Search
Generic filters
Cari Kategori
🙏 Pilih semua
Quran
Hadits
Kamus
Podcast
Soal Agama
Artikel, Doa, dll.

QS. Al Infithar (Terbelah) – surah 82 ayat 8 [QS. 82:8]

فِیۡۤ اَیِّ صُوۡرَۃٍ مَّا شَآءَ رَکَّبَکَ ؕ
Fii ai-yi shuuratin maa syaa-a rakkabak(a);
dalam bentuk apa saja yang dikehendaki, Dia menyusun tubuhmu.

―QS. Al Infithar [82]: 8

Daftar isi

In whatever form He willed has He assembled you.
― Chapter 82. Surah Al Infithar [verse 8]

فِىٓ dalam

In
أَىِّ apa saja

whatever
صُورَةٍ gambar/bentuk

form
مَّا apa

what
شَآءَ yang Dia kehendaki

He willed,
رَكَّبَكَ Dia menyusunmu

He assembled you.

Tafsir Quran

Surah Al Infithar
82:8

Tafsir QS. Al-Infitar (82) : 8. Oleh Kementrian Agama RI

Pada ayat ini, Allah menyebutkan bahwa penciptaan manusia sesuai dengan kehendaknya.
Ada manusia yang berkulit putih, kuning, hitam, kuning langsat, dan lain-lain.

Ada manusia yang berambut lurus, keriting, berwarna hitam, pirang, coklat, dan sebagainya.
Ada juga manusia yang berpostur tubuh tinggi, langsing, tinggi besar, pendek kecil, dan sebagainya.

Namun demikian, yang layak diingat bahwa meskipun manusia memiliki sifat dan bentuk yang secara prinsip sama, tapi tetap ada yang berbeda antara yang satu dengan yang lain.

بَلٰى قَادِرِيْنَ عَلٰٓى اَنْ نُّسَوِّيَ بَنَانَهٗ

(Bahkan) Kami mampu menyusun (kembali) jari-jemarinya dengan sempurna.
(Al-Qiyamah [75]: 4)

Tinjauan ilmiah ayat- 7-8:
Allah telah menjadikan susunan tubuh manusia seimbang.
Bila kita melihat morfologi (bentuk tubuh fisik manusia) dari depan, akan jelas tampak sekali keseimbangan itu.

Morfologi manusia tampak simetris dan seimbang apabila kita tarik garis tengah dari kepala, -melalui titik tengahnya-, sampai ke bawah, akan tampak keseimbangan susunan fisik tubuh manusia itu.
Belahan kiri dan kanan seolah merupakan bayangan cermin satu dengan yang lainnya.

Masing-masing belahan mempunyai satu mata, satu telinga, satu lubang hidung, satu kuping, satu tangan, dan satu kaki, yang satu belahan dengan belahan yang lainnya, merupakan bayangan cermin yang simetris seimbang.

Allah telah menganugerahkan sistem syaraf pada manusia, yang berfungsi untuk mengatur keseimbangan dan kesetimbangan tubuh manusia, serta kemampuan manusia untuk berorientasi pada ruang 3 dimensi.

Sistem syaraf yang mengatur keseimbangan manusia itu berada di dalam Sistem Syaraf Perifer (SSP) manusia.
Dalam SSP terdapat sistem syaraf yang mengatur keseimbangan tubuh manusia, yaitu yang dikenal dengan syaraf ke-VIII, atau disebut pula Vestibulocochlear nerve (syaraf
"siput-telinga"
depan).
Syaraf ke-VIII ini mempunyai fungsi bagi adanya balance (keseimbangan), equillibrium (kesetimbangan), serta orientation in three-dimensional space (orientasi dalam ruang tiga dimensi), (Nerves and Nervous Systems dalam The New Encyclopaedia Britannica, Vol.
24, Macropaedia, 2005, p 817).

