Search
Exact matches only
Cari di judul
Cari di Arti & Tafsir
Search in comments
Search in excerpt
Filter by Custom Post Type
Filter berdasar surah
Pilih atau Semua
Abasa
Ad Dukhaan
Adh Dhuhaaa
Adz Dzaariyaat
Al 'Alaq
Al 'Ashr
Al A'laa
Al A'raaf
Al Aadiyaat
Al Ahqaaf
Al Ahzab
Al An 'aam
Al Anbiyaa
Al Anfaal
Al Ankabut
Al Balad
Al Baqarah
Al Bayyinah
Al Buruuj
Al Fajr
Al Falaq
Al Fath
Al Fatihah
Al Fiil
Al Furqaan
Al Ghaasyiyah
Al Haaqqah
Al Hadid
Al Hajj
Al Hasyr
Al Hijr
Al Hujurat
Al Humazah
Al Ikhlas
Al Infithar
Al Insaan
Al Insyiqaaq
Al Israa
Al Jaatsiyah
Al Jinn
Al Jumu'ah
Al Kaafiruun
Al Kahfi
Al Kautsar
Al Lahab
Al Lail
Al Ma'aarij
Al Maa'idah
Al Maa'un
Al Mu'min
Al Mu'minuun
Al Muddatstsir
Al Mujaadilah
Al Mulk
Al Mumtahanah
Al Munafiquun
Al Mursalat
Al Muthaffifin
Al Muzzammil
Al Qaari'ah
Al Qadr
Al Qalam
Al Qamar
Al Qashash
Al Qiyaamah
Al Waaqi'ah
Al Zalzalah
Alam Nasyrah
Ali Imran
An Naazi'at
An Nabaa
An Nahl
An Najm
An Naml
An Nas
An Nashr
An Nisaa'
An Nuur
Ar Ra'd
Ar Rahmaan
Ar Rum
As Sajdah
Ash Shaff
Ash Shaffaat
Asy Shyuura
Asy Syams
Asy Syu'araa
At Taghaabun
At Tahrim
At Takaatsur
At Takwir
At Taubah
At Tin
Ath Thaariq
Ath Thalaaq
Ath Thuur
Az Zukhruf
Az Zumar
Faathir
Fushshilat
Hud
Ibrahim
Luqman
Maryam
Muhammad
Nuh
Qaaf
Quraisy
Saba
Shaad
Thaa Haa
Yaa Siin
Yunus
Yusuf

💡 Ketik [nomer surah]-[nomer ayat], contoh: 2-255 atau albaqarah 255 atau ke www.risalahmuslim.id/2-255

At Taubah

At Taubah (Pengampunan) surah 9 ayat 74


یَحۡلِفُوۡنَ بِاللّٰہِ مَا قَالُوۡا ؕ وَ لَقَدۡ قَالُوۡا کَلِمَۃَ الۡکُفۡرِ وَ کَفَرُوۡا بَعۡدَ اِسۡلَامِہِمۡ وَ ہَمُّوۡا بِمَا لَمۡ یَنَالُوۡا ۚ وَ مَا نَقَمُوۡۤا اِلَّاۤ اَنۡ اَغۡنٰہُمُ اللّٰہُ وَ رَسُوۡلُہٗ مِنۡ فَضۡلِہٖ ۚ فَاِنۡ یَّتُوۡبُوۡا یَکُ خَیۡرًا لَّہُمۡ ۚ وَ اِنۡ یَّتَوَلَّوۡا یُعَذِّبۡہُمُ اللّٰہُ عَذَابًا اَلِیۡمًا ۙ فِی الدُّنۡیَا وَ الۡاٰخِرَۃِ ۚ وَ مَا لَہُمۡ فِی الۡاَرۡضِ مِنۡ وَّلِیٍّ وَّ لَا نَصِیۡرٍ
Yahlifuuna billahi maa qaaluuu walaqad qaaluuu kalimatal kufri wakafaruu ba’da islaamihim wahammuu bimaa lam yanaaluuu wamaa naqamuu ilaa an aghnaahumullahu warasuuluhu min fadhlihi fa-in yatuubuu yaku khairan lahum wa-in yatawallau yu’adz-dzibhumullahu ‘adzaaban aliiman fiiddunyaa wal-aakhirati wamaa lahum fiil ardhi min walii-yin walaa nashiirin;

Mereka (orang-orang munafik itu) bersumpah dengan (nama) Allah, bahwa mereka tidak mengatakan (sesuatu yang menyakitimu).
Sesungguhnya mereka telah mengucapkan perkataan kekafiran, dan telah menjadi kafir sesudah Islam dan mengingini apa yang mereka tidak dapat mencapainya, dan mereka tidak mencela (Allah dan Rasul-Nya), kecuali karena Allah dan Rasul-Nya telah melimpahkan karunia-Nya kepada mereka.
Maka jika mereka bertaubat, itu adalah lebih baik bagi mereka, dan jika mereka berpaling, niscaya Allah akan mengazab mereka dengan azab yang pedih di dunia dan akhirat, dan mereka sekali-kali tidaklah mempunyai pelindung dan tidak (pula) penolong di muka bumi.
―QS. 9:74
Topik ▪ Taubat ▪ Keutamaan taubat ▪ Keingkaran dan kedurhakaan orang kafir
9:74, 9 74, 9-74, At Taubah 74, AtTaubah 74, At-Taubah 74
Tafsir Kementrian Agama RI

Tafsir QS. At Taubah (9) : 74. Oleh Kementrian Agama RI

Orang-orang munafik itu bersumpah dengan nama Allah untuk meyakinkan orang-orang mukmin dan Nabi Muhammad ﷺ., bahwa apa yang dilaporkan kepada Nabi ﷺ.
atau orang mukmin tentang tipu muslihat yang mereka perbuat atau kalimat kufur (kata yang merendahkan martabat Nabi Muhammad atau mengurangi kemahasucian Allah subhanahu wa ta'ala yang mereka ucapkan tidaklah benar dan merupakan fitnahan belaka, mereka tidak mengaku bahwa mereka mengucapkan kalimat kufur dan mengucapkan kalimat makar terhadap Nabi Muhammad ﷺ.
Allah mendustakan pernyataan mereka itu meskipun mereka bersumpah dengan nama Allah.
Sebenarnya mereka telah mengucapkan kalimat kufur yang berarti mereka telah murtad dan menjadi kafir kembali sesudah Islam dan malahan mereka telah melampaui batas dengan membuat komplotan untuk membinasakan Nabi sebagaimana hadis yang diriwayatkan oleh Ibnu Jarir At-Tabary dan At-Tabrani dan Abu syekh, Ibnu Mardawaihi: "Ketika Rasulullah sedang duduk di bawah naungan sebuah pohon beliau berkata: "Akan datang kepadamu seorang manusia yang memandang kamu dengan dua matanya seperti mata setan.
Apabila ia datang, maka janganlah kamu berkata-kata." Kemudian tiba-tiba muncullah seorang laki-laki yang warna matanya biru langit lalu Rasulullah memanggilnya dan berkata: "Atas dasar apa engkau dan sahabat-sahabatmu memaki aku?"
Lalu laki-laki itu pergi kemudian datang kembali membawa sahabat-sahabatnya seraya bersumpah dengan nama Allah bahwa mereka tidak sekali-kali mengucapkan apa yang ditanyakan oleh Nabi.
Maka Nabi memaafkan mereka kemudian turunlah ayat ini.

