QS. An Nahl (Lebah) – surah 16 ayat 62 [QS. 16:62]

وَ یَجۡعَلُوۡنَ لِلّٰہِ مَا یَکۡرَہُوۡنَ وَ تَصِفُ اَلۡسِنَتُہُمُ الۡکَذِبَ اَنَّ لَہُمُ الۡحُسۡنٰی ؕ لَا جَرَمَ اَنَّ لَہُمُ النَّارَ وَ اَنَّہُمۡ مُّفۡرَطُوۡنَ
Wayaj’aluuna lillahi maa yakrahuuna watashifu alsinatuhumul kadziba anna lahumul husna laa jarama anna lahumunnaara wa-annahum mufrathuun(a);

Dan mereka menetapkan bagi Allah apa yang mereka sendiri membencinya, dan lidah mereka mengucapkan kebohongan, bahwa sesungguhnya (segala) yang baik-baik untuk mereka.
Tidaklah diragukan bahwa nerakalah bagi mereka, dan sesungguhnya mereka segera akan dimasukkan (ke dalamnya).
―QS. 16:62
Topik ▪ Surga ▪ Nama-nama surga ▪ Al Qur’an benar-benar dari Allah
16:62, 16 62, 16-62, An Nahl 62, AnNahl 62, An-Nahl 62
English Translation - Sahih International
And they attribute to Allah that which they dislike, and their tongues assert the lie that they will have the best (from Him).
Assuredly, they will have the Fire, and they will be (therein) neglected.
―QS. 16:62

 

Tafsir surah An Nahl (16) ayat 62

Tafsir Kementrian Agama RI

Tafsir QS. An Nahl (16) : 62. Oleh Kementrian Agama RI

Sekali lagi Allah menjelaskan bahwa mereka selalu melemparkan segala hal yang tidak mereka senangi kepada Allah, di antaranya tentang anak perempuan.
Mereka tidak mau memiliki anak perempuan, karena menurut mereka anak perempuan hanyalah bagi Allah.
Jadi Allahlah yang hina.

Dijelaskan juga bahwa mereka selalu menyampaikan kata-kata dusta, yaitu mereka akan selalu bahagia baik di dunia maupun di akhirat, walaupun bergelimang dosa.
Hal itu dibantah oleh Allah seraya mengatakan bahwa tempat mereka adalah neraka dan mereka dijebloskan dengan paksa ke dalamnya.

Dari informasi di atas, jelas bahwa mereka benar-benar tidak mau mempercayai hari kebangkitan dan tidak mau menyadari kejahatan mereka.
Itulah sebabnya Allah ﷻ menegaskan bahwa mereka tidak diragukan lagi akan menjadi penghuni neraka dan akan merasakan azab yang sangat pedih pada saat yang telah ditentukan, yaitu hari akhirat.











16:62, 16 62, 16-62, An Nahl 62, tafsir surat AnNahl 62, An-Nahl 62



Iklan



Ikuti RisalahMuslim
               






Masukan & saran kirim ke email:
[email protected]

Made with in Yogyakarta