Dalam mekanisme faali (fisiologik) manusia, Allah juga telah melengkapi manusia dengan dua sistem syaraf, di mana antara yang satu sama lain saling menyeimbangkan.
Di dalam SSP tersebut terdapat pula Susunan Syaraf Otonom yang terdiri dari Sistem Syaraf Simpati (Sympathetic Nervous System, SNS) dan Sistem Syaraf Parasimpati (Parasympathetic Nervous System, PNS), yang kedua sistem saraf itu bekerja antagonistik, namun saling menyeimbangkan satu sama lainnya.
Fungsi SNS adalah merespon kondisi stress yang dihadapi manusia, dengan mengeluarkan hormon (neurotransmitter), adreanaline (epinephrine), dan noradrenaline (norepinephrine).
Dengan adanya kedua hormon ini, maka tekanan darah naik, denyut jantung bertambah cepat (tachy-cardia), pembuluh darah otot-tulang melebar (skeletal muscle vasodilatation), pembuluh darah pada perut-usus menyempit (gastrointestinal vasoconstriction), pupil mata melebar (puppillary dilatation), paru-paru melebar (broncheal dilatation).
Sedangkan fungsi PSN adalah sebaliknya dari SNS tadi.
PNS akan mengeluarkan hormon (neurotransmitter):
acetylcholine.

Adanya hormon ini akan menyebabkan:
tekanan darah menurun, denyut jantung menjadi lambat (brady-cardia), pupil-mata menyempit.
Kedua sistem syaraf ini:
SNS dan PNS saling bekerja komplemeter, bagi berjalannya proses-proses fisiologik (faali) manusia, untuk menjaga kelangsungan hidupnya.
(Nerves and Nervous Systems dalam The New Encyclopaedia Britannica, Vol.
24, Macropaedia, 2005, p 818-820).
Keseimbangan juga terdapat dalam struktur otak manusia.
Dalam otak manusia terdapat dua pasang belahan atau sisi otak, yang satu sama lain merupakan bentuk bayangan cerminnya.
Belahan Otak Dominan (dominant hemisphere), sering disebut ‘belahan otak kiri, digunakan untuk merekam atau menyimpan hal-hal yang berkaitan dengan:
bahasa, matematika, dan fungsi-fungsi analitik dan keterampilan.
Sedang Belahan Otak Non-dominan (non-dominant hemisphere), sering disebut ‘belahan otak kanan, digunakan untuk merekam atau menyimpan hal-hal yang berkaitan dengan konsep-konsep spasial sederhana (simple spasial consept), musik, pengenalan rupa, dan emosi.
Kedua belahan otak ini saling seimbang dan melengkapi, dan kedua belahan otak ini dihubungkan oleh banyak syaraf proyeksi melalui corpus collosum.
(Nerves and Nervous Systems dalam The New Encyclopaedia Britannica, Vol.
24, Macropaedia, 2005, p 805).

Tafsir QS. Al Infithar (82) : 8. Oleh Muhammad Quraish Shihab:


Dalam bentuk yang dikehendaki-Nya, Tuhan menjadikanmu.
.

Oleh tim Mujamma’ Raja Fahd arahan Syaikh al-Allamah Dr. Shalih bin Muhammad Alu asy-Syaikh:


Wahai manusia yang mengingkari kebangkitan, apakah yang telah menjadikanmu terpedaya terhadap Tuhanmu Yang Maha Pemurah, yang banyak kebaikan-Nya, dan patut mendapatkan rasa syukur dan ketaatan?
Bukankah Dia telah menciptakanmu lalu menyempurnakan penciptaanmu, menyempurnakan penciptaanmu dengan seimbang untuk kamu menjadikanmu mampu melaksanakan tugas-tugasmu, dalam bentuk apa saja yang Dia kehendaki Dia menciptakanmu?

Oleh Jalaluddin al-Mahalli & Jalaluddin as-Suyuthi:



(Dalam bentuk apa saja) huruf Ma di sini adalah huruf Shilah atau kata penghubung


(yang Dia kehendaki.
Dia menyusun tubuhmu.)

Oleh Ismail bin Umar Al-Quraisyi bin Katsir Al-Bashri Ad-Dimasyqi:

Firman Allah subhanahu wa ta’ala:

{فِي أَيِّ صُورَةٍ مَا شَاءَ رَكَّبَكَ}

dalam bentuk apa saja yang Dia kehendaki, Dia menyusun tubuhmu.
(QS. Al-Infithar [82:] 8)

Mujahid mengatakan bahwa makna yang dimaksud ialah mirip dengan ayah, atau ibu, atau paman dari pihak ibu ataukah paman dari pihak ayah, menurut apa yang dikehendaki-Nya.