Adapun maksud mereka yang gagal itu dalam rangka menjebak Nabi ketika pulang kembali dari perang Tabuk ialah tatkala Nabi menuju Madinah.
Di tengah perjalanan sebagian orang munafik berkomplotan untuk mencelakakan Rasulullah, mereka telah mengambil keputusan rahasia untuk melemparkan Nabi dari suatu bukit.
Tatkala mereka sampai di bukit itu mereka hendak menempuhnya bersama-sama Nabi.
Tatkala nabi datang kepada mereka (yang sedang menunggu) Nabi diberitahu tentang rencana mereka itu maka Nabi berkata: "Barang siapa di antara kamu hendak menempuh jalan kembali, hal itu adalah lebih menyenangkan kamu." Rasulullah sendiri menempuh jalan bukit dan rombongan lainnya menempuh jalan lembah kecuali orang-orang yang telah bermaksud melakukan makar terhadap Nabi.
Mereka ini tatkala mendengar bahwa Rasul akan menempuh bukit, maka mereka bersiap-siap dan menyamar dengan menutup muka.
Sesungguhnya mereka telah membulatkan tekad untuk melakukan perbuatan yang sangat luar biasa itu.
Rasulullah menyeru Huzaifah Al-Yamani dan Ammar bin Yasir supaya berjalan bersama-sama Rasulullah.
Ammar ditugaskan memegang tali unta dan Huzaifah Al-Yamani ditugaskan menghalau unta.
Dalam keadaan demikian, tiba-tiba Nabi bersama Ammar dan Huzaifah mendengar suara kaki orang-orang yang datang dari belakang, maka Rasulullah menjadi marah dan menugaskan Huzaifah untuk menahan mereka.
Setelah Huzaifah melihat Rasulullah marah, ia berbalik ke belakang, sedang di tangannya ada sebuah tongkat.
Huzaifah menghadap ke arah orang-orang itu dan memukul kendaraan mereka dengan tongkat.
Huzaifah melihat orang-orang itu dalam keadaan menyamar yang dianggap oleh Huzaifah sekadar perbuatan biasa yang dilakukan oleh orang-orang yang sedang dalam perjalanan (musafir).
Ketika orang-orang itu melihat Huzaifah, Allah menjadikan mereka ketakutan karena menyangka bahwa maksud mereka telah diketahui.

Karena itu komplotan tersebut segera bergabung lagi dengan rombongan.
Huzaifah kembali menemui Rasulullah, kemudian Rasul menyuruh Huzaifah melecut untanya, dan menyuruh Ammar berjalan di belakang sehingga Rasulullah dapat melewati bukit dan menanti romobongan.
Kemudian Nabi berkata kepada Huzaifah: "Adakah engkau mengenal salah seorang dari kalangan pengendara itu?"
Dia menjawab: "Aku kenal unta si Fulan.
Malam terlalu gelap dan aku datang kepada mereka di mana mereka berpakaian menyamar." Rasulullah berkata: "Mereka itu telah merencanakan suatu makar untuk berjalan bersama aku dan manakala mereka sampai ke bukit, mereka akan melemparkan aku." Huzaifah berkata: "Tidakkah engkau (ya Rasulullah) memberi suatu perintah di mana kami akan cepat memenggal leher mereka itu?"
Rasulullah menjawab: "Aku tidak ingin menjadi buah pembicaraan manusia bahwa Muhammad telah membunuh sahabat-sahabatnya." Maka Nabi mengemukakan kepada Huzaifah dan Ammar nama-nama orang yang berkomplot itu dan supaya mereka berdua merahasiakannya.
Demikianlah orang-orang munafik yang diungkapkan oleh ayat itu.

Orang-orang munafik itu ialah orang-orang yang melaksanakan rukun-rukun Islam sedang hati mereka kosong dari keimanan.
Keimanan mereka adalah secara lahir tidak pada batin dan malahan mereka memusuhi Rasul dan orang-orang mukmin dengan cara yang sangat licik sebagai musuh dalam selimut.
Mereka adalah sangat berbahaya bagi Islam.
Namun Nabi memperlakukan mereka sebagaimana memperlakukan orang-orang mukmin karena iman tempatnya di hati.
Urusan hati hanyalah Allah yang mengetahuinya.
Oleh karena itu berlakulah hukum umum yaitu hukum yang berdasarkan kepada kenyataan lahiriah.

Maka diperlakukanlah orang-orang munafik itu sebagaimana orang-orang mukmin.
Kepada mereka diberikan pembagian zakat demikian juga harta rampasan (ganimah).
Kebanyakan mereka dari kalangan orang-orang yang kurang mampu (miskin) sebagaimana orang-orang Ansar.
Dengan masuk Islam mereka dapat menikmati harta dunia ini.
Semestinya kalau mereka orang yang sadar tentulah mereka akan menanggalkan sifat-sifat kemunafikan mereka dan bersyukur ke Allah dengan bertobat kepada-Nya.
Karena dengan Islamlah mereka mendapat keuntungan duniawi sesuai dengan yang mereka cari dan yang menjadi tujuan hidup mereka.

Tetapi mereka tidak menyadari.
Bahkan mereka merasa tidak puas dalam menerima keuntungan dan kekayaan yang merupakan karunia Allah dari pembagian harta rampasan (ganimah) atau zakat.
Demikianlah keadaan orang yang telah sesat pikirannya.
Maka jika mereka bertobat dari kemunafikan dan perbuatan yang buruk baik berupa ucapan maupun perbuatan, maka tobat mereka akan membawa kebaikan bagi mereka di dunia dan akhirat.
Di dunia mereka akan menjadi orang Islam sejati dengan iman yang murni.
Mereka akan menjadi orang yang bertawakal kepada Allah dan sabar atas cobaan-cobaan-Nya dan banyak beramal kebaikan untuk mencapai kebahagiaan di akhirat an mereka akan bahu-membahu, bantu-membantu, santun-menyantuni dengan orang-orang yang lebih dahulu masuk Islam dan di akhirat nanti mereka akan mendapat karunia Allah berupa surga sebagaimana yang dijanjikan Allah kepada orang-orang mukmin.
Akan tetapi jika mereka tidak bertobat, dan berpaling menjauhkan diri dari petunjuk-petunjuk Allah dan mereka tetap melakukan perbuatan-perbuatan buruk, baik berupa ucapan-ucapan maupun perbuatan yang menunjukkan terus-menerusnya mereka dalam kemunafikan, niscaya Allah akan mengazab mereka di dunia ini seperti hati mereka dalam kecemasan, kegelisahan dan kekhawatiran sebagaimana yang diutarakan di dalam firman Allah:

Jika mereka memperoleh tempat perlindungan atau gua-gua atau lubang-lubang (dalam tanah) niscaya mereka pergi kepadanya dengan secepatnya.
(Q.S.
At Taubah: 57)

Sesungguhnya orang-orang munafik itu (ditempatkan) pada tingkatan yang paling bawah dari neraka.
Dan kamu sekali-kali tidak akan mendapat seorang penolongpun bagi mereka

(Q.S.
An Nisa': 145)

Pada akhir ayat ini Allah menegaskan bahwa orang-orang munafik itu tidak akan mendapat pembela di dunia dan di akhirat karena tiap-tiap orang yang telah mendapat kehinaan dari Allah tidak seorang manusia pun sanggup menolongnya.

