur’an, lalu sesudah itu dia berwaj … 74:21, 74 21, 74-21, Surah Al Muddatstsir 21, Tafsir surat AlMuddatstsir 21, Quran Al-Mudatsir 21, Al-Muddatstsir 21, Al Mudasir 21, Al-Muddassir 21, Surah Al Mudasir ayat 21

Podcast

Hadits & Doa

Soal & Pertanyaan Agama

Pendidikan Agama Islam #20

Yang termasuk mustahiq (orang berhak menerima zakat) berikut yaitu … orang biasa orang kafir musawwir kaum muslimin hamba sahaya Benar!

Pendidikan Agama Islam #18

Arti al-Kaafirun adalah … orang-orang kaffah orang musyrik orang-orang munafik orang-orang kafir orang yang tidak bisa baca tulis Benar! Kurang

Pendidikan Agama Islam #19

Surah yang menjelaskan bahwa “Allah Subhanahu Wa Ta`ala tempat meminta”, yaitu … al-Alaq al-Fatihah al-Qadr al-Ikhlas an-Nash Benar! Kurang tepat!

Instagram