Ibnu Jarir mengatakan, telah menceritakan kepadaku Muhammad ibnu Sinan Al-Fazzari, telah menceritakan kepada kami Mutahhar ibnul Haisam, telah menceritakan kepada kami Musa ibnu Ali ibnu Rabah, telah menceritakan kepadaku ayahku, dari kakekku, bahwa Nabi ﷺ pernah bertanya kepadanya,
"Apakah anakmu?"
Ia menjawab,
"Wahai Rasulullah, tiada lain bila aku punya anak kalau tidak laki-laki berarti perempuan."
Rasulullah ﷺ bertanya,
"Mirip siapakah?"
Ia menjawab,
"Wahai Rasulullah, siapa lagi yang akan serupa dengannya kalau tidak mirip ayahnya berarti mirip ibunya."
Maka saat itu Nabi ﷺ bersabda,
"Diamlah, jangan sekali-kali kamu katakan seperti itu, sesungguhnya nutfah itu apabila telah menetap di dalam rahim, maka Allah mendatangkan kepadanya semua nasab antara dia dan Adam."
Nabi ﷺ melanjutkan,
"Tidakkah engkau membaca ayat berikut dalam Kitabullah, yaitu firman-Nya:
‘dalam bentuk apa saja yang Dia kehendaki, Dia menyusun tubuhmu.
‘ (QS. Al-Infithar [82:] 8)."

Hal yang sama telah diriwayatkan oleh Ibnu Abu Hatim dan Imam Thabrani melalui hadis Mutahhar ibnul Haisam dengan sanad yang sama.


Hadis ini seandainya sahih, tentulah merupakan tafsir yang menjelaskan makna ayat ini;
tetapi sanadnya kurang kuat, mengingat Mutahhar ibnul Haisam, menurut Abu Sa’id ibnu Yunus disebutkan orangnya tidak terpakai hadisnya.
Ibnu Hibban mengatakan bahwa Mutahhar telah meriwayatkan dari Musa ibnu Ali dan lain-lainnya hal-hal yang tidak mirip dengan hadis yang telah terbukti kesahihannya.


Akan tetapi, di dalam kitab Sahihain telah disebutkan dari Abu Hurairah:


bahwa pernah seorang lelaki bertanya,
"Wahai Rasulullah, sesungguhnya istriku telah melahirkan anak laki-laki yang berkulit hitam."
Rasulullah ﷺ balik bertanya,
"Apakah engkau mempunyai ternak unta?"
Lelaki itu menjawab,
"Ya."Nabi ﷺ bertanya,
"Apakah warna bulunya?"
Lelaki itu menjawab,
"Merah:"
Rasulullah ﷺ bertanya,
"Apakah di antaranya ada yang berbulu kelabu?"
Lelaki itu menjawab,
"Benar, ada."
Rasulullah ﷺ bertanya,
"Lalu dari manakah ia?"
Lelaki itu menjawab,
"Barangkali dari keturunannya yang dahulu."
Rasulullah ﷺ bersabda,
"Dan barangkali anakmu ini pun sama berasal dari kakek moyangnya yang dahulu."

Ikrimah telah mengatakan sehubungan dengan makna firman-Nya:
dalam bentuk apa saja yang Dia kehendaki, Dia menyusun tubuhmu.
(QS. Al-Infithar [82:] 8)
Jika Dia menghendaki, bisa saja Dia menjadikannya dalam rupa seperti kera atau seperti babi.


Hal yang sama dikatakan oleh Abu Saleh sehubungan dengan makna firman-Nya:
dalam bentuk apa saja yang Dia kehendaki, Dia menyusun tubuhmu.
(QS. Al-Infithar [82:] 8)
Jika Dia menghendaki, bisa saja Dia menjadikannya berupa anjing atau berupa keledai, atau berupa babi.

Qatadah mengatakan sehubungan dengan makna firman-Nya:
dalam bentuk apa saja yang Dia kehendaki, Dia menyusun tubuhmu.
(QS. Al-Infithar [82:] 8)
Demi Allah, Tuhan kita, Dia mampu melakukannya.


Makna yang dimaksud dari pendapat mereka dapat disimpulkan bahwa Allah subhanahu wa ta’ala berkuasa untuk menciptakan nutfah menjadi manusia yang buruk rupanya seperti hewan yang rupanya menjijikkan.
Tetapi berkat kekuasaan-Nya dan kasih sayang-Nya kepada makhluk-Nya, Dia menciptakan manusia dalam bentuk yang baik, tegak, sempurna, dan indah penampilan serta rupanya.

Unsur Pokok Surah Al Infithar (الإنفطار)

Surat ini terdiri atas 19 ayat, termasuk golongan surat-surat Makkiyyah dan diturunkan sesudah surat An Naazi’aat.