At Taubah (9) ayat 74 - dibacakan oleh Shaykh Mishari Alafasy At Taubah (9) ayat 74 - dibacakan oleh Syaikh Sa'ad Al-Ghamidi At Taubah (9) ayat 74 - dibacakan oleh Syaikh Muhammad Ayyub

Tafsir al-Misbah
Oleh Muhammad Quraish Shihab:

Wahai Rasul, sesungguhnya orang-orang munafik bersumpah di hadapanmu dengan mengatasnamakan Allah bahwa mereka tidak mengatakan kemungkaran, sebagaimana yang kamu dengar.
Mereka bohong dalam sumpah mereka ini dan melanggarnya.
Mereka telah mengucapkan kata kufur.
Dan kekufuran mereka menjadi jelas setelah sebelumnya tersembunyi.
Tidak ada yang menyebabkan mereka mencela kecuali sikap kufur nikmat mereka setelah Allah dan Rasul-Nya memberikan karunia kepada mereka berupa rampasan perang yang mereka dapatkan bersama orang-orang Muslim.
Apabila mereka bertobat kepada Allah dengan meninggalkan kemunafikan dan menyesali apa yang telah mereka perbuat, maka Allah akan menerima tobat mereka dan hal ini menjadi lebih baik bagi mereka.
Dan apabila mereka berpaling dari keimanan, maka Allah akan menyiksa mereka di dunia dengan bermacam cobaan, dan di akhirat dengan neraka jahanam.
Mereka tidak mempunyai seorang pun di dunia yang dapat melindungi atau menolong mereka.

Tafsir al-Jalalain
Oleh Jalaluddin al-Mahalli & Jalaluddin as-Suyuthi:

(Mereka berani bersumpah) yaitu orang-orang munafik (dengan memakai nama Allah bahwa mereka tidak mengatakan) sesuatu yang menyakiti hatimu.
(Sesungguhnya mereka telah mengucapkan perkataan kekafiran dan telah menjadi kafir sesudah Islam) yakni mereka telah menampakkan kekafirannya sesudah terlebih dahulu mereka menampakkan keislamannya (dan mengingini apa yang mereka tidak dapat mencapainya) keinginan mereka untuk membunuh Nabi ﷺ pada malam Aqabah sewaktu beliau kembali dari Tabuk.
Jumlah mereka yang mengadakan makar itu ada belasan orang lelaki akan tetapi Ammar bin Yasir segera bertindak memukuli muka-muka kendaraan mereka tatkala mereka mulai mengepung Nabi ﷺ sehingga mereka bubar (dan mereka tidak mencela) mengingkari Allah dan Rasul-Nya (kecuali karena Allah dan Rasul-Nya telah melimpahkan kecukupan kepada mereka sebagai karunia-Nya) berupa ganimah sesudah mereka sangat menginginkannya.
Dengan kata lain mereka belum pernah menerima hal tersebut darinya melainkan hanya kali ini dan hal ini bukan merupakan hal yang diingkari.
(Maka jika mereka bertobat) dari kemunafikannya lalu mereka benar-benar beriman kepadamu (itu adalah lebih baik bagi mereka, dan jika mereka berpaling) dari keimanan (niscaya Allah akan mengazab mereka dengan siksaan yang pedih di dunia) dengan dibunuhnya mereka (dan di akhirat) dengan neraka (dan mereka sekali-kali tidak mempunyai pelindung) yang dapat melindungi mereka dari azab Allah itu (dan tidak pula penolong di muka bumi yang dapat mempertahankan diri mereka.

Tafsir al-Muyassar
Oleh tim Mujamma’ Raja Fahd arahan Syaikh al-Allamah Dr. Shalih bin Muhammad Alu asy-Syaikh:

Orang-orang munafik itu bersumpah dengan nama Allah bahwa mereka tidak mengatakan apa pun yang menyakiti hati Rasulullah dan orang-orang mukmin.
Sesungguhnya mereka itu berbohong, karena sebenarnya mereka telah mengatakan kata-kata kufur dan dengan perkataan itu mereka telah menjadi kafir, mereka berusaha menyekiti Rasulullah Muhammad , tetapi mereka tidak mampu melakukannya karena Allah tidak mengizinkannya.
Orang-orang munafik itu tidak bisa menemukan satu hal pun untuk mencela dan memaki Nabi , hanya saja Alah telah memberikan karunia kepada mereka, maka Allah menjadikan mereka kaya, yaitu dengan kebaikan dan berkah yang telah Allah bukakan kepada Nabi-Nya .
Jika orang-orang kafir itu kembali beriman dan bertaubat, maka itu lebih baik bagi mereka, tapi jika mereka berpaling dan tetap meneruskan perbuatan mereka dalam kekafiran, maka Allah akan menyiksa mereka dengan siksa yang pedih di dunia melalui perantaraan orang-orang mukmin dan di akhirat dengan memasukkan mereka ke dalam Neraka Jahanam.
Mereka tidak mempunyai pelindung maupun penolong yang dapat menyelamatkan mereka dari siksaan yang sangat buruk itu.

Tafsir Ibnu Katsir
Oleh Ismail bin Umar Al-Quraisyi bin Katsir Al-Bashri Ad-Dimasyqi:

Firman Allah subhanahu wa ta'ala.:

Mereka (orang-orang munafik itu) bersumpah dengan (nama) Allah, bahwa mereka tidak mengatakan (sesuatu yang menyakiti­mu).
Sesungguhnya mereka telah mengucapkan perkataan kekafiran, dan telah menjadi kafir sesudah Islam.

Qatadah mengatakan bahwa ayat ini diturunkan berkenaan dengan Abdullah ibnu Ubay.
Pada awal mulanya ada dua orang lelaki yang salah seorangnya dari Bani Juhani, sedangkan yang lainnya dari kalangan Ansar, keduanya terlibat dalam suatu perkelahian.
Lalu orang Juhani itu dapat mengalahkan orang Ansar yang menjadi lawannya.
Maka Abdullah ibnu Ubay berkata kepada orang-orang Ansar, "Tidakkah kalian menolong saudara kalian?
Demi Allah, tiada perumpamaan antara kita dan Muhammad melainkan seperti apa yang dikatakan oleh sese­orang, bahwa gemukkanlah anjingmu, niscaya anjing itu akan memakan­mu." Abdullah ibnu Ubay mengatakan pula, "Sesungguhnya jika kita telah kembali ke Madinah, orang yang kuat benar-benar akan mengusir orang-orang yang lemah darinya." Kemudian apa yang dikatakannya itu disampaikan kepada Nabi ﷺ oleh seseorang dari kalangan kaum muslim.
Maka Nabi ﷺ memanggil Abdullah ibnu Ubay dan menanyainya.
Lalu Abdullah ibnu Ubay mengingkari perkataannya itu dan bersumpah dengan menyebut nama Allah, bahwa dia tidak mengatakannya.
Maka Allah subhanahu wa ta'ala.
menurunkan ayat ini.

