QS. Saba (Kaum Saba’) – surah 34 ayat 12 [QS. 34:12]

وَ لِسُلَیۡمٰنَ الرِّیۡحَ غُدُوُّہَا شَہۡرٌ وَّ رَوَاحُہَا شَہۡرٌ ۚ وَ اَسَلۡنَا لَہٗ عَیۡنَ الۡقِطۡرِ ؕ وَ مِنَ الۡجِنِّ مَنۡ یَّعۡمَلُ بَیۡنَ یَدَیۡہِ بِاِذۡنِ رَبِّہٖ ؕ وَ مَنۡ یَّزِغۡ مِنۡہُمۡ عَنۡ اَمۡرِنَا نُذِقۡہُ مِنۡ عَذَابِ السَّعِیۡرِ
Walisulaimaanar-riiha ghuduu-wuhaa syahrun warawaahuhaa syahrun wa-asalnaa lahu ‘ainal qithri waminal jinni man ya’malu baina yadaihi biidzni rabbihi waman yazigh minhum ‘an amrinaa nudziqhu min ‘adzaabissa’iir(i);

Dan Kami (tundukkan) angin bagi Sulaiman, yang perjalanannya pada waktu pagi sama dengan perjalanan sebulan dan perjalanannya pada waktu sore sama dengan perjalanan sebulan (pula) dan Kami alirkan cairan tembaga baginya.
Dan sebagian dari jin ada yang bekerja di hadapannya (di bawah kekuasaannya) dengan izin Tuhannya.
Dan siapa yang menyimpang di antara mereka dari perintah Kami, Kami rasakan kepadanya azab neraka yang apinya menyala-nyala.
―QS. 34:12
Topik ▪ Jin ▪ Pahala jin dan balasannya ▪ Keutamaan nabi Sulaiman as.
34:12, 34 12, 34-12, Saba 12, Saba 12, Saba’ 12
English Translation - Sahih International
And to Solomon (We subjected) the wind – its morning (journey was that of) a month – and its afternoon (journey was that of) a month, and We made flow for him a spring of (liquid) copper.
And among the jinn were those who worked for him by the permission of his Lord.
And whoever deviated among them from Our command – We will make him taste of the punishment of the Blaze.
―QS. 34:12

 

Tafsir surah Saba (34) ayat 12

Tafsir Kementrian Agama RI

Tafsir QS. Saba (34) : 12. Oleh Kementrian Agama RI

Pada ayat ini diterangkan bahwa Allah menundukkan angin untuk Nabi Sulaiman sehingga dapat membawanya ke tempat-tempat yang diingininya dengan cepat sekali.
Dalam waktu setengah hari saja angin dapat membawanya ke tempat yang jaraknya sebulan perjalanan, baik perjalanan itu pada waktu pagi sampai zuhur maupun pada waktu siang mulai dari zuhur sampai terbenamnya matahari.

Qatadah dalam menafsirkan ayat ini menyatakan,
“Angin dapat membawa Sulaiman dari pagi sampai tergelincirnya matahari sejauh sebulan perjalanan dan dari tergelincirnya matahari sampai terbenamnya sejauh sebulan perjalanan pula.
Dalam hal ini, al-hasan al-Bashri berkata,
“Sulaiman pernah berangkat dengan mengendarai angin, dari Damaskus ke Isthakhr lalu dia turun di sana untuk makan siang, kemudian dia berangkat lagi ke Kabul untuk bermalam di sana.
Padahal jarak antara Damaskus dan Isthakhr adalah sebulan perjalanan bagi orang yang berjalan cepat dan jarak antara Isthakhr dan Kabul adalah sebulan perjalanan pula.

Karunia lainnya yang diberikan Allah kepada Sulaiman ialah melunakkan tembaga seperti lilin sehingga mudah dibentuk menurut keinginan orang yang mengolahnya.
Hal ini sama dengan karunia yang diberikan kepada Nabi Daud yaitu melunakkan besi.

Di antara karunia itu pula ialah menundukkan jin untuk bekerja membuat apa saja yang diingini Sulaiman.
Jin-jin itu selalu taat dan patuh mengikuti perintahnya, karena mereka diancam oleh Allah dengan azab yang pedih apabila tidak memenuhi perintah Sulaiman.











34:12, 34 12, 34-12, Saba 12, tafsir surat Saba 12, Saba’ 12

▪ 34:12


Iklan



Ikuti RisalahMuslim
               






Masukan & saran kirim ke email:
[email protected]

Made with in Yogyakarta