Al Infithaar yang dijadikan nama untuk surat ini adalah kata asal dari kata "lnfatharat" (terbelah) yang terdapat pada ayat pertama.

Keimanan:

▪ Peristiwa-peristiwa yang terjadi pada hari kiamat.
▪ Peringatan kepada manusia agar tidak terperdaya sehingga durhaka kepada Allah.
▪ Adanya malaikat yang selalu menjaga dan mencatat segala amal perbuatan manusia.
▪ Pada hari kiamat manusia tak dapat menolong orang lain.
▪ Hanya kekuasaan Allah-lah yang berlaku pada waktu itu.

Ayat-ayat dalam Surah Al Infithar (19 ayat)

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19

Lihat surah lainnya

Audio Murottal

QS. Al-Infithar (82) : 1-19 ⊸ Misyari Rasyid Alafasy
Ayat 1 sampai 19 + Terjemahan Indonesia



QS. Al-Infithar (82) : 1-19 ⊸ Nabil ar-Rifa’i
Ayat 1 sampai 19

Gambar Kutipan Ayat

Surah Al Infithar ayat 8 - Gambar 1 Surah Al Infithar ayat 8 - Gambar 2
Statistik QS. 82:8
  • Rating RisalahMuslim
4.8

Ayat ini terdapat dalam surah Al Infithar.

Surah Al-Infitar (bahasa Arab:الانفطار) adalah surah ke-82 dalam al Qur’an.
Surah ini terdiri atas 19 ayat, termasuk golongan surah Makkiyah dan diturunkan setelah surah An-Nazi’at.
Al Infithaar yang dijadikan nama untuk surat ini adalah kata asal dari kata Infatharat (terbelah) yang terdapat pada ayat pertama.

Nomor Surah 82
Nama Surah Al Infithar
Arab الإنفطار
Arti Terbelah
Nama lain Infitharat (langit terbelah)
Tempat Turun Mekkah
Urutan Wahyu 82
Juz Juz 29
Jumlah ruku’ 1 ruku’
Jumlah ayat 19
Jumlah kata 81
Jumlah huruf 333
Surah sebelumnya Surah At-Takwir
Surah selanjutnya Surah Al-Tatfif
Sending
User Review
4.6 (20 suara)
Bagi ke FB
Bagi ke TW
Bagi ke WA
Tags:

82:8, 82 8, 82-8, Surah Al Infithar 8, Tafsir surat AlInfithar 8, Quran Al Infithaar 8, Al Infitar 8, Al-Infitar 8, Surah Al Infithar ayat 8

Video Surah

82:8


More Videos

Kandungan Surah Al Infithar

۞ QS. 82:1 • Kedahsyatan hari kiamat

۞ QS. 82:2 • Kedahsyatan hari kiamat

۞ QS. 82:3 • Kedahsyatan hari kiamat

۞ QS. 82:4 • Manusia dibangkitkan dari kubur • Sifat hari penghitungan

۞ QS. 82:5 • Lembaran catatan amal perbuatan • Sifat hari penghitungan

۞ QS. 82:6 • Al Karim (Maha Mulia) • Maksiat dan dosa

۞ QS. 82:8 • Sifat Masyi’ah (berkehendak)

۞ QS. 82:9 • Mengingkari hari kebangkitan • Keingkaran dan kedurhakaan orang kafir

۞ QS. 82:10 • Tugas-tugas malaikat • Menghitung amal kebaikan

۞ QS. 82:11 • Sifat-sifat malaikat • Tugas-tugas malaikat • Menghitung amal kebaikan

۞ QS. 82:12 • Tugas-tugas malaikat • Menghitung amal kebaikan

۞ QS. 82:13 • Pahala iman • Derajat para pemeluk agama • Sifat ahli surga • Perbedaan derajat di surga • Perbuatan baik adalah penyebab masuk surga

۞ QS. 82:14 • Derajat para pemeluk agama • Nama-nama neraka • Sifat ahli neraka dan kejahatan mereka • Azab orang kafir

۞ QS. 82:15 • Nama-nama hari kiamat • Azab orang kafir

۞ QS. 82:16 • Azab orang kafir

۞ QS. 82:17 • Nama-nama hari kiamat • Kedahsyatan hari kiamat

۞ QS. 82:18 • Nama-nama hari kiamat • Kedahsyatan hari kiamat

۞ QS. 82:19 Syafaat hak Allah semata • Terputusnya hubungan antara sesama pada hari kiamat • Sifat hari penghitungan • Syafaat hanya milik Allah semata •