Ismail ibnu Ibrahim ibnu Uqbah telah meriwayatkan dari paman­nya (yaitu Musa ibnu Uqbah) yang mengatakan, "Telah menceritakan kepadaku Abdullah ibnul Fadl, bahwa ia pernah mendengar Anas ibnu Malik r.a.
mengatakan bahwa ia pernah bersedih hati atas musibah yang menimpa kaumnya di Al-Harrah.
Lalu Zaid ibnu Arqam menulis surat kepadanya setelah mendengar kesedihan (kedukaan) yang sedang di­alaminya.
Di dalam suratnya itu Zaid ibnu Arqam mengingatkan akan sabda Nabi ﷺ yang pernah didengarnya, bahwa beliau ﷺ pernah bersabda:

'Ya Allah, berilah ampunan bagi orang-orang Ansar, juga bagi anak-anak mereka'.

Ibnul Fadl merasa ragu tentang teks yang menyebutkan, "Anak-anak orang Ansar." Ibnul Fadl melanjutkan kisahnya, "Lalu Anas r.a.
bertanya tentang Zaid ibnu Arqam kepada orang-orang yang ada di dekatnya.
Maka ada seseorang yang mengatakan bahwa Zaid ibnu Arqam adalah seseorang yang pernah disebutkan oleh Rasulullah ﷺ dalam salah satu sabdanya,

'Allah telah memperkenankan baginya berkat telinganya."

Demikian itu terjadi ketika Zaid mendengar seorang lelaki dari kalangan orang-orang munafik mengatakan, 'Jika dia (Nabi ﷺ) benar, berarti kita ini lebih buruk daripada keledai.' Saat itu Nabi ﷺ sedang dalam khotbahnya.
Maka Zaid ibnu Arqam dengan spontan menjawab, 'Dia, demi Allah, benar.
Dan sesungguhnya kamu lebih buruk daripada keledai.' Kemudian hal tersebut dilaporkan kepada Rasulullah ﷺ, tetapi orang yang mengatakannya mengingkarinya, maka Allah menurunkan ayat ini membenarkan Zaid, yakni firman Allah subhanahu wa ta'ala.:

Mereka bersumpah dengan (nama) Allah, bahwa mereka tidak mengatakannya., hingga akhir ayat'."

Imam Bukhari meriwayatkannya di dalam kitab Sahih-nya dari Ismail ibnu Abu Uwais, dari Isma'il Ibnu Ibrahim ibnu Uqbah sampai dengan teks yang menyebutkan bahwa orang ini adalah orang yang telah dipenuhi oleh Allah dengan seizin-Nya (yakni dibenarkan oleh Allah).
Barangkali teks yang sesudahnya merupakan perkataan Musa ibnu Uqbah.

Muhammad ibnu Falih telah meriwayatkannya dari Musa ibnu Uqbah berikut sanadnya, kemudian ia mengatakan bahwa Ibnu Syihab telah mengatakan, lalu disebutkan teks yang sesudahnya berasal dari Musa, dari Ibnu Syihab.

Menurut pendapat yang terkenal sehubungan dengan kisah ini, kisah ini terjadi dalam perang melawan Banil Mustaliq.
Barangkali si perawi me­nuturkan ayat ini hanya berdasarkan dugaan, pada mulanya dia hendak me­nyebutkan yang lainnya, tetapi pada akhirnya dia menyebutkan ayat ini.

Al-Umawi di dalam kitab Magazi-nya mengatakan bahwa telah menceritakan kepada kami Muhammad ibnu Ishaq, dari Az-Zuhri, dari Abdur Rahman ibnu Abdullah ibnu Ka'b ibnu Malik, dari ayahnya, dari kakeknya yang menceritakan, "Ketika Rasulullah ﷺ kembali dari medan perang, maka kaumku mendesakku melalui perkataan mereka, 'Sesungguhnya engkau adalah seorang penyair.
Jika engkau menghendaki, dapat saja engkau mengemukakan alasan kepada Rasulullah ﷺ bahwa engkau berhalangan, tidak dapat ikut perang.
Hal itu jelas merupakan suatu dosa, lalu kamu memohon ampun kepada Allah dari dosa itu'."

Selanjutnya disebutkan bahwa termasuk di antara orang-orang munafik yang tidak ikut berangkat berjihad —dan diturunkan Al-Qur'an berkenaan dengan mereka— terdapat seseorang yang berpihak kepada Nabi ﷺ, yaitu Al-Jallas ibnu Suwaid ibnus Samit.
Al-Jallas adalah suami Ummu Umair ibnu Sa'd, saat itu Umair berada di dalam asuhan­nya.

Ketika Al-Qur'an yang menyebutkan perihal sikap orang-orang munafik diturunkan, maka Al-Jallas berkata, "Demi Allah, jika lelaki ini (Nabi ﷺ) benar dalam apa yang diucapkannya, maka sesungguh­nya kami ini lebih buruk daripada keledai." Dan perkataannya itu terdengar oleh Umair ibnu Sa'd.
Maka Umair berkata, "Demi Allah, hai Jallas, sesungguhnya engkau benar-benar orang yang paling aku sukai, paling membelaku, dan paling aku bela dari sesuatu yang tidak disukainya bila menimpa dirinya.
Dan sekarang engkau telah mengata­kan suatu ucapan yang bila aku tuturkan akan mempermalukan diriku, tetapi jika aku sembunyikan, niscaya akan membinasakanku.
Dan sesungguhnya salah satu di antara dua pilihan itu ada yang lebih ringan bagiku."

Akhirnya Umair berangkat menemui Rasulullah ﷺ dan men­ceritakan kepadanya tentang semua yang telah dikatakan oleh Al-Jallas.
Ketika hal itu terdengar oleh Al-Jallas, maka Al-Jallas datang menghadap Nabi ﷺ, lalu bersumpah dengan menyebut nama Allah bahwa dia tidak mengatakan apa yang telah diceritakan oleh Umair itu dan bahwa Umair telah berdusta terhadapnya.
Maka Allah subhanahu wa ta'ala.
menurunkan firman-Nya:

Mereka (orang-orang munafik itu) bersumpah dengan (nama) Allah, bahwa mereka tidak mengatakan (sesuatu yang menyakiti­mu).
Sesungguhmu mereka telah mengucapkan perkataan kekafiran, dan telah menjadi kafir sesudah Islam.
, hingga akhir ayat.

Maka Rasulullah ﷺ memberlakukan Al-Jallas sesuai dengan apa yang dikatakan oleh ayat ini.
Dan mereka (para perawi) menduga bahwa Al-Jallas bertobat sesudah itu dan berbuat baik dalam tobatnya serta melucuti dirinya dari kemunafikan dengan baik.
Demikianlah kalimat yang disisipkan di dalam hadis yang muttasil sampai kepada Ka'b ibnu Malik.
Akan tetapi, hanya Allah yang lebih mengetahui, seakan-akan hal ini merupakan perkataan Ibnu Ishaq sendiri, bukan perkataan Ka'b ibnu Malik.

Urwah ibnuz Zubair mengatakan bahwa ayat ini diturunkan berkenaan dengan Al-Jallas ibnu Suwaid ibnus Samit.
Ia datang bersama anak tirinya (yaitu Mus'ab) dari Quba.
Lalu Al-Jallas berkata, "Jika apa yang disampaikan oleh Muhammad ini benar, berarti kami lebih buruk daripada keledai yang kita naiki sekarang ini." Mus'ab berkata, "Ingatlah, demi Allah, hai musuh Allah, sungguh aku akan menceritakan apa yang kamu katakan itu kepada Rasulullah ﷺ"

Ketika aku (Mus'ab) tiba di hadapan Nabi ﷺ, diriku merasa khawatir bila diturunkan Al-Qur'an yang menceritakan perihal diriku, atau aku akan tertimpa azab atau akan dilibatkan ke dalam kesalahannya.
Akhirnya aku berkata, "Wahai Rasulullah, saya dan Al-Jallas datang dari Quba, lalu Al-Jallas mengatakan anu dan anu.
Sekiranya saya tidak merasa takut akan dilibatkan ke dalam kesalahannya atau tertimpa suatu azab, niscaya saya tidak akan menceritakan hal ini kepadamu."

Maka Al-Jallas dipanggil, lalu Rasul ﷺ bertanya, "Hai Jallas, apakah engkau telah mengatakan apa yang diceritakan oleh Mus'ab?"
Al-Jallas bersumpah bahwa dia tidak mengatakannya.
Maka Allah subhanahu wa ta'ala.
menurunkan firman-Nya:

Mereka (orang-orang munafik itu) bersumpah dengan (nama) Allah, bahwa mereka tidak mengatakan (sesuatu yang menyakiti­mu)., hingga akhir ayat.

Muhammad ibnu Ishaq mengatakan, "Orang yang mengucapkan perkataan itu menurut apa yang sampai kepadaku ialah Al-Jallas ibnu Suwaid ibnus Samit.
Lalu ucapan itu disampaikan kepada Nabi ﷺ oleh seorang lelaki yang berada di dalam asuhannya, lelaki itu dikenal dengan nama Umair ibnu Sa'd.
Lalu Al-Jallas mengingkari ucapannya itu dan bersumpah dengan menyebut nama Allah bahwa dia tidak mengatakannya.
Setelah diturunkan Al-Qur'an mengenainya, maka ia bertobat dan meninggalkan perbuatannya itu serta berbuat baik dalam tobatnya.
Demikianlah berita yang sampai kepadaku."

Imam Abu Ja'far ibnu Jarir mengatakan bahwa telah menceritakan kepadaku Ayyub ibnu Ishaq ibnu Ibrahim, telah menceritakan kepada kami Abdullah ibnu Raja, telah menceritakan kepada kami Israil, dari Sammak, dari Sa' id ibnu Jubair.
dari Ibnu Abbas yang mengatakan bahwa ketika Rasulullah ﷺ sedang duduk di bawah naungan sebuah pohon, maka beliau Sawi bersabda: Sesungguhnya akan datang kepada kalian seorang manusia, lalu ia memandang kalian dengan pandangan mata setan.
Maka apabila dia datang, janganlah kalian berbicara dengannya.
Tidak lama kemudian datanglah seorang lelaki yang bermata biru.
Lalu Rasulullah ﷺ memanggilnya dan bertanya, "Mengapa engkau dan teman-temanmu mencaci maki diriku?"
Lalu lelaki itu pergi dan datang kembali dengan teman-temannya, lalu mereka bersumpah dengan menyebut nama Allah bahwa mereka tidak mengatakannya, hingga Rasulullah ﷺ memaafkan mereka.
Maka Allah subhanahu wa ta'ala.
menurunkan firman-Nya: Mereka (orang-orang munafik itu) bersumpah dengan (nama) Allah, bahwa mereka tidak mengatakan (sesuatu yang menyakiti­mu).
(At Taubah:74).
hingga akhir ayat.

Firman Allah subhanahu wa ta'ala.:

...dan mengingini apa yang mereka tidak dapat mencapainya.

Menurut suatu pendapat, ayat ini diturunkan berkenaan dengan Al-Jallas ibnus Suwaid.
Demikian itu karena dia berniat membunuh anak tirinya di saat anak tirinya mengatakan kepadanya, "Sungguh aku akan men­ceritakan ucapanmu itu kepada Rasulullah ﷺ"

Menurut pendapat lainnya, ayat ini diturunkan berkenaan dengan Abdullah ibnu Ubay yang berniat membunuh Rasulullah ﷺ

As-Saddi mengatakan bahwa ayat ini diturunkan berkenaan dengan sejumlah orang yang hendak mengangkat Abdullah ibnu Ubay sebagai pemimpin, sekalipun Rasulullah ﷺ tidak rela.

Di dalam suatu riwayat disebutkan bahwa ada sejumlah orang munafik yang berniat hendak membunuh Nabi ﷺ dalam Perang Tabuk, yaitu di suatu malam ketika Rasulullah ﷺ masih berada dalam perjalanan menuju ke arahnya.
Mereka terdiri atas belasan orang lelaki.
Ad-Dahhak mengatakan, ayat ini diturunkan berkenaan dengan mereka.

Hal ini jelas disebutkan dalam riwayat Al-Hafiz Abu Bakar Al-Baihaqi di dalam kitab Dalailun Nubuwwah melalui hadis Muhammad ibnu Ishaq, dari Al-A'masy, dari Amr ibnu Murrah, dari Abul Buhturi, dari Huzaifah ibnul Yaman r.a.
yang menceritakan,

"Saya memegang tali kendali unta Rasulullah ﷺ seraya menuntunnya, sedangkan Ammar menggiring unta itu, atau Ammar yang menuntunnya, sedangkan saya yang menggiringnya.
Ketika kami sampai di' Aqabah, tiba-tiba kami bersua dengan dua belas lelaki penunggang kuda yang datang menghalangi jalan Rasulullah ﷺ ke medan Tabuk.
Maka saya mengingatkan Rasul ﷺ akan sikap mereka itu, lalu Rasulullah ﷺ meneriaki mereka, dan akhirnya mereka lari mundur ke belakang.
Rasulullah ﷺ bersabda kepada kami, 'Tahukah kalian siapakah kaum itu?' Kami menjawab, 'Tidak, wahai Rasulullah, karena mereka memakai cadar.
Tetapi kami mengenali mereka dari pelana-pelananya.' Rasulullah ﷺ bersabda, 'Mereka adalah orang-orang munafik sampai hari kiamat.
Tahukah kalian apakah yang hendak mereka lakukan?' Kami menjawab, 'Tidak tahu.' Rasulullah ﷺ menjawab, 'Mereka bermaksud mendesak Rasulullah ﷺ di 'Aqabah.
Dengan demikian, maka mereka akan menjatuhkannya ke Lembah "Aqabah.' Kami (para sahabat) berkata.
'Wahai Rasulullah, bolehkah kami mengirimkan orang kepada keluarga mereka sehingga masing-masing kaum mengirimkan kepadamu kepala teman mereka itu?' Rasulullah ﷺ bersabda, 'Jangan, aku tidak suka bila kelak orang-orang Arab mempergunjingkan di antara sesama mereka bahwa Muhammad telah berperang bersama suatu kaum, tetapi setelah Allah memberikan kemenangan kepadanya bersama mereka, lalu ia berbalik memerangi mereka.' Kemudian Rasulullah ﷺ berdoa, 'Ya Allah, lemparlah mereka dengan Dahilah' Kami bertanya, 'Wahai Rasulullah, apakah Dahilah itu?' Rasul Saw menjawab, 'Bara api yang mengenai bagian dalam hati seseorang di antara mereka, lalu ia binasa.