Ayat Pilihan

Dan jika Allah menghendaki kebaikan bagi kamu, maka tak ada yang dapat menolak kurnia-Nya.
Dia memberikan kebaikan itu kepada siapa yang dikehendaki-Nya di antara hamba-hamba-Nya dan
Dialah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.
QS. Yunus [10]: 107

Dan Tuhanmu berfirman:
“Berdoalah kepada-Ku,
niscaya akan Kuperkenankan bagimu.
Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina”.
QS. Al-Mu’min [40]: 60

Orang-orang kafir yakni ahli Kitab & orang-orang musyrik (mengatakan bahwa mereka) tidak akan meninggalkan (agamanya) sebelum datang kepada mereka bukti yang nyata,
QS. Al-Bayyinah [98]: 1

Siapa kerjakan amal saleh, baik laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka akan Kami beri kepadanya kehidupan yang baik & sungguh akan Kami beri balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan
QS. An-Nahl [16]: 97

Hadits Shahih

Podcast

Doa Sehari-hari

Soal & Pertanyaan Agama

Sesuatu yang dipercaya dan diyakini kebenaranya oleh hati nurani manusia dinamakan ...

Correct! Wrong!

Ilmu yang bermanfaat adalah ...

Correct! Wrong!

Menyampaikan ajaran Alquran dan sunnah Nabi Muhammad kepada orang lain yang belum mengetahui disebut dengan ...

Correct! Wrong!

+

Berikut ulama yang berasal dari Indonesia adalah ...

Correct! Wrong!

Umat Islam yang mengajarkan ilmunya dengan ikhlas akan memperoleh pahala amal jariyah. Amal jariyah artinya ...

Correct! Wrong!

Kuis Agama Islam #31
Ingatan kamu cukup bagus untuk menjawab soal-soal ujian sekolah ini.

Kuis Agama Islam #31 1

Mantab!! Pertahankan yaa..
Jawaban kamu masih ada yang salah tuh.

Kuis Agama Islam #31 2

Belajar lagi yaa...

Share your Results:

Soal Agama Islam

Pendidikan Agama Islam #8

Sumber kedua hukum dalam menetapkan Hukum tentang Alquran adalah … Hukum penggunaan hadis sebagai dasar hukum adalah … Orang yang menceritakan hadits disebut … Undang-undang tentang penggunaan Hadits-Maudu adalah … Berikut adalah hadits yang rusak, kecuali …

Pendidikan Agama Islam #14

Ketika Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam masih remaja, baginda telah bekerja mengambil upah sebagai pengembala binatang ternak. Apakah binatang tersebut? … Dalam Islam, teladan yang baik disebut juga dengan istilah … Dalam Islam, pengendalian diri atau kontrol terhadap diri, disebut juga dengan … Pengertian Mujahadah An-Nafs adalah … Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda bahwa berjihad (berjuang) yang paling utama adalah melawan …

Pendidikan Agama Islam #30

Yang diajarkan oleh Rasulullah adalah jika kita melihat kemungkaran untuk mencegahnya pertama kali dengan … بَلِّغُوا عَنِّى وَلَوْ آيَةً Arti dari hadist diatas adalah …Di bawah ini adalah cara untuk menjadikan semangat mengamalkan ilmu dalam kehidupan kecuali …كادَ الفَقْرُ أنْ يَكُوْنَ كُفْرًا Arti dari kalimat di atas adalah …Siapakah ilmuan muslim yang pertama menjadi penemu Al-Jabar?

Kamus Istilah Islam

kalimatusyahadat

Apa itu kalimatusyahadat? ka.li.ma.tu.sya.ha.dat pengakuan keislaman yang terdiri atas dua kalimat, yaitu asyhadu anla^ ila^ha illa l-la^h wa asyhadu anna Muhammadar rasu^lulla^h ‘tidak ada Tuh...

Genealogi

Apa itu Genealogi? Genealogi atau nasab adalah kajian tentang keluarga dan penelusuran jalur keturunan serta sejarahnya. Ahli genealogi menggunakan berita dari mulut ke mulut, catatan sejarah, anali...

tashrif

Apa itu tashrif? Pengertian Shorof/Tasrif Menurut pengertian bahasa , SHOROF/TASRIF ialah berubah atau mengubah. Berubah dari bentuk aslinya kepada bentuk yang lain. Menurut pengertian istilah , SHORO...