Imam Ahmad rahimahullah mengatakan:

telah menceritakan kepada kami Yazid, telah menceritakan kepada kami Al-Walid ibnu Abdullah ibnu Jami', dari Abut Tufail yang menceritakan bahwa ketika Rasulullah ﷺ kembali dari medan Tabuk, beliau memerintahkan kepada juru penyeru untuk menyerukan, "Sesungguhnya Rasulullah ﷺ akan mengambil jalan 'Aqabah, maka janganlah ada seseorang yang menempuhnya." Ketika unta kendaraan Rasulullah ﷺ dituntun oleh Huzaifah dan digiring oleh Ammar, tiba-tiba datanglah segolongan orang yang mengendarai unta, semuanya memakai cadar.
Mereka menutupi Ammar yang sedang menggiring unta kendaraan Rasulullah ﷺ Maka Ammar r.a.
memukuli bagian depan pelana unta mereka, sedangkan Rasulullah ﷺ bersabda kepada Huzaifah, "Hentikanlah, hentikanlah." Setelah unta kendaraan Rasulullah ﷺ merunduk, maka Rasulullah ﷺ turun dari unta kendaraannya, dan saat itu Ammar telah kembali.
Rasulullah ﷺ bersabda, "Hai Ammar, tahukah siapakah kaum itu tadi?"
Ammar menjawab, "Sesungguhnya saya mengenali pelana mereka, tetapi orang-orangnya kami tidak tahu karena memakai cadar." Rasulullah ﷺ bertanya.
”Tahukah kamu, apakah yang mereka maksudkan?"
Ammar menjawab, "Allah dan Rasul-Nya lebih me­ngetahui." Rasulullah ﷺ menjawab, "Mereka bermaksud melaratkan unta kendaraan Rasulullah, lalu menjatuhkannya dari atas unta kendaraan­nya." Lalu Ammar bertanya kepada salah seorang sahabat Rasulullah ﷺ Untuk itu ia berkata, "Aku memohon kepadamu dengan nama Allah.
Menurut pengetahuanmu ada berapakah jumlah orang-orang yang di 'Aqabah itu?"
Orang itu menjawab, "Ada empat belas orang lelaki." Ammar berkata, "Jika engkau termasuk seseorang dari mereka, berarti jumlah mereka ada lima belas orang." Rasulullah ﷺ mengecualikan tiga orang di antara mereka.
Ketiga orang itu berkata, "Demi Allah, kami tidak mendengar juru seru Rasulullah, dan kami tidak mengetahui apa yang dikehendaki oleh kaum itu." Maka Ammar berkata, "Saya bersaksi bahwa kedua belas orang itu mengobarkan peperangan terhadap Allah dan Rasul-Nya dalam kehidupan di dunia dan pada hari semua saksi bangkit tegak (yakni hari kiamat).

Hal yang sama telah diriwayatkan oleh Ibnu Luhai'ah, dari Abul Aswad, dari Urwah ibnuz Zubair.

Disebutkan pula bahwa Rasulullah ﷺ memerintahkan kaum muslim untuk menempuh jalan perut lembah.
Sedangkan beliau sendiri bersama Huzaifah dan Ammar menaiki lembah menempuh jalan 'Aqabah.
Maka mereka diikuti oleh segolongan orang-orang yang hina itu seraya memakai cadar, lalu mereka menempuh jalan 'Aqabah.
Tetapi Allah subhanahu wa ta'ala.
memperlihatkan niat mereka kepada Rasulullah ﷺ Maka Rasulullah ﷺ memerintahkan kepada Huzaifah untuk kembali kepada mereka (turun), lalu Huzaifah memukuli bagian depan pelana unta mereka sehingga mereka terkejut dan kembali dalam keadaan tercela.
Rasulullah ﷺ memberitahukan kepada Huzaifah dan Ammar tentang nama-nama mereka serta niat mereka yang jahat itu, yaitu hendak mencelakakan diri Rasulullah ﷺ Lalu Rasulullah ﷺ memerintah­kan kepada keduanya agar menyembunyikan nama mereka itu.

Hal yang sama telah diriwayatkan oleh Yunus ibnu Bukair, dari Ibnu Ishaq, hanya di dalam riwayatnya disebutkan bahwa Rasulullah ﷺ menyebutkan nama sejumlah orang dari mereka.

Kesahihan riwayat ini disaksikan oleh hadis yang diriwayatkan oleh Imam Muslim.
Disebutkan bahwa: telah menceritakan kepada kami Zuhair ibnu Harb, telah menceritakan kepada kami Abu Ahmad Al-Kufi, telah menceritakan kepada kami Al-Walid ibnu Jami', telah menceritakan kepada kami Abut Tufail yang mengatakan bahwa di antara seorang lelaki dari kalangan ahli 'Aqabah dengan Huzaifah terdapat sesuatu hal yang biasa terjadi di kalangan orang banyak.
Maka Huzaifah bertanya, "Aku memohon kepadamu dengan nama Allah, ada berapakah jumlah orang-orang itu ketika di Aqabah?"
Ia teringat akan pesan kaum itu yang mengatakan kepadanya, "Ceritakanlah kepadanya bila dia bertanya kepadamu." Maka ia menjawab, "Kami mendapat berita bahwa jumlah mereka semuanya ada empat belas orang.
Jika aku dimasukkan bersama mereka, berarti seluruh kaum berjumlah lima belas orang.
Dan aku bersaksi kepada Allah bahwa dua belas orang di antara mereka memusuhi Allah dan Rasul-Nya dalam kehidupan di dunia sampai hari para saksi bangkit (yakni hari kiamat) nanti.
Tiga orang diantara mereka dimaafkan.
Merekalah yang mengatakan, 'Kami tidak mendengar seruan juru seru Rasulullah, dan kami tidak mengetahui pula apa tujuan dari kaum itu"." Lelaki itu pada mulanya berada di Harrah sedang berjalan, lalu ia berkata, "Sesungguhnya air sedikit, maka sebaiknya jangan sampai ada seseorang yang mendahuluiku ke tempat air itu." Tetapi ia menjumpai suatu kaum telah mendahuluinya, maka ia melaknati mereka pada hari itu.

Imam Muslim telah meriwayatkan pula melalui hadis Qatadah, dari Abu Nadrah, dari Qais ibnu Abbad, dari Ammar ibnu Yasi ryang me­ngatakan bahwa Huzaifah telah menceritakan kepadanya dari Nabi ﷺ, bahwa Nabi ﷺ pernah bersabda:

Di antara sahabatku terdapat dua belas orang munafik, mereka tidak dapat masuk surga dan tidak pula dapat mencium baunya hingga unta dapat masuk ke dalam lubang jarum (yakni mustahil mereka masuk surga).
Delapan orang di antaranya telah cukup dibalas dengan Dahilah, yaitu pelita api yang muncul di antara kedua belikat mereka, lalu menembus dada mereka.

Karena itulah maka Huzaifah dijuluki sebagai pemegang rahasia yang tidak boleh diketahui oleh seorang pun, yakni berkenaan dengan ciri-ciri dan diri orang-orang munafik yang terlibat dalam peristiwa itu.
Rasulullah ﷺ telah memberitahukan kepadanya mengenai mereka, tidak kepada selainnya.

Imam Tabrani di dalam musnad Huzaifah telah menyebutkan nama orang-orang yang terlibat dalam peristiwa 'Aqabah itu.
Kemudian ia meriwayatkan dari Ali ibnu Abdul Aziz, dari Az-Zubair ibnu Bakkar, bahwa mereka adalah Mu'tib ibnu Qusyair, Wadi'ah ibnu Sabit, Jad ibnu Abdullah ibnu Nabtal ibnul Haris dari kalangan Bani Amr ibnu Auf, Al-Haris ibnu Yazid At-Ta'i, Aus ibnu Qaizi, Al-Haris ibnu Suwaid, Sa'd ibnu Zurarah, Qais ibnu Fahd, Suwaid ibnu Da'is dari kalangan Banil Habali, Qais ibnu Amr ibnu Sahi, Zaid ibnul Lasit, dan Sulalah ibnul Hamam, kedua orang yang terakhir ini dari kalangan Bani Qainuqa', mereka menampakkan dirinya seolah-olah masuk Islam.

Firman Allah subhanahu wa ta'ala.:

...dan mereka tidak mencela (Allah dan Rasul-Nya), kecuali karena Allah dan Rasul-Nya telah melimpahkan karunia-Nya kepada mereka.

Yakni Rasulullah ﷺ tidak mempunyai kesalahan apa pun kepada mereka, kecuali karena Allah telah memberikan kecukupan kepada mereka berkat kemurahan dan karunia-Nya.
Seandainya nikmat Allah telah disempurnakan kepada mereka, niscaya mereka akan mendapat petunjuk dari Allah untuk mengikuti apa yang disampaikan oleh Nabi ﷺ Seperti yang dikatakan oleh Nabi ﷺ kepada orang-orang Ansar:

Bukankah aku menjumpai kalian dalam keadaan sesat, lalu Allah memberi kalian petunjuk melaluiku, dan kalian dalam keadaan berpecah belah, lalu Allah mempersatukan kalian dengan melaluiku, dan kalian dalam keadaan miskin, lalu Allah memberikan kecukupan kepada kalian dengan melaluiku.
Pada setiap kalimat yang diucapkan oleh Nabi ﷺ, mereka (orang-orang Ansar) selalu berkata, "Hanya kepada Allah dan Rasul-Nya kami beriman."

Ungkapan ayat ini diucapkan dalam keadaan tidak ada dosa, seperti pengertian yang terkandung di dalam ayat lain melalui firman-Nya:

Dan mereka tidak menyiksa orang-orang mukmin itu melainkan karena orang-orang mukmin itu beriman kepada Allah.
(Al-Buruj: 8), hingga akhir ayat.

Demikian pula dalam sabda Rasulullah ﷺ yang mengatakan:

Tidak sekali-kali Ibnu Jamil mencela (Allah dan Rasul-Nya) kecuali karena pada asal mulanya ia fakir, lalu Allah memberinya kecukupan.

Kemudian Allah subhanahu wa ta'ala.
menyeru mereka untuk bertobat.
Hal ini diungkap­kan melalui firman-Nya:

Maka jika mereka bertobat, itu adalah lebih baik bagi mereka, dan jika mereka berpaling, niscaya Allah akan mengazab mereka dengan azab yang pedih di dunia dan di akhirat.

Dengan kata lain jika mereka berkelanjutan dalam menempuh jalannya, maka Allah akan mengazab mereka dengan siksaan yang pedih di dunia, yaitu dengan dibunuh, beroleh kesusahan, dan kesengsaraan, juga siksaan di akhirat, yaitu dengan azab dan pembalasan Allah, serta kehinaan dan diremehkan.

...dan mereka sekali-kali tidak mempunyai pelindung dan tidak (pula) penolong di muka bumi.

Artinya, tidak ada seorang pun yang dapat membahagiakan mereka, tidak ada pula orang yang dapat menyelamatkan mereka, mereka sama sekali tidak akan mendapat suatu kebaikan pun, dan tidak ada seorang pun yang dapat membela mereka dari keburukan.

Asbabun Nuzul
Sebab-Sebab Diturunkannya Surah At Taubah (9) Ayat 74

Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Hatim yang bersumber dari Ibnu ‘Abbas.
Diriwayatkan pula oleh Ibnu Hatim yang bersumber dari Ka’b bin Malik.
Diriwayatkan pula oleh Ibnu Sa’d di dalam kitab ath-Thabaqaat yang bersumber dari ‘Urwah.
Bahwa al-Jallas bin Suwaid bin Ash-Shamit termasuk orang yang berdiam diri, tidak mau mengikuti Rasulullah ﷺ dalam Perang Tabuk.
Ia berkata: “Jika orang ini (Muhammad) benar, tentu kita yang membangkang ini berderajat lebih rendah daripada keledai.” Perkataan itu disampaikan oleh ‘Umar bin Sa’id kepada Rasulullah ﷺ.
Akan tetapi al-Jallas membantahnya dengan bersumpah atas nama Allah bahwa dirinya tidak pernah berkata demikian.
Maka turunlah ayat ini (Baraa’ah: 74) sebagai janji Allah untuk mengampuni orang yang bertaubat dan menyiksa orang-orang yang berpaling dari-Nya.
Selanjutnya dalam riwayat itu dikemukakan bahwa al-Jallas bertaubat dengan sebaik-baiknya.

Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Hatim yang bersumber dari Anas bin Malik bahwa pada saat Rasulullah ﷺ berkhotbah, Zaid bin Arqam mendengar seorang munafik berkata: “Jika ucapannya ini benar, tentu kita ini bernasib lebih rendah daripada himar.” Ucapan ini disampaikan kepada Nabi ﷺ tetapi orang itu memungkirinya.
Maka turunlah ayat ini (Baraa’ah: 74) yang menegaskan bahwa ucapan dan sumpahnya itu merupakan perbuatan orang kafir.

Diriwayatkan oleh Ibnu Jarir yang bersumber dari Ibnu ‘Abbas bahwa Nabi ﷺ sedang berteduh di bawah sebuah pohonn sambil berkata: “Akan datang kepada kalian seseorang yang berpandangan seperti pandangan setan.” Sekonyong-konyong datanglah seorang laki-laki berpakaian biru.
Orang itu dipanggil oleh Rasulullah ﷺ seraya berkata: “Mengapa kamu dan temanmu mencaci maki aku?” Pergilah orang itu dan datang kembali membawa teman-temannya.
Kemudian mereka bersumpah atas nama Allah dan memungkiri perbuatan itu, sehingga Rasulullah ﷺpun memaafkannya.
Maka Allah menurunkan ayat ini (Baraa’ah: 74) sebagai pemberitahuan bahwa mereka bersumpah palsu.

Diriwayatkan oleh Ibnu Jarir yang bersumber dari Qatadah bahwa seorang laki-laki suku Juhainah kalah berkelahi dengan seorang laki-laki dari suku Ghifar.
Suku Juhainah adalah sekutu kaum Anshar.
Berkatalah ‘Abdullah bin Ubay (munafik) kepada kaum Aus (Anshar): “Belalah saudaramu.
Demi Allah, kita dengan Muhammad tak ubahnya seperti kata peribahasa ‘Gemukkan anjingmu, niscara dia akan memakanmu’.
Kelak apabila kita pulang ke Madinah, yang mulia di antara kita akan mengusir yang hina (Muhammad).” Hal ini diberitahukan kepada Rasulullah ﷺ.
Kemudian ‘Abdullah bin Ubay dipanggil dan ditanya, tetapi ia mungkir seraya bersumpah atas nama Allah.
Maka turunlah ayat ini (Baraa’ah: 74) yang menegaskan kekafirannya.

Diriwayatkan oleh ath-Thabarani yang bersumber dari Ibnu ‘Abbas bahwa ada seseorang bernama al-Aswad bermaksud membunuh Nabi ﷺ.
Turunlah kelanjutan ayat ini (Baraa’ah: 74) yaitu,….
wa hammuu bi maa lam yanaaluu..
(… dan mengingini apa yang mereka tidak dapat mencapainya…), yang menegaskan bahwa maksudnya tidak akan tercapai.

Diriwayatkan oleh Ibnu Jarir dan Abusy Syaikh yang bersumber dari ‘Ikrimah bahwa maulaa Bani ‘Adi bin Ka’b membunuh seorang Anshar.
Lalu Rasulullah ﷺ memutuskan agar pembunuhnya membayar diat (denda) sebesar 12.000 kepada keluarga terbunuh.
Berkenaan dengan peristiwa tersebut, maka turunlah kelanjutan ayat ini (Baraa’ah: 74) yang menjelaskan kesombongan mereka untuk berbuat sewenang-wenang karena merasa kaya.

Sumber : Asbabun Nuzul-K.H.Q.Shaleh – H.A.A Dahlan dkk.

Informasi Surah At Taubah (التوبة‎‎)
Surat At Taubah terdiri atas 129 ayat tennasuk golongan surat-surat Madaniyyah.
Surat ini dinamakan At Taubah yang berarti Pengampunan berhubung kata At Taubah berulang kali disebut dalam surat ini.

Dinamakan juga dengan "Baraah" yang berarti berlepas diri yang di sini maksudnya peryataan pemutusan perhubungan, disebabkan kebanyakan pokok pembicaraannya tentang pernyataan pemutusan perjanjian damai dengan kaum musyrikin.
Di samping kedua nama yang masyhur itu ada lagi beberapa nama yang lain yang merupakan sifat surat ini.

Berlainan dengan surat-surat yang lain, maka pada permulaan surat ini tidak terdapat basmalah, karena surat ini adalah pernyataan perang total dengan arti bahwa segenap kaum muslimin dikerahkan untuk memerangi seluruh kaum musyrikin, sedangkan basmalah bernafaskan perdamaian dan cinta kasih Allah.

Surat ini diturunkan sesudah Nabi Muhammad ﷺ kembali dari peperangan Tabuk yang terjadi pada tahun 9 H.
Pengumuman ini disampaikan oleh 'Ali r.a.
pada musim haji tahun itu juga.
Selain daripada pernyataan pembatalan perjanjian damai dengan kaum musyrikin itu, maka surat ini mengandung pula pokok-pokok isi sebagai berikut:

Keimanan:

Allah selalu menyertai hamba-hamba-Nya yang beriman
pembalasan atas amal­ amalan manusia hanya dari Allah
segala sesuatu menurut sunnatullah
perlin­dungan Allah bagi orang-orang yang beriman
kedudukan Nabi Muhammad ﷺ di sisi Allah.

Hukum:

Kewajiban menafkahkan harta
macam-macam harta dalam agama serta peng­gunaannya
jizyah
perjanjian dan perdamaian
kewajiban umat Islam terhadap Nabinya
sebab-sebab orang Islam melakukan perang total
beberapa dasar politik kenegaraan dan peperangan dalam Islam.

Kisah:

Nabi Muhammad s.aw. dengan Abu Bakar r.a. di suatu gua di bukit Tsur ketika hijrah
perang Hunain (perang Authas atau perang Hawazin)
perang Tabuk.

Lain-lain:

Sifat-sifat orang yang beriman dan tingkatan-tingkatan mereka.


Gambar Kutipan Surah At Taubah Ayat 74 *beta

Surah At Taubah Ayat 74



Statistik
  • Rating RisalahMuslim

Surah At Taubah

Surah At-Taubah (Arab: التوبة , at-Tawbah, "Pengampunan"‎) adalah surah ke-9 dalam al-Qur'an.
Surah ini tergolong surah Madaniyah yang terdiri atas 129 ayat.
Dinamakan At-Taubah yang berarti "Pengampunan" karena kata At-Taubah berulang kali disebut dalam surah ini.
Dinamakan juga dengan Bara'ah yang berarti berlepas diri.Berlepas diri disini maksudnya adalah pernyataan pemutusan perhubungan, disebabkan sebagian besar pokok pembicaraannya tentang pernyataan pemutusan perjanjian damai dengan kaum musyrikin.

Berbeda dengan surah-surah yang lain maka pada permulaan surat ini tidak terdapat ucapan basmalah, karena surah ini adalah pernyataan perang dengan arti bahwa segenap kaum muslimin dikerahkan untuk memerangi seluruh kaum musyrikin, sedangkan basmalah bernapaskan perdamaian dan cinta kasih Allah.

Surah ini diturunkan sesudah Nabi Muhammad S.A.W kembali dari peperangan Tabuk yang terjadi pada tahun 9 H.
Pengumuman ini disampaikan oleh Ali bin Abi Thalib pada musim haji tahun itu juga.

Nomor Surah 9
Nama Surah At Taubah
Arab التوبة‎‎
Arti Pengampunan
Nama lain Al-Bara'ah (Berlepas Diri),
Al-Mukshziyah (Melepaskan),
Al-Fadikhah (Menyingkap),
Al-Muqasyqisyah (Melepaskan)
Tempat Turun Madinah
Urutan Wahyu 113
Juz Juz 10 (ayat 1-93), juz 11 (ayat 94-129)
Jumlah ruku' 0
Jumlah ayat 129
Jumlah kata 2506
Jumlah huruf 11116
Surah sebelumnya Surah Al-Anfal
Surah selanjutnya Surah Yunus
4.4
Rating Pembaca: 4.6 (14 votes)
Sending








Anda perlu login mengelola Bookmark.

📖 Lihat Semua Bookmark-ku